Yusril Bela Romli Atmasasmita

0
33

Pewarta-Indonesia, JAKARTA – Mantan Menteri Hukum dan HAM, Yusril Ihza Mahendra, dalam kesaksiannya menyatakan mantan Dirjen Administrasi Hukum Umum, Romli Atmasasmita tidak bersalah dalam kasus dugaan korupsi Sisminbakum.

Demikian disampaikan Yusril di sidang lanjutan kasus korupsi Sisminbakum di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jakarta hari ini, Rabu (17/6). Lebih lanjut Yusril mengakui dirinya tahu, soal pembagian komisi dalam proyek tersebut antara  PT Sarana Rekatama Dinamika (SRD) dengan Koperasi Penganyoman Dephukham. Namun, ia tidak mengetahui ada pembagian komisi ke sejumlah pejabat di sana.

“Sisminbakum itu tidak termasuk pembangunan jaringan saringan infrastruktur. Jadi jelas tidak melanggar hukum.” ujar Yusril.
Pada awal persidangan, Romli Atmasasmita menyatakan Yusril adalah salah satu saksi kunci dalam kasus yang menjeratnya tersebut. Nama Yusril juga disebut dalam dakwaan Romli.

Yusri Ihza Mahendra dan Kuasa Pemegang Saham PT Sarana Rekatama Dinamika (SRD) Hartono Tanoesoedibjo disebut turut melakukan permufakatan jahat bersama Romli Atmasasmita, Direktur Utama PT SRD Yohanes Woworuntu, dan mantan Kepala Koperasi Pengayoman Departemen Kehakiman dan HAM Ali Amran Djannah.

Namun dalam dakwaan kasus diduga merugikan negara Rp 400 miliar itu, Yusril dan Hartono disebut sebagai saksi. (**)