Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?
PEWARTA ONLINE

GELORA SEPEDAJatuh Bangun Nadine Go wes Bersepeda den.....
20/06/2017 | Didi Ronaldo

KOPI, Jakarta – Aktris Nadine Chandrawinata menyukai olahraga seperti  Renang, Menyelam, Senam serta olahraga baru yang kini Ia geluti yakni bersepeda. Ditemui di acara Polygon Follow Your Own P [ ... ]



POLLING WARGA
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

Inspirasi Opini Tips menghindari dari Penipuan

Tips menghindari dari Penipuan

KOPI - Hati-hati saat ini merajalela penipuan, target utama adalah oknum Kepala Daerah, Pejabat, Perwira Tinggi  Polri/ TNI, masyarakat.  Berbagai macam modus yakni menjual nama kepala daerah mengaku kerabat, famili untuk minta proyek ataupun uang kepada si korban penipuan. Kalau Anda tidak selidiki terlebih dahulu maka uang puluhan juta ataupun ratusan juta melayang.

 

Modus penipuan kedua,menyamar sebagai supir Kepala daerah, Pejabat, Perwira tinggi Polri/ TNI. Modusnya berfoto selfia dengan oknum tersebut diatas itu. Nanti fotonya ia pamerkan ke oknum PNS/ASN, anggotanya, masyarakat bahwa ia masih memiliki hubungan kekerabatan. Foto tersebut ia gunakan untuk meminta uang kepada oknum sikorban kalau tidak dikasih ia laporkan. Modus kedua memalsukan tanda tangan ,seperti memalsukan tanda tangan Kapolres untuk membebaskan tahanan. memalsukan tanda tangan kepala daerah untuk mendapatkan proyek atau uang.

Maka dari itu hati-hati oknum kepala daerah, pejabat, Perwira tinggi Polri/TNI  yang ingin mencari supir pribadi selidiki dulu prilaku orangnya. Dimana ia tinggal, asal usulnya, siapa penjaminnya. Jangan asal comot saja  bisa-bisa nyawa Anda taruhanya seperti Anda kena todong pisau atau senjata, kena sandera minta tebusan milyaran rupiah.

Modus penipuan ketiga yakni melalaui Media cetak atau online. seperti contoh berita orang ia print out  dengan memakai nama media online yang sama , nanti ia mengaku anaknya atau ia yang nulis berita. Berita di media online ia tayangkan dengan wadah Ipad, Table, Hp nama penulis ia tutup dengan jarinya, kepada narasumber mengaku ia yang nulis berita. Penipuan melalui Media cetak kartu pers palsu ia cetak nanti mengaku dari koran harian atau Tabloid ini dan itu dengan membawa koran.

 

Modus Keempat yakni  mengaku famili/ mamak, paman/ orang tua  (Ortu) dari wartawan yang nulis berita, dengan maksud untuk menipu orang. Target oknum kepala daerah , pejabat, Perwira Polri/ TNI yang tidak bisa membaca berita di Media online.

Modus kelima  mencari wajah serupa tapi tak sama alias palsu yakni kadar kemiripan wajah 60-90 %, seperti wajah Ketua partai Politik, mantan Presiden berserta istri dan suaminya, wajah serupa presiden Joko Widodo, Pelaku juga mencari wajah kemiripan dengan oknum wartawan (red. adiknya, anakanya) . Wajah palsu tersebut ia pertemukan dengan oknum : Kepala Daerah, Pejabat, Perwira Tinggi Polri/TNI.

Ia bilang masih ada hubungan kekeluargaan, ujung-ujung  minta uang puluhan juta hingga ratusan juta. Ketahuan ia menipu uang tersebut ia pulangkan memakai jasa oknum : Lawyer, Polisi, TNI, Jaksa. Anda korban materi Goblok/bongak segera lapor kepolisi, bila pelakunya oknum anggota Polri/ TNI segera lapor Polisi Militer atau komandanya. Mahkamah militer menunggu kedatangan Anda.

 

Modus Keenam yakni Ia berdiri disamping orang nanti ia foto atau ia rekam melalui handphone, hasil rekaman tersebut ia pamerkan ke oknum Kepala Daerah, Pejabat, Perwira Polri/ TNI untuk menyakinkanya bahwa ia masiha ada hubungan famili/keluarga.  Anda kurang teliti , tidak menelpon teman Anda , uang ratusan ribu hingga puluhan juta ia minta ke nama-nama tercantum tersebut. Target oknum yang tidak bisa membaca berita di media online.

