Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?

YANG TERPINGGIRKAN
Naira Tanggung Jawab Masyarakat Aceh Tim.....
12/04/2015 | Tengku Nasruddin

KOPI, ACEH TIMUR – Bocah perempuan berusia 3 tahun, Naira Azura, semakin menderita ketika divonis  [ ... ]


GELORA SEPEDA
Fun Bike Meriahkan HUT Ke-69 TNI di Aceh.....
29/09/2014 | Syamsul Kamal
article thumbnail

KOPI, Aceh Jaya - Dalam rangka memperingati hari ulang tahun Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang ke 69, Komando Distrik Militer (Kodim) 0114 Aceh Jaya, mengegelar acara sepeda santai (fun Bike)  [ ... ]



POLLING WARGA
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

 

Inspirasi Opini JNE Sahabat Pengusaha di Era Pasar Bebas

JNE Sahabat Pengusaha di Era Pasar Bebas

KOPI - Era globalisasi dewasa ini menjadi kenyataan yang harus dihadapi oleh setiap negara, tidak terkecuali Indonesia. Proses interaksi dan saling pengaruh-mempengaruhi, bahkan pergeseran kepentingan antar bangsa terjadi dengan sangat cepat dan menyangkut masalah yang semakin kompleks. Batas-batas teritorial negara pun sekarang tidak lagi menjadi pembatas bagi kepentingan masing-masing negara. Di bidang ekonomi dan politik terjadi persaingan seperti perdagangan bebas yang semakin ketat, sehingga mewarnai kebijakan politik dan perekonomian setiap negara.

Indonesia sebagai anggota masyarakat dunia, tentu tidak dapat mengasingkan diri dari pergaulan Internasional, terutama dalam era perdagangan bebas saat ini. Era perdagangan bebas tentunya telah melahirkan pengaruh yang bermacam-macam baik positif maupun negative bagi Indonesia. Berkaitan dengan itu, era perdagangan bebas juga ditandai dengan persaingan dalam berbagai bentuk dan bidang, termasuk persaingan dalam memberikan jasa pelayanan yang berkualitas maupun kualitas produk yang dihasilkan.

JNE, Pasar Bebas dan Belanja Online

Era pasar bebas tidak hanya ditandai dengan proses interaksi dan saling mempengaruhi di dunia perekonomian bagi sebuah negara, akan tetapi juga ditandai dengan kemudahan melakukan transaksi jual beli itu sendiri. Hari ini kita bisa melihat begitu maraknya perdagangan (proses jual beli) yang dilakukan secara online. Dan ini semua merupakan tanda-tanda era pasar bebas itu telah berjalan, yaitu: ditandai dengan kondisi penjual dan pembeli yang mendapatkan fasilitas kemudahan (dimanjakan) dengan fasilitas yang ada saat ini (internet, dan lain sebagainya).

Secara sederhana belanja online dapat didefinisikan adalah suatu transaksi jual beli barang dan jasa melalui media internet. Kegiatan belanja online ini merupakan bentuk komunikasi baru yang tidak memerlukan komunikasi tatap muka secara langsung, melainkan dapat dilakukan secara terpisah dari dan ke seluruh dunia, baik melalui media notebook, komputer, ataupun handphone yang tersambung dengan layanan akses internet.

Proses jual beli produk melalui online biasanya diakhiri dengan pengiriman produk atau dokumen kepada pembeli sampai ke tujuan. Dan biasanya penjual (pengusaha) online dalam mengirimkan produknya menggunakan perusahaan pengiriman yang berkualitas dan terpercaya agar pembeli tidak kecewa. Pemilihan perusahaan jasa pengiriman yang berkualitas pada akhirnya akan menentukan kepuasan pembeli terhadap si penjual produk (pengusaha online) tersebut. Disinilah sangat diperlukan perusahaan ekspress yang bergerak dalam bidang jasa pengiriman paket dan dokumen. Dan kebanyakan pengusaha (penjual) online sekarang ini menggunakan jasa pengiriman dari PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir atau yang lebih dikenal JNE, karena dianggap cepat, mudah, murah dan terpercaya.

