Pengamat : Kelompok Noordin Tidak Akan Balas Serangan

0
46

Pewarta-Indonesia, JAKARTA – Pengamat Intelijen Andi Widjajanta memprediksi kelompok teroris Noordin M Top tidak akan melakukan serangan balasan dalam waktu dekat. Menurut dia, kelompok ini akan memilih konsolidasi terlebih dahulu. “Kelompok ini sudah terpukul, sulit dalam waktu dekat mereka siap. Kemungkinan serangan akan terjadi satu atau dua tahun ke depan,” kata Andi melalui sambungan telepon, Selasa (11/8).

Dia meyakini, kelompok ini akan membenahi diri setelah Jumat (7/8) dan Sabtu (8/8) polisi telah mencokok sejumlah anggota dan amunisi mereka. “Mereka tentu akan mencari lingkungan yang lebih steril, yang tidak terkontaminasi,” katanya. Dia melanjutkan, akan berbahaya jika kelompok ini nekad memaksakan balas dendam. Karena, kata dia, polisi akan mudah melumpuhkan jika dengan orang lama. Menurutnya, perlu waktu persiapan sebelum melakukan serangan kembali setelah gagal. “Kelompok ini tentu akan merekrut orang baru, lokasi baru yang benar-benar steril,” katanya. Termasuk, kesiapan dalam memasok bahan yang digunakan untuk merakit bom.

Konsolidasi ini, kata Andi, akan dititikberatkan menghilangkan kepanikan anggota kelompok agar sel-selnya tidak terpengaruh. Hal itu, lanjutnya, kemungkinan dengan memastikan terlebih dahulu apakah pimpinan gembong teroris Noordin M Top ini sudah tewas atau belum. “Pasti orang dekat Noordin akan bergerak untuk menjaga kelompoknya tidak labil,” ujarnya.

Soal kemungkinan serangan balasan, Andi menyatakan, tetap akan dilakukan. “Ini untuk menjaga kredibilitas kelompok ini, terutama di sel mereka dan anggota yang direkrut,” katanya. Soal target pengeboman, dia menuturkan, kelompok ini biasanya tidak akan membongkar rencana awal. “Tetap saja sasarannya kepentingan Amerika, cafe, hotel dan mungkin juga presiden. Itu juga sebagai ejekan langsung bagi aparat keamanan,” ujarnya. (tempointeraktif)

BAGIKAN
Berita sebelumyaJelang Perayaan HUT RI Paspampres Jamin Keamanan Istana Negara
Berita berikutnyaTarif 11 Ruas Tol Naik 15% September 2009
Koran Online Pewarta Indonesia atau disingkat KOPI adalah sebuah media massa nasional berbasis jurnalisme warga (pewarta warga) yang dibangun dan dikelola oleh Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI). Pimpinan redaksi KOPI adalah Wilson Lalengke, dibantu oleh ribuan penulis/pewarta lintas profesi, lintas agama, lintas strata sosial, ekonomi, budaya, pendidikan dan lain-lain dari seluruh nusantara dan luar negeri.