Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?

GELORA SEPEDAJatuh Bangun Nadine Go wes Bersepeda den.....
20/06/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Jakarta – Aktris Nadine Chandrawinata menyukai olahraga seperti  Renang, Menyelam, Senam serta olahraga baru yang kini Ia geluti yakni bersepeda. Ditemui di acara Polygon Follow Your Own P [ ... ]



POLLING WARGA
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

Kepala Distrik Aktor Perusak Pembangunan di Jayawijaya

Kepala Distrik Bpiri, Kabupaten Jayawijaya, Papua, Perusak Pembangunan Kampung, KPK segera tangkap dan diperiksa

alt

KOPI, Jayawijaya - Kepala Distrik Bpiri selama kepemimpinannya semenjak dilantik dari tahun 2009 hingga sampai tahun 2018 saat ini tak pernah melakukan kegiatan administratif di kantor distrik, tepatnya di kampung iriliga, namun selalu dipusatkan kegiatannya di rumah pribadinya di Wamena.

Setiap bantuan Dana baik itu bantuan dari pemerintah, pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten /kota melalui program PNPM Mandiri-Respek pembagian dana untuk alokasi distrik bpiri yang diperuntukan kepada 7 kampung selama kepemimpinan oknum kepala distrik pembagian dananya dipusatkan di rumah kediamannya di Wamena.

Tak pernah pembagian dana di kantor distrik bpiri hingga sampai saat ini, baik itu dana bantuan melalui program PNPM Mandiri-Respek hingga bantuan ADK/DK Alokasi Dana Kampung/Dana Kampung yang bersumber dari APBN Pusat dan APBD Kabupaten/Kota untuk dapat diperuntukkan kepada masyarakat 7 kampung.

Persoalan seperti ini seharusnya pemerintah daerah musti memberikan sangsi yang tegas terhadap oknum yang bersangkutan sesuai dengan perbuatannya, namun pemerintah daerah malah melindungi kepada oknumnya sehingga masyarakat melakukan tindakkan musti tidak percaya melalui aspirasi-aspirasi yang di sampaikan kepada pemerintah daerah kepada Sekda, DPMK Inspektorat dan dinas-dinas yang lain namun pemerintah selalu diabaikan saja begitu, sehingga masyarakat selalu menerima kekecewaan dan tak pernah merasakan puas.

Tentunya pemerintah daerah yang fungsinya untuk melindungi masyarakat dan membangun kesejahteraan masyarakat. Namun harapan itu tak pernah terwujud malah jauh dari harapan. Ini salah satu faktor penghambat pembangunan di daerah tersebut.

Kemungkinan-kemungkinan yang menyebabkan pemerintah daerah tidak berani mengambil keputusan, adapun pemerintah mengetahui kesalahan kepala distrik tapi berusaha menutupi, pura-pura tidak tahu, malas tahu tentu pemerintah mempunyai alasan-alasan tertentu namun masyarakat sulit untuk mengungkapkan itu pada hal masyarakat tahu bahwa kepala distrik jelas-jelas melakukan tindakan penyelewengan jabatan untuk korupsi mengunakan Dana bantuan dari pemerintah, pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota yang di alokasika kepada 7 kampung tersebut.

Masyarakat menduga pemerintah daerah takut untuk diberhentikan jabatannya kepala distrik tentu oknum tersebut termasuk salah satu dari tim sukses pemenangan bupati, sehingga pemerintah daerah dalam hal ini Bupati tidak berani sewenang-wenang memperhentikan jabatan oknum kepala distrik tersebut.

Hal ini tindakan pemerintah daerah yang salah mengatur /mengelola manajemen pemerintahan, sehingga kepala distrik merasa keenakan melakukan tindakan penyalagunaan jabatan untuk bermain nakal di tingkat distrik. Nah sistem yang diterapkan pemerintah daerah model seperti ini sangat merugikan masyarakat pada umumnya dan pada khususnya masyarakat 7 kampung distrik bpiri, kabupaten jayawijaya.

