Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?

YANG TERPINGGIRKAN
FWMB Gelar Aksi Damai Menolak Penggusura.....
30/08/2015 | Ahmad Syarip

KOPI, Jakarta -  Belum jelasnya pihak mana yang mengklaim serta akan menggusur area Kompleks hunian [ ... ]


GELORA SEPEDA
Tiga Pilar "Gowes Bareng" Bersama Masyar.....
01/08/2015 | Joe R Manalu

KOPI - Cengkareng - Sabtu pagi (01/08) kegiatan tiga Pilar "Gowes bareng" bersama dengan masyarakat ± 200 yang di hadiri Kapten inf Ober Purba (Danramil 04/Ckr) beserta jajarannya , Kompol Aji Sutarj [ ... ]



POLLING WARGA
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

Warta Berita Olahraga PB Percasi Selenggarakan Indonesian Open Chess Championship 2012

PB Percasi Selenggarakan Indonesian Open Chess Championship 2012

(Keterangan Foto: Pengurus Besar Percasi)

KOPI - PB Percasi kembali selenggarakan Turnamen Catur Internasional Terbuka yang terbesar di Asia yang diikuti oleh lebih dari 100 pecatur termasuk  40 pecatur kelas dunia dari benua Asia, Eropa dan Amerika sejak 10 sampai 17 Oktober 2012. Turnamen yang bertajuk Indonesia Open Chess Championship (IOCC) 2012 menunjukkan komitmen tinggi dan konsistensi PB Percasi dalam mengembangkan catur Indonesia. IOCC yang akan diikuti lebih dari 40 peserta internasional,  memperebutkan hadiah total 55.500 Dollar Amerika.

Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) kembali akan menyelenggarakan kejuaraan catur terbuka tingkat internasional bertajuk Indonesia Open Chess Championship 2012 (IOCC 2012) selama sepekan penuh sejak tanggal 10 Oktober 2012 yang akan datang. Setelah IOCC 2011 yang berjalan sangat sukses, Indonesia Open Chess Championship diselenggarakan lagi sebagai wujud komitmen tinggi PB Percasi bagi upaya membawa pecatur Indonesia ke pentas dunia. “Pembinaan yang konsisten dan kesempatan berhadapan dengan pecatur kelas dunia, terbukti mmemberi pengaruh yang besar pada  motivasi pemain untuk berprestasi optimum”, kata Hashim Djojohadikusumo, Ketua Umum PB Percasi dalam kesempatan Jumpa Pers memperkenalkan Indonesia Open Chess Championship 2012, di Hotel Sahid Jakarta (4/10).

Keterangan Foto: Pengurus PB Percasi. Ki-ka:Henry Hendratmo (Sekjend), Hashim Djojohadikusumo (Ketum), Vickner Sinaga (Waketum II), Rusdi Taher (Waketum III)

Sejak IOCC 2011 yang pertama sampai dengan saat ini, tercatat banyak prestasi gemilang yang dicapai oleh pecatur muda Indonesia. ”Salah satu yang sangat membanggakan adalah prestasi pecatur wanita Indonesia, yang saat ini menduduki peringkat 24 dunia dari peringkat 54”, ungkap Hashim.

“Ketika kondisi olahraga nasional banyak mengalami tantangan baik dibidang organisasi, sportivitas dan prestasi yang menurun PB Percasi bertekad untuk memelihara sportivitas dan mengembangkan catur melalui pembinaan atlet-atlet muda demi kejayaan Indonesia,” katanya.

Tercatat lebih dari 100 pecatur terbaik dari dalam dan luar negeri, termasuk GM Li Chao B. (China) dan GM Surya Ganguly (India) yang tercatat sebagai pemenang pertama dan kedua di IOCC 2011, akan bertanding dalam kejuaraan catur bergengsi ini. “IOCC ini, walaupun baru dua kali diselenggarakan sudah sangat menarik perhatian para Grandmaster dunia karena dianggap sangat berbobot dari segi kualitas pesertanya”, jelas GM Utut Adianto, Wakil Ketua Umum PB Percasi yang bertindak sebagai pengarah dalam turnamen ini. Elo rating tertinggi di turnamen ini dipegang oleh GM Ivan Sokolov, dengan tingkat elo rating 2696. Ditahun ini, FIDE mengumumkan peringkat elo rating pecatur sebulan satu kali.

