Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?
PEWARTA ONLINE
None

GELORA SEPEDAJatuh Bangun Nadine Go wes Bersepeda den.....
20/06/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Jakarta – Aktris Nadine Chandrawinata menyukai olahraga seperti  Renang, Menyelam, Senam serta olahraga baru yang kini Ia geluti yakni bersepeda. Ditemui di acara Polygon Follow Your Own P [ ... ]



POLLING WARGA
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

Jawab Permasalahan Ekonomi, GNI Gelar Training Riset Potensi Sumberdaya Usaha

KOPI - Akhir-akhir ini program pengentas kemiskinan di Indonesia mulai menjadi konsen berbagai kalangan, baik nasional, regional, daerah, maupun desa. Mulai dari sejumlah lembaga swadaya masyarakat hingga pemerintah selaku pihak pengambil kebijakan. Dengan target yang ingin dicapai meningkatnya pendapatan keluarga, menurunnya angka pengangguran sehingga terwujudnya kemandirian dan kesejahteraan masyarakat sebagaimana yang dicita-citakan bangsa dan juga negara.

Namun, melihat realitas yang terjadi upaya berbagai pihak tersebut belum mampu memberikan solusi terbaik untuk terbangunnya perekonomian yang dapat menekan kesenjangan sosial dan terjadinya pemerataan ekonomi sehingga terwujudnya kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh.

Berdasarkan data publikasi hasil kajian Institute for development of Acehnese Society (IDeAS) menyampaikan tingkat pengangguran Aceh tertinggi dari seluruh provinsi di Sumatera. Hal tersebut juga mengacu pada data kondisi ketenagakerjaan di Indonesia yang dipublikasi BPS RI, 5 Mei Tahun 2017. Dan secara nasional jumlah pengangguran mencapai 7,01 juta orang atau 5,33 persen.

Khusus Aceh Barat daan berdasarkan publikasi Pemda Aceh Barat, tingkat kemiskinan di Kabupaten Aceh Barat tergolong tinggi, 55% masyarakatnya hidup dibawah garis kemiskinan, terdiri dari keluarga pra-sejahtera 23,52 % dan keluarga sejahtera 1 sebanyak 31,74 %. Sebagian besar masyarakatnya menggantungkan hidupnya dari sector Pertanian (49,4%), sedangkan dari sector lainnya sebanyak 50,6%, terdiri pertambangan, perdagangan, industry, jasa, telekomunikasi, kontruksi, dst (Aceh Barat dalam angka 2015).

Melihat rilis data tersebut sangat mengelitik sanubari semua pihak dan penting direfleksikan kembali terhadap konsep pengembangan ekonomi yang menjadi prioritas pembangunan dan sudah tertuang dalam aturan pemerintah mulai dari pusat sampai tingkat daerah bahkan level desa yang juga telah didorong untuk melahirkan qanun tentang pentingnya memperioritaskan program pemberdayaan masyarakat dalam setiap perencanaan pembangunan desa.

Hal ini menunjukkan bahwa keseriusan pemerintah dan berbagai pihak melihat permasalahan ekonomi ini merupakan isu penting dan menjadi perioritas, akan tetapi realita yang terjadi dilapangan tak sebanding dengan anggaran yang begitu besar telah dihabiskan dan peraturan peraturan yang telah dibuat terkesan percuma untuk ditetapkan.

Sebagaimana diketahui bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia menjamin kesejahteraan tiap-tiap warga negaranya, yang didalamnya dimaksud adalah kemandirian secara ekonomi, sosial, budaya, dan juga politik.

Oleh karena itu Yayasan Gugah Nurani Indonesia (GNI) merupakan organisasi non-pemerintah untuk kemanusiaan dan pemberdayaan masyarakat yang Selama telah bekerjasama dengan pemerintah Pusat, Daerah dan juga pemerintah desa diseluruh wilayah dampingan kerja di berbagai daerah dan provinsi dalam wilayah Indonesia.

