Aneka Kuliner di Benhil

0
19

Pewarta-Indonesia, Bendungan Hilir atau sering disingkat Benhil, ternyata menjadi salah satu tempat alternatif untuk berwisata kuliner atau sekedar jajan ringan. Mau tahu bagaimana Benhil di malam hari? Berikut ulasan Yosef Ferdyana yang sempat mampir di Pasar Benhil yang berlokasi di seputaran Senayan, Jakarta Pusat.

Bendungan Hilir yang terletak di jalur ramai Jl. Jenderal Sudirman ini memang tidak pernah terlihat sepi dari padatnya lalu-lalang kendaraan yang lewat dari pagi hingga jam-jam pulang kantor (sore). Kawasan ini juga terkenal sebagai pusat kegiatan bisnis percetakan, digital printing, dan penjualan stationery kantor hingga pembuatan reklame, plat nomor polisi dan stempel. Menjelang sore hingga beranjak malam kawasan ini berubah menjadi areal bersantap malam bagi banyak warga Jakarta dan sekitarnya, atau bagi mereka yang sekedar ingin bersantai melepas lelah setelah seharian penuh dipusingkan dengan kesibukan kantor.

Beragam sajian menu makanan dan minuman berada di sini. Menu masakan umumnya masih didominasi masakan-masakan pribumi seperti; pecel ayam, sate dan sop, masakan Padang dan mie Aceh. Hidangan seafood (makanan laut) juga terdapat di sini, seperti ikan bakar, cumi-cumi dan sebagainya. Sedangkan untuk minuman, didominasi oleh berbagai jus buah segar.

Kebetulan sekali, kantor redaksi E-I berada di satu kawasan dengan lokasi Jajanan Benhil ini. Jadi, tidak begitu sulit bagi kru Explore Indonesia yang memang doyan makan itu untuk melakukan “expedisi” tempat penjual makanan dan minuman favorit di sana. Sambil “bervisata kuliner” kami juga bisa mendapatkan bahan cerita yang dapat disampaikan kepada pembaca semua mengenai kuliner di Bendungan Hilir.

Ketika melewati Jl. Bendungan Hilir Raya, menjelang masuk ke Jl. Jenderal Sudirman, kita disajikan pemandangan parkiran mobil yang rapi di sebelah kiri jalan. Banyaknya kendaraan yang diparkir dan sejumlah warga yang berseliweran dari warung kewarung, dari tenda ke tenda jajanan, menandakan bahwa tempat ini ternyata menjadi pilihan yang tepat bagi mereka. Kamipun masuk ke salah satu tenda yang menyediakan beragam masakan seafood. Bahan-bahannya terlihat segar seperti; ikan, kepiting cumi-cumi dan lain-lain. Aroma masakannya tidak kalah dibanding masakan di restaurant-restaurant besar.

Hanya berselang beberapa menit, menu-menu hidangan kami pun tiba. “Mmmm…! wanginya seger banget,” ucap seorang dari tim E-I setelah menu favoritnya ”Ikan Bakar” tepat melintas di depan hidungnya. Ternyata rasanya pun tidak kalah lezatnya. “Ah, seperti makan di restaurant besar saja, neh!” imbuhnya lagi. Memang sih, selera orang itu berbeda-beda. Tapi tidak ada salahnya untuk mencobanya. Aromanya nikmat, rasanya lezat dan harga-harganya pun bersahabat.

Setelah exploreasi kuliner malam itu, tim E-I sepakat untuk menceritakan semua ini kepada Anda, para pembaca setia kami. Lebih dari itu, kami boleh berkata bahwa mencoba aneka kuliner di Benhil selayaknya menjadi agenda Anda selanjutnya. Bagi pembaca dari luar daerah yang kebetulan berkunjung ke Jakarta, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi Kuliner Benhil, masakan bintang lima harga kaki lima. Selamat berwisata kuliner di Bendungan Hilir, Jakarta Pusat. (Yosef Ferdyana)

Sumber : www.explore-indo.com

BAGIKAN
Berita sebelumyaAngkringan Lik Man
Berita berikutnyaF.A.Q (Frequently Asked Questions)
Koran Online Pewarta Indonesia atau disingkat KOPI adalah sebuah media massa nasional berbasis jurnalisme warga (pewarta warga) yang dibangun dan dikelola oleh Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI). Pimpinan redaksi KOPI adalah Wilson Lalengke, dibantu oleh ribuan penulis/pewarta lintas profesi, lintas agama, lintas strata sosial, ekonomi, budaya, pendidikan dan lain-lain dari seluruh nusantara dan luar negeri.