“Dengan demikian, peringkat elo rating pecatur dalam sebuah turnamen, sekarang menjadi lebih signifikan karena menggambarkan prestasi aktual”, jelas Utut lebih lanjut.

Para pecatur yang sudah bersedia hadir adalah para Grandmaster tingkat dunia yang memiliki nilai peringkat dunia (elo rating) 2300 sampai 2600an. “Dari segi nilai peringkat dunianya (elo rating), maka IOCC 2012, menjadi turnamen yang sangat berimbang, menantang dan  tetap menjadi the strongest turnamen terbuka dari sekitar 10 turnamen internasional lainnya.

IOCC 2012 rencananya akan dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, di Puri Ratna Convention Hall, Grand Sahid Hotel, Jakarta. Tempat ini digunakan pula untuk pelaksanaan turnamen. “Kami sangat berharap, Menpora berkenan membuka turnamen yang akan dilakukan dalam 9 babak dengan menggunakan sistem Swiss untuk memperebutkan hadiah total 55.500 USD”, kata Ir. Vickner Sinaga, Wakil Ketua Umum PB Percasi yang kembali didapuk menjadi  Ketua Panitia Penyelenggara IOCC 2012. “Hadiah tersebut dibagi menjadi tiga kategori, yaitu kategori Umum, kategori Best Woman dan katogori Best Junior (Usia di bawah 20 tahun). Kami konsisten untuk menyelenggarakan turnamen ini dengan standar international termasuk dalam menetapkan jumlah hadiahnya”, jelasnya.

 

PERCASI

Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PERCASI), mulai dirintis sejak tahun 1948 di Yogyakarta, akan tetapi tanggal 17 Agustus 1950 dipilih sebagai tanggal resmi berdirinya PERCASI. Ketua Umum PERCASI yang pertama adalah Dr. Suwito Mangkusuwondo (alm). Kejuaraan Nasional yang pertama baru bisa diadakan pada tahun 1953 di Solo.

Di tahun 1955 kedudukan PB. PERCASI dipindahkan dari Yogyakarta ke Jakarta. Pada tahun 1960 PERCASI diterima sebagai anggota FIDE (Federation Internationale Des Echecs) atau Federasi Catur Internasional sampai sekarang. Tahun 2000 Catur diakui sebagai salah satu cabang olahraga resmi dunia oleh International Olympic Committee (IOC) atau Komite Olimpiade Internasional, dan Olimpiade khusus Catur diselenggarakan setiap 2 (dua) tahun sekali karena kerumitan, keunikan dan dinamika permainannya yang berkembang pesat sesuai perkembangan teknologi komputer.

Sejak berdirinya, Percasi telah melahirkan tujuh Grandmaster (alm. GM Eddy Handoko, alm. Ruben Gunawan, GM Herman Suradiradja, GM Utut Adianto, GM Ardiansyah, GM Cerdas Barus, GM Susanto Megaranto) dan satu Grandmaster Wanita (Woman Grandmaster) Irene Kharisma Sukandar. Saat ini, Percasi berada di 33 propinsi dan hampir di seluruh kabupaten dan kota di Indonesia. Sejak 2010 sampai dengan 2014, PB Percasi dibawah kepemimpinan Hashim S. Djojohadikusumo.

