Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
Silahkan Login & Kirim Warta

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?
Pewarta Online

Yang Terpinggirkan
Gaji Pensiun yang belum Terealisasi Juga.....
21/02/2013 | Husaeni Mabruri

KOPI - Mimpi manis untuk masa depan gaji pegawai pensiunan sipil hidupnya belum dirasakan oleh Bpk. [ ... ]


Gelora Sepeda
“Nongkrong di Haus Berbonus” Raih MU.....
30/06/2013 | Arifin

KOPI - PT ABC President Indonesia menggelar serangkaian kegiatan “Nongkrong di Haus Berbonus”, Minggu pagi (30/6) di Plaza Utara Senayan, Jakarta. Event tersebut diselenggarakan serentak di tiga K [ ... ]



Polling Warga
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

Warta Berita Olahraga PB Percasi Selenggarakan Indonesian Open Chess Championship 2012
Redaksi Koran Online Pewarta Indonesia (KOPI) bersama segenap pengurus dan anggota PPWI se-Indonesia menyampaikan Selamat Menjalankan Ibadah Puasa di bulan Ramadhan 1435 H, kepada seluruh umat Muslim dan Muslimat sebangsa dan setanah air dan di seluruh dunia. Semoga senantiasa dilimpahkan rahmat dan pahala yang berlimpah di bulan suci penuh rahmat ini bagi setiap anak negeri di segenap penjuru nusantara... Amin...

PB Percasi Selenggarakan Indonesian Open Chess Championship 2012

(Keterangan Foto: Pengurus Besar Percasi)

KOPI - PB Percasi kembali selenggarakan Turnamen Catur Internasional Terbuka yang terbesar di Asia yang diikuti oleh lebih dari 100 pecatur termasuk  40 pecatur kelas dunia dari benua Asia, Eropa dan Amerika sejak 10 sampai 17 Oktober 2012. Turnamen yang bertajuk Indonesia Open Chess Championship (IOCC) 2012 menunjukkan komitmen tinggi dan konsistensi PB Percasi dalam mengembangkan catur Indonesia. IOCC yang akan diikuti lebih dari 40 peserta internasional,  memperebutkan hadiah total 55.500 Dollar Amerika.

Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) kembali akan menyelenggarakan kejuaraan catur terbuka tingkat internasional bertajuk Indonesia Open Chess Championship 2012 (IOCC 2012) selama sepekan penuh sejak tanggal 10 Oktober 2012 yang akan datang. Setelah IOCC 2011 yang berjalan sangat sukses, Indonesia Open Chess Championship diselenggarakan lagi sebagai wujud komitmen tinggi PB Percasi bagi upaya membawa pecatur Indonesia ke pentas dunia. “Pembinaan yang konsisten dan kesempatan berhadapan dengan pecatur kelas dunia, terbukti mmemberi pengaruh yang besar pada  motivasi pemain untuk berprestasi optimum”, kata Hashim Djojohadikusumo, Ketua Umum PB Percasi dalam kesempatan Jumpa Pers memperkenalkan Indonesia Open Chess Championship 2012, di Hotel Sahid Jakarta (4/10).

Keterangan Foto: Pengurus PB Percasi. Ki-ka:Henry Hendratmo (Sekjend), Hashim Djojohadikusumo (Ketum), Vickner Sinaga (Waketum II), Rusdi Taher (Waketum III)

Sejak IOCC 2011 yang pertama sampai dengan saat ini, tercatat banyak prestasi gemilang yang dicapai oleh pecatur muda Indonesia. ”Salah satu yang sangat membanggakan adalah prestasi pecatur wanita Indonesia, yang saat ini menduduki peringkat 24 dunia dari peringkat 54”, ungkap Hashim.

“Ketika kondisi olahraga nasional banyak mengalami tantangan baik dibidang organisasi, sportivitas dan prestasi yang menurun PB Percasi bertekad untuk memelihara sportivitas dan mengembangkan catur melalui pembinaan atlet-atlet muda demi kejayaan Indonesia,” katanya.

