Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?

YANG TERPINGGIRKAN
Naira Tanggung Jawab Masyarakat Aceh Tim.....
12/04/2015 | Tengku Nasruddin

KOPI, ACEH TIMUR – Bocah perempuan berusia 3 tahun, Naira Azura, semakin menderita ketika divonis  [ ... ]


GELORA SEPEDA
Fun Bike Meriahkan HUT Ke-69 TNI di Aceh.....
29/09/2014 | Syamsul Kamal
article thumbnail

KOPI, Aceh Jaya - Dalam rangka memperingati hari ulang tahun Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang ke 69, Komando Distrik Militer (Kodim) 0114 Aceh Jaya, mengegelar acara sepeda santai (fun Bike)  [ ... ]



POLLING WARGA
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

 

Warta Berita Olahraga PB Percasi Selenggarakan Indonesian Open Chess Championship 2012

PB Percasi Selenggarakan Indonesian Open Chess Championship 2012

(Keterangan Foto: Pengurus Besar Percasi)

KOPI - PB Percasi kembali selenggarakan Turnamen Catur Internasional Terbuka yang terbesar di Asia yang diikuti oleh lebih dari 100 pecatur termasuk  40 pecatur kelas dunia dari benua Asia, Eropa dan Amerika sejak 10 sampai 17 Oktober 2012. Turnamen yang bertajuk Indonesia Open Chess Championship (IOCC) 2012 menunjukkan komitmen tinggi dan konsistensi PB Percasi dalam mengembangkan catur Indonesia. IOCC yang akan diikuti lebih dari 40 peserta internasional,  memperebutkan hadiah total 55.500 Dollar Amerika.

Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) kembali akan menyelenggarakan kejuaraan catur terbuka tingkat internasional bertajuk Indonesia Open Chess Championship 2012 (IOCC 2012) selama sepekan penuh sejak tanggal 10 Oktober 2012 yang akan datang. Setelah IOCC 2011 yang berjalan sangat sukses, Indonesia Open Chess Championship diselenggarakan lagi sebagai wujud komitmen tinggi PB Percasi bagi upaya membawa pecatur Indonesia ke pentas dunia. “Pembinaan yang konsisten dan kesempatan berhadapan dengan pecatur kelas dunia, terbukti mmemberi pengaruh yang besar pada  motivasi pemain untuk berprestasi optimum”, kata Hashim Djojohadikusumo, Ketua Umum PB Percasi dalam kesempatan Jumpa Pers memperkenalkan Indonesia Open Chess Championship 2012, di Hotel Sahid Jakarta (4/10).

Keterangan Foto: Pengurus PB Percasi. Ki-ka:Henry Hendratmo (Sekjend), Hashim Djojohadikusumo (Ketum), Vickner Sinaga (Waketum II), Rusdi Taher (Waketum III)

Sejak IOCC 2011 yang pertama sampai dengan saat ini, tercatat banyak prestasi gemilang yang dicapai oleh pecatur muda Indonesia. ”Salah satu yang sangat membanggakan adalah prestasi pecatur wanita Indonesia, yang saat ini menduduki peringkat 24 dunia dari peringkat 54”, ungkap Hashim.

“Ketika kondisi olahraga nasional banyak mengalami tantangan baik dibidang organisasi, sportivitas dan prestasi yang menurun PB Percasi bertekad untuk memelihara sportivitas dan mengembangkan catur melalui pembinaan atlet-atlet muda demi kejayaan Indonesia,” katanya.

Tercatat lebih dari 100 pecatur terbaik dari dalam dan luar negeri, termasuk GM Li Chao B. (China) dan GM Surya Ganguly (India) yang tercatat sebagai pemenang pertama dan kedua di IOCC 2011, akan bertanding dalam kejuaraan catur bergengsi ini. “IOCC ini, walaupun baru dua kali diselenggarakan sudah sangat menarik perhatian para Grandmaster dunia karena dianggap sangat berbobot dari segi kualitas pesertanya”, jelas GM Utut Adianto, Wakil Ketua Umum PB Percasi yang bertindak sebagai pengarah dalam turnamen ini. Elo rating tertinggi di turnamen ini dipegang oleh GM Ivan Sokolov, dengan tingkat elo rating 2696. Ditahun ini, FIDE mengumumkan peringkat elo rating pecatur sebulan satu kali.

“Dengan demikian, peringkat elo rating pecatur dalam sebuah turnamen, sekarang menjadi lebih signifikan karena menggambarkan prestasi aktual”, jelas Utut lebih lanjut.

Para pecatur yang sudah bersedia hadir adalah para Grandmaster tingkat dunia yang memiliki nilai peringkat dunia (elo rating) 2300 sampai 2600an. “Dari segi nilai peringkat dunianya (elo rating), maka IOCC 2012, menjadi turnamen yang sangat berimbang, menantang dan  tetap menjadi the strongest turnamen terbuka dari sekitar 10 turnamen internasional lainnya.