Sumber: PB Percasi

 


Artikel Lainnya:

 

Empat Pasang Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Rokan Hilir Periode 2016-2021
Sabtu, 05 September 2015

KOPI, Bagansiapi-api – Pencabutan nomor urut peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) kabupaten Rokan Hilir yang akan mengikuti Pilkada serentak pada tanggal 9 Desember 2015. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rokan Hilir melaksanakan pencabutan nomor urut pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati kabupaten Rokan Hilir masa bakti 2016-2021 berlangsung hari Selasa (25/8) di GOR Batuenam Bagan Siapi-api. Disaksikan oleh kader partai... Baca selengkapnya...

Inilah Lima Pasang Calon Walikota Dumai Periode 2016- 2021
Sabtu, 05 September 2015

Norm KOPI, Dumai – Pengundian dan pengambilan nomor urut pasangan Bakal Calon (Balon) Walikota dan Wakil Walikota Dumai yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Dumai , Lima pasang calon pemimpin Dumai masa bakti 2016-2021 yang akan mengikuti Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada tanggal 9 Desember 2015. Berlangsung di Hotel Comfort Dumai pada Selasa (25/08). Pengundian dan pengambilan nomor urut dimulai dari, pasangan... Baca selengkapnya...

Honor Tak Kunjung Cair, Honorer K2 Demo Gedung Dewan
Kamis, 03 September 2015

KOPI - Sedikitnya lima puluh orang tenaga Guru Honorer K2, melakukan aksi damai di depan Kantor DPRD Kabupaten Blitar, Kamis (3/9) sekitar pukul 14.00 WIB. kemarin. Mereka menuntut agar anggota dewan peduli terhadap nasib ratusan guru, yang hingga kini belum menerima honor. Bahkan honor mereka, mulai bulan Januari hingga kini belum dibayarakan. Dalam aksi tersebut massa juga membakar poster sebegai wujud kekesalan mereka.   Dari pantauan di... Baca selengkapnya...

Pernyataan Sikap PPWI Atas Kriminalisasi Dua Jurnalis Berita ATJEH
Kamis, 03 September 2015

KOPI - Dua Wartawan di Lhokseumawe, Umar Effendi, pemimpin redaksi media online Berita Atjeh.Net bersama Mawardi, wartawan di media online tersebut saat ini sedang menjalani proses hukum di Polres Lhokseumawe, Provinsi Aceh atas laporan dugaan pencemaran nama baik oleh seorang anggota DPR Aceh, Azhar alias Cage. Kasus tersebut bermula di saat hari Jum'at tanggal 24 April 2015 sekitar pukul 12.30 WIB, wartawan media online Berita ATJEH, Mawardi,... Baca selengkapnya...

Pencabutan Nomor Urut Tiga Pasang Calon Bupati Rokanhulu Periode 2016-2021
Rabu, 02 September 2015

KOPI, Rokanhulu- Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Rokanhulu mengadakan pencabutan nomor urut pasangan calon bupati Rokan Hulu periode 2016-2021 bertempat di di Hotel Sapadia Pasirpengaraian, Selasa (25/8/2015). Tiga pasang calon Bupati kabupaten Rokan Hulu- propinsi Riau yaitu Hafit Syukri dengan Nasrul Hadi, pasangan Syafarudin Poti dengan Erizal, terakhir pasangan Suparman-Sukiman. Pencabutan nomor urut ketiga pasangan calon bupati... Baca selengkapnya...

Di Lhokseumawe, Awak Media Dikriminalisasi Polisi
Rabu, 02 September 2015

KOPI, Lhokseumawe - Di Indonesia sudah banyak kasus-kasus yang menyudutkan para insan jurnalis. Dan malah ada yang sebagian harus masuk ke dalam jeruji besi oleh karena karya tulisan pemberitaannya sendiri. Alhasil, implementasi Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers dan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik tidak berlaku bagi para awak jurnalis. Karena akhirnya mereka harus berhadapan ke meja hukum untuk... Baca selengkapnya...