Tercatat lebih dari 100 pecatur terbaik dari dalam dan luar negeri, termasuk GM Li Chao B. (China) dan GM Surya Ganguly (India) yang tercatat sebagai pemenang pertama dan kedua di IOCC 2011, akan bertanding dalam kejuaraan catur bergengsi ini. “IOCC ini, walaupun baru dua kali diselenggarakan sudah sangat menarik perhatian para Grandmaster dunia karena dianggap sangat berbobot dari segi kualitas pesertanya”, jelas GM Utut Adianto, Wakil Ketua Umum PB Percasi yang bertindak sebagai pengarah dalam turnamen ini. Elo rating tertinggi di turnamen ini dipegang oleh GM Ivan Sokolov, dengan tingkat elo rating 2696. Ditahun ini, FIDE mengumumkan peringkat elo rating pecatur sebulan satu kali.

“Dengan demikian, peringkat elo rating pecatur dalam sebuah turnamen, sekarang menjadi lebih signifikan karena menggambarkan prestasi aktual”, jelas Utut lebih lanjut.

Para pecatur yang sudah bersedia hadir adalah para Grandmaster tingkat dunia yang memiliki nilai peringkat dunia (elo rating) 2300 sampai 2600an. “Dari segi nilai peringkat dunianya (elo rating), maka IOCC 2012, menjadi turnamen yang sangat berimbang, menantang dan  tetap menjadi the strongest turnamen terbuka dari sekitar 10 turnamen internasional lainnya.

IOCC 2012 rencananya akan dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, di Puri Ratna Convention Hall, Grand Sahid Hotel, Jakarta. Tempat ini digunakan pula untuk pelaksanaan turnamen. “Kami sangat berharap, Menpora berkenan membuka turnamen yang akan dilakukan dalam 9 babak dengan menggunakan sistem Swiss untuk memperebutkan hadiah total 55.500 USD”, kata Ir. Vickner Sinaga, Wakil Ketua Umum PB Percasi yang kembali didapuk menjadi  Ketua Panitia Penyelenggara IOCC 2012. “Hadiah tersebut dibagi menjadi tiga kategori, yaitu kategori Umum, kategori Best Woman dan katogori Best Junior (Usia di bawah 20 tahun). Kami konsisten untuk menyelenggarakan turnamen ini dengan standar international termasuk dalam menetapkan jumlah hadiahnya”, jelasnya.

 

PERCASI

Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PERCASI), mulai dirintis sejak tahun 1948 di Yogyakarta, akan tetapi tanggal 17 Agustus 1950 dipilih sebagai tanggal resmi berdirinya PERCASI. Ketua Umum PERCASI yang pertama adalah Dr. Suwito Mangkusuwondo (alm). Kejuaraan Nasional yang pertama baru bisa diadakan pada tahun 1953 di Solo.

Di tahun 1955 kedudukan PB. PERCASI dipindahkan dari Yogyakarta ke Jakarta. Pada tahun 1960 PERCASI diterima sebagai anggota FIDE (Federation Internationale Des Echecs) atau Federasi Catur Internasional sampai sekarang. Tahun 2000 Catur diakui sebagai salah satu cabang olahraga resmi dunia oleh International Olympic Committee (IOC) atau Komite Olimpiade Internasional, dan Olimpiade khusus Catur diselenggarakan setiap 2 (dua) tahun sekali karena kerumitan, keunikan dan dinamika permainannya yang berkembang pesat sesuai perkembangan teknologi komputer.

Sejak berdirinya, Percasi telah melahirkan tujuh Grandmaster (alm. GM Eddy Handoko, alm. Ruben Gunawan, GM Herman Suradiradja, GM Utut Adianto, GM Ardiansyah, GM Cerdas Barus, GM Susanto Megaranto) dan satu Grandmaster Wanita (Woman Grandmaster) Irene Kharisma Sukandar. Saat ini, Percasi berada di 33 propinsi dan hampir di seluruh kabupaten dan kota di Indonesia. Sejak 2010 sampai dengan 2014, PB Percasi dibawah kepemimpinan Hashim S. Djojohadikusumo.

Sumber: PB Percasi

 


Artikel Lainnya:

 

Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.