Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?
PEWARTA ONLINE

YANG TERPINGGIRKAN
Ketika Rasisme Dekat dengan Para Punggaw.....
26/06/2015 | Maulana Muhammad

“Il Club Più Titolato Al Mondo” merupakan sebuah ungkapan dalam bahasa Italia yang mengandung  [ ... ]


GELORA SEPEDA
Tiga Pilar "Gowes Bareng" Bersama Masyar.....
01/08/2015 | Joe R Manalu

KOPI - Cengkareng - Sabtu pagi (01/08) kegiatan tiga Pilar "Gowes bareng" bersama dengan masyarakat ± 200 yang di hadiri Kapten inf Ober Purba (Danramil 04/Ckr) beserta jajarannya , Kompol Aji Sutarj [ ... ]



POLLING WARGA
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

Inspirasi Opini JNE Sahabat Pengusaha di Era Pasar Bebas

JNE Sahabat Pengusaha di Era Pasar Bebas

KOPI - Era globalisasi dewasa ini menjadi kenyataan yang harus dihadapi oleh setiap negara, tidak terkecuali Indonesia. Proses interaksi dan saling pengaruh-mempengaruhi, bahkan pergeseran kepentingan antar bangsa terjadi dengan sangat cepat dan menyangkut masalah yang semakin kompleks. Batas-batas teritorial negara pun sekarang tidak lagi menjadi pembatas bagi kepentingan masing-masing negara. Di bidang ekonomi dan politik terjadi persaingan seperti perdagangan bebas yang semakin ketat, sehingga mewarnai kebijakan politik dan perekonomian setiap negara.

Indonesia sebagai anggota masyarakat dunia, tentu tidak dapat mengasingkan diri dari pergaulan Internasional, terutama dalam era perdagangan bebas saat ini. Era perdagangan bebas tentunya telah melahirkan pengaruh yang bermacam-macam baik positif maupun negative bagi Indonesia. Berkaitan dengan itu, era perdagangan bebas juga ditandai dengan persaingan dalam berbagai bentuk dan bidang, termasuk persaingan dalam memberikan jasa pelayanan yang berkualitas maupun kualitas produk yang dihasilkan.

JNE, Pasar Bebas dan Belanja Online

Era pasar bebas tidak hanya ditandai dengan proses interaksi dan saling mempengaruhi di dunia perekonomian bagi sebuah negara, akan tetapi juga ditandai dengan kemudahan melakukan transaksi jual beli itu sendiri. Hari ini kita bisa melihat begitu maraknya perdagangan (proses jual beli) yang dilakukan secara online. Dan ini semua merupakan tanda-tanda era pasar bebas itu telah berjalan, yaitu: ditandai dengan kondisi penjual dan pembeli yang mendapatkan fasilitas kemudahan (dimanjakan) dengan fasilitas yang ada saat ini (internet, dan lain sebagainya).

Secara sederhana belanja online dapat didefinisikan adalah suatu transaksi jual beli barang dan jasa melalui media internet. Kegiatan belanja online ini merupakan bentuk komunikasi baru yang tidak memerlukan komunikasi tatap muka secara langsung, melainkan dapat dilakukan secara terpisah dari dan ke seluruh dunia, baik melalui media notebook, komputer, ataupun handphone yang tersambung dengan layanan akses internet.

Proses jual beli produk melalui online biasanya diakhiri dengan pengiriman produk atau dokumen kepada pembeli sampai ke tujuan. Dan biasanya penjual (pengusaha) online dalam mengirimkan produknya menggunakan perusahaan pengiriman yang berkualitas dan terpercaya agar pembeli tidak kecewa. Pemilihan perusahaan jasa pengiriman yang berkualitas pada akhirnya akan menentukan kepuasan pembeli terhadap si penjual produk (pengusaha online) tersebut. Disinilah sangat diperlukan perusahaan ekspress yang bergerak dalam bidang jasa pengiriman paket dan dokumen. Dan kebanyakan pengusaha (penjual) online sekarang ini menggunakan jasa pengiriman dari PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir atau yang lebih dikenal JNE, karena dianggap cepat, mudah, murah dan terpercaya.