Berdasarkan pengamatan dan refleksi yang dilakukan staff GNI Meulaboh devisi Income generation serta melakukan analisa dan identifikasi mendalam, Program yang berjalan belakangan ini belum menyentuh pada akar persoalan dan tidak berdasarkan sumberdaya potensial atau kearifan local. Selain itu beberapa hal yang menyebabkan belum terjadinya perubahan dikomunitas adalah sebagai berikut:

1. Sebagian besar masyarakat belum menyadari pentingnya mengidentifikasi berbagai potensi sumberdaya usaha yang mereka miliki.

2. Sebagian besar masyarakat belum menyadari besarnya peluang usaha dari potensi sumberdaya usaha yang selama ini mereka miliki.

3. Terbatasnya kemampuan dan kapasitas untuk mengelola berbagai sumberdaya usaha yang telah dimiliki.

4. Lemahnya keterampilan perencanaan usaha, analisa usaha, serta pengembangan usaha.

Menurut kajian kami dari yayasan gugah nurani Indonesia terhadap sumberdaya potensial yang bila digarap dengan benar maka akan menyumbang kontribusi pada meningkatnya perekonomian khususnya di Aceh Barat dan umumnya secara nasional, meski perlu dilakukan kajian ulang dan analisis mendalam oleh berbagai pihak lainnya.

Sumberdaya yang dimaksud adalah sector pertanian, yang mana di Aceh Barat memiliki potensi yang sangat besar, sehingga bisa dijadikan modal utama dalam membangun ekonomi daerah dan mensejahterakan masyarakatnya, jika bisa dikelola dengan baik. Namun demikian, besar nya sumberdaya pertanian tidak sebanding dengan kemampuan dan kapasitas masyarakat dalam mengelolanya.

Hal ini bisa dilihat dari rendahnya produksi dan produktifitas berbagai komoditi unggulan yang dihasilkan oleh masyarakat Aceh Barat pada umumnya. Sebagai contoh produktifitas padi sawah rata rata 5,2 ton/ha/musim, karet 0,9 ton/ha/tahun, kelapa sawit 8,5 ton/ha/tahun, kelapa 0,39 ton/ha/tahun, kakao 0,22 ton/ha/tahun dan seterusnya (Aceh Barat dalamangka 2015).

Realitas masyarakat Aceh Barat secara umum tidak merasa kalau berbagai sumberdaya pertanian yang mereka miliki bisa dijadikan modal utama untuk membangun ekonomi keluarga sehingga sebagian besar (55%) masih berada dibawah garis kemiskinan. Disisi lain sebagian besar kebutuhan pokok, mulai dari beras, sayur dan buah buahan harus mendatang kan dari wilayah lain atau Sumatera Utara.

Sehingga sector pertanian dapat dijadikan sebagai andalan dan modal dasar untuk membangun ekonomi masyarakat dan daerah untuk menjadi kebutuhan yang harus didorong bersama semua pemangku kepentingan yang ada di Aceh Barat.

Untuk menjawab permasalahan diatas, serta demi peningkatan pendapatan masyarakat. GNI cabang meulaboh akan mengadakan training riset potensi usaha untuk sejumlah anggota komite pemberdayaan dan masyarakat dalam wilayah kecamatan Arongan lambalek dan Woyla Barat, yang akan dilaksanakan pada 23-24 Agustus di Aula kantor GNI Meulaboh.

Peserta yang sudah ditraining ini akan diorganisir dalam wadah kelompok usaha besama yang tentunya berdasarkan potensi dan kesamaan jenis usaha yang ditekuni selama ini.

TUJUAN

1. Menumbuhkan kesadaran kritis masyarakat untuk menginventarisir berbagai sumberdaya usaha yang selama ini mereka miliki, termasuk peluang usaha yang layak dikembangkan sesuai dengan kemampuannya. Dan mengelolanya secara bersama-sama.