Kami masyarakat berharap kepada KPK dan para penegak hukum di negeri ini perluh mengambil langkah-langkah yang cepat dan tepat untuk di tangkap lalu diproses secara hukum, sehingga para raja-raja distrik yang nakal seperti kasus ini jangan lagi ada yang terulang kembali. Memberikan pelajaran dan kesadaran kepada yang bersangkutan dan kepada yang lain juga.

Beberapa data yang dihimpun oleh media masa atas kelakuan oknum kepala distrik bpiri sewenang-wenang melakukan tindakan penyalagunaan jabatan dana kampung mulai semenjak dilantik sampai pengunaan ADK/DK Alokasi Dana Kampung/Dana Kampung sebagai berikut :

1. Penyalagunaan pertama oleh kepala distrik bpiri Program PNPM Mandiri Pedesaan Tahun 2013 waktu pembagian dana tanggal 02 Desember 2013 tempatnya di kediaman kepala distrik bpiri di wamena dengan pemotongan dana per kampung Rp. 10.000.000 (sepuluh juta rupiah) X 7 kampung = Rp. 70.000.000 (tujuh puluh juta rupiah)

2. Penyalagunaan kedua oleh kepala distrik bpiri Program PNPM Mandiri Pedesaan Tahun 2013 waktu pembagian dana tanggal 06 Desember 2013 tempatnya di kediaman kepala distrik bpiri di wamena dengan pemotongan dana per kampung Rp. 15.000.000 (lima belas juta rupiah) X 7 kampung = Rp. 105.000.000 (seratus lima juta rupiah)

3. Penyalagunaan ketiga oleh kepala distrik bpiri Program PNPM Mandiri Pedesaan Tahun 2013 waktu pembagian dana tanggal 13 November 2013 tempatnya di kediaman kepala distrik bpiri di wamena dengan pemotongan dana per kampung Rp. 20.000.000 (duapuluh juta rupiah) X 7 kampung = 140.000.000 (seratus empat puluh juta rupiah)

4. Penyalagunaan ke empat oleh kepala distrik bpiri Dana Desa Tahun 2015 waktu pembagian dana tanggal 04 September 2015 tempatnya di kediaman kepala distrik bpiri di wamena dengan pemotongan dana per kampung Rp. 3.000.000 (tiga juta rupiah) X 7 kampung = Rp. 21.000.000 (dua puluh satu juta rupiah)

5. Data penguntingan distrik bpiri dan koragi pada tanggal 12 Oktober tahun 2015 pembelian babi perkampung masing-masing antara lain:

a) Kampung onggabaga jumlah babi 3 ekor babi 1 ekor babi Rp. 30.000.000X3=90.000.000 (Sembilan puluh juta rupiah)

b) Kampung iriliga jumlah babi 2 ekor babi 1 ekor babi Rp. 30.000.000x2=60.000.000 (Enam puluh juta rupiah)

c) Kampung walakma jumlah babi 3 ekor babi 1 ekor babi Rp. 30.000.000x3=90.000.000 (Sembilan puluh juta rupiah)

d) Kampung dongoki jumlah babi 1 ekor babi Rp. 30.000.000 (tiga puluh juta rupiah)

e) Kampung tirunggu jumlah babi 2 ekor babi 1 ekor babi Rp. 30.000.000x2=60.000.000 (enam puluh juta rupiah)

f) Kampung Ayoma jumlah babi 3 ekor babi 1 ekor babi Rp. 30.000.000x3= 90.000.000 (Sembilan puluh juta rupiah)

g) Kampung dingama jumlah babi 3 ekor babi 1 ekor babi Rp. 30.000.000x3=90.000.000 (Sembilan puluh juta rupiah)

Total Dana Desa untuk pembelian babi dalam rangkah kegiatan penguntingan kantor distrik bpiri sebanyak Rp. 510.000.000 (lima ratus sepuluh juta rupiah)

