Siapa Wakil Rakyat Kita?

0
36

Pewarta-Indonesia, Pesta Demokrasi PEMILU 2009 digelar pada hari ini, Kamis, 9 April 2009. Meski ada daerah yang diundur pelaksanannya, pesta demokrasi kali ini benar-benar beda karena wakil rakyat kita terpilih dengan sistem suara terbanyak. Apakah wakil rakyat kali ini benar-benar akan mewakili kita? Tunggu dulu….

Sistem suara terbanyak mempunyai sisi positifnya seperti: dimungkinkan terjadinya pergantian wakil rakyat dengan orang-orang baru sehingga terjadi regenerasi kepemimpinan, rakyat ketiban rejeki nomplok dari para Caleg, kok bisa?… setiap Caleg pasti akan berusaha semaksimal mungkin untuk meraih suara yang banyak dengan cara apapun seperti bagi-bagi sembako (gula, beras), bahkan uang.

Sisi negatifnya: banyak partai yang calegnya bukan kader yang militan. Dengan kata lain tanpa melalui proses kaderisasi yang matang, Caleg yang terpilih dimungkinkan bukan karena kulaitas mereka sebagai wakil rakyat melainkan karena mereka mempunyai modal materi yang banyak.

Banyak pemilih (baik tua maupun muda) bertanya-tanya siapa wakil kita, kita benar-benar tidak mengenal mereka apalagi visi misi mereka. Dan yang menyedihkan, kebanyakan wakil rakyat kita tidak melakukan sosialisasi (baik memperkenalkan diri ataupun menunjukkan visi misi mereka) sehingga rakyat mengalami kebingungan siapa yang akan dipilih?…

Sehingga pada hari pencoblosan ini banyak masyarakat yang memilih Partai daripada memilih Caleg.