Remisi Lebaran 276 Napi di Banyuwangi

0
40

Pewarta-Indonesia, BANYUWANGI – Sekitar 276 narapidana penghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Banyuwangi mendapatkan pengurangan masa tahanan (remisi) khusus hari Raya Lebaran.

Kalapas Banyuwangi, Abdul Hani, Rabu (23/9) mengatakan, remisi diberikan antara 15 hingga 30 hari. Dan dari 276 napi itu, sembilan diantaranya dinyatakan bebas.

Pemberian remisi ini, menurut dia, didasarkan atas perilaku para narapidana sehari-hari. “Rata-rata mereka yang diberi remisi adalah napi dalam kasus perjudian dan pencurian”.

Napi jenis ini memang paling banyak menghuni Lapas kelas III itu. “Bagi yang bebas langsung diberikan kesempatan pulang”, katanya.

Jumlah penghuni lapas di Banyuwangi ini yang kian membeludak, bahkan melebihi kapasitas ruangan yang ada yakni mencapai 913 orang. Padahal idealnya hanya sekitar 300 orang.

Akibat penuh sesaknya napi, sering kali pasokan air berkurang. Termasuk ruangan yang harus ditempati secara berdesakan. (Suhaili-Banyuwangi)

BAGIKAN
Berita sebelumyaAirmata Darah itu Ada!
Berita berikutnyaSalam Idul Fitri Masyarakat Aceh di Berlin
Koran Online Pewarta Indonesia atau disingkat KOPI adalah sebuah media massa nasional berbasis jurnalisme warga (pewarta warga) yang dibangun dan dikelola oleh Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI). Pimpinan redaksi KOPI adalah Wilson Lalengke, dibantu oleh ribuan penulis/pewarta lintas profesi, lintas agama, lintas strata sosial, ekonomi, budaya, pendidikan dan lain-lain dari seluruh nusantara dan luar negeri.