6. Data penyalagunaan beras RASKIN 7 Kampung di antaranya:

1) Kampung onggabaga penyaluran raskin perkampung 2 ton pembagian rata-rata 1 ton dibagikan per KK 5 kg, jumlah KK 260 sedangkan sisa pembagian rata-rata 1.503 kg

2) Kampung Iriliga penyaluran raskin perkampung 2 ton pembagian rata-rata 1 ton dibagikan per KK 5 kg, jumlah KK 478 sedangkan sisa pembagian rata-rata 1.974 kg

3) Kampung Walakma penyaluran raskin perkampung 2 ton pembagian rata-rata 1 ton dibagikan per KK 5 kg, jumlah KK 507 sedangkan sisa pembagian rata-rata 1.101.4 kg

4) Kampung Tirunggu penyaluran raskin perkampung 2 ton pembagian rata-rata 1 ton dibagikan per KK 5 kg, jumlah KK 415 sedangkan sisa pembagian rata-rata 1.85 kg

5) Kampung Dongoki penyaluran raskin perkampung 2 ton pembagian rata-rata 1 ton dibagikan per KK 5 kg, jumlah KK 505 sedangkan sisa pembagian rata-rata 1.101 kg

6) Kampung Ayoma penyaluran raskin perkampung 2 ton pembagian rata-rata 1 ton dibagikan per KK 5 kg, jumlah KK 488 sedangkan sisa pembagian rata-rata 1.966 kg

7) Kampung Dingama penyaluran raskin perkampung 2 ton pembagian rata-rata 1 ton dibagikan per KK 5 kg, jumlah KK 215 sedangkan sisa pembagian rata-rata 1.43 kg Total : 17.884 kg 7.

Melalui kebijakan kepala distrik bpiri kegiatan Penguntingan kantor distrik bpiri seharus dibikin di kampung Iriliga malah dialihkan di Kampung Ayoma di Gereja Yabenda, masyarakat 7 kampung sangat kecewa atas kegiatan ini

8. Kepala distrik tidak mampu mengurus administratif pemerintahan distrik, selama kepemimpinannya banyak merugikan masyarakat mulai dari pembagian dana sampai beras raskin semuanya di lakukan di wamena, tak pernah bawa ke kantor distrik

9. Kepala distrik tidak mampu menyelesaikan permasalahan yang terjadi di 7 kampung tersebut, antara lain:

1) Masalah kepala kampung Onggabaga mencabut tiang bendera merah putih lalu dibuang dengan alasan kenapa kamu kasih naik bendera dengan sembarangan tempat sampai kaca lover gereja elgibor dengan kantor kampung onggabaga dihancurkan ini saja kepala distrik ada di TKP namun tidak pernah meyelesaikan sampai sekarang

2) Masalah kampung onggabaga yang bermasalah antara masyarakat, aparat kampung dengan kepala kampung juga tidak bisa diselesaikan malah mendukung kepala kampung yang jelas-jelas bersalah.

3) Kepala distrik melarang Barisan Merah Putih masuk di distrik bpiri, sementara dia sendiri pemerintah, tindakan kepala distrik ini perluh dipertanyakan

4) Berdasarkan UU No. 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara tindakan Anarkis yang dilakukan oleh oknum kepala kampung onggabaga A.N. Bapak Paulus Uaga waktu itu mencabut tiang bendera lalu dibuang bendera Negara di depan publik dengan alasan apapun adalah Penghinaan terhadap simbol Negara, kepala distrik waktu itu ada di TKP seharus kepala distrik sudah harus mengambil langkah untuk menyelesaikan namun kepala distrik membiarkan begitu saja, berarti kami bisa asumsikan bahwa kepala distrik adalah aktornya pemicu gerakan kepala kampung melakukan tindakan anarkis.

