Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?
PEWARTA ONLINE
None

GELORA SEPEDAJatuh Bangun Nadine Go wes Bersepeda den.....
20/06/2017 | Didi Ronaldo

KOPI, Jakarta – Aktris Nadine Chandrawinata menyukai olahraga seperti  Renang, Menyelam, Senam serta olahraga baru yang kini Ia geluti yakni bersepeda. Ditemui di acara Polygon Follow Your Own P [ ... ]



POLLING WARGA
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

Inspirasi Opini Produktif dengan Uang THR bagi Kaum Millennial

Produktif dengan Uang THR bagi Kaum Millennial

KOPI - Orang-orang mulai disibukkan mempersiapkan diri untuk menyambut hari lebaran. Persiapan tersebut meliputi merencanakan perjalanan mudik, membeli pakaian baru, dan lain-lain. Perencanaan menyambut hari raya tentu dibutuhkan persiapan finansial yang memadai. Untungnya, di Indonesia kita mengenal uang THR alias Tunjangan Hari Raya yang jumlahnya lumayan untuk memenuhi kebutuhan. Biasanya orang tua kita menggunakan uang THR-nya untuk hal-hal konvensional seperti membeli sembako, bahan makanan, angpau untuk sodara-sodara, dan lain-lain. Bagaimana dengan millennial yang kini sudah menjelma menjadi kaum pekerja?

Millennial merupakan generasi yang memiliki karakteristik unik dan menantang. Meskipun begitu, generasi millennial ini dianggap sebagai generasi yang paling tidak suka menabung. Studi yang dilakukan pada aplikasi investasi Acorn, tidak seperti generasi X yang cenderung membelanjakan uangnya untuk cicilan rumah atau mobil, terungkap millennial lebih banyak mengeluarkan uang untuk makan di luar daripada menyimpannya. Nah loh? Karakter finansial ini tentu akan memengaruhi bagaimana millennial menghabiskan uang THR-nya yang kemungkinan besar untuk hal-hal yang kurang bermanfaat dan bersifat konsumerisme. Alih-alih menabung, generasi millennial cenderung membelanjakan uang tambahan mereka untuk beraktualisasi diri seperti membeli gadget terbaru atau membeli pakaian dan fashion terkini untuk tetap up to date.

Memang tidak salah menghabiskan dana THR untuk hal-hal yang menyenangkan seperti ngopi-ngopi cantik di kedai kopi terdekat atau menikmati Samsung Galaxy S8 terbaru, tapi apakah kamu benar-benar membutuhkannya? Aktualisasi diri tidak hanya sekedar menunjukkan update-an keren di media sosial atau bisa melakukan hal-hal yang sedang kekinian. Ternyata terdapat banyak cara untuk mengaktualisasi diri namun tetap produktif menggunakan uang THR yang kamu dapatkan, lho! Yuk simak daftar kegiatan produktif berikut ini sebelum merencanakan pengeluaran uang THR-mu!

Gunakan Uangmu untuk Meningkatkan Skills

Di jaman sekarang begitu mudahnya generasi millennial untuk meningkatkan skill yang mereka butuhkan. Tidak seperti jaman dahulu di mana banyak orang yang memiliki keterbatasan akses internet, kaum millennial dapat dengan mudah mempelajari kegiatan dan hal-hal baru yang berguna untuk meningkatkan skill.

Ingin belajar bisnis dan membuka startup, kamu bisa mengikuti seminar atau workshop entrepreneur terdekat di kota kamu. Ingin terjun ke dunia digital imaging? Ikutilah kursus singkat desain grafis yang bisa meningkatkan skill Adobe Illustrator/Photoshop-mu. Tentunya pendidikan dan pelatihan yang berkualitas disertai dengan harga yang lumayan. Daripada menghabiskan uang THR untuk makan mewah di sky bar, lebih baik kamu gunakan untuk menambah skill di CV kan?

Investasi Kecil-Kecilan

Siapa bilang kamu harus mengeluarkan dana seabrek untuk berinvestasi? Dengan jumlah uang THR-mu sebenarnya sudah cukup untuk melakukan investasi kecil-kecilan, kok. Contohnya adalah dengan melakukan investasi reksa dana yang dengan modal 100 ribu rupiah, kamu sudah bisa menanam saham. Adapun bentuk investasi minim resiko yang baru-baru ini diluncurkan oleh Bukalapak yakni Buka Reksa yang memiliki dana minimum hanya 10.000 rupiah.

