Indobatt’s Fun Game bagi Anak-Anak Lebanon

0
45

Pewarta-Indonesia, Lebanon (16/11) – Sebagai pasukan pemelihara perdamaian, prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Yonif Mekanis TNI Kontingen Garuda XXIII-C/Unifil (Indobatt/Indonesian Battalion) tidak hanya melaksanakan pengamanan wilayah operasinya saja, namun juga harus mampu menciptakan rasa aman dan menyatu dengan masyarakat setempat.

Berbagai kegiatan telah dilaksanakan oleh Satgas TNI di Lebanon untuk dapat merebut hati dan pikiran rakyat, sebagaimana yang dilakukan oleh Kompi Carlie Indobatt UN POSN 9-2 di Az ziqqiyah, menyelenggarakan fun game bagi anak-anak sekolah yang berada di daerah tanggung jawabnya yang meliputi Al Qusayr, Az ziqqiyah dan Alman, Minggu (15/11). Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kegiatan cimic (civil military cooperation) yang bertujuan untuk membangun komunikasi dan meningkatkan rasa saling percaya antara pasukan Unifil dengan warga setempat yang selama ini masih trauma akibat perang yang terjadi pada tahun 2006.

Dalam fun game ini jelas terlihat keceriaan anak-anak Lebanon yang begitu menikmati setiap permainan yang digelar oleh prajurit-prajurit TNI. Berbagai bentuk permainan ketangkasan dan menggambar sangat diminati oleh anak-anak, mereka juga dapat secara langsung berkomunikasi dengan anggota TNI dengan bantuan interpreter. Kegiatan yang berlangsung sekitar 2 jam ini, memang terkesan singkat namun manfaat yang didapatkan sungguh luar biasa, anak-anak dapat melupakan sejenak trauma dan kesedihan mereka akibat situasi konflik yang berkepanjangan. Teriakan dan canda tawa mereka juga menjadikan suasana di Kompi Carlie sedikit berbeda dari biasanya, kebersamaan ini juga sedikit mengobati kerinduan anggota TNI yang memang jauh dari anak-anak mereka. Sebagaimana yang disampaikan oleh salah satu anggota TNI yang ikut pada acara tersebut, saya juga merasa terhibur dengan kegiatan ini karena mereka sudah kami anggap sebagai anak sendiri.

Indobatt’s Fun Game ini dipimpin langsung oleh Komandan Kompi Carlie, Mayor Mar Muhammad Rizal dibantu oleh perwira Cimic satgas. Di akhir acara, masing-masing anak mendapatkan bingkisan yang diserahkan oleh Wadansatgas Konga XXIII-C/Unifil, Letnan Kolonel Mar. Suherlan mewakili Dansatgas yang berhalangan hadir karena harus menghadiri pertemuan dengan Komandan Sektor Timur Unifil, Brigjen Ricardo Alvarez Espejo Garcia bersama para komandan satuan tugas yang lain di Markas Sektor Timur Unifil, UN POSN 7-2 Base Miguel de Carvantes – Marjayoun.