Kantong Semar di Tapal Batas

0
25

Pewarta-Indonesia, Tapal batas propinsi Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Selatan memberikan suasana tersendiri bagi yang berada di tempat tersebut. Sebuah pemandangan tapal batas yang unik.

Tapal batas ini berada di jalan Trans Sulawesi yang menyatukan kedua wilayah propinsi Sulawesi selatan dan Sulawesi Tenggara yang merupakan satu-satunya jalur darat yang biasa ditempuh sekitar satu jam dari Kota Malili Kabupaten Malili, wilayah timur propinsi Sulawesi Selatan. Sedangkan jika kita menggunakan jalur darat dari wilayah Sulawesi Tenggara bisa ditempuh sekitar lima jam lebih yang berjarak sekitar 250 km dari Kota Kolaka Kabupaten Kolaka.

Sejenak jika kita berhenti beristrahat di Tapal Batas ini, pemandangannya biasa saja. Hanya terlihat tugu tapal batas yang kotor dan penuh dengan coretan grafiti tangan-tangan jahil. Namun jika jeli, Pemandangan di Tapal bisa memberikan kita sebuah inspirasi dan kenangan tersendiri berada di tempat ini.

Adalah hamparan tanaman si kantong semar atau nama latinnya Nepenthes yang bisa membuat kita tergumam jika memandanginya. Bagi para pencinta tanaman ini dapat menikmatinya di tapal batas ini. Sepengetahuan awam penulis tentang tanaman kantong semar ini, terdapat dua jenis Nepenthes di tempat ini.