Bupati Pinrang Peduli Petani

0
22

Pewarta-Indonesia, Pinrang, Sulsel : Hampir setahun Kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Pinrang, Sulawesi Selatan, H. Andi Aslam Patonangi, SH, M.Si dan Drs. H. Andi Kaharuddin Machmud atau lebih akrab dengan sebutan Askar, mulai nampak terlihat. Sejumlah program kebijakan dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan untuk kesejahteraan rakyat Kabupaten Pinrang.

Kabag Humas Pemkab Pinrang, Drs. Zainal Hafid ditemui di ruang kerjanya, membeberkan beberapa gebrakan yang dilakukan Aslam telah dan sementara dalam pelaksanaan. Diuraikan Zainal, Pinrang sebagai daerah pertanian (70 %), maka titik berat pembangunan prioritas adalah bidang pertanian. dalam kurun waktu hampir setahun mendapatkan berbagai penghargaan. Diantaranya Penghargaan Investasi Awal dari Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan. Sebagai daerah Pertanian, daerah ini mampu melakukan pengembangan rakyat pedesaan, sehingga melahirkan Desa Mandiri Pangan. Keberhasilan tersebut dapat dilihat dari berbagai penghargaan yang diberikan oleh Gubernur Sulawesi Selatan,  karena berhasil mengembangkan peternakan ayam buras, kambing, dan Padi.

Untuk lebih meningkatkan pendapatan para petani, maka Bupati Pinrang telah mencanangkan tiga program strategis untuk kesejahteraan petani, adalah ; Pengembangan teknologi pertanian, penambah pendapatan alternatif atau pendapatan sampingan dengan bekerja sebagai peternak. “ Pemda Pinrang saat ini telah memiliki pembibitan benih sapi, dan pembinaannya dilaksanakan dan dimanfaatkan oleh kelompok tani “ Urai Kabag Humas. Sedangkan program strategis lainnya, pemanfaatan lahan-lahan yang tidak tersentuh pengairan, agar lahan tersebut ditanami jenis tanaman palawija seperti jagung.

“Yang menarik dari program trategis pemanfaatan lahan untuk tanaman palawija, ternyata setelah diujicobakan dengan tanaman jangung, petani malah ingin beralih untuk menanam jangung, karena melihat hasil panennya jangungnya melimpah.” Urai Kabag Humas.

Peningkatan sektor pertanian, kata Kabag Humas, tiak saja diarahkan kepada petani, tapi juga sector pembangunan infrastruktur, khsususnya masyarakat pedesaan dan pegunungan Hal ini dilakukan, kata Zainal hafid, dalam rangka memperlancar perekonomian masyarakat dan lebih mempercepat akses transport hasil pertanian di daerah-daerah produsen yang nota bene berada di pelosok.

Diakui Kabag Humas pembangunan di semua sector ditidak mungkin dapat dilaksanakan seperti membalik telapak tangan, melainkan secara bertahap. Untuk mencapai semua itu, Bupati Pinrang, H. Andi Aslam Patonangi, SH, M.Si, juga mencanangkan, setiap Satuan Kerja Daerah lingkup Pemerintahan Kabupaten Pinrang, masng-masing harus memiliki program andalan. Hal ini dilakukan, guna mengindari adanya program yang tumpang tindih.

Selain itu, Bupati Pinrang, H. Andi Aslam Patonangi, SH, M.Si juga dalam setiap rapat Musrembang selalu hadir bersama Anggota DPRD dari daerah pemilihan masing-masing, dan mewajibkan seluruh Kepala SKPD jajaran Pemab Pinrang, wajib hadir dan tidak bias diwakili. Ini dicanangkan Bapak Bupati agar adanya konesitas, prioritas local, dan sosialisasi juknis pelaksanaan pembangunan secarastransparan.

Foto: Pelantikan Bapak Andi Aslam Patonangi sebagai Bupati Pinrang bersama wakilnya, sumber image: facebook.com