Masyarakat Miskin Lebanon Rayakan Ulangtahun Bersama Indobatt

0
45

Pewarta-Indonesia, Deir Siriane – Maryam hanyalah salah seorang gadis miskin yang terlahir lumpuh dari desa Deir Siriane di Lebanon Selatan. Kondisi ini telah dideritanya sejak lahir. Suatu kebahagiaan dialaminya ketika Dansatgas Kontingen Garuda XXIII-D/Unifil (Indobatt), Letkol Inf Andi Perdana Kahar beserta Tim Cimic Indobatt mengunjunginya dalam program Nursing Assistance sekaligus merayakan hari ulangtahunnya yang ke-20, Kamis (28/01/2010). Kebahagiaan melingkupi perasaan Maryam dan keluarganya. Orang tua Maryam tak kuasa menahan tangis haru ketika Dansatgas Indobat menyerahkan bingkisan Coklat kepada Maryam sebagai kado ulang tahun untuk Maryam.

Sepenggal kisah di atas adalah cuplikan dari kegiatan Indobatt yang sangat peduli terhadap masyarakat di Area of Responsibility (AOR)-nya. Peduli terhadap hal-hal kecil seperti diatas, menurut Dansatgas dapat lebih menyentuh hati masyarakat. Bukan saja untuk keluarga yang bersangkutan, tetapi juga masyarakat disekelilingnya. Sebagaimana keluarga Maryam, beberapa warga miskin di sekitar Deir Siriane juga mendapatkan pelayanan kesehatan ekslusif dan menerima sumbangan sembako dari Indobatt.

Program Nursing diselenggarakan untuk memberikan layanan kesehatan bagi warga masyarakat yang tidak mampu hadir pada kegiatan Medical Assistance yang dilaksanakan di kantor Municipality dua kali dalam seminggu. Program Nursing dilakukan dengan cara mendatangi langsung para pasien di kediaman masing-masing. Didampingi oleh kasi CIMIC Indobatt, Mayor Inf Rois Nahrudin dan Komandan Kompi C, Kapten MAR Laode Jimmy, Dansatgas Indobatt mendatangi rumah – rumah masyarakat miskin serta menghibur dan memberikan dorongan semangat bagi mereka yang sedang berjuang melawan penyakit. Mayoritas masyarakat yang mendapatkan program Nursing adalah keluarga miskin dan kurang beruntung.

Kegiatan Cimic Indobatt dinilai sangat inovatif dan mencapai sasaran yang tepat. Hal ini ditegaskan oleh Chief G-9 Sector East, Mayor Carmona (Spanyol) yang menyempatkan hadir bersama staff CIMIC Sector East untuk melihat langsung kegiatan Nursing CIMIC Indobatt. Selanjutnya Major Carmona menyampaikan selamat atas berbagai langkah kreatif dan tepat sasaran yang telah dilakukan oleh Indobatt. Menurutnya, hal ini dapat menjawab pertanyaan mengapa Indobatt dapat diterima dengan hangat oleh masyarakat Lebanon.