Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?

YANG TERPINGGIRKAN
Ketika Rasisme Dekat dengan Para Punggaw.....
26/06/2015 | Maulana Muhammad

“Il Club Più Titolato Al Mondo” merupakan sebuah ungkapan dalam bahasa Italia yang mengandung  [ ... ]


GELORA SEPEDA
Fun Bike Meriahkan HUT Ke-69 TNI di Aceh.....
29/09/2014 | Syamsul Kamal
article thumbnail

KOPI, Aceh Jaya - Dalam rangka memperingati hari ulang tahun Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang ke 69, Komando Distrik Militer (Kodim) 0114 Aceh Jaya, mengegelar acara sepeda santai (fun Bike)  [ ... ]



POLLING WARGA
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

 

Inspirasi Profil Drs. H. M. Zain Katoe, Walikota Parepare Kepemimpinan Berfalsafah Budaya Bugis

Drs. H. M. Zain Katoe, Walikota Parepare Kepemimpinan Berfalsafah Budaya Bugis

Pewarta-Indonesia, Parepare : Dalam Pemilu Kepala Daerah Kota Parepare tahun 2003, Drs. HM. Zain Katoe terpilih sebagai Walikota Parepare periode 2003 – 2008, dan pada pemilihan Kepala Daerah tahun 2008, Drs. Zain Katoe dipercaya rakyat untuk memimpin Kota Parepare sebagai Walikota hingga tahun 2013.

Ketika Indonesia dijajah Jepang, di sebuah Kampung Rappang, Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap), tanggal 17 Agustus 1943 lahir seorang anak laki-laki yang kemudian diberi nama ;  Mohammad Zain Katoe.  Seperti juga anak-anak desa lainnya, Zain kecil menghabiskan waktunya untuk bermain dan tentunya membantu orang tuanya.

Ketika usianya menginjak masa sekolah, Zain Katoe masuk Sekolah Rakyat (SR) atau Sekolah Dasar (SD) seperti sekarangini. Enam tahun kemudi an, tepatnya ditahun 1956, Zain lulus SR. Karena orang tuanya boleh dibilang berkecukupan, Zain melanjutkan sekolahnya ke tingkat SLTP dan bersekolah di SMP Negeri 3 Sidrap. Tiga tahun kemudian Zain tamat. Tidak seperti anak-anak sebayanya di masa itu, Zain bertekad terus melanjutkan sekolahnya ke tingkat yang lebih tinggi, sementara teman-teman sekampungnya, ada yang terpaksa berhenti sekolah karena kurangnya faktor biaya. Zain masuk SMA Negeri 3, dan tahun 1962 berhasil lulus. Karena ingin terus maju, Zain Katoe hijrah ke Makassar tujuannya kuliah. Tahun 1966, Zain Katoe berhasil meraih Sarjana Muda Sosial Politik (Sospol) di Universitas Hasanuddin (Unhas). Kemudian tahun 1982 meraih sarjana lengkapnya (S-1) di Universitas yang sama dengan gelar Doktorandus (Drs) pada jurusan Ilmu Administrasi Negara.

Sebagai Pengusaha Dan Politisi

Drs. HM. Zain Katoe memulai kariernya sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada tahun 1968, sebagai Pegawai Upah Bulanan Penata Tata Usaha.

Di era Arifin Nu'mang menjabat Bupati Sidrap, Drs. HM. Zain Katoe banyak mendapatkan peluang. Peluang yang diperolehnya itu, karena Drs. HM. Zain Katoe pada masa itu adalah pegawai yang terbilang cakap dan bisa Bahasa Inggeris. Tidak mengherankan jika ketika PT. United Lives tock, sebuah perusahaan Joint Venture United State, Virgina, Texas,  yang bergerak dibidang usaha peternakan melakukan investasi (Penanaman Modal Asing - PMA) di Kabupaten Sidrap, Drs. HM. Zain Katoe, dipercaya menjabat Wakil Direktur di perusahaan PMA tersebut.

Tahun 1984, Drs. HM. Zain Katoe diperbantukan pada PT. Berdikari United Livestock (PT. BULI) berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan.

