Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
Silahkan Login & Kirim Warta

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?
Pewarta Online

Yang Terpinggirkan
Gaji Pensiun yang belum Terealisasi Juga.....
21/02/2013 | Husaeni Mabruri

KOPI - Mimpi manis untuk masa depan gaji pegawai pensiunan sipil hidupnya belum dirasakan oleh Bpk. [ ... ]


Gelora Sepeda
“Nongkrong di Haus Berbonus” Raih MU.....
30/06/2013 | Arifin

KOPI - PT ABC President Indonesia menggelar serangkaian kegiatan “Nongkrong di Haus Berbonus”, Minggu pagi (30/6) di Plaza Utara Senayan, Jakarta. Event tersebut diselenggarakan serentak di tiga K [ ... ]



Polling Warga
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

Warta Berita Pendidikan Prospek STAIS Kutai Timur Padukan Disiplin Ilmu dan Amaliah
Redaksi Koran Online Pewarta Indonesia (KOPI) bersama segenap pengurus dan anggota PPWI se-Indonesia menyampaikan Selamat Menjalankan Ibadah Puasa di bulan Ramadhan 1435 H, kepada seluruh umat Muslim dan Muslimat sebangsa dan setanah air dan di seluruh dunia. Semoga senantiasa dilimpahkan rahmat dan pahala yang berlimpah di bulan suci penuh rahmat ini bagi setiap anak negeri di segenap penjuru nusantara... Amin...

Prospek STAIS Kutai Timur Padukan Disiplin Ilmu dan Amaliah

Pewarta-Indonesia, Pagi itu waktu di Kutai Timur menunjukkan pukul 06.05 WITA. Sekelompok muda-mudi berpakaian senada hitam-putih terlihat tergesa-gesa dan bersungut-sungut memasuki Kampus STAIS Kutai Timur karena melihat sebagian besar teman mereka dengan seragam yang sama telah berjajar rapi dalam sebuah barisan. Dengan pakaian hitam-putih, tas karung menempel di punggung, kaus kaki hijau yang dikenakan setinggi selutut, dan papan nama bertulisan nama diri, menjadikan pagi itu terasa lain dari biasanya. Saat itu Sabtu (15/08) di Sekolah Tinggi Agama Islam Sengata (STAIS) Kutai Timur adalah hari pertama Prospek (Program Orientasi Pengenalan Kampus) III tahun akademik 2009/2010 yang dilaksanakan dua hari sekaligus mulai sabtu sampai dengan Minggu (16/08).

Di pihak lain terdengar teriakan-teriakan yang berkumandang keras. Teriakan-teriakan tersebut terkesan seperti orang yang sedang memaki. Sebagian esensinya adalah mengkritisi gerak-gerik muda-mudi yang datang berlarian, karena mereka dirasa lambat. Bagi Panitia Prospek III STAIS kutim, tidak ada toleransi atas terlambatnya mereka meski itu hanya lima menit. “Kenapa terlambat!”, “Jam berapa sekarang!”, “Berdiri yang benar!”, serta teriakan lain yang bernada menghardik terdengar di hampir semua tempat di lokasi Prospek III Kampus STAIS kutim di Jl. APT Pranoto No 1 Singakarta, Sengata Utara.

Kejadian seperti ini hampir dapat dipastikan muncul mengawali hari selama pelaksanaan Prospek III STAIS Kutim, “Penggemblengan dalam prospek ditujukan untuk membentuk disiplin, penghargaan waktu dan penempaan mental kepada calon mahasiswa baru STAIS”, ujar Randi ketua OC (Organizing Committee) Prospek III STAIS Kutim. “Dengan acara penggemblengan selama prospek ini diharapkan terbentuklah kedisiplinan, dan mental juang yang kuat bagi calon mahasiswa STAIS”, tambah Randi.

Di samping calon mahasiswa baru memperoleh gemblengan mental, Prospek di STAIS kutim bertujuan untuk memperkenalkan semua sisi dunia kampus kepada mahasiswa barunya. Mereka diperkenalkan dengan bagian-bagian kampus yang menempati posisi penting bagi kelangsungan studi mereka. Tentang system pelaksanaan studi yang ada di STAIS, sarana penunjang belajar seperti Laboraturium Bahasa dan Komputer, Perpustakaan, UKM-UKM yang ada, sampai dengan materi teknik penulisan ilmiah yang perlu dikuasai.

Beberapa kegiatan memang sudah diramu oleh Pembantu Ketua III bagian kemahasiswaan STAIS Kutim untuk kegiatan prospek yang diikuti oleh 193 calon mahasiswa baru ini. "Hari pertama sabtu (15/08),adalah pengenalan kampus yang mencakup visi-misi STAIS Kutai Timur, kode etik kampus, Tridarma Perguruan Tinggi dan Prospek lulusan STAIS. Wacana teoritis ini dipadu dengan berbagai kegiatan sampai pukul 17.00 WITA.," ujar Pembantu ketua III, Haryono.

Pada hari kedua, Minggu (16/08) Prospek dibuka dengan baris berbaris, senam pagi dan dilanjutkan dengan kerja bakti social yang bertujuan melatih kepekaan social calon mahasiswa baru. Para mahasiswa baru diajak turun jalan untuk membersihkan semua sampah di seputar jalan APT Pranoto. Siangnya mereka dibekali materi tentang teknik menulis, pendekatan studi dan system pelayanan administrasi yang ada di STAIS. Kegiatan dilanjutkan dengan berbagai acara dan perlombaan sampai pukul 17.00. Kegiatan Prospek III STAIS Kutim setiap harinya dimulai dari pukul 06.00-17.00.

Pada akhirnya, PROSPEK STAIS Kutai Timur dengan tema “Membangun tradisi Ilmiah mahasiswa menuju kampus berbasis research”, memiliki esensi penting dalam proses seleksi dan pembekalan mahasiswa baru ke arah budaya ilmiah yang ada di kampus. Prospek III STAIS Kutim tahun akademik 2009/2010 diharapkan menjadi tonggak terbinanya cultur ilmiah di tingkatan mahasiswa, hingga calon mahasiswa STAIS Kutim menjadi mahasiswa yang tangguh, cerdas, dan mampu memegang tongkat estafet perjuangan mahasiswa.

Mustatho', Sekretaris P3M STAIS Kutai Timur
Jl. APT. Pranoto, No. 1 Sengata Utara, Kutai Timur
http://www.staiskutim.ac.id

Image: deasin kampus STAIS Kutim
 

Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.