2. Meningkatkan kapasitas dan kemampuan masyarakat untuk memilih usaha sesuai dengan kemampuan dan sumberdaya yang dimiliki.

3. Meningkatkan kesadaran masyarakat untuk merintis dan mengelola usaha sesuai dengan kemampuan dan sumberdaya yang dimiliki.

4. Meningkatkan keterampilan perencanaan usaha, analisa usaha, serta pengembangan usaha.

HASIL YANG DIHARAPKAN

1. Peserta mampu memetakan berbagai sumberdaya usaha yang mereka memiliki dalam bentuk data potensi sumberdaya usaha ditingkat desa.

2. Peserta mampu menggambarkan kronologis berbagai potensi sumber daya usaha yang selama ini dijadikan sebagai sumber mata pencaharian keluarga.

3. Peserta mampu memilih usaha yang layak dikembangkan oleh keluarga sesuai dengan kapasitas dan kemampuan yang dimiliki.

4. Peserta mampu membuat perencanaan usaha, analisa usaha sederhana, serta mengetahui teknik pengembangan usaha.

MATERI PELATIHAN

1. Identifikasi Kebutuhan dan Pendapatan Keluarga

2. Pemetaan sumberdaya usaha masyarakat

3. Pemetaan permasalahan usaha masyarakat

4. Pemilihan usaha potensial /strategis

5. Perencanaan usaha

6. Analisa Usaha dan teknik pengembangan usaha

TRAINER

Dr. Ir. T. Erwansyah, M.Si

PROSES, METODE & Media BELAJAR

Proses Belajar

Proses belajar dalam Training ini menggunakan azas Pendidikan orang dewasa (androgogy) dan mengikuti pendekatan partisipatori. Yaitu menempatkan semua peserta sebagai guru atau nara sumber dengan meyakini setiap orang telah memiliki bekal pengetahuan, pengalaman serta keterampilan yang bertindak berdasarkan kesadarannya sendiri dan kesadaran kelompoknya. Pengalaman dan potensi yang ada pada peserta adalah sumber yang perlu digali, dikembangkan dan dianalisis secara bersama untuk menemukan kesimpulan.

Selama proses pelatihan berlangsung Fasilitator akan lebih banyak menggali gagasan peserta, mengkodifikasi masalah, dan mensistematisasi masalah peserta dan fasilitator akan menciptakan kondisi bagaimana peserta menyelesaikan masalahnya sendiri. Menjadikan mereka sebagai peneliti, perencana, dan pelaksana program pembangunan bukan sekedar obyek pembangunan.

Media Belajar

Training ini merupakan training penguatan kapasitas serta peningkatan pengetahuan dan wawasan, dengan meyakini prinsip pemberdayaan masyarakat sebagai berikut:

Pemberdayaan masyarakat disini dipahami sebagai proses bukan tujuan, dijalankan melalui mekanisme dari, oleh dan untuk masyarakat sebagai proses demokratisasi pembangunan pedesaan.

“Dari” dalam masyarakat sendiri digerakkan berbagai kegiatan yang menjadi kebutuhannya.

“Oleh” masyarakat sendiri selaku pelaksana dan pengelola kegiatan mereka.

“Untuk” memenuhi kebutuhan “Masyarakat” sendiri dan sekitarnya.

Gerakan dari, oleh dan untuk masyarakat akan terjadi jika dalam masyarakat itu sendiri ada warga desa yang tahu, mau dan mampu berperan sebagai penggerak pemberdayaan masyarakat. Salah satu penggeraknya adalah Komunitas yang terorganisir untuk memproses pemecahan masalah atau pemenuhan kebutuhan masyarakat dengan mendayagunakan potensi dan sumberdaya yang tersedia.

