Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
Silahkan Login & Kirim Warta

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?

Pewarta Online

Yang Terpinggirkan
Gaji Pensiun yang belum Terealisasi Juga.....
21/02/2013 | Husaeni Mabruri

KOPI - Mimpi manis untuk masa depan gaji pegawai pensiunan sipil hidupnya belum dirasakan oleh Bpk. [ ... ]


Gelora Sepeda
“Nongkrong di Haus Berbonus” Raih MU.....
30/06/2013 | Arifin Banten

KOPI - PT ABC President Indonesia menggelar serangkaian kegiatan “Nongkrong di Haus Berbonus”, Minggu pagi (30/6) di Plaza Utara Senayan, Jakarta. Event tersebut diselenggarakan serentak di tiga K [ ... ]



Statistik
Anggota : 6396
Isi : 10447
Content View Hits : 4804055
Polling Warga
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

Inspirasi Opini JNE Sahabat Pengusaha di Era Pasar Bebas
Redaksi Koran Online Pewarta Indonesia (KOPI) bersama segenap pengurus dan anggota PPWI se-Indonesia menyampaikan Selamat Merayakan Paskah bagi semua saudara sebangsa Indonesia yang merayakannya. Semoga keselamatan dan kedamaian di antara sesama sebangsa-senegara Indonesia akan senantiasa dicurahkan ke segenap penjuru nusantara dan dunia... Amin...

JNE Sahabat Pengusaha di Era Pasar Bebas

KOPI - Era globalisasi dewasa ini menjadi kenyataan yang harus dihadapi oleh setiap negara, tidak terkecuali Indonesia. Proses interaksi dan saling pengaruh-mempengaruhi, bahkan pergeseran kepentingan antar bangsa terjadi dengan sangat cepat dan menyangkut masalah yang semakin kompleks. Batas-batas teritorial negara pun sekarang tidak lagi menjadi pembatas bagi kepentingan masing-masing negara. Di bidang ekonomi dan politik terjadi persaingan seperti perdagangan bebas yang semakin ketat, sehingga mewarnai kebijakan politik dan perekonomian setiap negara.

Indonesia sebagai anggota masyarakat dunia, tentu tidak dapat mengasingkan diri dari pergaulan Internasional, terutama dalam era perdagangan bebas saat ini. Era perdagangan bebas tentunya telah melahirkan pengaruh yang bermacam-macam baik positif maupun negative bagi Indonesia. Berkaitan dengan itu, era perdagangan bebas juga ditandai dengan persaingan dalam berbagai bentuk dan bidang, termasuk persaingan dalam memberikan jasa pelayanan yang berkualitas maupun kualitas produk yang dihasilkan.

JNE, Pasar Bebas dan Belanja Online

Era pasar bebas tidak hanya ditandai dengan proses interaksi dan saling mempengaruhi di dunia perekonomian bagi sebuah negara, akan tetapi juga ditandai dengan kemudahan melakukan transaksi jual beli itu sendiri. Hari ini kita bisa melihat begitu maraknya perdagangan (proses jual beli) yang dilakukan secara online. Dan ini semua merupakan tanda-tanda era pasar bebas itu telah berjalan, yaitu: ditandai dengan kondisi penjual dan pembeli yang mendapatkan fasilitas kemudahan (dimanjakan) dengan fasilitas yang ada saat ini (internet, dan lain sebagainya).

Secara sederhana belanja online dapat didefinisikan adalah suatu transaksi jual beli barang dan jasa melalui media internet. Kegiatan belanja online ini merupakan bentuk komunikasi baru yang tidak memerlukan komunikasi tatap muka secara langsung, melainkan dapat dilakukan secara terpisah dari dan ke seluruh dunia, baik melalui media notebook, komputer, ataupun handphone yang tersambung dengan layanan akses internet.

Proses jual beli produk melalui online biasanya diakhiri dengan pengiriman produk atau dokumen kepada pembeli sampai ke tujuan. Dan biasanya penjual (pengusaha) online dalam mengirimkan produknya menggunakan perusahaan pengiriman yang berkualitas dan terpercaya agar pembeli tidak kecewa. Pemilihan perusahaan jasa pengiriman yang berkualitas pada akhirnya akan menentukan kepuasan pembeli terhadap si penjual produk (pengusaha online) tersebut. Disinilah sangat diperlukan perusahaan ekspress yang bergerak dalam bidang jasa pengiriman paket dan dokumen. Dan kebanyakan pengusaha (penjual) online sekarang ini menggunakan jasa pengiriman dari PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir atau yang lebih dikenal JNE, karena dianggap cepat, mudah, murah dan terpercaya.