Tahun 1987, Drs. HM. Zain Katoe memasuki kancah politik sebagai Wakil Ketua DPRD dari Partai Golongan Karya (Golkar).

Tentu untuk sampai ke ujung politik tertinggi pada tingkat lokal, sudah pastilah ia telah mempunyai pengalaman yang "amat" handal, karena "menuju pucak" harus dilalui dengan jalan berliku dan rumit. Kadang menyenangkan tapi juga kadang menyedihkan.

Tidak sampai disitu. Ketika kesempatan itu telah terbuka, maka ia harus mengemukakan idenya dengan melihat kenyataan yang ada. Ide itu adalah konsep dalam bentuk Visi & misi membangun kota Parepare. Yang menarik dari konsep HM. Zain Katoe  adalah mewujudkan Kota Parepare sebagai Kota Bandar Madani, dua kata yang mengandung filosofi bugis :

Lempu  berarti jujur, Getteng mengandung pengertian ; tegas, berani dan kuat dalam pendirian, Ada Tongeng mengandung pengertian; berpegangan pada kebenaran, Temmapaisilaingeng mengandung pengertian ;  berlaku adil pada semua    pihak.

Folosofi itu mengajarkan suatu cita-cita luhur yang ingin dicapai secara bertahap.

Sasaran yang hendak dicapai itu, ada pada makna kalimat  " Bandar Madani "  yang mengandung arti : Kota Parepare dibangun oleh masyarakat agamais, demokrasi dalam suasana ; Aman, Nyaman, dan Indah.

Konsep ini merupakan konsep yang dilanjutkan dari slogan " Bersahaja" ; Bersih, Sehat, Aman bahagia, dan Sejahtera. Madani menuju tatanan kehidupan yang demokratis dalam menumnuhkan kebersamaan sekalipun berbeda suku dan agama.

Bandar, berarti kota pelabuhan yang didukung sumber daya yang ada didalamnya.

Sebagai seorang yang dibesarkan dalam ling kungan adat Bugis yang domokrasi, Drs.HM. Zain Katoe memiliki kepekaan dan responsif dalam memahami dinamika perkembangan masyarakat kota Parepare. Ajaran lontara yang diterimanya, menjadikan dirinya berpegang pada suatu sikap, bahwa " Kepemimpinan Dari Pemimpinnya ".

Filosofi ini mengajarkan, Jati diri seorang pemimpin dengan yang dipimpinnya, bukan hu bungan struktural yang mengandalkan hierarki jabatan yang mengandalkan kekuatan bahkan arogansi kepemimpinan dari pemimpinnya. Melain kan se orang pemimpin harus memiliki karakter yang arif dan bijaksana, memiliki kepekaan dan responsif dalam memahami dinamika masyarakat yang dipimpinnya.

Dengan hubungan emosional itu, Zain Katoe berharap, Good Governance dapat dicapai untuk membangun sebuah pemerintahan yang Madani.

Di era reformasi dan globalisasi, kekuatan aro gansi kepemimpinan tidak bisa lagi dipakai, sebab era sekarang Pemimpin adalah pelayan masyarakat, yang mempunyai tugas mengakomodir seluruh kepentingan dan cita-cita masyarakat.

Dan itu dipahami betul oleh HM. Zain Katoe, maka tidak mengherankan kalau diera ke pemimpinannya itu, selalu mengkedepankan fungsi pelayanan. Namun bagi Drs. HM. Zain Katoe, bahwa memberi perhatian tidak berarti selalu memenuhi kebutuhan secara menyeluruh, karena setiap pemimpin memiliki keterbatasan.

Tapi bagi HM.  Zain Katoe, keterbatasan seorang pemimpin itu dapat dipecahkan dengan melakukan pendekatan  interaksi komunikasi an tara Pemimpin dengan  yang dipimpin, Walikota dengan masyarakatnya. Dan itu pun diajarkan dalam kitab Bugis, agar dapat menumbuhkan sikap " Massidi siri, Massidi gau ".