Kiprah JNE sebagai perusahaan express yang bergerak dalam bidang jasa pengiriman paket atau dokumen domestik dan Internasional yang telah berjalan selama 22 tahun. JNE kini telah didukung lebih kurang oleh 2.633 karyawan dan lebih dari 531 gerai yang tersebar luas di Indonesia dan perusahaan express pertama yang online pada 72 titik yang tersebar di seluruh Indonesia. JNE ini berdiri pertama kali pada tahun 1990 dan memulai kegiatan usahanya terpusat pada penanganan kegiatan impor kiriman barang/dokumen serta pengantarannya dari luar negeri ke Indonesia.

Selanjutnya pada tahun 1991, JNE memperluas jaringan Internasionalnya dengan bergabung sebagai anggota asosiasi perusahaan-perusahaan kurir beberapa negara Asia (ACCA) yang berpusat di Hongkong yang kemudian memberi kesempatan kepada JNE untuk mengembangkan wilayah sampai ke seluruh dunia. Kehandalan JNE juga telah dibuktikan dengan diraihnya berbagai bentuk penghargaan serta sertifikasi ISO 9001:2000 atas jasa layanan yang telah diberikan, bahkan pada tahun 2012 ini mendapat kesempatan kembali sebagai pemenang kategori Silver Brand Champion of Logistics.

JNE Sahabat Pengusaha di Era Pasar Bebas

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya bahwa era pasar bebas ditandai dengan kompetisi (persaingan) dalam segala hal termasuk kualitas layanan yang diberikan oleh perusahaan jasa pengiriman. Untuk itu, bila JNE ingin tetap menjadi sahabat pengusaha online maupun pengusaha konvensional di era pasar bebas ini, maka ada beberapa hal yang patut untuk diperhatikan, minimal ada 3 (tiga) faktor yang harus dimiliki, yaitu: pertama: peningkatan efektivitas kinerja karyawan, kedua, dukungan sarana dan prasarana dan ketiga, kemampuan pimpinan untuk memahami karakteristik karyawannya.

Untuk lebih memperjelas faktor-faktor apa saja yang diperlukan oleh JNE untuk menjadikan JNE sebagai sahabat pengusaha di era pasar bebas, dapat dijelaskan, sebagai berikut: kita tentu sepakat untuk mengatakan bahwa faktor utama yang membedakan perusahaan-perusahaan jasa adalah kualitas pelayanan, karena para pelanggan (konsumen) semakin piawai dalam permintaan mereka dan semakin menuntut standar layanan yang lebih tinggi (Arief, 2007:1-179). Untuk itulah, peningkatan efektivitas kinerja karyawan untuk mewujudkan permintaan para pelanggan sangat diperlukan.

Kinerja individu yang dimaksudkan disini adalah bagaimana seorang pegawai mampu melaksanakan pekerjaannya dengan baik. Kinerja pegawai berbanding lurus (memiliki hubungan garis lurus) dengan tempat dia bekerja. Bila kinerja pegawai meningkat, maka akan turut mempengaruhi/meningkatkan prestasi organisasi tempat pegawai yang bersangkutan bekerja, sehingga tujuan organisasi yang telah ditentukan dapat dicapai.

Salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan tersebut adalah karakteristik karyawan (person characteristic) yang terdiri dari: 1) pengetahuan, 2) kemampuan dan 3) keterampilan, 4) sikap dan 5) motivasi karyawan. Bahkan menurut Robbins (1996:10) karakteristik individu merupakan perbedaan dari masing-masing karyawan sehingga mempengaruhi dalam perilaku kerja. Untuk itulah para pimpinan (manajer) harus mampu mengetahui perbedaan karakter individu karyawannya, karena dengan mengetahui karakteristik individu karyawannya tersebut, para pimpinan (manajer) akan dapat menentukan tugas-tugas yang sesuai dengan karakternya sehingga peningkatan kinerja akan dapat dicapai.

Selanjutnya, para karyawan juga harus didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai guna memberikan kemudahan dan motivasi tersendiri bagi karyawan guna mendukung terjadinya peningkatan prestasi karyawan. Sarana dan prasarana disini sangat luas sekali ruang lingkupnya, mulai itu fasilitas kantor seperti TI, komputer, ruang kerja yang nyaman, kendaraan maupun reward-reward yang diberikan sebagai motivasi tambahan bagi karyawan JNE.