Monumen Polwan Diresmikan Kapolri
Rabu, 02 September 2015

KOPI, BUKITTINGGI - Rakyat Sumbar - Kapolri Jendral Polisi Badrodin Haiti Resmikan Pemugaran Monumen Polisi Wanita, tepat di hari jadi Polwan ke 67 1 September 2015 yang bertempat di Jalan Sudirman Bukittinggi, Selasa (1/9) kemaren. Pemugaran monumen Polwan ini juga ditandai dengan pemutaran film sejarah Monumen Polwan, dan setelah itu Kapolri membubuhkan tanda tangan pada prasasti, sehingga resmilah Monumen Polwan ini digunakan sebagai... Baca selengkapnya...

INTERNASIONAL

KNPB Dukung Forum Kepulauan Pasifik Baha.....
03/09/2015 | Gerson Wakerkwa

KOPI, Manado – Kegiatan Berlangsung di Asrama Mahasiswa Papua Cendrawasih V Kelurahan Bahu Lingkungan IX Kecamatan Malalayang Kota Manado akan dilak [ ... ]



NASIONAL

Indonesia Scouts Challenge 2015-2016 Sia.....
04/09/2015 | Muhyi

KOPI, Jakarta = Kwartir Nasional Gerakan Pramuka terus melakukan inovasi dalam proses transformasi gerakan pramuka. Indonesia Scout Challenge (ISC) [ ... ]



DAERAH

Ketua IDI Sarolangun, Kembali Di Jabat d.....
04/09/2015 | Mardinal

KOPI,Sarolangun,- Acara pembukaan Musyawarah cabang (Muscab) Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sarolangun yang diselenggarakan di hotel abadi Sarola [ ... ]



PENDIDIKAN

The Body Shop Dan Omah Munir Bersama Duk.....
04/09/2015 | Yeni Herliani

KOPI – Selama lebih dari 20 tahun, The Body Shop secara konsisten terus mengkampanyekan isu – isu HAM. Hal inilah yang melatarbelakangi diluncurka [ ... ]



EKONOMI

Gubernur Jateng: Antisipasi dan Penangan.....
04/09/2015 | Sukarno

KOPI - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menghadiri Rapat Paripurna Lanjutan Tahap I pada Kamis, 3 September 2015. Rapat Paripurna dilaksanakan di l [ ... ]



HANKAM

Koordinator Parkir Babak Belur Kena Kero.....
29/08/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Pekanbaru - Yang merusak nama institusi TNI, bukan dari eksternal melainkan oknum anggota TNI tersebut yang merusak nama kesatuan. ini buktinya  [ ... ]



OLAHRAGA

APPI Adakan Touring Kemerdekaan Ke-70.....
31/08/2015 | Saepullah Bin Wahyudin
article thumbnail

      KOPI, Cibinong (30/8) - Aksi Pemuda Peduli Indonesia (APPI) adakan kegiatan touring kemerdekaan ke-70 Republik Indonesia (RI) ke Sawarna [ ... ]



PARIWISATA

Pulau Siberut, Mentawai Jadi Tempat Favo.....
04/09/2015 | Pancelus Satoko

KOPI, Mentawai - Kabupaten Kepulauan Mentawai yang mempesona dan sipemikat hati, rasa damai dan tenteram pasti dirasakan ketika berkunjung di Mentawai [ ... ]



HUKUM & KRIMINAL

Gasak Perhiasan Tetangga Dipolisikan.....
03/09/2015 | Fajar Agustyono

Blitar, KOPI - Sri Lestariningsih (56), warga dusun Gaprang 1 Desa Gaprang Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar, Rabu (2/9) sekitar pukul 22.00 WIB be [ ... ]



POLITIK

Simpatisan dan Kader PDIP Dukung Sibagus.....
04/09/2015 | Sukarno

KOPI, Semarang - Belasan simpatisan dan Kader PDI Perjuangan di Kota Semarang mendukung dan siap memenangkan pasangan calon Sigit Ibnugroho dan Agus S [ ... ]