Drs. HM. Zain Katoe yang lahir dan dibesarkan dengan suasana dan lingkungan alam Bugis, maka dalam dirinya tumbuh dengan kuat filosopi adat Bugis yang kuat. Kekuatan ini memberikannya aspirasi dan membentuk dirinya sebagai seorang pemimpin yang merakyat, apalagi dalam perjalan hidupnya, dia banyak menemukan dan mengalami kehidupan jelata, sehingga dia dapat merasakan nya dan "pengalaman" itu membuatnya makin bersahaja ketika dia berada pada posisi politik "tertinggi" sebagai Walikota Parepare.

Dengan perpegang teguh pada nilai-nilai budaya Bugis itu, Drs. HM. Zain katoe memahami betul makna nilai budaya yang berlaku di masyarakat Bugis, yakni Siri', yang merupakan nilai budaya yang bersifat sangat fundamental bagi masayarakat Bugis dan masyarakat Sulawesi Selatan pada umumnya.

Makna budaya Siri' mengandung filosofi; Pertama, merupakan pandangan hidup yang bertujuan untuk mempertahankan dan meningkat kan harkat dan harga diri, baik sebagai individu, maupun sebagai mahluk sosial.

Kedua, dapat diartikan sebagai perasaan yang halus dalam memelihara rasa kebersamaan dalam kedukaan dan penderitaan setiap anggota masyara kat.

Dengan nilai budaya ini, ikatan antara anggota masyarakat semakin diperkuat dan solidaritas atau kebersamaan kelompok akan dipertahankan.

Ketiga, mengandung pengertian, bahwa hanyalaah dengan bekerja keras tanpa bosan yang dapat merubah nasib seseorang.


Keterangan foto: Drs. HM. Zain Katoe, sumber image: google.co.uk

 

Jajaran Satresnarkoba Polresta Pekanbaru, Ringkus 2 Orang Bandar Narkoba
Selasa, 07 Juli 2015

KOPI, Pekanbaru – Jajaran Satuan Reserse Narkoba ( Satresnarkoba) Polresta Pekanbaru, Minggu (05/07/15) telah berhasil menggagalkan transaksi narkoba bertempat di Hotel Hollywood Jalan Kuantan Raya Pekanbaru. Sebanyak 900 butir ekstasi dan 75 gram sabu disita petugas dari tangan 2 orang warga Selat Panjang Kabupaten Meranti, berinisial JA (47) dan JO (25) pada 2 lokasi berbeda. Saat Ekpose oleh Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Aries Syahrief... Baca selengkapnya...

Pembangunan Stadion Nglegok Dan Amphiteather Dilaporkan KRPK Ke Kejaksaan
Senin, 06 Juli 2015

§ Pembangunan Stadion Olahraga Nglegok, terdapat kekurang volume senilai Rp. 569,1 juta. § Pembangunan Amphiteater di Penataran, terdapat kekurangan volume senilai Rp. 107,2 juta Blitar, KOPI - Setelah minggu lalu, tepatnya hari Jum’at (3/7) pembangunan Stadion Olahraga di Kecamatan Nglegok kabupaten Blitar disidak Komisi I DPRD Kabupaten Blitar dan pembangunan Amphiteater yang berada di Desa Penataran disidak Badan Anggaran DPRD... Baca selengkapnya...

Kapolri : Buktikan Rekrutmen Polisi Pake Duit Laporkan, Saya Kasih Rp. 1 juta
Sabtu, 04 Juli 2015

KOPI, Jakarta — " Kalau ada yang bisa buktikan rekrutmen polisi pakai duit, saya kasih satu juta," ujar Badrodin Haiti saat menyampaikan sambutan dalam acara silaturahmi dan buka puasa bersama dengan sejumlah LSM dan kelompok masyarakat, Jumat (3/7/2015) malam di Jakarta. Kapolri Jenderal (Pol) Badrodin Haiti memastikan bahwa rekrutmen anggota Polri bebas dari pungutan liar ataupun uang pelicin. Ia menantang siapa pun yang bisa... Baca selengkapnya...