Pembangunan ekonomi perlu ditopang oleh aktivitas riset dan pengembangan secara berkualitas agar dapat menemukan fakta dari akar permasalahan perekonomian sehingga dapat melahirkan konsep peningkatan ekonomi yang lebih efektif dan tepat sasaran.

Kemampuan mengidentifikasi,menginventarisir potensi dan peluang usaha menjadi sebuah kebutuhan yang harus didorong bersama agar terwujudnya kemandirian ekonomi di masyarakat. Dengan demikian dapat berkontribusi optimal dan memiliki peran penting dalam perekonomian nasional.


Artikel Lainnya:

 

Pertemuan Prabowo dengan Pengurus Teras DPD Gerindra Jabar, Menentukan Cagub dan Wagub
Sabtu, 09 Desember 2017

KOPI, Bandung – Ketua DPP Partai Gerindra Sodik Mujahid menuturkan hingga saat ini Prabowo masih terus menggodok 5 nama sambil terus berkomunikasi dengan sejumlah partai yang akan menjadi mitra koalisi. "Belum ditetapkan. Hari-hari ini masih digodok di internal untuk kemudian dibicarakan dengan mitra PKS, PAN," ujar Sodik kepada kumparan.com , Jumat (8/12). Adapun nama-nama yang digodok itu antara lain mantan Gubernur BI Burhanudin Abdullah,... Baca selengkapnya...

Pengamat : Percepat Pergantian Panglima TNI “Hak” Presiden Bro
Jumat, 08 Desember 2017

KOPI, Jakarta – Ditempat kerjanya, Sugeng Triwardono menuturkan “ Percepat pergantian Panglima TNI merupakan “Hak Presiden “ sebagai Panglima Tinggi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Media Sosial (red. Facebook, Twitter, Istagram, WA/ What’s App, Youtube, dan lain-lain ) merespons cepat keputusan Presiden Joko Widodo terkait dengan pergantian Panglima TNI. Pergantian Panglima TNI (Tentara Nasional Indonesia) Jendral... Baca selengkapnya...

Wajah Mirip Banget Cuma Nasib Saja yang Beda
Minggu, 03 Desember 2017

KOPI, Jakarta - Kedua orang ini memiliki kemiripan wajah kadar 80% dengan Presiden Joko Widodo serta Prabowo Subianto. Gambar sebelah kanan serupa dengan Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto. Kedua orang ini memiliki wajah aspal asli tapi palsu atau KW. Wajah Kw Joko Widodo bernama Reza. Penemua gambar unik ini diunggah oleh Akun Facebook Raditya Padma. Saat itu kedua orang tersebut  penumpang kereta api . Dua pria terlihat duduk... Baca selengkapnya...

Demi Kesejahteraan Rakyatnya, Bupati Simelue Berharap Pemerintah Percepat Pemekaran
Rabu, 29 November 2017

KOPI, Jakarta - "Strategi Percepatan Pembangunan Pulau Terluar dan Pulau Terdepan dalam Kawasan Strategi Nasional Menuju Simelue Sejahtera” menjadi tema utama dalam sebuah talkshow terkait usulan pemekaran Kabupten Kepulauan Selaut Besar (KKSB) dari Kabupaten Simelue, Provinsi Aceh, yang diselenggarakan di Hotel Media Jakarta, Jl. Gunung Sahari Raya No.3, Jakarta Pusat, Selasa (28/11/2017). Acara Talkshow yang dipandu oleh Senator DPD RI asal... Baca selengkapnya...

Putri PPWI 2015 Faika Putri : Berikan Tips untuk Atasi Berita Hoax
Selasa, 28 November 2017

KOPI, Jakarta - Sekarang ini, berita hoax mudah sekali tersebar dimana-mana melalui media social (Medsos yaitu : Youtube, Facebook, Twitter, Istagram, WA, dan lain-lain) . Masalahnya, penyebaran berita hoax bisa menyebabkan kesalahpahaman. Hal-hal yang buruk bila tersebar tanpa konfirmasi, bisa merugikan banyak pihak. Masyarakatpun dengan mudah menayangkan langsung berita di media  Medsos   tanpa  di edit, seleksi oleh perusahaan medsos... Baca selengkapnya...