5) Atas kesalahan kepala kampung onggabaga dalam pelaporan pertanggungjawab dana desa tahun 2016, karena kepala kampung setelah terima dana desa langsung beli Mobil STRADA dan untuk pertanggungjawab LPJ Dana Desa, kepala kampung mengalami kesulitan dengan terpakasa kepala kampung mencuri foto rumah warga yang dibangun dengan biaya sendiri tanpa bantuan dana kampung, akhirnya semua pemuda kompak menurunkan bendera merah putih yang di pasang kepala kampung di kantor yang dibangun atas inisiatif kepala kampung di wilayah kampung ayoma, sampai kepala distrik membenarkan tindakan kesalahan yang dilakukan kepala kampung onggabaga harusnya mempersalahkan kepala kampung malah mendukung kepala kampung.

Sampai kepala kampung memanggil aparat keamanan TNI/Polri lalu menghukum masyarakat sampai membayar babi. Ini salah satu tindakan kepala distrik tidak ditengah-tengah tetapi memihak kepada orang yang benar-benar terbukti tangkap basah melakukan kesalahan besar malah mendukung lalu mempersalahkan masyarakat yang seharusnya posisi benar.

6) Berdasarkan data serta fakta di lapangan membuktikan bahwa kepala distrik bpiri adalah Aktor Perusak Pembangunan di distrik bpiri Kabupaten Jayawijaya .

Dengan demikian kepala distrik bpiri sesuai dengan kesepakatan masyarakat 7 kampung bersama 7 kepala kampung meminta perluh dip roses secara hukum. Dan diganti dengan kepala distrik yang baru.


Artikel Lainnya:

 

Kementrian Hukum dan Ham Santuni Anak Yatim serta Buka Puasa Bersama
Sabtu, 26 Mei 2018

KOPI, Jakarta - Kemenkumham mengadakan buka puasa bersama pejabat dan pegawai di lingkungan Sekretariat Jenderal, bertempat di Graha Pengayoman (22/5/2018). Acara yang ditaja oleh Biro Umum melalui Panitia Hari Besar Islam (PHBI) 2018, mengusung tema “Menanamkan nilai-nilai kejujuran” dengan penceramah Ustad Ali Saleh Mohammed Ali Jaber atau yang biasa dikenal Ustadz Syeikh Ali Jaber. Dalam tausiahnya beliau menyampaikan agar kita semua... Baca selengkapnya...

Ketua Umum PPWI Nasional Menghadiri Undangan Buka Puasa Bersama dengan Kedubes Maroko
Jumat, 25 Mei 2018

KOPI, Jakarta - Ketua Umum Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) Nasional, Wilson Lalengke, S.Pd. M.Sc, MA, bersama keluarga menghadiri undangan buka puasa bersama dengan Kedutaan Besar Kerajaan Maroko yang diwakili Konselor, Mr. Mostafa Nakhloui, di SHISHA Café, Jl. Kemang, Jakarta, Jumat, 24/05/2018. Turut hadir bersama Ketum PPWI dan keluarga, Ketua DPD-PPWI Provinsi Papua, Sem Gombo, S.Kom. Wilson bersama keluarga tiba di lokasi buka... Baca selengkapnya...

Sejumlah Alumni UNKRIS Kecam Aksi Teror Bom di Surabaya
Rabu, 16 Mei 2018

Foto: KGJ dalam sebuah aktivitas, 28 Jan 2018 KOPI, JAKARTA Sejumlah Alumni Universitas Krisnadwipayana (UNKRIS) Jakarta yang terhimpun dalam Perkumpulan Krisna Group Jatiwaringin (KGJ), Lintas Angkatan-Lintas Fakultas mengecam aksi teror bom bunuh diri yang terjadi di 3 (tiga) gereja di Surabaya dan Mapolresta Surabaya.   Peristiwa teror bom Minggu (13/05/2018) pagi itu, merupakan tindakan keji dan tidak berperikemanusiaan, karena sejumlah... Baca selengkapnya...