Akhirnya, perusahaan jasa yang baik tentu saja yang bisa memberikan kepuasan bagi pelanggan, kepuasan atas pelayanan yang diberikan oleh perusahaan, tentu saja tidak lahir begitu saja, ada faktor-faktor pendukung yang harus disiapkan untuk mendorong terjadinya pelayanan yang berkualitas dan sesuai dengan perkembangan zaman. Amin.

Penulis adalah Junalis PPWI-Aceh


Artikel Lainnya:
Artikel Lainnya:

 

Warga Negara Malaysia Dirazia Petugas Imigrasi Blitar
Selasa, 05 Mei 2015

BLITAR, KOPI - Sedikitnya 7 Warga Negara Asing ( Malaysia ), Selasa (5/5) siang dirazia petugas Imigrasi kelas dua Blitar. Petugas dalam razia tersebut memeriksan dokumen Warga Negara Asing, yang tinggal di Indonesia. Razia pada siang itu dilakukan di Pondok Pesantren Nurus Salam, yang terletak di desa Sumber Kecamatan Sanan Kulon Kabupaten Blitar.   Dari pantauan di lapangan, petugas Imigrasi langsung mengumpulkan WNA yang menetap di... Baca selengkapnya...

LSM GPI Laporkan Penyidik Polres Blitar Ke Propam
Selasa, 05 Mei 2015

BLITAR, KOPI - Kinerja aparat hukum dalam proses penanganan kasus pembunuhan yang menimpa Danang Adi Wibowo di sebuah mushola Desa Minggirsari, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar  yang terjadi pada 18 September 2014 lalu, dinilai tidak profesional dan ada sejumlah kejanggalan. Hal ini seperti diungkapkan Joko Prasetyo, Ketua LSM Gerakan Pembaharuan Indonesia (GPI) Blitar.   Menurut Joko, saat kejadian korban, Danang  meskipun sudah... Baca selengkapnya...

Pengamat: Indonesia Mengalami 3 Kali Kudeta
Selasa, 05 Mei 2015

KOPI, Jakarta - Pengamat Militer Nusantara dengan singkatan Pamen, Ajisutisyoso mengatakan Indonesia mengalami tiga kali kudeta. Masyarakat saja yang tidak tahu, ketus Ajisutisyoso. Pertama turunnya Soekarno digantikan oleh Soeharto (1966). Kedua lengsernya Soeharto yang digantikan wakilnya, BJ Habibie (1998). Dan terakhir didesak mundurnya Gus Dur dan naiknya Megawati sebagai presiden (2001). Dari ketiga peristiwa suksesi tersebut hanya pada... Baca selengkapnya...

Komisi I DPRD Kabupaten Blitar Soroti Ijin PT. Greenfield
Senin, 04 Mei 2015

KOPI, Blitar - Meskipun sudah mendapat sorotan dari berbagai pihak, PT. Greenfield di perkebunan Pijiombo Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar yang tidak mengantongi ijin, namun dilapangan masih tetap melakukan Aktifitas. Setelah Sunarto, Sekretaris LSM Gannas menyoroti keberadaan PT. Greenfield, terkait perijinan, kini anggota Komisi I DPRD Kabupaten Blitar, Wasis Kunto Atmojo juga ikut menyoroti keberadaan mega proyek tersebut.   Seperti... Baca selengkapnya...

Jembatan dan Saluran Irigasi Rusak, Dinas Pengairan dan ESDM Tulungagung: Bukan Tanggung Jawab Kami
Senin, 04 Mei 2015

KOPI, Tulungagung - Tiga bangunan proyek, berupa dua jembatan dan satu saluran irigasi yang ada di desa Pojok Ngantru, rusak parah, kondisi bangunan yang ada di aliran sungai termas ini telah berbulan-bulan rusak. Kerusakan tiga bangunan proyek ini, menurut warga sekitar, disebabkan adanya proyek normalisasi dasar sungai dengan mengunakan alat berat,masih menurut warga Ngadirejo Pojok, pengerukan dasar sungai diduga terlalu dalam dan terlalu... Baca selengkapnya...