Mendagri Tjahyo Kumolo : Direktur IPDN Rohil Rizka Utama Telah Gagal
Jumat, 03 Juli 2015

KOPI, Pekanbaru- Kunjungan kerja (Kunker) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahyo Kumolo ke bumi melayu Riau , hari Jum’at (3/7-15) memimpin rapat kerja Pemerintah Propinsi Riau dengan seluruh kepala daerah kabupaten/kota (red. Bupati, Walikota) di gedung daerah. Mendagri memberi warning kepada Direktur IPDN Rohil Rizka Utama telah gagal memimpin IPDN Rokan Hilir (Rohil), Mendagripun tidak mau membeberkan kesalahan Rizka Utama kepada Insan... Baca selengkapnya...

Pembangunan Stadion Olahraga Di Nglegok Menyalahi Perencanaan
Jumat, 03 Juli 2015

Blitar, KOPI - Komisi I DPRD Kabupaten Blitar, Jum’at (3/7) pagi, melakukan Inspeksi Mendadak (SIDAK) ke Pembangunan Stadion Olahraga yang berada di Desa Nglegok Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar, karena Pembangunan Stadion yang menghabiskan dana APBN hingga 56 milyar tersebut, kini proses pembangunannya dinilai belum maksimal. Hal tersebut disampaikan Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Blitar, Endar Suparno, SH.   olitisi dari PDI P ini,... Baca selengkapnya...

Badan Anggaran Rekomendasikan Bongkar Bangunan Gedung Amphi Theater
Jumat, 03 Juli 2015

KOPI, Blitar - Sementara Pembangunan Stadion Olahraga Nglegok mendapat sorotan dari Komisi I DPRD Kabupaten Blitar, kini Pembangunan Gedung Amphi Theater juga tak lepas mendapat  kritikan dan teguran dari Badan Anggaran DPRD Kabupaten Blitar, bahkan direkomendasikan untuk dibongkar, karena pengerjaannya dinilai asal-asalan.   Melihat kondisi bangunan gedung Amphi Theater di Desa Penataran Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar, tidak sesuai... Baca selengkapnya...

Presiden Jokowi Menginstruksikan : Sutiyoso Merekrut 1.000 orang Anggota BIN Baru
Jumat, 03 Juli 2015

KOPI, Jakarta- H.Sutiyoso mengatakan ia akan mengundurkan diri dari jabatan Ketua Umum (Ketum) Partai PKPI (Partai keadilan dan Persatuan Indonesia) bila terpilih jadi Kepala BIN sebagai penggantinya wakil ketua umum PKPI mantan Bupati Kutai Timur Isran Noor. Presiden Jokowi memanggilnya ke Istana bahwa dirinya akan segera menduduki jabatan kepala BIN (Badan Intelijen Negara) dan Jenderal Gatot Nurmantyo akan segera menjadi panglima TNI,... Baca selengkapnya...

INTERNASIONAL

Dinasti Bush yakni Jeb Bush Ikut Pilpre.....
17/06/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Washington - Pemilihan Presiden (Pilpres) negara Amerika Serikat (AS) dijadwalkan   pada November 2016, para capres dari Partai Republik m [ ... ]



NASIONAL

Pemerintah Harus Lindungi Perempuan Dala.....
06/07/2015 | Muhyi

KOPI, Jakarta – Tingkat kerentanan terhadap perempuan, anak perempuan dan remaja menghadapi resiko yang lebih besar ketika berada dalam situasi b [ ... ]



DAERAH

Pemkot Tegal Terima Tempat Sampah Three .....
05/07/2015 | Cahyo Nugroho

KOPI, TEGAL - Permasalahan sampah bukan hanya masalah perorangan saja bahkan sudah menjadi permasalahan dunia dan negara negara maju, Pekan lalu Pemer [ ... ]



PENDIDIKAN

Kadisdik Kota Pekanbaru Zulfadil Dibenta.....
02/07/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Pekanbaru – DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) kota Pekanbaru banyak menerima laporan yang masuk kekami dari para tenaga pengajar/guru pe [ ... ]



EKONOMI

Tekan Harga Sembako, Pemkot Gelar Pasar .....
06/07/2015 | Hanif Nurhidayat

KOPI, TEGAL  - Selama empat hari di empat kecamatan, mulai hari Senin (6/7) hingga Kamis (9/7), Pemerintah Kota Tegal menggelar pasar murah. Sebanya [ ... ]