 

Modus Ketujuh yakni uang hasil menipu , hasil rampokan, penjualan narkoba ia bagi-bagikan ke masyarakat dengan maksud menjelakan orang lain.

Modus kedelapan yakni mencari orang yang bisa bahasa Inggris untuk menipu orang asing. Nanti ia ungkapkan bahwa bapak si A atau si B masih ada hubungan kekerabatan  yakni famili atau orang tua dari wartawan yang nulis berita.

 

Modus kesembilan Bila Anda rugi Materi jutaan hingga  puluhan juta segera buat laporan ke Polisi. Ingat ciri-ciri wajah pelaku (red. Hidung, wajah , kulit, rambut, tinggi , usia) serta kendaraan pelaku.

Modus kesepuluh yakni menumpang tidur di rumah warga dengan berbagai alasan. Kami sarankan ke warga bila ada tamu asing yang tidak dikenal menumpang tidur dirumah Anda, arahkan tidur ke Pos Ronda, kantor desa atau Pos Polisi. Hati-hati tamu yang tidak dikenal. Pelaku penipuan gayanya mentereng, pakaian bermerek, kemeja putih  atau berjaket kayak orang kantoran. Kendaraan gonta-ganti, pelaku terindikasi profesional.

 

Modus kesebelas penipuan melalui telpon  menjual nama orang lain, meminta uang puluhan juta atau minta proyek. Ia pandai bersandiwara bisa mengeluarkan air mata alias menangis untuk mempengaruihi orang saat tatap muka dengan Anda.(red air mata buaya).

Kita tahu oknum Kepala Daerah, Perwira tinggi Polri/ TNI , Pejabat di Indonesia kelahiran tahun 40, 50, 60,jangankan membaca berita di media online, mengirim SMS saja melalui Handphone tidak bisa. . Apalagi mengirim berita melalui email yakni yahoo.com . usia segitu ada yang bisa membaca berita di media online ada yang tidak.

Contoh nyata ada oknum Bupati di kabupaten kota di Riau saya tanyakan kepada supir pribadinya, kebetulan masih ada hubungan famili alias kemenakanya. Apakah bapak bisa membaca berita di media online, jawabanya tidak. Saya yang mengajarkanya membaca berita di media online. Mengirim email tidak bisa do. Sayapun sempat ribut dengan sang supir tersebut mengaku-ngaku sebagai kemenakan sang bupati saat duduk dikantin. maka si pemilik kantin mengatakan betul ia kemenakan sang bupati .

Itulah sekilas Tips dari penulis supaya Anda tidak kenatipu, kepada masyarakat tolong sebarkan informasi ini kepada oknum yang tidak pandai internet untuk menghindari rugi materi, korban sudah banyak jatuh.  (didi)

 

 

 

 

 


Artikel Lainnya:

 

Keluarga Lintas Atjeh Buka Bareng "Bu Lam Oen"
Jumat, 23 Juni 2017

KOPI, ACEH SELATAN - Loyalitas, Solidaritas, Soliditas Dan Jiwa Korsa terus dipupuk oleh keluarga besar Lintas Atjeh, moment kebersamaan dalam meningkatkan tali silaturahmi dengan Bukber. Ada hal menakjubkan yang dilakukan keluarga Lintas Atjeh bersama anggota PPWI Aceh Selatan pada saat berbuka puasa di rumah Rahmatillah di Desa Simpang Tiga, Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Selatan, Kamis (22/06/2017), yang menyajikan menu buka puasa... Baca selengkapnya...

PPWI Media Grup Aceh Selatan Bagi Takjil Gratis Kepada Pengguna Jalan
Rabu, 21 Juni 2017

KOPI, ACEH SELATAN - Bulan Suci Ramadhan adalah penuh berkah, semua orang, organisasi atau komunitas berlomba - lomba memanfaatkan untuk berbuat kebajikan, tak terkecuali Komunitas Persatuan, Pewarta Warga Indonesia (PPWI) DPC Aceh Selatan. Setelah sebelumnya media Lintas Atjeh dan PPWI Aceh Selatan melaksanakan buka puasa bersama dan menyantuni anak yatim piatu di Desa Lhok Ruekam, Kecamatan Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan. Kali ini kembali... Baca selengkapnya...