Kejagung HM.Prasetio Resmikan Pemakaian Kantor Kejari Pekanbaru Empat Lantai Berbiaya Rp. 31,9 M
Sabtu, 12 Mei 2018

KOPI, Pekanbaru - Kedatangan orang nomor satu di korp Adyaksa dalam rangka kunjungan kerja peletakan batu pertama pembangunan kantor Kejati  (Kejaksaan Tinggi ) Riau dan meresmikan pemakaian kantor Kejari (kejaksaan Negeri) Pekanbaru. Rombongan Kejakgung datang sekitar 9:30 wib , Juma'at (11 Mei 2018) ratusan orang menunggu kedatangan Kejaksaan Agung (Kejagung) HM Prasetio untuk meresmikan pemakaian gedung baru empat lantai yang akan ditempati... Baca selengkapnya...

Dubes Ratlan Pardede Beri Kuliah Umum di Universitas Mpu Tantular
Senin, 07 Mei 2018

KOPI, JAKARTA - Disela padatnya rangkaian kerja Duta Besar Republik Indonesia untuk Tanzania, Ruwanda, Burundi dan Uni Comoros, Prof. Dr. Ratlan Pardede di Indonesia, masih saja ia menyempatkan waktu berbagi dalam bentuk Kuliah Umum di Universitas Mpu Tantular (UMT), Jakarta Timur. Pasalnya, sebelum jadi Dubes, Ratlan memang lama berkiprah di dunia pendidikan tinggi, sebagai dosen dan bahkan pernah menjadi Rektor di Universitas Mpu Tantular... Baca selengkapnya...

Gugatan PMH Dewan Pers Segera Disidangkan
Rabu, 02 Mei 2018

KOPI, Jakarta - Serikat Pers Republik Indonesia (SPRI) dan Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) secara resmi telah melayangkan gugatan Perbuatan Melawan Hukum (PMH) terhadap lembaga Dewan Pers pada tanggal 19 April 2018. Gugatan PMH terhadap Dewan Pers oleh kedua organisasi pers yang diwakili kedua ketua umumnya itu didaftarakan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat oleh Kuasa Hukum penggugat, Dolfie Rompas, SH, MH & Partner.   Pada... Baca selengkapnya...

Perintah Kapolri : Tembak Mati Oknum Personel Polri sebagai Bandar Narkoba
Senin, 23 April 2018

KOPI, Pekanbaru - Kunjungan kerja Kapolri Jendral (Pol) Tito Karnavian kepulau Sumatera berawal dari propinsi Aceh, Sumatera Utara, Riau, Palembang. Dalam rangka meningkatkan Solidaritas dan sinergiritas antar dua lembaga institusi Polri dengan TNI mengamankan terselenggaranya Pemilu serentak 2018 serta Pilpres 2019. Kunjungan dua Jendral bintang empat ini ke Propinsi Riau, hari Jum’at (20/4-17). Kedatanganya disambut oleh Kapolda Riau,... Baca selengkapnya...

NASIONALMenperin Sebut Ekspor Produk Manufaktur .....
24/05/2018 | Yeni Muezza
article thumbnail

KOPI,  Jakarta – Industri pengolahan masih memberikan kontribusi terbesar dalam penerimaan pajak berdasarkan sektor usaha utama pada periode Janu [ ... ]



DAERAHPonpes Binaan Kemenperin Ini Mampu Hasil.....
24/05/2018 | Yeni Muezza
article thumbnail


KOPI,  Lamongan (Jawa Timur) - Lamongan (JAWA TIMUR)~ Kementerian Perindustrian telah menjalankan program Santripreneur melalui pelatihan produks [ ... ]



PENDIDIKANOutbond Pacu Semangat Pelajar SMK 75-1 P.....
17/05/2018 | Marsono Rh
article thumbnail

KOPI - Outbond merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan di alam terbuka juga dapat memacu semangat, rasa kebersamaan dan membangun kerjasama bag [ ... ]



EKONOMIKemenperin Siapkan 10 Langkah Prioritas .....
25/05/2018 | Yeni Muezza
article thumbnail

KOPI,  Jakarta - Implementasi industri 4.0 dapat menjadi salah satu strategi untuk menciptakan Ekonomi Pancasila berbasis digital. Hal ini sesuai d [ ... ]



HANKAMDanrem 071 Wijayakusuma Mengunjungi Peng.....
17/05/2018 | Marsono Rh
article thumbnail