IOCC 2012 rencananya akan dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, di Puri Ratna Convention Hall, Grand Sahid Hotel, Jakarta. Tempat ini digunakan pula untuk pelaksanaan turnamen. “Kami sangat berharap, Menpora berkenan membuka turnamen yang akan dilakukan dalam 9 babak dengan menggunakan sistem Swiss untuk memperebutkan hadiah total 55.500 USD”, kata Ir. Vickner Sinaga, Wakil Ketua Umum PB Percasi yang kembali didapuk menjadi  Ketua Panitia Penyelenggara IOCC 2012. “Hadiah tersebut dibagi menjadi tiga kategori, yaitu kategori Umum, kategori Best Woman dan katogori Best Junior (Usia di bawah 20 tahun). Kami konsisten untuk menyelenggarakan turnamen ini dengan standar international termasuk dalam menetapkan jumlah hadiahnya”, jelasnya.

 

PERCASI

Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PERCASI), mulai dirintis sejak tahun 1948 di Yogyakarta, akan tetapi tanggal 17 Agustus 1950 dipilih sebagai tanggal resmi berdirinya PERCASI. Ketua Umum PERCASI yang pertama adalah Dr. Suwito Mangkusuwondo (alm). Kejuaraan Nasional yang pertama baru bisa diadakan pada tahun 1953 di Solo.

Di tahun 1955 kedudukan PB. PERCASI dipindahkan dari Yogyakarta ke Jakarta. Pada tahun 1960 PERCASI diterima sebagai anggota FIDE (Federation Internationale Des Echecs) atau Federasi Catur Internasional sampai sekarang. Tahun 2000 Catur diakui sebagai salah satu cabang olahraga resmi dunia oleh International Olympic Committee (IOC) atau Komite Olimpiade Internasional, dan Olimpiade khusus Catur diselenggarakan setiap 2 (dua) tahun sekali karena kerumitan, keunikan dan dinamika permainannya yang berkembang pesat sesuai perkembangan teknologi komputer.

Sejak berdirinya, Percasi telah melahirkan tujuh Grandmaster (alm. GM Eddy Handoko, alm. Ruben Gunawan, GM Herman Suradiradja, GM Utut Adianto, GM Ardiansyah, GM Cerdas Barus, GM Susanto Megaranto) dan satu Grandmaster Wanita (Woman Grandmaster) Irene Kharisma Sukandar. Saat ini, Percasi berada di 33 propinsi dan hampir di seluruh kabupaten dan kota di Indonesia. Sejak 2010 sampai dengan 2014, PB Percasi dibawah kepemimpinan Hashim S. Djojohadikusumo.

Sumber: PB Percasi

 


Artikel Lainnya:

 

Komisi I DPRD Kabupaten Blitar Soroti Ijin PT. Greenfield
Senin, 04 Mei 2015

BLITAR, KOPI - Meskipun sudah mendapat sorotan dari berbagai pihak, PT. Greenfield di perkebunan Pijiombo Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar yang tidak mengantongi ijin, namun dilapangan masih tetap melakukan Aktifitas. Setelah Sunarto, Sekretaris LSM Gannas menyoroti keberadaan PT. Greenfield, terkait perijinan, kini anggota Komisi I DPRD... Baca selengkapnya...

______________________________________

Dinas Pengairan Dan ESDM Tulungagung Mengaku Bukan Tanggung Jawabnya
Senin, 04 Mei 2015

TULUNGAGUNG, KOPI - Tiga bangunan proyek, berupa dua jembatan dan satu saluran irigasi yang ada di desa Pojok Ngantru, rusak parah, kondisi bangunan yang ada di aliran sungai termas ini telah berbulan-bulan rusak.   Kerusakan tiga bangunan proyek ini, menurut warga sekitar, disebabkan adanya proyek normalisasi  dasar sungai dengan mengunakan... Baca selengkapnya...

______________________________________

Rumah Pemotongan Unggas Mangkrak
Senin, 04 Mei 2015

TULUNGAGUNG, KOPI - Rumah Pemotongan Unggas (RPU) milik Pemerintah Kabupaten Tulungagung, yang terletak  di desa Tanon Kecamatan Kedungwaru mangkrak.   Mangkraknya bangunan RPU yang satu lokasi dengan Rumah Pemotongan Hewan (RPH) di duga sudah lama, hal ini terlihat dengan kondisi bangunan yang tidak terawat dan dipenuhi dengan sarang... Baca selengkapnya...