Sucikan Hati, Bersihkan Jiwa, Media Lintas Atjeh Santuni Dhuafa
Rabu, 21 Juni 2017

KOPI, ACEH SELATAN - Dalam bulan puasa ini mari kita sucikan hati bersihkan jiwa, saling peduli dan mengasihi, masih banyak saudara kita yang butuh perhatian dan kasih sayang, terlebih kepada kaum dhuafa dan yatim piatu. Hal tersebut disampaikan oleh Pimred Lintas Aceh Ari Muzakki pada saat mengunjungi kediaman kaum dhuafa dan anak yatim piatu bersama rombongan dalam rangka buka puasa bersama dan menyantuni yatim piatu di Gampong Lhok Reukam,... Baca selengkapnya...

Cek Endra Beri Santunan Masyarakat Di Pasantren Miftahul Jannah
Selasa, 20 Juni 2017

  KOPI Sarolangun, Memberi santunan pada Anak yatim, orang tua Jompo serta masyarakat telah menjadi kebiasaan dimata publik dan semakin  melekat pada sosok Cek Endra yang kini juga menjabat sebagai Bupati Sarolangun. Pasalnya, Kegiatan Santunan tersebut kerab dilakukan Cek endra bukan hanya saat Bulan Ramadhan, akan tetapi telah menjadi kebiasaan, sebab berbagi dan bersodakoh adalah merupakan Amal yang Pahalanya terus mengalir. Kegiatan itu... Baca selengkapnya...

Presiden Joko Widodo Gelar Buka Puasa Bersama Anak Yatim di Istana
Selasa, 20 Juni 2017

KOPI, Jakarta - Buka puasa dilaksanakan secara lesehan di Istana Negara, Senen (12/6-17). Presiden mengundang anak yatim piatu dan penyandang disabilitas berbuka bersama di istana. Sebelum berbuka di awali pembacaan pemenang lomba Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tingkat anak-anak digelar tadi pagi (red. Senen). Acara dilanjutkan dengan mendengarkan kultum dan buka puasa bersama. Presiden Jokowi beserta anak yatim menunaikan Shalat Maghrib... Baca selengkapnya...

Kordias Resmi Jabat Wakil Ketua DPRD Riau Sisa Masa Jabatan 2014-2019
Selasa, 20 Juni 2017

KOPI, Pekanbaru - Rapat paripurna DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) dipimpin oleh Ketua DPRD Riau Septina Primawati didampingi Wakil Ketua Sunaryo dan Noviwaldy Jusman bertempat di ruang paripurna gedung DPRD Riau ,Kamis (15/6-17 ) Ketua DPRD Riau Hj. Septina Primawati mengungkapkan, pelantikan dilakukan sesuai dengan SK Mendagri nomor 161.14-3247 Tahun 2017, perihal pemberhentian dengan hormat wakil ketua DPRD Riau atas nama Manahara... Baca selengkapnya...

Ketum PPWI Hadiri Undangan Buka Puasa Bersama di Kediaman Dubes Maroko
Minggu, 18 Juni 2017

KOPI, Jakarta – Ketua Umum PPWI Wilson Lalengke, yang adalah juga Ketua Persaudaraan Indonesia-Sahara-Maroko (Persisma), berkesempatan menghadiri undangan Iftar (berbuka puasa) bersama di Kediaman Resmi Duta Besar Kerajaan Maroko untuk Indonesia, H.E. Mr. Oubadia Benadbellah, Kamis, 15 Juni 2017. Acara yang dimulai sejak pukul 17.30 Wib itu diawali dengan temu-ramah dengan Bapak Dubes Maroko, sekaligus sebagai ajang perkenalan karena beliau... Baca selengkapnya...

NASIONALDPD RI Cek Kesiapan Final Pelabuhan Tanj.....
23/06/2017 | Yeni Herliani

KOPI, Tanjung Priuk - Wakil Ketua DPDRI Nono Sampono sambangi pelabuhan tanjung priuk dan terminal Pulogebang mengecek info kesiapan moda transportasi [ ... ]



PENDIDIKANObrolan Santai dengan Kepsek SMK I Sei K.....
19/06/2017 | Didi Ronaldo

KOPI, Pelalawan - Pak Kepsek (Kepala Sekolah) saya dengar dulu Sekolah ini milik yayasan alias swasta, kini sudah negeri bagaimana ceritanya. Betul ,  [ ... ]



EKONOMIHari ke-14, Pengunjung Jakarta Fair Menc.....
23/06/2017 | Yeni Herliani

KOPI, Jakarta - Malam muda-mudi yang diadakan dalam rangka menyambut hari ulang tahun Kota DKI Jakarta yang ke-490, berhasil digelar dengan meriah di  [ ... ]



