Festival Legu Gam 2010

0
20

Pewarta-Indonesia, Festival Legu Gam yang digelar Kesultanan Ternate di kawasan Kedaton Ternate, Maluku Utara (Malut) pada 1-17 April 2010 akan dibuka Menteri Kebudayaan dan Pariwisata (Menbudpar), Jero Wacik.

“Menbudpar Jero wajik sudah menyampaikan kesediaannya datang ke Ternate untuk membuka Festival Legu Gam tersebut,” kata Ketua Panitia Legu Gam 2010 Arifin Djafar di Ternate, Sabtu.

Festival Legu Gam adalah salah satu kegiatan tahunan Kesultanan Ternate dalam rangka memeriahkan ulang tahun Sultan Ternate, Mudhafar Sjah. Festival Legu Gam ini telah masuk dalam kalender tahunan wisata nasional.

Menurut Arifin, panitia juga melayangkan undangan ke sejumlah kedutaan negara sahabat di Jakarta untuk hadir pada Festival Legu Gam tersebut, namun belum ada yang menyampaikan kepastian untuk hadir pada kegiatan budaya itu.

Pada Legu Gam tahun sebelumnya selalu ada utusan dari kedutaan negara sahabat di Jakarta yang hadir pada acara itu. Pada Festival Legu Gam 2010 ini diharapkan ada lagi utusan dari kedutaan negara sahabat yang hadir.

Arifin mengatakan, kegiatan yang akan digelar pada Festival Legu Gam 2010 ini tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya, yakni penampilan berbagai atraksi budaya dan kesenian tradisional dari Kesultanan Ternate dan Kesultanan lainnya di wilayah Malut.

Selain itu kegiatan seminar budaya dan pameran. Khusus untuk kegiatan pameran, pada Festival Legu Gam 2010 ini akan dimeriahkan dengan pameran uang kuno oleh Bank Indonesia cabang Ternate.

Menurut Arifin, pada Legu Gam 2010 ini, panitia juga tetap memberikan kesempatan kepada masyarakat Ternate dan daerah lainnya di Malut untuk menjadikan Festival Legu Gam sebagai ajang mengembangkan kegiatan ekonomi.

Untuk itu, panitia telah menyediakan lokasi di lapangan Salero, depan Kedaton Kesultanan Ternate sebagai tempat untuk berjualan atau usaha lain yang dapat mendatangkan penghasilan bagi masyarakat termasuk para pedagang kaki lima.

“Kalau ada pengusaha dari daerah lain yang ingin mempromosikan produksinya di Festival Legu Gam tersebut juga diberi peluang. Panitia akan menyediakan tempat untuk promosi di lokasi penyelenggara Festival Legu Gam,” katanya. (*)