Kiprah JNE sebagai perusahaan express yang bergerak dalam bidang jasa pengiriman paket atau dokumen domestik dan Internasional yang telah berjalan selama 22 tahun. JNE kini telah didukung lebih kurang oleh 2.633 karyawan dan lebih dari 531 gerai yang tersebar luas di Indonesia dan perusahaan express pertama yang online pada 72 titik yang tersebar di seluruh Indonesia. JNE ini berdiri pertama kali pada tahun 1990 dan memulai kegiatan usahanya terpusat pada penanganan kegiatan impor kiriman barang/dokumen serta pengantarannya dari luar negeri ke Indonesia.

Selanjutnya pada tahun 1991, JNE memperluas jaringan Internasionalnya dengan bergabung sebagai anggota asosiasi perusahaan-perusahaan kurir beberapa negara Asia (ACCA) yang berpusat di Hongkong yang kemudian memberi kesempatan kepada JNE untuk mengembangkan wilayah sampai ke seluruh dunia. Kehandalan JNE juga telah dibuktikan dengan diraihnya berbagai bentuk penghargaan serta sertifikasi ISO 9001:2000 atas jasa layanan yang telah diberikan, bahkan pada tahun 2012 ini mendapat kesempatan kembali sebagai pemenang kategori Silver Brand Champion of Logistics.

JNE Sahabat Pengusaha di Era Pasar Bebas

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya bahwa era pasar bebas ditandai dengan kompetisi (persaingan) dalam segala hal termasuk kualitas layanan yang diberikan oleh perusahaan jasa pengiriman. Untuk itu, bila JNE ingin tetap menjadi sahabat pengusaha online maupun pengusaha konvensional di era pasar bebas ini, maka ada beberapa hal yang patut untuk diperhatikan, minimal ada 3 (tiga) faktor yang harus dimiliki, yaitu: pertama: peningkatan efektivitas kinerja karyawan, kedua, dukungan sarana dan prasarana dan ketiga, kemampuan pimpinan untuk memahami karakteristik karyawannya.

Untuk lebih memperjelas faktor-faktor apa saja yang diperlukan oleh JNE untuk menjadikan JNE sebagai sahabat pengusaha di era pasar bebas, dapat dijelaskan, sebagai berikut: kita tentu sepakat untuk mengatakan bahwa faktor utama yang membedakan perusahaan-perusahaan jasa adalah kualitas pelayanan, karena para pelanggan (konsumen) semakin piawai dalam permintaan mereka dan semakin menuntut standar layanan yang lebih tinggi (Arief, 2007:1-179). Untuk itulah, peningkatan efektivitas kinerja karyawan untuk mewujudkan permintaan para pelanggan sangat diperlukan.

Kinerja individu yang dimaksudkan disini adalah bagaimana seorang pegawai mampu melaksanakan pekerjaannya dengan baik. Kinerja pegawai berbanding lurus (memiliki hubungan garis lurus) dengan tempat dia bekerja. Bila kinerja pegawai meningkat, maka akan turut mempengaruhi/meningkatkan prestasi organisasi tempat pegawai yang bersangkutan bekerja, sehingga tujuan organisasi yang telah ditentukan dapat dicapai.

Salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan tersebut adalah karakteristik karyawan (person characteristic) yang terdiri dari: 1) pengetahuan, 2) kemampuan dan 3) keterampilan, 4) sikap dan 5) motivasi karyawan. Bahkan menurut Robbins (1996:10) karakteristik individu merupakan perbedaan dari masing-masing karyawan sehingga mempengaruhi dalam perilaku kerja. Untuk itulah para pimpinan (manajer) harus mampu mengetahui perbedaan karakter individu karyawannya, karena dengan mengetahui karakteristik individu karyawannya tersebut, para pimpinan (manajer) akan dapat menentukan tugas-tugas yang sesuai dengan karakternya sehingga peningkatan kinerja akan dapat dicapai.

Selanjutnya, para karyawan juga harus didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai guna memberikan kemudahan dan motivasi tersendiri bagi karyawan guna mendukung terjadinya peningkatan prestasi karyawan. Sarana dan prasarana disini sangat luas sekali ruang lingkupnya, mulai itu fasilitas kantor seperti TI, komputer, ruang kerja yang nyaman, kendaraan maupun reward-reward yang diberikan sebagai motivasi tambahan bagi karyawan JNE.