Robert Nio Ukir Rekor MURI Sebagai Peragawan Tertua di Indonesia?
Sabtu, 25 November 2017

KOPI, JAKARTA - Ada yang unik dalam peragaan busana (fashion show) bertajuk “Imagine Possibilities Fashion Trunk Show” oleh desainer Anthony Bachtiar yang digelar di Jakarta Creative Hub, di Bilangan Bundarah Hotel Indonesia, Jakarta Pusat. Pada peragaan busana yang dimulai pukul 19.00 WIB, Jumat 24 November 2017 tersebut, secara berani sang desainer telah mempercayakan karya desainnya untuk dibawakan oleh Robert Nio yang saat ini telah... Baca selengkapnya...

Pengukuhan Jenderal Polisi Tito Karnavian Raih Gelar Profesor, Guru Besar di Kampus PTIK
Kamis, 16 November 2017

KOPI, Jakarta - Pengukuhan dilakukan dalam sidang Senat Terbuka dipimpin Gubernur selaku Ketua STIK-PTIK Irjen Pol Dr Remigius Sigid Tri Harjanto, SH, MSi. Pernyataan pengukuhan dilakukanIrjen Pol Prof Dr Iza Fadri, SH, MH, perwakilan guru besar pada senat akademik, yang juga dihadiri oleh Menteri Ristek Dikti Prof Dr Mohammad Nasir.   Jenderal (Pol) Drs H Muhammad Tito Karnavian, MA, Ph D yang saat ini menjabat sebagai Kapolri,... Baca selengkapnya...

INTERNASIONALRumah Lelang Julien’s Auction Lelang K.....
26/11/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Washington Dc – Dilansir dari DailyMail, beberapa hari yang lalu rumah lelang Julien's Auction, melelang kue pernikhan Presiden Amerika Seri [ ... ]



NASIONALMasyarakat Papua di Sulut Tidak Mengenal.....
30/11/2017 | Wicahyono Putro
article thumbnail

KOPI, Sulut – Beberapa hari ini, marak beredar di media sosial tentang konten bernuansa makar. Tanggal 1 Desember 2017 diklaim oleh kelompok tertent [ ... ]



DAERAHFestival Budaya Kota Tangerang Diikuti R.....
04/12/2017 | Marsono Rh

KOPI - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Tangerang menggelar event Gerak Jalan Batik Nasional dan Kirab Baju Adat Daerah sebagai rangkaian Festival [ ... ]



PENDIDIKANTim Dream Menanam Nilai Antikorupsi Seda.....
23/11/2017 | Redaksi KOPI
article thumbnail

KOPI - Absensi adalah kebutuhan yang sangat mendasar bagi seorang mahasiswa sebagai penanda awal perjalanan menuju sebuah niat suci bernama “skripsi [ ... ]



EKONOMIRatusan Orang Buruh Pabrik Es Krim Aice.....
06/12/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Jakarta – Siaran Pers dikeluarkan oleh Serikat Buruh Demokratik Kerakyatan (SEDAR) diunggah di akun Twitter @pembebasanbdg, Rabu (1/11/2017),  [ ... ]



HANKAMSemarak Peringatan Hari Pahlawan 2017 di.....
17/11/2017 | Rachmad Yuliadi
article thumbnail

KOPI, Banda Aceh - Sebagai bangsa yang besar tentu saja kita harus mengingat jasa para pahlawan. Pada tanggal 10 November 2017, rakyat Aceh memperinga [ ... ]