Kamu juga bisa melakukan instrumen investasi lainnya melalui situs crowdfunding yang menyediakan fitur peer to peer lending seperti Crowdo. Cara kerja situs ini kamu bisa menginvestasikan uangmu ke perusahaan yang kira-kira menjanjikan, dan kamu mendapatkan keuntungan dari profit mereka. Jika masih ragu-ragu, kamu bisa membeli bentuk investasi konvensional seperti membeli emas yang harganya cenderung naik terus setiap tahun.

Modal Usaha

Pengaruh iklim entrepreneurship sedang naik-naiknya. Bagi kamu yang memiliki rencana untuk membangun startup, kamu bisa menggunakan uang THR-mu sebagai modal usaha demi masa depan. Dana ini juga bisa kamu lakukan untuk menunjang usaha yang sedang kamu jalani, seperti membayar biaya iklan digital atau pengembangan aplikasimu. Uang THR ini tidak serta merta kamu habiskan dalam sekali waktu, namun bisa juga untuk disimpan sebagai dana cadangan usaha yang sedang kamu jalankan.

Beli Gadget untuk Mendukung Profesimu

Sebagai seorang pekerja, kamu juga bisa membelanjakan uang THR-mu dengan membeli benda-benda yang mendukung profesi. Hal ini sebenarnya memiliki keterkaitan dengan poin nomor satu, yakni menginvestasikan uang untuk mendukung skill-mu. Misalnya jika kamu seorang desainer, gunakan uang THR untuk membeli peralatan seperti drawing pad terbaru dari Wacom atau laptop grafis yang lebih canggih. Bagi kamu yang sedang bekerja sebagai fotografer, kamu bisa membeli lensa kamera terbaru untuk menghasilkan foto yang lebih berkualitas.

Traveling

Salah satu hal yang unik dimiliki millennial adalah mereka lebih memilih menghamburkan uang untuk sesuatu yang menambah pengalaman ketimbang untuk hal-hal yang materil. Prioritas yang berbeda menjadikan cara millennial melakukan pengeluaran menjadi berbeda pula. Alhasil, traveling menjadi suatu hal yang lebih berharga dibandingkan menyicil rumah atau mobil. Meski demikian, kamu pun bisa menghabiskan uang THR-mu untuk berjalan-jalan namun tetap produktif.

Contoh cara traveling yang bisa kamu lakukan adalah pergi ke negara atau daerah yang masih belum banyak orang mengunjunginya seperti ke pedalaman negara Laos atau ke daerah pegunungan di Nepal. Kamu bisa mendapatkan cerita yang menarik dan inspiratif dengan mendekatkan diri kepada penduduk asli negara tersebut. Jangan lupa untuk turut mempelajari kultur dan budaya setempat agar kamu tidak hanya mendapatkan foto-foto ciamik dari tempat-tempat wisatanya, tapi juga cerita seru yang bisa kamu bagikan ke orang-orang. Melalui pengalaman inilah, kamu bisa mengemasnya dengan berbagai karya seperti tulisan blog, traveling vlog, atau buku. Kegiatan produktif ini tentu bisa sekaligus menambah portofolio kamu dalam menulis, fotografi, videografi, dan editing video.

Demikian kegiatan produktif yang bisa dilakukan oleh kaum millennial dengan uang THR mereka. Pelajaran yang bisa kamu dapatkan dari artikel ini adalah meski millennial dikenal sebagai generasi yang kreatif dan dinamis, namun dalam segi keuangan kaum millennial sudah harus mulai berpikir demi masa depan mereka dengan cara investasi ke dalam berbagai hal. Maka dari itu gunakan uang THR kamu sebaik mungkin ya! Selamat menuaikan ibadah puasa dan selamat menjelang hari raya Idul Fitri dari saya dan tim iPrice!


Artikel Lainnya:
Artikel Lainnya:

 

Keluarga Lintas Atjeh Buka Bareng "Bu Lam Oen"
Jumat, 23 Juni 2017

KOPI, ACEH SELATAN - Loyalitas, Solidaritas, Soliditas Dan Jiwa Korsa terus dipupuk oleh keluarga besar Lintas Atjeh, moment kebersamaan dalam meningkatkan tali silaturahmi dengan Bukber. Ada hal menakjubkan yang dilakukan keluarga Lintas Atjeh bersama anggota PPWI Aceh Selatan pada saat berbuka puasa di rumah Rahmatillah di Desa Simpang Tiga, Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Selatan, Kamis (22/06/2017), yang menyajikan menu buka puasa... Baca selengkapnya...

PPWI Media Grup Aceh Selatan Bagi Takjil Gratis Kepada Pengguna Jalan
Rabu, 21 Juni 2017

KOPI, ACEH SELATAN - Bulan Suci Ramadhan adalah penuh berkah, semua orang, organisasi atau komunitas berlomba - lomba memanfaatkan untuk berbuat kebajikan, tak terkecuali Komunitas Persatuan, Pewarta Warga Indonesia (PPWI) DPC Aceh Selatan. Setelah sebelumnya media Lintas Atjeh dan PPWI Aceh Selatan melaksanakan buka puasa bersama dan menyantuni anak yatim piatu di Desa Lhok Ruekam, Kecamatan Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan. Kali ini kembali... Baca selengkapnya...