Akhirnya, perusahaan jasa yang baik tentu saja yang bisa memberikan kepuasan bagi pelanggan, kepuasan atas pelayanan yang diberikan oleh perusahaan, tentu saja tidak lahir begitu saja, ada faktor-faktor pendukung yang harus disiapkan untuk mendorong terjadinya pelayanan yang berkualitas dan sesuai dengan perkembangan zaman. Amin.

Penulis adalah Junalis PPWI-Aceh


Artikel Lainnya:
Artikel Lainnya:

 

Puluhan Wartawan Blitar Sesalkan Sikap Humas Pemkab
Kamis, 27 Agustus 2015

§ Humas Pemkab Blitar Tidak Tanggap terkait dalam hal publikasi gunung Kelud Blitar, KOPI - Sedikitnya 50 wartawan  Cetak, Radio mapun Televisi yang tergabung dalam Komunitas Wartawan Blitar ( KWB ) menyatakan sikap Peduli terhadap keberadaan Gunung Kelud yang akhir-akhir ini memanas kembali. Hal tersebut kembali mencuat, karena Putusan Majelis Hakim Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Surabaya yang memenangkan Pemerintah Kabupaten Kediri... Baca selengkapnya...

KRPK Pertanyakan Komitmen Kejaksaan Tangani Kasus Korupsi di Blitar
Kamis, 27 Agustus 2015

§ Kejaksaan Diduga Kecipratan Dana PT.DBS Blitar, KOPI - Sejumlah aktifis anti korupsi Blitar yang tergabung dalam Komite Rakyat Pemberantas Korupsi (KRPK), mendatangai Kantor Kejaksaan Negeri Blitar Kamis (27/8). Kedatangan mereka mempertanyakan keseriusan penanganan beberapa kasus korupsi yang telah dilaporkan oleh KRPK ke Kejaksaaan Negeri Blitar.   Menurut Triyanto, Ketua Komite Rakyat Pemberantas Korupsi (KRPK), ada beberapa... Baca selengkapnya...

Berkolaborasi dengan Jajaran Polsek, Polresta Pekanbaru Menangkap 7 Penjahat
Kamis, 27 Agustus 2015

KOPI, Pekanbaru- Tujuh orang oknum penjahat berhasil di ringkus oleh jajaran Kapolresta Pekanbaru, mereka ada yang berprofesi spesialis (C3) Curat (Pencurian dengan Pemberatan) , Curas (Pencurian dengan kekerasan) , Curanmor (pencurian kendaraan bermotor) . Keempat orang itu melakukan perlawanan saat digerebek, petugas menembak kakinya. Hal ini diungkapkan oleh kapolresta Pekanbaru Kombes (Pol) Aries Syarief Hidayat saat ekpose dengan... Baca selengkapnya...

Kejagung : Tangkap Segera Walikota Pekanbaru Dugaan Terlibat Kasus Korupsi
Rabu, 26 Agustus 2015

KOPI, Pekanbaru – Kita mengetahui Propinsi Riau sebagai pusat kebudayaan melayu, juga pusat percontohan korupsi di Indonesia. Propinsi Riau “lumbungnya koruptor” tiga orang Gubernurnya terlibat kasus suap dan izin kehutanan, bertempat Lapas Sialang Bungkuk tersebut sudah bisa didirikan satu propinsi sudah ada mantan Gubernur, mantan Bupati, mantan kepala dinas, serta mantan anggota dewan sudah menjadi narapidana he…he… Prilaku oknum... Baca selengkapnya...

Kabag Humas Pemkab Blitar Ajarkan Wartawan Jadi Plagiat
Rabu, 26 Agustus 2015

Puguh Humas : Sudah Kami Sampaikan Melalui Website, Wartawan Tinggal Ambil Joko GPI : Jika Demikian Bubarkan Saja Humas, Karena Kami Anggap Tidak Berfungsi Blitar, KOPI - Putusan Majelis Hakim Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Surabaya yang memenangkan Pemerintah Kabupaten Kediri dalam sengketa lahan Gunung Kelud, dalam sidang PTUN Surabaya yang diketuai Hakim Anna L. Tewernusa pada tangga 12 Agustus lalu, kini berbuntut diprotesnya Pemkab... Baca selengkapnya...