OLAHRAGASempena Hut Kuansing : Bupati H. Mursini.....
13/10/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Kuantan Singingi – Dari pantauan Pewarta Indonesia , Kamis pagi (12/10-17) dari luar Gedung DPRD kabupaten Kuansing, puluhan karangan bunga u [ ... ]



PARIWISATAKomunitas EO Aceh dalam Peningkatan Prom.....
23/11/2017 | Rachmad Yuliadi Nasir

KOPI, JAKARTA - Salah satu sumber pendapatan daerah adalah melalui pemasukan dibidang pariwisata. Untuk itulah segenap EO (Even Organizer) Aceh ditunt [ ... ]



POLITIKDedi Mulyadi "Terkapar" Dalam Polling Ju.....
03/12/2017 | Buddy Wirawan
article thumbnail

KOPI, Bandung - Polling daring ‘Gubernur Pilihan Jabar‘ yang diinisiasi Jurnalis Online Bandung (JOB), di hari ketiga Bupati Purwakarta Dedi Mul [ ... ]



OPINIGN Lingkaran: Upaya Menyelamatkan Masa D.....
08/12/2017 | Harjoni Desky

KOPI, Jakarta - Tepat pukul 17.20. Pak Yamin tiba di rumah, dengan wajah yang muram, ia berusaha duduk bersandar di kursi bambu miliknya. Dari gurata [ ... ]



PROFILKetika Prestasi dan Organisasi Harus Ber.....
30/11/2017 | Indra Lesmana Bahari

KOPI, Serang - Dawam Muzakki lahir di Bogor pada 29 Oktober 1997 dari pasangan Tatang Tohani dan Elah Nurilah yang merupakan salah anggota Persatuan [ ... ]



SOSIAL & BUDAYAPameran Seni “Run For Manhattan” by .....
24/11/2017 | Yeni Muezza

KOPI, Jakarta - Ciptadana Art Program kembali digelar dengan tujuan untuk berbagi dengan klien, dengan mengapresiasi seni kontemporer unik Indonesia. [ ... ]



ROHANIMengenal Abuya Syaikh H. Muhammad Muda W.....
26/09/2017 | Ismayadi Yadi
article thumbnail

KOPI - Abuya Syaikh H. Muhammad Muda Waly al-Khalidy an-Naqsyabandy Abu Abuya Syaikh H. Muhammad Muda Waly al-Khalidy an-Naqsyabandy DAYAH-DARUSSALAM [ ... ]



RESENSIDrama Korsel Berjudul Man Who Dies to L.....
30/07/2017 | Didi Rinaldo

KOPI – Jakarta - Drama Korea Man Who Dies to Live berhasil masuk sepuluh besar rating drama terbaik di Korea Selatan.
drama yang tayang di MBC ini j [ ... ]



CERPEN & CERBUNGKetika Gunung Juga Punya Cara.....
22/03/2016 | Anjrah Lelono Broto
article thumbnail

KOPI - Gunung memiliki cara sendiri untuk menunjukkan kediriannya. Gunung juga memiliki mulut dan lidah tersendiri untuk berbicara. Gunung adalah gunu [ ... ]



PUISIMenatap Rasa.....
07/06/2017 | Mas Ade

Masih di bulan Juni Angin mendatangi jendelaku Bisikkan rindu yang basah Oleh hujan bulan Mei Meski embun tetap nyenyak dalam tidurnya Mendekap s [ ... ]



CURAHAN HATIGubernur Riau , Mengutamakan Menghadi.....
10/12/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Bengkalis – Ditempat kerjanya, Aji Sulung menuturkan “ Inilah contoh prilaku yang tidak terpuji oleh para pemimpin negeri Melayu Riau ini. [ ... ]



SERBA-SERBINikmatnya ES Krim Aice , Tak Semanis.....
06/12/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Jakarta – Sebanyak 664 buruh PT. Alpen Food Industry melakukan aksi mogok kerja dari total 1.233 pekerja yang melakukan mogok sejak awal Novem [ ... ]



Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.