Sucikan Hati, Bersihkan Jiwa, Media Lintas Atjeh Santuni Dhuafa
Rabu, 21 Juni 2017

KOPI, ACEH SELATAN - Dalam bulan puasa ini mari kita sucikan hati bersihkan jiwa, saling peduli dan mengasihi, masih banyak saudara kita yang butuh perhatian dan kasih sayang, terlebih kepada kaum dhuafa dan yatim piatu. Hal tersebut disampaikan oleh Pimred Lintas Aceh Ari Muzakki pada saat mengunjungi kediaman kaum dhuafa dan anak yatim piatu bersama rombongan dalam rangka buka puasa bersama dan menyantuni yatim piatu di Gampong Lhok Reukam,... Baca selengkapnya...

Cek Endra Beri Santunan Masyarakat Di Pasantren Miftahul Jannah
Selasa, 20 Juni 2017

  KOPI Sarolangun, Memberi santunan pada Anak yatim, orang tua Jompo serta masyarakat telah menjadi kebiasaan dimata publik dan semakin  melekat pada sosok Cek Endra yang kini juga menjabat sebagai Bupati Sarolangun. Pasalnya, Kegiatan Santunan tersebut kerab dilakukan Cek endra bukan hanya saat Bulan Ramadhan, akan tetapi telah menjadi kebiasaan, sebab berbagi dan bersodakoh adalah merupakan Amal yang Pahalanya terus mengalir. Kegiatan itu... Baca selengkapnya...

Presiden Joko Widodo Gelar Buka Puasa Bersama Anak Yatim di Istana
Selasa, 20 Juni 2017

KOPI, Jakarta - Buka puasa dilaksanakan secara lesehan di Istana Negara, Senen (12/6-17). Presiden mengundang anak yatim piatu dan penyandang disabilitas berbuka bersama di istana. Sebelum berbuka di awali pembacaan pemenang lomba Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tingkat anak-anak digelar tadi pagi (red. Senen). Acara dilanjutkan dengan mendengarkan kultum dan buka puasa bersama. Presiden Jokowi beserta anak yatim menunaikan Shalat Maghrib... Baca selengkapnya...

Kordias Resmi Jabat Wakil Ketua DPRD Riau Sisa Masa Jabatan 2014-2019
Selasa, 20 Juni 2017

KOPI, Pekanbaru - Rapat paripurna DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) dipimpin oleh Ketua DPRD Riau Septina Primawati didampingi Wakil Ketua Sunaryo dan Noviwaldy Jusman bertempat di ruang paripurna gedung DPRD Riau ,Kamis (15/6-17 ) Ketua DPRD Riau Hj. Septina Primawati mengungkapkan, pelantikan dilakukan sesuai dengan SK Mendagri nomor 161.14-3247 Tahun 2017, perihal pemberhentian dengan hormat wakil ketua DPRD Riau atas nama Manahara... Baca selengkapnya...

Ketum PPWI Hadiri Undangan Buka Puasa Bersama di Kediaman Dubes Maroko
Minggu, 18 Juni 2017

KOPI, Jakarta – Ketua Umum PPWI Wilson Lalengke, yang adalah juga Ketua Persaudaraan Indonesia-Sahara-Maroko (Persisma), berkesempatan menghadiri undangan Iftar (berbuka puasa) bersama di Kediaman Resmi Duta Besar Kerajaan Maroko untuk Indonesia, H.E. Mr. Oubadia Benadbellah, Kamis, 15 Juni 2017. Acara yang dimulai sejak pukul 17.30 Wib itu diawali dengan temu-ramah dengan Bapak Dubes Maroko, sekaligus sebagai ajang perkenalan karena beliau... Baca selengkapnya...