OPINI

Puncak Mahkota Bunga Orde Rahwana.....
01/09/2015 | Subagyo

KOPI - Rahwana Raja,  Rajanya kaum Yaksa,  beputera dengan Bidadari  pemberian para Dewa Indrajid – Lambang puncak keberhasilan Rahwana.  Orde B [ ... ]



PROFIL

Kenalan dengan Teguh Purnomo, Mengawal D.....
03/09/2015 | Sukarno

KOPI - Penampilannya tenang dan ramah. Tapi dilihat dari gaya bicaranya, tampak bahwa dia seorang yang berwawasan luas. H. Teguh Purnomo, SH, MHum ada [ ... ]



SOSIAL & BUDAYA

Tari Binies, Budaya Suku Gayo.....
25/08/2015 | Syaiful Anshori

KOPI, Aceh Utara - Indonesia memiliki beraneka ragam budaya dan kesenian. Terutama di wilayah Aceh sendiri yang memiliki beraneka ragam suku dan bahas [ ... ]



ROHANI

Kapolda Lampung Lepas Keberangkatan Jema.....
21/08/2015 | Feri Agustian

KOPI, Lampung - Kapolda Lampung Brigjen Pol Drs. EDWARD SYAH PERNONG, SH.melepas calon jamaah haji keluarga besar jajaran Polda Lampung, pelepasan  [ ... ]



RESENSI

Jangan Dengerin Sendiri.....
27/04/2015 | Ug Dani
article thumbnail

Resensi Buku Judul :Jangan Dengerin Sendiri
Penulis : Naomi Angelia Sea
Tebal. : 200
Penerbit : Bukune Juli 2014
Harga. : Rp 41 [ ... ]



CERPEN & CERBUNG

Mbah Sarlan dan Gerojokan Sewu.....
24/07/2015 | Agus Siroj Hudi

KOPI, Malang - Bendosari adalah satu di antara Desa yang berada di Kecamatan Pujon Malang Barat dan telah di tetapkan sebagai salah satu Desa Wisata u [ ... ]



PUISI

Puisi 'Mataku Menyertaimu' Karya : Sonny.....
13/08/2015 | Sonny H.Sayangbati
article thumbnail

  ______Mataku Menyertaimu________ By:Sonny H.Sayangbati   hi kawan aku melihatmu dari jauh sungguh aku selalu khawatir tentangmu sebab aku ja [ ... ]



CURAHAN HATI

Keluarga Pasien Keluhkan Air Bersih.....
04/09/2015 | Musli Adi

KOPI, Calang - Salah seorang keluarga pasien mengeluhkan tentang air bersih yang ada di Puskesmas Patek Kecamatan Darul Hikmah Kabupaten Aceh Jaya yan [ ... ]



HIBURAN

Film “Jenderal Soedirman” Tayang Se.....
25/08/2015 | Yeni Herliani

KOPI - Berangkat dari rasa penasaran dan kepedulian tentang mengapa jalan protokol di berbagai ibukota provinsi tersemat nama Jenderal Soedirman tetap [ ... ]



KULINER

Pasar Santa Semakin Meriah Dengan Kehadi.....
03/09/2015 | Yeni Herliani

KOPI – Dua Belibis, saus yang terkenal memiliki cita rasa istimewa dan berkualitas tinggi, bekerjasama dengan para tenant di Pasar Santa, menggelar  [ ... ]



HIDUP SEHAT

5 Tips Hidup Sehat Ala Rasulullah Muhamm.....
03/09/2015 | Didi Ronaldo

1. 1. Rasulullah tidak makan sebelum lapar dan tidak berlebihan dalam makan.
Gaya hidup yang dijalani oleh Nabi Allah yang terakhir ini sungguh bisa  [ ... ]



SERBA-SERBI

Garnier Perkenalkan Rangkaian Produk Dan.....
04/09/2015 | Yeni Herliani

KOPI – Dua rangkaian produk teranyar Garnier diperkenalkan kepada publik, yakni New Garnier Pure Active 12 in 1 Foam/Scrub dan New Garnier Pure Acti [ ... ]



Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.