KPK Mencari Dua Alat Bukti Kuat, agar Keputusannya tidak di Praperadilankan
Selasa, 25 Agustus 2015

KOPI, Pekanbaru- Masih ingatkah Anda mantan Dirjen pajak Hadi Purnomo, serta dulu pernah menjabat sebagai ketua BPK (Badan Pemeriksaan Keuangan) Republik Indonesia. Hadi Poernomo bebas setelah mempraperadilankan keputusan KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) dalam persidangan di PTUN (Pengadilan Tata usaha Negara). Itu salah satu contoh sang oknum koruptor berhasil bebas setelah mempraperadilankan keputusannya di PTUN. Inilah salah satu kelemahan... Baca selengkapnya...

Ratusan Penumpang Terlanntar di Stasiun Blitar
Selasa, 25 Agustus 2015

KOPI - Dampak dari anjloknya Kereta Api Ekonomi Matarmaja jurusan Jakarta – Malang, di kawasan Kecamatan Garum Kabupaten Blitar, pada Senin (24/8) pagi, ratusan penumpang kereta yang tertahan di stasiun Blitar sempat terlantar beberapa jam. Terlantarnya para penumpang disebabkan keterlambatan armada bus yang dijanjikan pihak PT. KAI belum juga tiba untuk mengantar penumpang ke tempat tujuan.   Nampak ratusan penumpang yang tertumpuk di... Baca selengkapnya...

INTERNASIONAL

Mesir Siap jadi yang Terdepan di Kawasan.....
20/08/2015 | Maruli Ferdinand

KOPI, Moskow - Tak lama lagi, Mesir bakal mewujudkan impiannya untuk menjadi pemimpin di kawasan Afrika Utara dalam industri nuklir. Impian ini akan t [ ... ]



NASIONAL

Cinta Produk Dalam Negeri Bisa Menyelama.....
28/08/2015 | Muhyi

KOPI, Jakarta – Nilai tukar rupiah yang semakin merosot hingga mencapai Rp. 14 ribu perdolar menjadi keprihatinan bangsa Indonesia. Kondisi ini m [ ... ]



DAERAH

Anggota DPRD, Helmy Tolla, Bantu Tiga Pe.....
27/08/2015 | Robby Dance Henukh

KOPI - Salah satu anggota Dewan Perwakilan Rakyat daerah HELMY TOLLA memberikan perhatiannya kepada tiga penjual kaki lima di emperan toko di sepanjan [ ... ]



PENDIDIKAN

Delapan Ribu Mahasiswa Baru Unindra Ikut.....
27/08/2015 | Muhyi

KOPI, Jakarta – Lebih dari delapan ribu mahasiswa baru program S-1 dan S-2 Univeritas Indraprasta PGRI (Unindra) mengikuti masa Orientasi Pengena [ ... ]



EKONOMI

Toko Mas H. Awaluddin Kian Melekat di Ha.....
24/08/2015 | Mardinal

KOPI, Sarolangun - Toko Mas H. Awaluddin kembali menebar sayap bisnis dengan melakukan penambahan toko baru demi meningkatkan pelayanan terhadap pela [ ... ]



HANKAM

Penertiban Aset Negara Milik TNI AD, Waj.....
23/08/2015 | Simon E Sirait

KOPI, Jakarta, Agustus 2015 - TNI Angkatan Darat tengah gencar melaksanakan penertiban terhadap seluruh aset Negara yang telah dikuasakan kepadanya. H [ ... ]



OLAHRAGA

Turnamen Danrem Cup, Empat Tim Wilayah B.....
22/08/2015 | Tarmizi Abdul Ghani

KOPI, BIREUEN, ACEH - Empat tim dari empat kabupaten/kota di Aceh yang berada di grup C, akan berlaga dalam turnamen sepakbola Danrem 011/ LW Cup I, y [ ... ]



PARIWISATA

Aceh Utara Salah Satu Tempat Wisata Favo.....
26/08/2015 | Syaiful Anshori

KOPI, Aceh Utara - Mungkin tak semua tahu bahwa Aceh Utara banyak memiliki tempat parawisata yang begitu eksotis dan menawan. Sehingga, wajarlah Aceh  [ ... ]



HUKUM & KRIMINAL

Oknum Security Nyambi sebagai Pembuat E.....
27/08/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Pekanbaru - Seorang oknum berprofesi sebagai Security ditempat hiburan malam yakni Ilham Ahmadi (36) di ringkus oleh jajaran Operasional Kepoli [ ... ]



POLITIK

KPUD Labura Laksanakan Pencabutan Nomor .....
26/08/2015 | Bima Hariandi
article thumbnail