Polda Riau Menetapkan Bupati Achmad Tersangka Kasus Penghasutan Warganya (II)
Minggu, 03 Mei 2015

KOPI, Pekanbaru- Polda Riau menetapkan Bupati Rokan Hulu (Rohul) Achmad sebagai tersangka  dugaan tindak pidana penghasutan terhadap warganya untuk melakukan pencurian tandan buah sawit dilahan milik PT Budi Murni Panca Jaya (PMPJ). Diungkapkan oleh Kabag Humas Polda Riau  AKBP Guntur Arjyo Tejo kepada wartawan hari Senin (27/04/15), memang benar bupati Achmad sudah kami tetapkan sebagai tersangka. "Iya benar. Surat panggilan sebagai... Baca selengkapnya...

Segera Tangkap, Tahan Bupati Rohul Achmad menghasut Warganya (I)
Minggu, 03 Mei 2015

KOPI, Pekanbaru – Sebagai Kepala Daerah (red.Bupati) hendaknya mengambil kebijakan  netral tidak berpihak kesalah satu perusahaan. Serta cari jalan mediasi (red. musyawarah) mempertemukan kedua  belah pihak yang telah bersengketa lahan perkebunan tersebut. Ditempat lain Pengamat Politik Indonesia (Pepi) Ajisuutisyoso mengatakan tindakan Achmad sebagai kepala daerah tidak sesuai dengan koridornya untuk itu  kami meminta kepada Mentri Dalam... Baca selengkapnya...

INTERNASIONAL

GMM Gugat Kejari Banyuasin.....
05/05/2015 | Armadi Ahmad

BANYUASIN,-puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Menggugat(GMM) kini kembali mendesak kejari Banyuasin yang terletak di perkantor [ ... ]



NASIONAL

Musrenbang 2015 Diharapkan Lahir Kebijak.....
02/05/2015 | Muhyi

KOPI, Jakarta - Persoalan infrastruktur baik di darat, laut maupun udara yang tengah dihadapi dan dirasakan oleh masyarakat di Indonesia Timur meng [ ... ]



DAERAH

Bupati Banyuasin Vs DPRD Rapat Bahas Ang.....
05/05/2015 | ar
article thumbnail

(tanpa subjek) [Imap]/Sent x  [ ... ]



PENDIDIKAN

Bupati Nias Utara Lantik Dewan Pendidika.....
05/05/2015 | Nobuala Zega

KOPI, Nias Utara - Dalam rangka memperingati Hari pendidikan Nasional (HARDIKNAS) Tahun 2015 di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Nias Utara, Senin (4/5 [ ... ]



EKONOMI

Penyaluran Kredit PT Bank Mitraniaga Men.....
04/05/2015 | Yeni Herliani

KOPI - PT Bank Mitraniaga (NAGA) berhasil meningkatkan pertumbuhan bisnis di 2014, terbukti dengan meningkatnya penyaluran kredit sebesar 43,06% atau  [ ... ]



HANKAM

Pamen TNI AL Mayor Zaid Joko Utomo Pengg.....
26/04/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Jakarta – Panglima TNI Jenderal Moeldoko mengatakan pihaknya akan terus mendalami kasus narkoba dan Black Dollar yang melibatkan perwira menen [ ... ]



OLAHRAGA

TVOne Siarkan Pertarungan Akbar Tinju Ma.....
28/04/2015 | Zohiri Kadir

KOPI, Jakarta - Penantian dan rasa penasaran panjang penggemar tinju dunia, kini mendapatkan jawaban, sebentar lagi dua pendekar kelas welter akan ber [ ... ]



PARIWISATA

Inilah 5 Besar Negara Penyumbang Kunjung.....
05/05/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Pekanbaru - Objek wisata di Indonesia yang terkenal yakni pulau dewata terletak di Propinsi Bali, Raja ampat, candi Borobudur, Sumatera barat t [ ... ]



HUKUM & KRIMINAL

Diduga Dipresi, Warga Binangun Bakar Dir.....
04/05/2015 | Fajar Agustyono

KOPI, Blitar - Diduga mengalami dipresi, Bonari alias Sibun (70 tahun), warga Dusun Kaliwungu, RT.02, RW.01 Desa Binangun, kabupaten Blitar, ditemuk [ ... ]



POLITIK

PPP mengusung Pasangan Calon Bupati Kuan.....
22/04/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Teluk Kuantan- Disela-sela Musyawarah Wilayah (Muswil) Partai Persatauan Pembangunan (PPP) minggu kemaren di Pekanbaru ,Mursini mengatakan k [ ... ]



