Jelang Lebaran Kiriman Paket Meningkat

0
39

Pewarta-Indonesia, SURABAYA – Pengiriman paket kilat menjelang Lebaran Idulfitri 1430 H di Jawa Timur mengalami peningkatan 20 persen, karena besarnya permintaan pasar terhadap jasa pengiriman itu.

“Peningkatan ini terjadi di semua tujuan pengiriman baik di Jawa dan luar Jawa. Komposisinya seimbang, 50 persen di Jawa dan sisanya luar Jawa,” kata Pjs Brand Manager PT Pandu Siwi Sentosa Jawa Timur, penyedia jasa kargo Pandu Logistics, Suwandi, di Surabaya, Jumad.

Ia menyebutkan, di luar Jawa peningkatan ini terlihat di beberapa daerah di antaranya ke Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, dan Bali.

“Kenaikan tersebut akan tampak pada H-15 Lebaran, karena kami membatasi waktu pengiriman pada H-7,” ujarnya.

Pembatasan itu, kata dia, dengan tujuan meminimalkan terlambatnya kedatangan paket Lebaran yang dikirimkan. Dominasi paket yang ramai dikirimkan, misalnya, paket barang untuk mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri.

“Selain itu, ada pula paket (reward) untuk memberi penghargaan kepada mitra bisnis dan kiriman dokumen,” katanya menuturkan.

Mengenai harga kargo yang diberlakukan saat Lebaran 1430 H, pihaknya tetap memberikan harga normal.

“Ketetapan harga itu, sengaja ditawarkan untuk memberikan daya tarik bagi pelanggannya,” ujarnya.

Terkait segmentasi pasar selama Lebaran ini, ia mengaku, dominasi sebanyak 80 persen dikontribusi oleh kalangan korporasi, sedangkan sisa 20 persennya kalangan individu.

“Tren kenaikan ini akan kembali normal pada pascalebaran mendatang,” katanya.

Sementara itu, pengiriman paket dari kantor pos pada H-10 Lebaran Idulfitri juga diperkirakan naik 20 persen.

“Puncak kenaikan pengiriman paket tersebut terjadi pada pekan kedua Ramadan,” kata Kepala PT Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos Surabaya, Barkah Hadi M.

Meski ada peningkatan 20 persen, ia mengaku, kondisi di Surabaya masih kalah dengan Jakarta. Sampai saat ini, pengiriman paket yang melalui Kantor Pos Surabaya relatif masih normal dan belum ada kenaikan.

“Kondisi tersebut wajar, karena berdasarkan pengalaman tahun lalu, pengiriman paket pos meningkat terjadi saat menjelang Lebaran,” katanya.