HANKAMBeri Penyuhan Hukum, Yonif PR 502 Kostra.....
23/06/2017 | Yeni Herliani

KOPI, Kalimantan Barat - Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI – Malaysia Yonif Para Raider 502 Kostrad yang dipimpin oleh Letkol In [ ... ]



OLAHRAGAIni Dia Para Pemenang Wrangler True Wand.....
21/06/2017 | Yeni Herliani

KOPI, Jakarta - Sebuah petualangan besar tahun ini “Wrangler True Wanderer 2017” baru saja menemukan pemenangnya. Mereka telah menunjukan bahwa m [ ... ]



PARIWISATAJakarta Fair Kemayoran Tetap Buka di Har.....
23/06/2017 | Yeni Herliani

  KOPI, Jakarta - Penyelenggaraan Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2017 kini telah memasuki hari ke-15. Sebanyak 2.700 perusahaan yang tergabung dalam 1 [ ... ]



HUKUM & KRIMINALWaspada !!.. Menaiki Roller Coaster, Men.....
24/06/2017 | Didi Ronaldo

KOPI, Pekanbaru – Pusat perbelanjaan Trans Mart  barusan diresmikan oleh pemiliknya Chairul Tanjung sebulan yang lalu telah memakan korban seorang  [ ... ]



OPINIPeran dan Komitmen Pemerintah dalam Upa.....
21/06/2017 | Harjoni Desky

Jaminan Kesehatan Nasional atau yang lebih dikenal dengan sebutan JKN, hadir dalam rangka memenuhi hak masyarakat dalam bidang kesehatan. Pemenuhan ha [ ... ]



PROFILObrolan Santai dengan Camat Sentajo Agus.....
11/06/2017 | Didi Ronaldo

KOPI, Kuantan Singingi - Obrolan santai dengan Camat Sentajo Raya Agus Iswanto, SSTP dengan wartawan Pewarta- Indonesia di ruangan kerjanya, hari Jum [ ... ]



SOSIAL & BUDAYAYoesi Ariyani Lestarikan Tari Klasik Jaw.....
28/05/2017 | Yeni Herliani

KOPI, Jakarta - Dalam era globalisasi sekarang ini, nilai-nilai tradisi sudah mulai banyak ditinggalkan oleh masyarakat modern karena dianggap tidak s [ ... ]



ROHANIAl Quran dalam Seni Batik.....
13/06/2017 | Muladi Wibowo
article thumbnail

  KOPI -  Mengisi bulan dengan beragam amalan merupakan hal yang biasa dilakukan oleh kaum muslim dimana saja, hal yang berbeda terjadi di kawasa [ ... ]



RESENSIFilm Jailangkung: Dari Permainan, Beruba.....
15/06/2017 | Yeni Herliani

KOPI, Jakarta - PERMAINAN boneka jailangkung masih adakah yang memainkannya? Ada dan banyak. Ritual pemanggilan arwah sangat lumrah dilakukan. Apalagi [ ... ]



CERPEN & CERBUNGKetika Gunung Juga Punya Cara.....
22/03/2016 | Anjrah Lelono Broto

KOPI - Gunung memiliki cara sendiri untuk menunjukkan kediriannya. Gunung juga memiliki mulut dan lidah tersendiri untuk berbicara. Gunung adalah gunu [ ... ]



PUISIMenatap Rasa.....
07/06/2017 | Mas Ade

Masih di bulan Juni Angin mendatangi jendelaku Bisikkan rindu yang basah Oleh hujan bulan Mei Meski embun tetap nyenyak dalam tidurnya Mendekap s [ ... ]



CURAHAN HATISeptember Nanti Tembilahan Tuan Rumah Wo.....
06/06/2017 | Didi Ronaldo

KOPI, Pekanbaru - Indragiri Hilir (Inhil) merupakan daerah penghasil Kopra terbesar di Asia, 432 ribu Hektare kebun Kelapa milik rakyat maupun milik  [ ... ]



SERBA-SERBIMalam Muda Mudi Meriahkan Perayaan HUT J.....
23/06/2017 | Yeni Herliani

KOPI, Jakarta - Malam muda-mudi yang diadakan dalam rangka menyambut hari ulang tahun Kota DKI Jakarta yang ke-490, digelar dengan meriah. Pada dasarn [ ... ]


Other Articles

Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.