NASIONALDPD RI Cek Kesiapan Final Pelabuhan Tanj.....
23/06/2017 | Yeni Herliani

KOPI, Tanjung Priuk - Wakil Ketua DPDRI Nono Sampono sambangi pelabuhan tanjung priuk dan terminal Pulogebang mengecek info kesiapan moda transportasi [ ... ]



PENDIDIKANObrolan Santai dengan Kepsek SMK I Sei K.....
19/06/2017 | Didi Ronaldo

KOPI, Pelalawan - Pak Kepsek (Kepala Sekolah) saya dengar dulu Sekolah ini milik yayasan alias swasta, kini sudah negeri bagaimana ceritanya. Betul ,  [ ... ]



EKONOMIHari ke-14, Pengunjung Jakarta Fair Menc.....
23/06/2017 | Yeni Herliani

KOPI, Jakarta - Malam muda-mudi yang diadakan dalam rangka menyambut hari ulang tahun Kota DKI Jakarta yang ke-490, berhasil digelar dengan meriah di  [ ... ]



HANKAMBeri Penyuhan Hukum, Yonif PR 502 Kostra.....
23/06/2017 | Yeni Herliani

KOPI, Kalimantan Barat - Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI – Malaysia Yonif Para Raider 502 Kostrad yang dipimpin oleh Letkol In [ ... ]



OLAHRAGAIni Dia Para Pemenang Wrangler True Wand.....
21/06/2017 | Yeni Herliani

KOPI, Jakarta - Sebuah petualangan besar tahun ini “Wrangler True Wanderer 2017” baru saja menemukan pemenangnya. Mereka telah menunjukan bahwa m [ ... ]



PARIWISATAJakarta Fair Kemayoran Tetap Buka di Har.....
23/06/2017 | Yeni Herliani

  KOPI, Jakarta - Penyelenggaraan Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2017 kini telah memasuki hari ke-15. Sebanyak 2.700 perusahaan yang tergabung dalam 1 [ ... ]



HUKUM & KRIMINALWaspada !!.. Menaiki Roller Coaster, Men.....
24/06/2017 | Didi Ronaldo

KOPI, Pekanbaru – Pusat perbelanjaan Trans Mart  barusan diresmikan oleh pemiliknya Chairul Tanjung sebulan yang lalu telah memakan korban seorang  [ ... ]



OPINIPeran dan Komitmen Pemerintah dalam Upa.....
21/06/2017 | Harjoni Desky

Jaminan Kesehatan Nasional atau yang lebih dikenal dengan sebutan JKN, hadir dalam rangka memenuhi hak masyarakat dalam bidang kesehatan. Pemenuhan ha [ ... ]



PROFILObrolan Santai dengan Camat Sentajo Agus.....
11/06/2017 | Didi Ronaldo

KOPI, Kuantan Singingi - Obrolan santai dengan Camat Sentajo Raya Agus Iswanto, SSTP dengan wartawan Pewarta- Indonesia di ruangan kerjanya, hari Jum [ ... ]



SOSIAL & BUDAYAYoesi Ariyani Lestarikan Tari Klasik Jaw.....
28/05/2017 | Yeni Herliani

KOPI, Jakarta - Dalam era globalisasi sekarang ini, nilai-nilai tradisi sudah mulai banyak ditinggalkan oleh masyarakat modern karena dianggap tidak s [ ... ]



ROHANIAl Quran dalam Seni Batik.....
13/06/2017 | Muladi Wibowo
article thumbnail

  KOPI -  Mengisi bulan dengan beragam amalan merupakan hal yang biasa dilakukan oleh kaum muslim dimana saja, hal yang berbeda terjadi di kawasa [ ... ]



RESENSIFilm Jailangkung: Dari Permainan, Beruba.....
15/06/2017 | Yeni Herliani

KOPI, Jakarta - PERMAINAN boneka jailangkung masih adakah yang memainkannya? Ada dan banyak. Ritual pemanggilan arwah sangat lumrah dilakukan. Apalagi [ ... ]



CERPEN & CERBUNGKetika Gunung Juga Punya Cara.....
22/03/2016 | Anjrah Lelono Broto

KOPI - Gunung memiliki cara sendiri untuk menunjukkan kediriannya. Gunung juga memiliki mulut dan lidah tersendiri untuk berbicara. Gunung adalah gunu [ ... ]



PUISIMenatap Rasa.....
07/06/2017 | Mas Ade

Masih di bulan Juni Angin mendatangi jendelaku Bisikkan rindu yang basah Oleh hujan bulan Mei Meski embun tetap nyenyak dalam tidurnya Mendekap s [ ... ]



CURAHAN HATISeptember Nanti Tembilahan Tuan Rumah Wo.....
06/06/2017 | Didi Ronaldo

KOPI, Pekanbaru - Indragiri Hilir (Inhil) merupakan daerah penghasil Kopra terbesar di Asia, 432 ribu Hektare kebun Kelapa milik rakyat maupun milik  [ ... ]



SERBA-SERBIMalam Muda Mudi Meriahkan Perayaan HUT J.....
23/06/2017 | Yeni Herliani

KOPI, Jakarta - Malam muda-mudi yang diadakan dalam rangka menyambut hari ulang tahun Kota DKI Jakarta yang ke-490, digelar dengan meriah. Pada dasarn [ ... ]


Other Articles

Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.