______________________________________

Rumah Pemotongan Unggas Mangkrak
Senin, 04 Mei 2015

TULUNGAGUNG, KOPI - Rumah Pemotongan Unggas (RPU) milik Pemerintah Kabupaten Tulungagung, yang terletak  di desa Tanon Kecamatan Kedungwaru mangkrak.   Mangkraknya bangunan RPU yang satu lokasi dengan Rumah Pemotongan Hewan (RPH) di duga sudah lama, hal ini terlihat dengan kondisi bangunan yang tidak terawat dan dipenuhi dengan sarang... Baca selengkapnya...

______________________________________

Pelajar SMP Di Lapas Ikuti Ujian Nasional
Senin, 04 Mei 2015

BLITAR, KOPI - Lima tahanan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas 2A Blitar, yang berstatus pelajar kelas 3 SMP, hari ini Senin (4/5) mengikuti Ujian Nasional, dengan dititipkan di SMP Negeri 1 Garum. Kelima siswa lapas tersebut, menjalani Ujian Nasional dibawah pengawasan ketat petugas Lapas.   Pelaksanaan Ujian Nasional tingkat SMP, hari ini... Baca selengkapnya...

______________________________________

Polda Riau Menetapkan Bupati Achmad Tersangka Kasus Penghasutan Warganya (II)
Minggu, 03 Mei 2015

KOPI, Pekanbaru- Polda Riau menetapkan Bupati Rokan Hulu (Rohul) Achmad sebagai tersangka  dugaan tindak pidana penghasutan terhadap warganya untuk melakukan pencurian tandan buah sawit dilahan milik PT Budi Murni Panca Jaya (PMPJ). Diungkapkan oleh Kabag Humas Polda Riau  AKBP Guntur Arjyo Tejo kepada wartawan hari Senin (27/04/15), memang... Baca selengkapnya...

______________________________________

Segera Tangkap, Tahan Bupati Rohul Achmad menghasut Warganya (I)
Minggu, 03 Mei 2015

KOPI, Pekanbaru – Sebagai Kepala Daerah (red.Bupati) hendaknya mengambil kebijakan  netral tidak berpihak kesalah satu perusahaan. Serta cari jalan mediasi (red. musyawarah) mempertemukan kedua  belah pihak yang telah bersengketa lahan perkebunan tersebut. Ditempat lain Pengamat Politik Indonesia (Pepi) Ajisuutisyoso mengatakan tindakan... Baca selengkapnya...

______________________________________

INTERNASIONAL

Bill Clinton Mendapat Saweran dari Presi.....
24/04/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Moskow - Mantan presiden AS, menerima bayaran tertinggi berbicara $ 500.000, pada bulan Juni 2010 di Moskow, menangani sebuah bank investasi te [ ... ]



NASIONAL

Musrenbang 2015 Diharapkan Lahir Kebijak.....
02/05/2015 | Muhyi

KOPI, Jakarta - Persoalan infrastruktur baik di darat, laut maupun udara yang tengah dihadapi dan dirasakan oleh masyarakat di Indonesia Timur meng [ ... ]



DAERAH

Walikota Bandung Hadiri Dialog Reses Dew.....
03/05/2015 | Buddy Wirawan

KOPI, Bandung - Walikota Bandung, Ridwan kamil menghadiri acara dialog langsung bersama tokoh masyarakat, LPM, PKK, Karang Taruna, Forum RW, Lembaga  [ ... ]



PENDIDIKAN

Gerakan Pancasila Digelorakan Pada Hardi.....
04/05/2015 | Buddy Wirawan

KOPI, Bandung - Peringatan Hari Pendidikan Nasional (hardiknas) 2015 tingkat Kota Bandung dilaksanakan di Plaza Balai Kota Bandung, Senin (4/5). Hadi [ ... ]



EKONOMI

Menteri Negara BUMN Ikut Funwalk Puncak .....
04/05/2015 | Yeni Herliani

KOPI – PT. Pegadaian (Persero) menggelar berbagai kegiatan dalam rangka HUT Pegadaian yang ke -114 yang diperingati setiap  tanggal 1 April, peraya [ ... ]



HANKAM

Pamen TNI AL Mayor Zaid Joko Utomo Pengg.....
26/04/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Jakarta – Panglima TNI Jenderal Moeldoko mengatakan pihaknya akan terus mendalami kasus narkoba dan Black Dollar yang melibatkan perwira menen [ ... ]



OLAHRAGA

TVOne Siarkan Pertarungan Akbar Tinju Ma.....
28/04/2015 | Zohiri Kadir

KOPI, Jakarta - Penantian dan rasa penasaran panjang penggemar tinju dunia, kini mendapatkan jawaban, sebentar lagi dua pendekar kelas welter akan ber [ ... ]



PARIWISATA

The Hub Adakan Pameran Flora dan Fauna T.....
04/05/2015 | Zohiri Kadir

Kopi,Tangerang. The Hub, yang sebelumnya dikenal sebagai Mall Balé Kota, yang berdekatan dengan perkantoran  Wali Kota Tanggerang pada  1Mei  samp [ ... ]



