Pentingnya Kartu PPWI

0
53

 

Pewarta-Indonesia, Pemikiran ini terinspirasi oleh sebuah artikel berisi “curhat” seorang praktisi jurnalisme warga (Bala Muhammad Makosa – Nigeria) yang bergabung di situs Ohmynews.Com – sebuah situs jurnalisme warga berskala internasional berbasis di Seoul, Korea Selatan. Ia, dan jutaan lagi rekan citizen journalist senasibnya, mengalami kesulitan dalam melakukan kegiatan citizen journalism di lapangan karena ketiadaan kartu identitas (ID Card) citizen journalist. Artikel lengkapnya dapat dilihat di sini. Maka, atas rembukan Pengurus PPWI bersama Redaksi Pewarta-Indonesia.com telah disepakati sebuah program bertajuk: PPWI Bagi-bagi Kartu Anggota Citizen Journalist bagi anggota dan masyarakat umum, baik WNI maupun Non-WNI.

Program ini sebagai wujud ungkapan kepedulian berlandaskan kasih-sayang yang tulus kepada para penggiat jurnalisme warta di mana saja berada, dan dari media apa saja yang digunakan untuk melakukan aktivitas tersebut. Kartu anggota PPWI ini berlaku sama dengan kartu anggota PPWI yang sudah dikeluarkan selama ini dengan masa berlaku 5 (lima) tahun, dan mendapatkan hak yang sama bagi setiap pemegangnya. Kartu tersebut juga sekaligus berfungsi sebagai Citizen Journalist ID Card, yang dapat digunakan untuk mengakses berbagai data dan informasi publik di mana saja dan dari pihak manapun.

Cara mendapatkannya amat mudah dan bisa diperoleh oleh siapa saja yang membutuhkannya. Walau namanya bagi-bagi kartu anggota secara gratis, namun beberapa persyaratan umum perlu diterapkan dalam proses ini, yakni:

1.    Bersedia mematuhi Kode Etik Pewarta Warga Indonesia yang dapat dibaca DI SINI;
2.    Mendaftarkan diri dengan mengirim Formulir Anggota yang dapat DI-DOWNLOAD DI SINI, disertai scanning identitas diri (KTP/SIM/Passport/Kartu Mahasiswa/Kartu Pelajar, dan lain-lain), ditambah file foto diri ke email [email protected];
3.    Mempunyai alamat blog/situs pribadi yang sudah aktif dan masih aktif minimal dalam 1 bulan terakhir, dan bersedia agar link alamat blog/situs tersebut bisa ditempelkan di situs www.pewarta-indonesia.com;
4.    Bersedia menempatkan logo PPWI dengan link akses ke www.pewarta-indonesia.com di blog pribadi masing-masing;
5.    Mendaftarkan diri menjadi citizen journalist (pewarta warga) di Media Maya Pewarta Indonesia DotCom pada www.pewarta-indonesia.com. DAFTAR DI SINI;
6.    Mengirimkan satu artikel terbaik jenis rubrik apa saja, hasil karya sendiri (terbaik menurut masing-masing, bukan terbaik menurut redaksi atau orang lain) ke situs www.pewarta-indonesia.com. Pengiriman artikel dilakukan via menu “Kirim Warta” yang akan tampil di situs ini setelah Anda masuk (log-in).

7.    Bersedia mensubsidi biaya pengiriman Kartu Anggota yang besarannya disesuaikan dengan jarak wilayah masing-masing.

Biaya tersebut dapat dikirimkan ke rekening PPWI, dengan detail keterangan :
Nama Bank : Bank Mandiri KCP JKT DPR RI,
Nomor Rekening : 102-00-0498031-1
Atas Nama : Persatuan Pewarta Warga Indonesia

Bagi para anggota yang telah memiliki Citizen Reporter ID Card dari PPWI namun sudah habis masa berlakunya dapat memanfaatkan kesempatan ini, sekaligus untuk mendapatkan penggantian Kartu Anggota dengan masa berlaku 5 tahun.

Harapan kami, kiranya melalui program ini kegiatan jurnalisme warga akan semakin berkembang dengan kegairahan baru menuju masyarakat madani (citizen society) yang lebih baik. Selain itu, dengan adanya Kartu Anggota Citizen Journalist dari PPWI bagi para anggota dan masyarakat umum, kegiatan mengumpulkan dan membagikan informasi kepada sesama warga masyarakat tidak harus terbentur hambatan birokrasi atau kendala lain yang tidak perlu. Kesulitan mengakses data dan informasi publik bagi penggiat pewarta warga (non-wartawan professional) dari berbagai pihak dan instansi kiranya akan teratasi, sehingga derita Bala Muhammad Makosa di Afrika sana tidak terjadi di negeri kita dan di belahan dunia manapun.

So, silahkan gunakan kesempatan baik ini. Segera daftarkan diri Anda sekarang juga. Formulir dapat Anda dapatkan DI SINI, kemudian setelah diisi mohon dikirimkan ke email: [email protected] bersama scanning KTP (atau kartu identitas lain) dan file foto diri.

Terima kasih dan selamat bergabung Kawan!

Salam hormat,

Pengurus PPWI & Redaksi Pewarta-Indonesia

BAGIKAN
Berita sebelumyaSudah Tepatkah Alat Kampanye yang Digunakan Para Caleg dalam Pesta Demokrasi?
Berita berikutnyaWakil Ketua DPD RI, Irman Gusman ikut Nyontreng di Padang
PPWI or Indonesian Citizen Journalists Association is a Non-Government Organization based in Jakarta, Indonesia, aiming to assist and support Indonesian Citizen Journalists doing citizen journalism activities. PPWI (Persatuan Pewarta Warga Indonesia) or Indonesian Citizen Journalist Association is a Non-Government Organization based in Jakarta, Indonesia, aiming to assist and support Indonesian Citizen Journalists in doing citizen journalism activities. WELCOME ABOARD FRIENDS...!!! This account is belonged to all of us listed on Friends List. Please use and take care it. Thanks a lot.