DPD RI di Pusdiklat Kessos: Mengejar Pelayanan Terbaik

0
67

Pewarta-Indonesia, Sering menjumpai urusan berbelit dan panjang jika berhadapan dengan aparat negara di kantor-kantor pemerintah? Hampir setiap orang di negeri ini mengalaminya. Entah karena kesengajaan dari sekelompok oknum di birokrasi kantor-kantor itu, atau karena waktu dan kondisi saat pengurusan yang kurang tepat, atau mungkin karena sistim urusan administrasi-nya yang menyuburkan proses berbelit dan makan waktu? Sekali lagi, entahlah!

Namun, perlu diketahui bahwa idealisme untuk menjadi pelayan masyarakat yang baik dan menyenangkan adalah bagian dari angan-angan para karyawan negara alias Pegawai Negeri Sipil (PNS) di hampir semua unit dan sudut perkantoran di negeri ini. Senyatanya, sesuai peraturan dan perundangan yang ada, PNS senantiasa diberikan pembinaan, bimbingan, dan pendidikan dan pelatihan (Diklat), terlebih lagi bagi pegawai yang menduduki posisi-posisi pengambil kebijakan. Bimbingan dan diklat diadakan semat-mata untuk memberikan bekal kemampuan dan keterampilan kerja bagi setiap PNS agar dapat bekerja lebih baik dalam melayani masyarakat. Diklat Kepemimpinan Tingkat IV adalah salah satu bentuk program peningkatan kualitas dan profesionalisme PNS, baik PNS Daerah maupun PNS di tingkat pusat.

Berkaitan dengan kebutuhan peningkatan dan perbaikan kinerja PNS di lingkungan Sekretariat Jenderal Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (Setjen DPD RI), lembaga pendukung pelaksanaan tugas dan fungsi Dewan itu mengirimkan sebanyak 35 orang PNS Pejabat Eselon IV untuk mengikuti Diklat Kepemimpinan Tk. IV di Pusat Pendidikan dan Latihan Kesejahteraan Sosial RI, di Jl. Margaguna Raya No. 1 Jakarta Selatan. Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 10 Maret s/d 15 April 2009, dan selama masa diklat seluruh peserta diinapkan di asrama Pusdiklat Kessos.

“PNS sebagai unsur utama SDM Aparatur Negara mempunyai perananan yang amat menentukan bagi keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan. Oleh karena itu, PNS harus memiliki kompetensi yang diindikasikan dari sikap dan perilakunya yang setia dan taat kepada negara, bermoral dan bermental baik, profesional, sadar akan tanggung jawabnya sebagai pelayan publik, serta mampu menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa,” kata Drs. Chatib, MA, Kapusdiklat Kessos, saat memberikan sambutan pada acara pembukaan kegiatan. Untuk mewujudkan hal itu, lanjut Chatib, khusus bagi PNS yang memegang jabatan birokrasi diberikan diklat kepemimpinan secara berjenjang.

“Hasil Diklat Kepemimpinan Tk. IV ini akan terlihat dari peningkatan kualitas peserta diklat yang akan diukur dari aspek sikap dan perilaku kepemimpinannya, serta kemampuan akademis dan pengetahuan atas modul-modul diklat yang diberikan selama diklat,” imbuh Chatib dalam acara yang dihadiri oleh seluruh peserta, para widyaiswara, pejabat dari Lembaga Administrasi Negara (LAN), dan Sekretaris Jenderal DPD RI. “Akumulasi hasil evaluasi individu nanti harus mencapai angka minimal 70. Bila kurang dari itu, peserta dinyatakan tidak lulus Diklatpim IV,” tambahnya.

Sekretaris Jenderal DPD RI, Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc, yang didaulat memberikan arahan sekaligus membuka secara resmi kegiatan diklat menyampaikan rasa terima kasih kepada Pusdiklat Kessos yang telah memberikan kesempatan kepada para PNS di lingkungan DPD RI menimba ilmu dan keterampilan kepemimpinan di lembaga tersebut. “Atas nama Sekretariat Jenderal DPD RI, saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kerjasama yang baik ini,” ucap Siti Nurbaya. Kesediaan Pusdiklat yang juga akan melakukan penilaian dan bimbingan peserta diklat pasca kegiatan, yakni dengan memonitor kinerja alumni di instansi Setjen DPD RI akan menjadi nilai tambah bagi program peningkatan kualitas dan profesionalisme PNS yang menduduki jabatan Eselon IV itu.

Kepada para peserta, Siti Nurbaya mengharapkan kiranya bersungguh-sungguh mengikuti diklat. “Saya tegaskan bahwa pada dasarnya tujuan diklat adalah untuk meningkatkan pengetahuan, keahlian, ketrampilan, dan membentuk sikap kepemimpinan yang baik dalam melaksanakan tugas jabatan secara profesional,” katanya. Selain itu, imbuh Siti Nurbaya, “Diklat diadakan agar para pemangku jabatan di Sekretariat Jenderal DPD RI memiliki sikap dan semangat pengabdian yang berorientasi pada pelayanan, pengayoman, dan pemberdayaan masyarakat.”

Nah loh… Benar khan? Para PNS itu selama ini diarahkan untuk melayani masyarakat dengan baik dan profesional, mudah dan tidak berbelit. Selamat ber-diklatpim ria para PNS Setjen DPD RI. Rakyat menunggu pelayanan terbaik dari Anda semua. (WL)

BAGIKAN
Berita sebelumyaHercules Naas
Berita berikutnyaPewarta-Indonesia.Com Bagi-bagi Alamat Email
I came from a poor family in Central Celebes, Indonesia. “Shony” - that’s what my family and friends call me. With help from IFP, I completed a master’s in Global Ethics from the University of Birmingham, England in 2006. My interest in this field of study was based on over 15 years’ worth of studying and teaching “Indonesian Moral Education”. I believe the moral ethics of a nation is influenced by the global hegemonic values that are adopted and developed by the nation itself. Writing is one of my favorite hobbies.