KOPI, Aek Kanopan - KPUD LABURA akhirnya melakukan cabut nomor urut untuk pasangan cabup-cawabup pada pilkada tahun ini. Cabut nomor urut ini dilaks [ ... ]



OPINI

Integritas Perjalanan Pertumbuhan Kebang.....
26/08/2015 | Syaiful Anshori

KOPI - Perjalanan tegaknya suatu negara tidak terlepas dari peran seorang pemuda. Sehingga pantaslah, sebuah kalimat magis yang telah melegenda menyeb [ ... ]



PROFIL

Pejuang Kemerdekaan Tanpa Pamrih, Hanya .....
20/08/2015 | Bambang Suwarno

KOPI, Nganjuk - Siapa sangka ada lelaki tua berusia kurang lebih 93 tahun Namanya Moastro/Sarimah,hidup di Dusun Turi, Desa Nglundo,Kecamatan Sukomoro [ ... ]



SOSIAL & BUDAYA

Tari Binies, Budaya Suku Gayo.....
25/08/2015 | Syaiful Anshori

KOPI, Aceh Utara - Indonesia memiliki beraneka ragam budaya dan kesenian. Terutama di wilayah Aceh sendiri yang memiliki beraneka ragam suku dan bahas [ ... ]



ROHANI

Kapolda Lampung Lepas Keberangkatan Jema.....
21/08/2015 | Feri Agustian

KOPI, Lampung - Kapolda Lampung Brigjen Pol Drs. EDWARD SYAH PERNONG, SH.melepas calon jamaah haji keluarga besar jajaran Polda Lampung, pelepasan  [ ... ]



RESENSI

Jangan Dengerin Sendiri.....
27/04/2015 | Ug Dani
article thumbnail

Resensi Buku Judul :Jangan Dengerin Sendiri
Penulis : Naomi Angelia Sea
Tebal. : 200
Penerbit : Bukune Juli 2014
Harga. : Rp 41 [ ... ]



CERPEN & CERBUNG

Mbah Sarlan dan Gerojokan Sewu.....
24/07/2015 | Agus Siroj Hudi

KOPI, Malang - Bendosari adalah satu di antara Desa yang berada di Kecamatan Pujon Malang Barat dan telah di tetapkan sebagai salah satu Desa Wisata u [ ... ]



PUISI

Puisi 'Mataku Menyertaimu' Karya : Sonny.....
13/08/2015 | Sonny H.Sayangbati
article thumbnail

  ______Mataku Menyertaimu________ By:Sonny H.Sayangbati   hi kawan aku melihatmu dari jauh sungguh aku selalu khawatir tentangmu sebab aku ja [ ... ]



CURAHAN HATI

Kepala Anjungan NTB Kecewa terhadap Peng.....
24/08/2015 | Dody Muhamad

KOPI, Jakarta - Kepala Anjungan Nusa Tenggara Barat (NTB) Drs, Syahril merasa kecewa atas Sikap pengelola tiket masuk Taman Mini Indonesia Indah (TMII [ ... ]



HIBURAN

Film “Jenderal Soedirman” Tayang Se.....
25/08/2015 | Yeni Herliani

KOPI - Berangkat dari rasa penasaran dan kepedulian tentang mengapa jalan protokol di berbagai ibukota provinsi tersemat nama Jenderal Soedirman tetap [ ... ]



KULINER

McDonald’s Tingkatkan Layanan Melalui .....
01/04/2015 | Yeni Herliani

KOPI – Kini menikmati McDonald’s terasa lebih nyaman dan menguntungkan dengan hadirnya layanan terbaru “Online McDelivery Cashless Promo”. Pel [ ... ]



HIDUP SEHAT

Pola Hidup Sehat, Berpuasa Saat Ramadhan.....
16/06/2015 | Mardinal

KOPI, Sarolangun - Puasa merupakan suatu kewajiban bagi Umat Islam yang beriman dan bertaqwa kepada Allah Swt firmanNYA: “Hai orang-orang beriman d [ ... ]



SERBA-SERBI

Asus Melaunching Tablet Android Terbaru:.....
27/08/2015 | Yeni Herliani

KOPI - Tablet Android berlayar 7 inci  baru saja di launching Asus, yakni ZenPad C Z170CG dan ZenPad Z370, tablet yang mrngkombinasikan gaya hidup ma [ ... ]



Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.