OPINI

Vagina Street Heboh di Dunia Maya Indone.....
26/04/2015 | Ir. Syarifuddin Simanjuntak
article thumbnail

KOPI - Dua minggu menjelang KAA ke 60 Bandung Indonesia, dunia maya dikejutkan dengan merebaknya vagina street. Lokasi percisnya terletak di Tebet Ut [ ... ]



PROFIL

Anisa Femelia Ramadani, Anak Yatim yang .....
01/05/2015 | Katik Sulaiman
article thumbnail

KOPI, SUNGAI PENUH - Namanya Anisa Femelia Ramadhani, akrab dipanggil Ica. Lahir di Desa Koto Dian Kecamatan Hamparan Rawang Kota Sungai Penuh 15 Nop [ ... ]



SOSIAL & BUDAYA

Gunung Warna Warni; Satu Lagi Kebenaran .....
14/04/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Kabar adanya gunung warna warni atau gunung pelangi (Rainbow Mountain) begitu meluas di media sosial. Keberadaannya terekspos maksimal setelah a [ ... ]



ROHANI

Salib dan Berdoa.....
08/04/2015 | Ir. Syarifuddin Simanjuntak
article thumbnail

  KOPI - Jumat 3 April 2015, kembali umat Kristiani di seluruh dunia merayakan hari kematian Yesus dan Minggu 5 April 2015 Yesus mengalahkan dosa  [ ... ]



RESENSI

Jangan Dengerin Sendiri.....
27/04/2015 | UG DANI
article thumbnail

Resensi Buku Judul :Jangan Dengerin Sendiri
Penulis : Naomi Angelia Sea
Tebal. : 200
Penerbit : Bukune Juli 2014
Harga. : Rp 41 [ ... ]



CERPEN & CERBUNG

Dolar Singaporeku Berserak Tiada Arti.....
27/03/2015 | Ndoro Ayu

KOPI, BATAM - "Pokoknya aku harus pergi, biar banyak uang. Aku dah malas hidup di kampung hanya begini-begini saja!" Siti bertekad dan berpikir tiba-t [ ... ]



PUISI

Kamu.....
04/05/2015 | Ratu Sintanggu
article thumbnail

Kamu memang sahabatku
Dan aku sadar dan tau akan hal itu
Kamu komentatorku
Dan aku menyadari semua itu Tapi, seiring berjalannya waktu
Satu perasaan  [ ... ]



CURAHAN HATI

Awasss...! Ada Pungli Terselubung di SD .....
02/05/2015 | Redaksi Pewarta-Indonesia

KOPI, Cibinong - Sudah dua tahun belakangan ini proyek terselubung yang ditenggarai dilakukan oleh Ketua Komite Sekolah SD Bedahan 2 Cibinong H. Cece, [ ... ]



HIBURAN

Girl Band “Bening–Bening” Kuasai C.....
04/05/2015 | Yeni Herliani

KOPI - Sesuai dengan namanya “Bening - Bening”, merupakan sekumpulan 4 remaja imut nan cantik dan bening yang memiliki hobi yang sama yaitu menyan [ ... ]



KULINER

McDonald’s Tingkatkan Layanan Melalui .....
01/04/2015 | Yeni Herliani

KOPI – Kini menikmati McDonald’s terasa lebih nyaman dan menguntungkan dengan hadirnya layanan terbaru “Online McDelivery Cashless Promo”. Pel [ ... ]



HIDUP SEHAT

1 Dari 10 Orang Tak Sadar Mereka Penderi.....
03/05/2015 | Buddy Wirawan

KOPI, Bandung - Jumlah penderita penyakit diabetes masih terus meningkat. World Diabetes Foundation mengungkapkan bahwa hingga tahun 2014, sebanyak 3 [ ... ]



SERBA-SERBI

Revolusi Sewa Kantor Bulanan Jakarta Sec.....
04/05/2015 | Akin T
article thumbnail

KOPI - Seiring terbatasnya lahan perkantoran di Ibu kota Jakarta, memiliki kantor untuk usaha sendiri seakan menjadi kebutuhan yang kian mahal dari ha [ ... ]



Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.