KOPI - Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Kav Dani Wardhana, S.Sos., M.M., M.Tr (Han) sambangi pengungsi korban gempa bumi Kalibening Banjarnegara di lo [ ... ]



OLAHRAGAViral Medsos Rekaman Video Paspampres Ha.....
25/02/2018 | Didi Rinaldo

KOPI, Jakarta – Sebenarnya kegiatan ini bukan kegiatan kenegaraan. Kegiatan tersebut seremonial menyaksikan pertandingan Final antar dua kubu grup [ ... ]



PARIWISATAPentas Seniman Lukis Mural Tandai Peresm.....
05/05/2018 | Buddy Wirawan

KOPI, Bandung - Yello Hotel Paskal sebuah hotel ekonomis bintang 3 dengan konsep urban style dibawah naungan Tauzia Hotels Management resmi dibuka diK [ ... ]



OPINIMemperkuat Peran Tiga Pilar Utama Pendid.....
21/04/2018 | Harjoni Desky, S.Sos.I., M.Si

KOPI - “Pendidikan merupakan alat yang memiliki tenaga untuk mengubah dunia” ini salah satu mutiara terkait dengan pentingnya pendidikan. Dari ka [ ... ]



PROFILBrigjen Pol. Drs. H. Faisal Abdul Naser,.....
02/03/2018 | Rachmad Yuliadi Nasir

KOPI-Jakarta,Bila Kita perhatikan bahwa Bumi Aceh sangat subur sekali. Bahkan tanaman ganja tumbuh seperti rumput hijau di tanah. Bumi Aceh sangat sub [ ... ]



SOSIAL & BUDAYABripka. Parsuji, Bhabinkamtibmas Pelopor.....
22/05/2018 | Agus Sirot Hudi

KOPI, Pujon – Kesenian Tradisional, mungkin sudah kuno bagi sebagian generasi muda yang tidak memahami karakteristik budaya nusantara. Namun tidak b [ ... ]



ROHANIPengamat Aji Somek : Nama Ustad Abdu.....
20/05/2018 | Didi Rinaldo

KOPI, Pekanbaru - Ditempat kerjanya Pengamat tersohor dari Riau Aji Somek Menuturkan “ Nama Ustad Abdul Somad ( UAS) tak termasuk dalam daftar 200  [ ... ]



RESENSIHeboh Buku Fire and Furry Ungkap “ D.....
05/01/2018 | Didi Rinaldo

KOPI, Washington DC- Heboh buku Fire and Fury ungkap “Dapur Gedung Putih” Menjelang Pemilu Pilres Amerika Serikat . Dilansir dari The Guardian, R [ ... ]



CERPEN & CERBUNGKetika Gunung Juga Punya Cara.....
22/03/2016 | Anjrah Lelono Broto
article thumbnail

KOPI - Gunung memiliki cara sendiri untuk menunjukkan kediriannya. Gunung juga memiliki mulut dan lidah tersendiri untuk berbicara. Gunung adalah gunu [ ... ]



PUISIMenatap Rasa.....
07/06/2017 | Mas Ade

Masih di bulan Juni Angin mendatangi jendelaku Bisikkan rindu yang basah Oleh hujan bulan Mei Meski embun tetap nyenyak dalam tidurnya Mendekap s [ ... ]



CURAHAN HATIMy First Flight : Membuka Pintu Masa Dep.....
24/05/2018 | Lestari Widodo

Saat senja akan tiba, tampak seorang laki-laki yang sedang duduk di teras rumah sambil menyaksikan hijaunya alam. Sambil mendengarkan lantunan musik d [ ... ]



SERBA-SERBI30 Tenants Gelar Fashion Show Meriahkan .....
06/05/2018 | Mulyadi
article thumbnail

KOPI,  Jakarta - The Lady Boutique menggelar "Purity Raya & The Lady 1st Anniversary" dalam rangka merayakan HUT perdana. Acara diselenggarakan di  [ ... ]



Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.