Kuda Lumping Indobatt Inspirasi Perdamaian Peacekeeper Unifil

0
54

Pewarta-Indonesia, Adshit Al Qusayr (24/2) – Satgas Batalyon Mekanis Konga XXIIII-D/UNIFIL (Indobatt) memiliki tekad untuk berbuat yang terbaik demi terpeliharanya perdamaian di wilayah Lebanon Selatan, baik di kalangan pihak-pihak yang sedang bertikai maupun di antara peacekeeper sendiri. Melalui tekad tersebut, maka dalam setiap kegiatan yang diikutinya, Indobatt selalu berupaya mengedepankan keunggulan yang dapat menjadi inspirasi terpeliharanya perdamaian. Salah satu upaya yang ditempuh oleh Indobatt terwujud melalui kegiatan suporter dalam menampilkan tarian Kuda Lumping saat mengikuti pertandingan tarik tambang tingkat UNIFIL pada tanggal 23 Februari 2010 di Markas Batalyon Italia 1, “Matteo Vanzan Base”, UN POSN 2-1, Yanuh.

Indobatt menyadari bahwa dalam pertandingan tarik tambang yang diikutinya akan timbul suasana kompetisi dan persaingan di antara seluruh peserta untuk meraih kemenangan. Dengan pemahaman seperti itu, Indobatt berupaya untuk mengedepankan suatu keunggulan yang akan diterima baik oleh seluruh peserta pertandingan. Keunggulan untuk meraih kemenangan dengan cara menjunjung tinggi sportifitas pertandingan merupakan langkah terhormat yang harus dilakukan oleh Indobatt. Salah satu upaya yang ditempuh adalah dengan mengikutsertakan suporter Indobatt yang memainkan kolaborasi kebudayaan Tari Kuda Lumping dengan Rampak Gendang. Selain memberikan dukungan dan dorongan bagi pemain Tarik Tambang, Indobatt juga berupaya memperkenalkan kebudayaan asli Indonesia melalui atraksi kolaborasi kebudayaan tersebut.

Usaha yang dilakukan oleh Indobatt tidak sia-sia. Hal ini terlihat dari antusiasme para peacekeeper UNIFIL yang menyaksikan secara langsung atraksi Kuda Lumping tersebut. Seluruh peacekeeper, baik pemain maupun suporter dari negara lain, dan bahkan masyarakat sipil yang bekerja bagi UNIFIL, menunjukkan penerimaan yang sangat positif terhadap kehadiran Kuda Lumping Indobatt. Bahkan, di sela-sela acara pertandingan, beberapa peacekeeper dari negara lain tidak segan-segan untuk mencoba bermain tarian Kuda Lumping bersama peacekeeper Indobatt.

Suasana kompetitif dan persaingan yang sebelumnya menegangkan para pemain, berubah dan tergantikan oleh suasana pertandingan yang lebih kekeluargaan dan damai. Dengan perubahan suasana menjadi lebih harmonis, maka tercipta hubungan baik di antara peserta pertandingan, yang kemudian membawa situasi acara menjadi suatu pertandingan yang mengedepankan sportifitas.

Melalui keberhasilan membawa suasana kekeluargaan dan perdamaian ke dalam acara pertandingan yang penuh dengan warna kompetisi tersebut, maka Indobatt terus bertekad untuk mewujudkan perdamaian di wilayah Lebanon Selatan.