Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
Silahkan Login & Kirim Warta

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?
Pewarta Online

Yang Terpinggirkan
Gaji Pensiun yang belum Terealisasi Juga.....
21/02/2013 | Husaeni Mabruri

KOPI - Mimpi manis untuk masa depan gaji pegawai pensiunan sipil hidupnya belum dirasakan oleh Bpk. [ ... ]


Gelora Sepeda
“Nongkrong di Haus Berbonus” Raih MU.....
30/06/2013 | Arifin

KOPI - PT ABC President Indonesia menggelar serangkaian kegiatan “Nongkrong di Haus Berbonus”, Minggu pagi (30/6) di Plaza Utara Senayan, Jakarta. Event tersebut diselenggarakan serentak di tiga K [ ... ]



Polling Warga
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

Warta Berita Pariwisata TMII, Menuju Warisan Budaya Dunia
Redaksi Koran Online Pewarta Indonesia (KOPI) bersama segenap pengurus dan anggota PPWI se-Indonesia menyampaikan Selamat Menjalankan Ibadah Puasa di bulan Ramadhan 1435 H, kepada seluruh umat Muslim dan Muslimat sebangsa dan setanah air dan di seluruh dunia. Semoga senantiasa dilimpahkan rahmat dan pahala yang berlimpah di bulan suci penuh rahmat ini bagi setiap anak negeri di segenap penjuru nusantara... Amin...

TMII, Menuju Warisan Budaya Dunia

I. Selayang Pandang Tentang Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

“Jangan lupa berkunjung ke TMII!” Pesan singkat ini selalu terbawa saat orang daerah pertama kali berkunjung ke Jakarta. Jadilah kunjungan ke TMII menjadi salah satu agenda penting. Kenapa? Sulit melukiskan betapa tempat unik, bersejarah dan tempat warna-warni wajah Indonesia ini sangat mewakili rasa kerinduan tentang apapun di Indonesia.

Berkunjung ke TMII memberikan kesan kekaguman luar biasa betapa Indonesia sangat kaya alamnya dan beragam budayanya. Tempat ini juga memberikan gambaran tentang peradaban yang ada di Indonesia. Sekaligus juga memberikan informasi bahwa sesungguhnya Indonesia adalah sebuah negara yang sangat besar, masyarakatnya cerdas dan pendidikan sudah maju.

Mungkin seorang penulis bisa menuliskan banyak hal tentang Bali atau Jawa Tengah ketika mengunjungi anjungan Bali ataupun Jawa Tengah. Walaupun tidak berkunjung langsung ke dua provinsi tersebut. Tetapi anjungan tersebut memberikan gambaran yang jelas karena arsitektur rumah adat yang khas, isi anjungan yang sangat lengkap mewakili seluruh daerah , dan fasilitas yang ada memberikan suasana yang ethnik dan beragam.

Taman Mini Indonesia Indah, pilihan nama yang luar biasa. Sejarah nama ini memiliki filosofis yang sangat istimewa 37 (tigapuluh tujuh) tahun yang lalu. Usia yang cukup matang bagi sebuah karya agung di negeri yang beragam ini. TMII dibangun untuk membangkitkan kebanggaan dan rasa cinta terhadap tanah air dan bangsa serta memperkenalkan Indonesia kepada bangsa-bangsa lain di dunia. Jika dihitung, jutaan orang mungkin sudah pernah menjejakkan kakinya di negeri impian ini. Dari pelosok tanah air dan juga dari negara-negara di dunia ini.

II. Lokasi Wisata Terlengkap yang Unik dan Istimewa

Kekaguman apakah yang bisa ditemukan di TMII?

1. Walaupun beragam tradisi dan adatnya, lihatlah betapa perdamaian terlihat nyata disini. Seandainya Indonesia yang sesungguhnya seperti situasi di tempat ini. Tak ada cerita minoritas ataupun mayoritas. Di tempat ini semua berlaku sama. Dari ujung pulau di Timur hingga ke Barat dan dari Selatan hingga Utara. Dengan warna-warni kulit yang semakin melengkapi keindahan Indonesia.

2. All in one dan one in all: Tempat inilah yang mewakili seluruh kekayaan alam dan budaya seluruh negeri. Bisakah kita tunjukkan di Indonesia sebuah tempat wisata yang spesial dimana kita bisa menemukan semuanya? Tidak ada, kecuali di Taman Mini Indonesia Indah. Jika kita pergi berwisata ke kebun binatang, kita hanya dapat menyaksikan para hewan dan fasilitas pendukungnya. Berwisata ke pantai memang sangat menyenangkan, tetapi kita hanya bisa menikmati wisata laut saja. Tawaran wisata yang kini banyak menggoda adalah berwisata shopping ke mall. Tapi wisata di mall membuat kita menjadi manusia yang konsumtif, tidak kreatif dan bahkan tidak mendapatkan pengetahuan apapun. Uang habis, hanya rasa capek yang menggunung. Tapi di TMII kita bisa menemukan segalanya. Pagelaran kesenian dan kebudayaan dari berbagai suku di Sabang (Aceh) sampai Merauke (Papua) bisa kita nikmati disini. Kekayaan flora-fauna yang ada, hidup dan berkembang di Indonesia juga menambah eksotika tempat ini. Pilihan wisata modern dengan tehnologi terkini juga ada. Bahkan wisata umum seperti naik kereta api, mandi bola, berenang dan lain-lain.

