Hercules Naas

0
21

Pewarta-Indonesia, Sebuah catatan merah transportasi udara nasional kembali terukir, kali ini dialami oleh pesawat Hercules C-130. Pesawat berbadan lebar yang dipiloti Mayor Danu Setiawan jatuh di sebuah areal persawahan di Desa Nggeplak, Kecamatan Karas, Kabupaten Magetan, Jawa Timur sekira pukul 06.30 WIB, Rabu (20/5).

Pesawat naas itu tidak jatuh di lokasi kosong, dua rumah warga pun ikut tertimpa berton-ton lempengan baja tersebut. Hingga pukul 14.10 WIB jumlah korban meninggal dunia mencapai 96 orang.

Sementara ada lima korban luka-luka yang dirawat di RS Iswahyudi Madiun. Ada pula korban yang dirawat di RS Soedono Madiun. Komandan Lanud Iswahyudi, Marsekal Pertama Bambang Samudro dalam keterangan persnya menegaskan, Mayor Danu Setiawan adalah pilot yang berpengalaman. Mayor Danu, tegas Bambang, sedang dalam kondisi fit dan sudah terlatih. Sejauh ini pihak TNI AU masih menyelidiki penyebab jatuhnya pesawat tersebut.

Sementara soal dugaan jatuhnya pesawat akibat kelebihan penumpang, menurut Bambang, tidak demikian, mengingat kapasitas maksimal pesawat tersebut adalah 120 penumpang, sedangkan yang berada di dalamnya diperkirakan berjumlah 110 orang.

Pesawat tersebut terbang dalam misi rutin pengadaan logistik untuk wilayah Indonesia Timur. Pesawat rencananya akan terbang dengan rute Bandara Halim PK Jakarta Timur – Lanud Iswahyudi Madiun – Makassar – Kendari – Pattimura – Biak.