Kematian Jackson Dongkrak Penjualan Album

0
49

Pewarta-Indonesia,  Kabar meninggalnya Michael Jackson justru  membawa ”dampak positif” pada bisnis. Saat kematiannya, penyanyi yang dijuluki Jacko itu justru menikmati kebangkitan lagi secara komersial setelah bertahun-tahun tenggelam.

Albumnya masuk daftar top 15 dalam penjualan album terlaris di situs ritel online Amazon.com hanya beberapa jam setelah kematiannya. Salah satu lagu karya King of Pop itu berada di peringkat pertama.

Lagu tersebut berasal dari penerbitan (rilis) ulang ulang tahun ke-25 album Thriller, album terlaris sepanjang sejarah dengan total penjualan hampir 50 juta kopi di seluruh dunia. Tiga lagu lainnya dalam album itu menduduki tangga ke-12, 13, dan 14.

Label yang menaungi Jacko, Sony Music, unit usaha Sony Corp., melaporkan bahwa secara total album Jacko diperkirakan terjual 750 juta kopi di seluruh dunia. Jacko juga telah merilis 13 single yang menduduki peringkat pertama daftar tangga lagu-lagu.

“Daya tarik dan kesenimanannya telah berhasil mengubah wajah dunia musik sepanjang masa,” kata Chairman, CEO, dan President Sony Corp. Sir Howard Stringer dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip Reuters kemarin.

Jacko mengalami kehidupan cukup fantastis. Terlahir 29 Agustus 1958, dia memulai karirnya dengan The Jackson 5. Kelompok yang beranggotakan lima bersaudara keluarga Jackson ini total merilis tujuh album.

Setelah sukses dengan empat saudaranya, Jacko memilih solo karir danm meluncurkan sembilan album. Yakni, Got to Be There (1972), Ben (1972), Music & Me (1973), Forever, Michael (1975), Off the Wall (1979), Thriller (1982), Bad (1987), Dangerous (1991), History: Past, Present, Future (1995), dan Invincible (2001).

Jacko memiliki suara sopran dan gerakan dansa yang me­mu­kau. Salah satu atraksinya yang terkenal adalah Moonwalk. Dia men­dapat tujuh platinum (men­jual lebih dari satu juta album) dan tiga multiplatinum (menjual lebih dari dua juta album).

Tapi, Jacko juga tersandung masalah. Pada 2005, dia dituduh sebagai pelaku pelecehan anak-anak dan berusaha menculik penuntutnya. Meski dia akhirnya bebas, kasus tersebut berpengaruh pada karirnya. Dia memang masih dipuja banyak penggemar, namun Jacko sepertinya tidak punya keberanian untuk bangkit kembali. Hingga akhirnya, bulan lalu, dia mengumumkan akan me­­lang­sung­kan konser per­pi­sahan Juli nanti.

Pada 1993, seorang bocah laki-laki berusia 13 tahun mengajukan tuntutan pelecehan seksual. Tapi, setahun kemudian, dia berhasil menyelesaikan kasus itu dengan membayar USD 23,3 juta. Pada saat sama dia menikahi Lisa Marie Presley, putri Elvis Presley, yang baru berusia 26 tahun. Tapi, hanya berjalan dua tahun. Jack­­son ke­mudian menikahi De­b­bie Rowe, pe­rawat berusia 37 ta­hun yang ditemuinya saat operasi plastik pada 1997. Mereka bercerai pada 1999.

Dia juga menjalani operasi kos­metik. Kulitnya yang hitam se­makin memutih. Tapi, dia ber­da­lih jika hal tersebut disebabkan pe­nyakit bernama vitiligo dan lu­pus. Tapi, banyak yang yakin dia menjalani proses pemutihan kulit. Pada 2003 majalah Vanity Fair melaporkan bahwa ujung hi­dung Jacko adalah palsu. Se­lain itu, pipi dan bibirnya juga ber­ubah.

Jacko juga dikabarkan memeluk Islam dan mengganti namanya men­jadi Mikaeel. Soal ini memang be­lum pernah dijelaskan Jacko se­cara langsung. Konon, berpindah aga­ma dilakukannnya saat tinggal dia tinggal di Bahrain pada per­tengahan 2005. Tapi, sang kakak, Jer­­maine Jackson, yang juga me­me­luk Islam, memastikan bahwa Jacko muslim. Karena itu, dalam pernyataannya kemarin, Jer­maine Jackson mendoakan Jacko. ”Se­moga Allah selalu me­nyer­taimu, Michael.” (**)

 

Sumber teks&foto: AP/AFP/Rtr/JP-svu123.wordpress.com