International Day of Climate Action di LSPR

0
32

“The Solution is Up to Us. Sebagai penyebab nomor satu dari kerusakan lingkungan adalah manusia sendiri, manusia jugalah yang memegang solusinya. Dan hal tersebut memerlukan seluruh usaha dari kita, apakah dari pihak Pemerintah, pihak swasta, bahkan dari komunitas kecil seperti kita disini, di LSPR. Dengan melakukan hal kecil, kita dapat membuat perubahan besar.” (Prita Kemal Gani, Director and Founder STIKOM LSPR-Jakarta)

Jakarta, 24 Oktober 2009. The London School of Public Relations – Jakarta Climate Change Champions Club (LSPR 4C) kembali menunjukkan kepeduliannya kepada bumi ini dengan mewakili Indonesia dalam International Day of Climate Action pada tanggal 24 Oktober 2009, bertempat di Pelataran parkir Kampus B Sudirman Park, Jl. K.H. Mas Mansyur Kav. 35 Jakarta 10220.

Pada Pukul 10.00 WIB, Ratusan mahasiswa/i membentuk angka 350 dan matahari dengan tubuh mereka yang memakai karton kuning di atas kepala mereka, untuk menunjukkan batas aman bagi CO2 dan gas-gas rumah kaca lainnya dalam atmosfir. Tim dokumentasi LSPR TV dan rekan-rekan media LSPR akan mengambil gambar dari lantai teratas untuk mengabadikan formasi akbar ini. Tujuan aksi ini adalah agar masyarakat bisa lebih sadar akan kondisi bumi sekarang ini sudah berada dalam kondisi memprihatinkan, dan menjadikan angka 350 tersebut sebagai sasaran yang dituju.

“Sebagai kader peduli perubahan iklim, tugas kita adalah melanjutkan hal-hal yang telah kita lakukan untuk melestarikan lingkungan kita, dan hari peduli perubahan iklim internasional ini merupakan momentum berharga untuk kita, dimana kita bisa dilihat dan didengar oleh para pengambil keputusan di COP 15 Copenhagen.” ujar Candy Tolosa, Koordinator LSPR 4C.

Sekitar 200 tahun yang lalu, kadar CO2 di atmosfir bumi sekitar 279 ppm. Namun saat ini bumi kita telah sampai pada angka 387 ppm kadar CO2 – yang seharusnya di bawah 350 ppm, yang membuat es kutub mencair, cuaca buruk dimana-mana, yang menjadi tantangan terberat bagi kehidupan manusia. Diperkirakan kadar CO2 di atmosfir akan meningkat 2 ppm setiap tahunnya.

350.org dibentuk oleh seseorang bernama Bill McKibben, yang menjadi salah satu penulis dari buku mengenai pemanasan global. Beliau beserta timnya melakukan kampanye pertama kali pada tahun 2007 bernama Step It Up. Aksi-aksinya telah berhasil meyakinkan banyak tokoh poltik, yang salah satunya adalah Barrack Obama untuk mengadopsi aksi ”cutting carbon 80% by 2050” (pengurangan karbon 80% di tahun 2050).

LSPR telah banyak melakukan berbagai aksi peduli lingkungan ini. Proyek yang telah dilaksanakan LSPR 4C yaitu seperti PSA Competition tentang Global Warming, menanam 1000 bibit bakau di muara angke, Trash Bin Competition, Clean Up SD-01, sanseviera exhibition, UNESCO waste management training, Project Management Training tentang Climate Change Solutions dengan British Council, LSPR mewakili British Council dalam Peace Jam di LA, California, COP 13 documentation, documentary shoot di UNFCCC COP 14 Poznan, Poland, dan Clean Up & 2000 Mangrove Tree Planting di Muara Angke.

Lidwina Marcella, Ketua 4C mengungkapkan, “Kegiatan seperti ini sangat penting, karena kita sebagai generasi muda lebih sadar dan tergerak untuk peduli dengan lingkungan dengan tindakan langsung. Apalagi jika pesannya disampaikan dengan benar, dimana tak hanya bicara tapi juga sekaligus bertindak. Jadi saya harap disini kita tak hanya sekedar ikut-ikut saja, tapi benar-benar bertindak untuk menyelamatkan bumi kita dari pemanasan global dan perubahan iklim.”

Untuk informasi lebih lanjut silahkan menghubungi:
Ms. Rizka Septiana
Media Relations Coordinator
STIKOM The London School of Public Relations Jakarta
[email protected]

081510407903