3. Wisata murah dan merakyat : Di kota besar seperti Jakarta, semua serba mahal. Bahkan tempat-tempat wisatanya juga. Tapi tidak untuk Taman Mini Indonesia Indah. Semua golongan bisa masuk dan menikmati keindahannya. Harga tiketnya sungguh terjangkau. Bagi yang berkemampuan ekonomi lemah. Bisa saja hanya membayar tiket masuk. Dan bebas menikmati anjungan daerah dan taman yang sangat luas di sekelilingnya. Bagi yang memiliki dana mencukupi, kita tinggal memilih wisata-wisata yang tersedia misalnya istana anak-anak, berbagai museum, taman burung dan lain sebagainya.

4. Wisata satu-satunya di Indonesia yang memadukan ilmu pengetahuan, seni dan kebudayaan, alam, sastra, sejarah, lingkungan dan tehnologi. Jika diibaratkan dengan sekolah, TMII mengajarkan semua bidang keilmuan. Di Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan teknologi kita bisa menyaksikan beragam peragaan dengan menggunakan cara yang menyenangkan dan mudah dipahami. Dalam bidang seni dan kebudayaan, tentu kita bisa menelusuri sudut-sudut anjungan setiap daerah. Lihat saja untuk Propinsi Sumatera Utara, kita bisa melihat berbagai rumah dengan arsitektur Batak yang beragam menampilkan rumah Batak Toba, Karo dan Nias. Semua menggambarkan betapa kaya seni dan budaya disana.

III. TMII Sebagai Warisan Budaya Dunia

Upaya pemerintah RI melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mendaftarkan TMII sebagai salah satu warisan dunia kepada Unesco sangatlah tepat. Dengan tercatatnya TMII oleh Unesco sebagai badan internasional yang salah satu tugasnya adalah melindungi keagungan dan keindahan alam dan situs sejarah dunia akan mendorong kecintaan kita yang lebih dalam pada TMII.

Upaya pemerintah ini tentu akan didukung oleh seluruh masyarakat Indonesia yang sangat mencintai alam dan budayanya. Untuk itu upaya tersebut perlu diperkuat dengan berbagai kebijakan dan langkah konkrit pemerintah sehingga harapan TMII tercatat sebagai salah satu warisan budaya bisa diwujudkan.

IV. Penutup

Dari berbagai hal diatas maka dapat diambil kesimpulan dan saran sebagai berikut:

1. Tujuan awal mendirikan TMII sebagai tempat rekreasi, memperluas ilmu pengetahuan, memperkenalkan alam, budaya dan adat seluruh daerah di Indonesia pada masa lalu, saat ini dan masa yang akan datang merupakan tujuan yang sangat mulia. Landasan itulah yang menjadi dasar yang sangat kuat untuk terus mempertahankan, mengembangkan dan menetapkan TMII sebagai warisan budaya Indonesia bahkan dunia yang harus dijaga.

2. TMII juga akan menjadi saksi sejarah tentang perkembangan budaya, ekonomi, sosial bahkan politik yang terjadi di Indonesia. Misalnya dengan bertambahnya jumlah provinsi di Indonesia yang otomatis menambah anjungan provinsi di TMII . Penambahan ini merupakan dampak positip dari situasi politik Indonesia yang maju terkait dengan otonomi daerah.

3. Yang paling penting adalah tercatat atau tidak oleh Unesco sebagai salah satu warisan budaya dunia, kita sepatutnya terus bangga memiliki sebuah tempat seperti TMII. Kebanggaan itu perlu diwujudkan dengan mengembangkan program-program yang ada dan menggagasi program baru yang innovatif dan kreatif dari pemerintah dalam memelihara dan mengembangkan TMII menjadi lebih baik di masa yang akan datang.

4. Hal lain yang mungkin juga sangat penting untuk dilakukan adalah bagaimana partisipasi seluruh masyarakat Indonesia untuk semakin terlibat dalam mencintai, mengembangkan, dan mempromosikan TMII di dalam negeri ataupun di luar negeri.

Di tengah proses penilaian tersebut, khususnya di ulang tahun TMII ke 37 (tiga puluh tujuh) tahun pada tanggal 20 April 2012 mendatang. Kiranya semangat untuk meneruskan visi dan misi TMII yaitu menjadi kawasan wisata budaya yang terkemuka terus menggema di hati seluruh rakyat Indonesia. Kita berharap seluruh perangkat organisasi dan manajemen TMII terus memberikan karya terbaik untuk tetap mengembangkan TMII sebagai hadiah terindah buat Indonesia. Jayalah TMII. Jayalah Indonesia!


Artikel Lainnya:

 

Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.