HUKUM & KRIMINAL

Diduga Dipresi, Warga Binangun Bakar Dir.....
04/05/2015 | Fajar Agustyono

BLITAR, KOPI - Diduga mengalami dipresi, Bonari alias Sibun (70 tahun), warga Dusun Kaliwungu, RT.02, RW.01 Desa Binangun, kabupaten Blitar,  ditemuk [ ... ]



POLITIK

PPP mengusung Pasangan Calon Bupati Kuan.....
22/04/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Teluk Kuantan- Disela-sela Musyawarah Wilayah (Muswil) Partai Persatauan Pembangunan (PPP) minggu kemaren di Pekanbaru ,Mursini mengatakan k [ ... ]



OPINI

Vagina Street Heboh di Dunia Maya Indone.....
26/04/2015 | Ir. Syarifuddin Simanjuntak
article thumbnail

KOPI - Dua minggu menjelang KAA ke 60 Bandung Indonesia, dunia maya dikejutkan dengan merebaknya vagina street. Lokasi percisnya terletak di Tebet Ut [ ... ]



PROFIL

Anisa Femelia Ramadani, Anak Yatim yang .....
01/05/2015 | Katik Sulaiman
article thumbnail

KOPI, SUNGAI PENUH - Namanya Anisa Femelia Ramadhani, akrab dipanggil Ica. Lahir di Desa Koto Dian Kecamatan Hamparan Rawang Kota Sungai Penuh 15 Nop [ ... ]



SOSIAL & BUDAYA

Gunung Warna Warni; Satu Lagi Kebenaran .....
14/04/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Kabar adanya gunung warna warni atau gunung pelangi (Rainbow Mountain) begitu meluas di media sosial. Keberadaannya terekspos maksimal setelah a [ ... ]



ROHANI

Salib dan Berdoa.....
08/04/2015 | Ir. Syarifuddin Simanjuntak
article thumbnail

  KOPI - Jumat 3 April 2015, kembali umat Kristiani di seluruh dunia merayakan hari kematian Yesus dan Minggu 5 April 2015 Yesus mengalahkan dosa  [ ... ]



RESENSI

Jangan Dengerin Sendiri.....
27/04/2015 | UG DANI
article thumbnail

Resensi Buku Judul :Jangan Dengerin Sendiri
Penulis : Naomi Angelia Sea
Tebal. : 200
Penerbit : Bukune Juli 2014
Harga. : Rp 41 [ ... ]



CERPEN & CERBUNG

Dolar Singaporeku Berserak Tiada Arti.....
27/03/2015 | Ndoro Ayu

KOPI, BATAM - "Pokoknya aku harus pergi, biar banyak uang. Aku dah malas hidup di kampung hanya begini-begini saja!" Siti bertekad dan berpikir tiba-t [ ... ]



PUISI

Kamu.....
04/05/2015 | Ratu Sintanggu
article thumbnail

Kamu memang sahabatku
Dan aku sadar dan tau akan hal itu
Kamu komentatorku
Dan aku menyadari semua itu Tapi, seiring berjalannya waktu
Satu perasaan  [ ... ]



CURAHAN HATI

Awasss...! Ada Pungli Terselubung di SD .....
02/05/2015 | Redaksi Pewarta-Indonesia

KOPI, Cibinong - Sudah dua tahun belakangan ini proyek terselubung yang ditenggarai dilakukan oleh Ketua Komite Sekolah SD Bedahan 2 Cibinong H. Cece, [ ... ]



HIBURAN

Girl Band “Bening – Bening” Kuasai.....
04/05/2015 | Yeni Herliani

KOPI - Sesuai dengan namanya “Bening - Bening”, merupakan sekumpulan 4 remaja imut nan cantik dan bening yang memiliki hobi yang sama yaitu menyan [ ... ]



KULINER

McDonald’s Tingkatkan Layanan Melalui .....
01/04/2015 | Yeni Herliani

KOPI – Kini menikmati McDonald’s terasa lebih nyaman dan menguntungkan dengan hadirnya layanan terbaru “Online McDelivery Cashless Promo”. Pel [ ... ]



HIDUP SEHAT

1 Dari 10 Orang Tak Sadar Mereka Penderi.....
03/05/2015 | Buddy Wirawan

KOPI, Bandung - Jumlah penderita penyakit diabetes masih terus meningkat. World Diabetes Foundation mengungkapkan bahwa hingga tahun 2014, sebanyak 3 [ ... ]



SERBA-SERBI

Glitzvaganza Fashion Show Hadirkan Karya.....
03/05/2015 | Arifin

KOPI - Bertemakan Glamour, Elegant dan Winter, Anniesa Hasibuan memamerkan koleksi rancangannya di gelaran event “Glitzvaganza Fashion Show”, yang [ ... ]



Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.