Pesan Suci Paus Benediktus XVI

0
26

Pewarta-Indonesia, Saat Paskah 2010 di Vatikan Paus Benediktus XVI berpesan Umat manusia perlu melakukan perubahan spiritual dan moral. ”Umat manusia memerlukan perubahan spiritual dan moral. Umat manusia perlu keluar dari krisis yang sangat besar, yang memerlukan perubahan mendalam, dimulai dari hati nurani,” katanya

Diakui Paus, Paskah harus membawa pesan pengampunan, kebaikan, dan kebenaran kepada dunia yang menderita.

Soal peperangan di Timur Tengah, ia menyerukan ”eksodus sejati” dari perang dan kekerasan di Timur Tengah menuju perdamaian dan kerukunan. (Kompas, 5/4)

Mari tengok pesan Paskah Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia bertajuk “Peliharalah Kasih Persaudaraan” (Ibrani 13:1). Dalam suasana syukur dan sukacita Paskah ini, perkenankanlah kami mengajak saudara-saudara untuk memperhatikan hal-hal berikut :

Pertama, Hendaklah Kebangkitan Krlstus mendorong dan menyemangati kita untuk mengembangkan Kasih persaudaraan di antara kita dan sesama sehingga terwujud kehidupan yang harmonis dan penuh damai.

Kedua, Hendaknya perayaan Paskah memberdayakan kita supaya semakin giat melaksanakan pelayanan yang komprehensif di tengah masyarakat Indonesia sebagai wujud pemberitaan Kabar Baik. Hendaknya sukacita Paskah membuat kita semakin mempererat dan memperkuat persekutuan kita di dalam Kristus Yang Bangkit itu sehingga kita mampu menjalankan tugas-tugas pelayanan dan kesaksian kita di tengah segala tantangan dan krisis yang melanda kehidupan bangsa kita.

Ketiga, Mengakhiri pesan Paskah ini kami mengingatkan saudara-saudara dengan firman Tuhan:

Karena kamu telah menyucikan dirimu oleh ketaatan kepada kebenaran, sehingga kamu dapat mengamalkan kasih persaudaraan yang tulus-ikhlas, hendaklah kamu besungguh-sungguh saling mengasihi dengan segenap hatimu. (I Pet. 1 : 22). (Catatan SINODE GKI)

Sejatinya, pesan Paskah Paus Benediktus XVI dan PGI itu mesti menjadi lambang kemenangan perdamaian, kerukunan dan saling menghormati antarbeda agama di Bumi Persada ini.

Pasalnya, sikap dan perilaku mulia itu tengah meredup sekaligus tergerus budaya kekerasan, peperangan, bentrokan, tauran, dan kebencian yang menggurita di Nusantara. Mari menebar Pesan suci Paus ini. [Ibn Ghifarie]

BAGIKAN
Berita sebelumyaBerkah Terdalam Paskah
Berita berikutnyaManusia Timpang