Indobatt Cetak 12 Orang Montir Unifil

0
24

Pewarta-Indonesia, Dansatgas Konga XXIII-C/Unifil (Indobatt/Indonesian Battalion) Letkol Inf. R. Haryono menutup kursus montir Unifil, bertempat di Rubb Hall Indobatt UN POSN 7-1 Adshit al Qusayr, Rabu (21/10). Acara ini dihadiri oleh Seceast Chief of Civil Affairs, mayor dan mokhtar desa setempat, para pelatih dan interpreter serta perwakilan orang tua murid yang mengikuti kursus montir tersebut. Indobatt telah berhasil mencetak 12 orang teknisi baru siap pakai di bidang montir mobil.

 

Kursus montir yang berlangsung selama 1 bulan ini, didanai oleh UNIFIL dan dibawah kendali Kepala Seksi Cimic (Civil Military Cooperation) Batalyon, Mayor Inf. Tri Pudiyastomo dengan para pelatih dari anggota Peleton Pemeliharan dan Peralatan Kompi Bantuan (Ton Harpal Kiban). Selama mengikuti kursus, para siswa mendapatkan pelajaran berupa teori 10 % dan praktek 90 %, dengan sasaran mengerti fungsi dan cara kerja dari bagian-bagian mesin, merawat mesin dan mampu memperbaiki kerusakan mesin kendaraan ringan.

Dalam sambutannya, Dansatgas mengatakan bahwa kursus montir yang diselenggarakan oleh Indobatt merupakan bentuk kepedulian Kontingen Garuda dalam membantu masyarakat setempat untuk meningkatkan sumber daya manusia, khususnya generasi mudanya. “Para peserta kursus diharapkan dapat memanfaatkan dan mengembangkan kemampuannya yang telah didapat selama kursus, sehingga tidak sia-sia,” tambah Dansatgas.

Dalam acara penutupan kursus tersebut, para siswa mendapatkan sertifikat dan seperangkat alat kerja (toolkit) yang diberikan secara cuma-cuma. Salah satu orang tua murid, Jamil Ghossein yang menjadi perwakilan dari para orang tua murid mengucapkan terima kasih kepada Indobatt yang telah menyelenggarakan kursus montir dan berharap kegiatan ini dapat dilanjutkan di masa yang akan datang. Kursus montir yang diselenggarakan oleh Konga XXIII-C/Unifil ini merupakan kursus montir pertama di Unifil yang merupakan salah satu program Cimic Batalyon Indonesia dalam rangka merebut hati dan pikiran rakyat Lebanon.