Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
Silahkan Login & Kirim Warta

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?
Pewarta Online

Yang Terpinggirkan
Gaji Pensiun yang belum Terealisasi Juga.....
21/02/2013 | Husaeni Mabruri

KOPI - Mimpi manis untuk masa depan gaji pegawai pensiunan sipil hidupnya belum dirasakan oleh Bpk. [ ... ]


Gelora Sepeda
Fun Bike Meriahkan HUT Ke-69 TNI di Aceh.....
29/09/2014 | Syamsul Kamal
article thumbnail

KOPI, Aceh Jaya - Dalam rangka memperingati hari ulang tahun Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang ke 69, Komando Distrik Militer (Kodim) 0114 Aceh Jaya, mengegelar acara sepeda santai (fun Bike)  [ ... ]



Polling Warga
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

DIRGAHAYU PERSATUAN PEWARTA WARGA INDONESIA (PPWI), 11 NOVEMBER 2007 - 11 NOVEMBER 2014, SENANTIASA TEKUN BELAJAR DAN BERKARYA BAGI PENCERDASAN BANGSA-BANGSA DI NUSANTARA DAN SEANTERO BUMI BRAVO PPWI... BRAVO INDONESIA... BRAVO PEWARTA WARGA...!!!

MOS sebagai Sarana Pendidikan Rasa Cinta Tanah Air

KOPI, Masa Orientasi Siswa (MOS) adalah sebuah wadah yang bertujuan untuk membantu para siswa baru untuk mengenal lingkungannya. Lingkungan tersebut ialah dari siswa terhadap sekolah, guru, para senior, serta siswa baru lainnya. Biasanya MOS dilaksanakan di lingkungan Sekolah Menengah, baik itu Sekolah Menengah Pertama (SMP) ataupun Sekolah Menengah Atas (SMA). MOS telah dikenal sejak lama dan menjadi program sekolah serta Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) di sekolah itu.

Alasan yang melatar belakangi kegiatan MOS ialah karena kegiatan MOS merupakan langkah awal bagi para siswa baru untuk mengenal lingkungannya, dimana MOS sangat berperan penting bagi siswa sehingga dapat menentukan sikap siswa kedepannya, kenapa bisa? Karena kesan awal dapat memberikan contoh bagi siswa untuk mengikuti pola kehidupan lingkungan.

Pemerintah Kota Bengkulu mengadakan program yang sangat baik, yaitu melaksanakan MOS bersama TNI. Hal ini dikarenakan saat ini sikap pelajar Indonesia cenderung kurang cinta dan memberi perhatian terhadap tanah air tercinta ini. tentu sangat kontras dengan pelajar sekitar dua puluh tahun lalu atau lebih yang sangat menjunjung tinggi nilai-nilai budaya bangsa. Program MOS bersama TNI ini dilaksanakan sebagai wujud pembinaan mental siswa baru untuk menanamkan rasa cintanya.

Program MOS dibuka pada hari Senin, 11 Juli 2011 serentak di seluruh Kota Bengkulu dan pembukaan secara simbolis dilakukan di SMA Plus Negeri 7 Kota Bengkulu yang diikuti perwakilan peserta MOS dari Puluhan SMA yang ada di Bengkulu. dan Kegiatan MOS akan berakhir pada hari Kamis, 21 Juli 2011 dan upacara penutupannya akan dilaksanakan di SMA Negeri 5 Kota Bengkulu.

Seperti kegiatan MOS di salah satu SMA terfavorit di Kota Bengkulu, yaitu SMA Negeri 5 Kota Bengkulu, Kegiatan MOS dibuka pada hari Senin, 11 Juli 2011. Materi kegiatan MOS diisi dengan kegiatan yang beraneka ragam. Kegiatan diisi berkat adanya kerja sama antara TNI, Sekolah, dan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS). Masa Orientasi Siswa diisi oleh kegiatan Pengenalan lingkungan sekolah, keakraban lingkungan sekolah, Peraturan Baris Berbaris, materi sejarah NKRI, Penanaman dan pendalaman rasa cinta NKRI, kegiatan pembinaan iman dan taqwa (imtaq) dan sebagainya.

Seperti yang disampaikan oleh ketua panitia kegiatan Masa Orientasi Siswa di SMA Negeri 5 Kota Bengkulu, Nika Permata Dela (17) kegiatan MOS di SMANLI (panggilan SMA Negeri 5 Bengkulu) merupakan perpaduan kegiatan yang menyelaraskan nilai-nilai cinta terhadap tanah air, nilai kedisiplinan, nilai keagamaan, dan pengenalan lingkungan. Nika juga menambahkan bahwa dengan adanya kegiatan MOS, seluruh siswa baru di SMA negeri 5 dapat menjadi siswa generasi unggulan. Senada dengan Nika, Billy Perdana Tjiandra, presiden siswa SMA Negeri 5 menambahkan bahwa tujuan utama kegiatan MOS agar dapat menyelaraskan antara ilmu, iman, taqwa, dan cinta terhadap tanah airnya agar nilai-nilai bangga menjadi anak Indonesia tetap tertanam di dalam jiwa setiap siswa.

Seluruh kegiatan MOS merupakan program kerja OSIS masing-masing sekolah yang ada di Kota Bengkulu, kegiatan berlangsung tergantung kreativitas dari panitia masing-masingnya. Dalam hal prosesi kegiatan, ada hal unik yang dilaksanakan di SMA Negeri 5 Kota Bengkulu, dimana panitia yang tergabung di dalam OSIS SMA Negeri 5 Kota Bengkulu mengadakan acara Pra-MOS, acara ini merupakan ajang perkenalan bagi sesama siswa sebelum memasuki acara inti kegiatan MOS. Kegiatan Pra-MOS ini diisi dengan kegiatan Outbond dan aksi bersih lingkungan. Para calon siswa baru diharuskan membawa karung yang dihias se-menarik mungkin agar tercipta kesan membersihkan sampah dengan kreativitas itu dapat dilakukan siswa. Acara lainnya yang tak kalah menarik ialah di akhir kegiatan, beberapa SMA di Kota Bengkulu mengadakan kegiatan Pentas Seni (pensi) bagi siswa baru yang ditampilkan per-kelas. Acara Pensi diisi dengan berbagai kegiatan, seperti Teater, Musikalisasi Puisi, membuat acara seperti reality show, dan sebagainya.

Dari Kondisi diatas, tentu kita bisa menilai bahwa kegiatan Masa Orientasi Siswa di Kota Bengkulu sudah terkonsep dengan baik, dimana mengedepankan nilai agama, cinta tanah air, kebersamaan, kreatifitas, dan sebagainya. Tentu hal ini jauh dari konsep MOS yang mendapat stigma buruk dari masyarakat, dimana kegiatan MOS biasanya identik dengan kata "Peloncoan" bagi siswa baru. (wiraditma)

 

Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.