Kiprah JNE sebagai perusahaan express yang bergerak dalam bidang jasa pengiriman paket atau dokumen domestik dan Internasional yang telah berjalan selama 22 tahun. JNE kini telah didukung lebih kurang oleh 2.633 karyawan dan lebih dari 531 gerai yang tersebar luas di Indonesia dan perusahaan express pertama yang online pada 72 titik yang tersebar di seluruh Indonesia. JNE ini berdiri pertama kali pada tahun 1990 dan memulai kegiatan usahanya terpusat pada penanganan kegiatan impor kiriman barang/dokumen serta pengantarannya dari luar negeri ke Indonesia.

Selanjutnya pada tahun 1991, JNE memperluas jaringan Internasionalnya dengan bergabung sebagai anggota asosiasi perusahaan-perusahaan kurir beberapa negara Asia (ACCA) yang berpusat di Hongkong yang kemudian memberi kesempatan kepada JNE untuk mengembangkan wilayah sampai ke seluruh dunia. Kehandalan JNE juga telah dibuktikan dengan diraihnya berbagai bentuk penghargaan serta sertifikasi ISO 9001:2000 atas jasa layanan yang telah diberikan, bahkan pada tahun 2012 ini mendapat kesempatan kembali sebagai pemenang kategori Silver Brand Champion of Logistics.

JNE Sahabat Pengusaha di Era Pasar Bebas

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya bahwa era pasar bebas ditandai dengan kompetisi (persaingan) dalam segala hal termasuk kualitas layanan yang diberikan oleh perusahaan jasa pengiriman. Untuk itu, bila JNE ingin tetap menjadi sahabat pengusaha online maupun pengusaha konvensional di era pasar bebas ini, maka ada beberapa hal yang patut untuk diperhatikan, minimal ada 3 (tiga) faktor yang harus dimiliki, yaitu: pertama: peningkatan efektivitas kinerja karyawan, kedua, dukungan sarana dan prasarana dan ketiga, kemampuan pimpinan untuk memahami karakteristik karyawannya.

Untuk lebih memperjelas faktor-faktor apa saja yang diperlukan oleh JNE untuk menjadikan JNE sebagai sahabat pengusaha di era pasar bebas, dapat dijelaskan, sebagai berikut: kita tentu sepakat untuk mengatakan bahwa faktor utama yang membedakan perusahaan-perusahaan jasa adalah kualitas pelayanan, karena para pelanggan (konsumen) semakin piawai dalam permintaan mereka dan semakin menuntut standar layanan yang lebih tinggi (Arief, 2007:1-179). Untuk itulah, peningkatan efektivitas kinerja karyawan untuk mewujudkan permintaan para pelanggan sangat diperlukan.

Kinerja individu yang dimaksudkan disini adalah bagaimana seorang pegawai mampu melaksanakan pekerjaannya dengan baik. Kinerja pegawai berbanding lurus (memiliki hubungan garis lurus) dengan tempat dia bekerja. Bila kinerja pegawai meningkat, maka akan turut mempengaruhi/meningkatkan prestasi organisasi tempat pegawai yang bersangkutan bekerja, sehingga tujuan organisasi yang telah ditentukan dapat dicapai.

Salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan tersebut adalah karakteristik karyawan (person characteristic) yang terdiri dari: 1) pengetahuan, 2) kemampuan dan 3) keterampilan, 4) sikap dan 5) motivasi karyawan. Bahkan menurut Robbins (1996:10) karakteristik individu merupakan perbedaan dari masing-masing karyawan sehingga mempengaruhi dalam perilaku kerja. Untuk itulah para pimpinan (manajer) harus mampu mengetahui perbedaan karakter individu karyawannya, karena dengan mengetahui karakteristik individu karyawannya tersebut, para pimpinan (manajer) akan dapat menentukan tugas-tugas yang sesuai dengan karakternya sehingga peningkatan kinerja akan dapat dicapai.

Selanjutnya, para karyawan juga harus didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai guna memberikan kemudahan dan motivasi tersendiri bagi karyawan guna mendukung terjadinya peningkatan prestasi karyawan. Sarana dan prasarana disini sangat luas sekali ruang lingkupnya, mulai itu fasilitas kantor seperti TI, komputer, ruang kerja yang nyaman, kendaraan maupun reward-reward yang diberikan sebagai motivasi tambahan bagi karyawan JNE.

Akhirnya, perusahaan jasa yang baik tentu saja yang bisa memberikan kepuasan bagi pelanggan, kepuasan atas pelayanan yang diberikan oleh perusahaan, tentu saja tidak lahir begitu saja, ada faktor-faktor pendukung yang harus disiapkan untuk mendorong terjadinya pelayanan yang berkualitas dan sesuai dengan perkembangan zaman. Amin.

Penulis adalah Junalis PPWI-Aceh

 

 

Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.