Indonesia Juara Badminton se-Unifil

0
25

Pewarta-Indonesia, Lebanon (9/11) – Kontingen Indonesia yang terdiri dari Indobatt (Indonesian Battalion/Konga XXIII-C), Indo MP (Indonesian Military Police/Konga XXV-A) dan Indo FHQSU (Indonesian Force Head Quarter Support Unit/Konga XXVI-A) akhirnya keluar sebagai juara umum pertandingan bulutangkis antar kontingen se Unifil (United Nations Interim Force In Lebanon) yang digelar oleh Satgas TNI Konga XXIII-C selama lima hari mulai tanggal 4 s.d 8 Nopember 2009 bertempat di Rubb Hall Indobatt UN POSN 7-1, Adshit al Qusayr.

Dari ke lima partai yang dipertandingkan semuanya direbut oleh Kontingen Indonesia. Pada final kejuaraan terjadi 3 partai all Indonesian final yaitu di tunggal putra pebulutangkis Fiko (Indobatt) berhadapan dengan Darwan (Indobatt) dengan skor 17-21, 21-18, 21-18 untuk kemenangan Fiko, ganda putra pasangan Rusli R Male/Maman Suratman (Indo FHQSU) mengalahkan Wisnu/Fiko (Indobatt) dengan skor 21-16, 17-21, 23-21, dan di ganda campuran pasangan M. Eka Adi/Nina (Indobatt/MP) mengalahkan Rudi/Afsis (Indobatt/MP) dengan skor 15-21, 21-16, 21-15. Sedangkan 2 partai lainnya, di tunggal putri Afsis Taliana(Indo MP) mengalahkan pebulutangkis Spanyol Micaela Trigo Gil dengan skor 21-14, 21-16 dan di ganda putri pasangan Afsis/Nina (Indo MP) mengalahkan Victoria Moreno/Tamara Villen (Spanyol) dengan skor 21-13, 22-20.

Indonesia tidak hanya keluar sebagai juara umum namun juga menempatkan dua pemainnya sebagai pemain terbaik yaitu Fiko untuk pemain terbaik putra dan Afsis untuk pemain terbaik putri. Dengan hasil ini kontingen Indonesia berhasil mempertahankan reputasinya 2 kali berturut-turut sebagai juara Bádminton se Unifil tahun 2009. Kemenangan ini merupakan prestasi terakhir yang dapat dipersembahkan oleh prajurit-prajurit TNI yang sedang mengemban misi perdamaian dunia di Lebanon, sebelum mereka kembali ke tanah air, akhir bulan ini, digantikan oleh satgas berikutnya.

Unifil secara periodik menyelenggarakan pertandingan maupun kompetisi antar kontingen dalam berbagai cabang olah raga seperti bádminton, tenis lapangan, bola voley, tenis meja, billiard dan menembak untuk mempererat kerja sama dan meningkatkan komunikasi sesama anggota Unifil. Sebagaimana disampaikan oleh Wakil Komandan Sektor Timur Unifil, Kolonel Inf. Bambang Sudiono pada upacara penutupan dan penyerahan medali kejuaraan bahwa kalah menang bukanlah tujuan utama dari pertandingan ini namun yang lebih utama adalah terjalinnya kerja sama dan hubungan yang semakin erat sesama anggota Unifil.

Hadir dalam upacara penutupan, perwakilan dari masing-masing kontingen Spanyol, Bellubatt, China, Korea, India dan Nepal termasuk Dansatgas Indobatt Letkol Inf R. Haryono selaku tuan rumah.