HANKAM

Pesawat Hercules Kanibal.....
04/07/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Medan- Bergugurnya prajurit dan anak bangsa bukan korban peperangan, melainkan jatuh siburung besi yakni pesawat Hercules C-1310 menelan korban [ ... ]



OLAHRAGA

Polres Meranti Gelar Turnament Badminton.....
14/06/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, SELATPANJANG - Polisi Resort (Polres) Kepulauan Meranti menggelar Open Turnamen Badminton perdana, turnamen ini diselenggarakan di Gedung Ocean  [ ... ]



PARIWISATA

Pesan Hotel Di Ezytravel Diskon Hingga 4.....
02/07/2015 | Yeni Herliani

KOPI – Di bulan suci Ramadhan 1436 H, Ezytravel bersama 40 e-commerce di Indonesia ikut serta dalam event yang diselenggarakan oleh Lazada, Zalora d [ ... ]



HUKUM & KRIMINAL

Jamal Ginting Pelaku Perampokan Sadis Ta.....
04/07/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Pekanbaru – Yang memalukan warga Sumatera Utara (Sumut) tersebut bukan dari eksternal, melainkan oknum warga Sumut tersebut. Kita mengetahui  [ ... ]



POLITIK

Pilkada Toraja Utara, JK dan Jonny Arung.....
05/07/2015 | Tommy Tiranda

KOPI - Konstalasi politik jelang Pilkada Toraja Utara makin panas. Kandidat yang akan bertarung diprediksi maksimal 3 paket. Mereka adalah calon incum [ ... ]



OPINI

Pendidikan dari Jaman ke Jaman.....
06/07/2015 | Subagyo

KOPI - Pendidikan kita Penuh dengan Kegoncangan akibat  Perubahan policy. Keberhasilannya tergantung pada ketulusan bathin guru-gurunya. Mulai dari  [ ... ]



PROFIL

Dirnarkoba Riau: Kuartal I Januari-Mei, .....
04/07/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Pekanbaru – Direktur Reserse Narkoba Polda Riau, Kombes (Pol) Hermansyah, mengatakan kuartal I bulan Januari-Mei 2015 Polda Riau menangani  6 [ ... ]



SOSIAL & BUDAYA

Maksud Logo “Naga Merah” Hut DKI ke-.....
25/06/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Jakarta – Pemprov DKI Jakarta mengeluarkan logo resmi HUT DKI Jakarta ke-488 Senen 22 Juni 2015 . Dalam logo yang bisa dilihat di situs resm [ ... ]



ROHANI

Pengurus DPD KNPI Propinsi Riau Menga.....
06/07/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Pekanbaru- Bertempat gedung DPD KNPI (Komite Nasional Pemuda Indonesia) Propinsi Riau jalan Diponegoro , Pekanbaru. Ratusan orang pengurus , [ ... ]



RESENSI

Jangan Dengerin Sendiri.....
27/04/2015 | UG DANI
article thumbnail

Resensi Buku Judul :Jangan Dengerin Sendiri
Penulis : Naomi Angelia Sea
Tebal. : 200
Penerbit : Bukune Juli 2014
Harga. : Rp 41 [ ... ]



CERPEN & CERBUNG

Soekarno: Mien Hessels “Bunga Tulip Be.....
19/06/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Tiga setengah abad atau 350 tahun negara Indonesia dijajah Belanda, berbagai penderitaan rakyat Indonesia zaman penjajah dahulu. Berbagai macam [ ... ]



PUISI

Guman Penyawang.....
03/07/2015 | Agus Siroj Hudi
article thumbnail

Di antah brantah... Tatapan sinis, acuh tak lega... Senyum tepis, hindar jika dinyana... Bungkam seribu bahasa....   Diantahbrantah. [ ... ]



CURAHAN HATI

Macapat, Kesenian Tradisional yang Hampi.....
04/07/2015 | Agus Siroj Hudi

  KOPI, Malang - Macapat adalah tembang atau puisi tradisional jawa. Tembang macapat merupakan warisan budaya yang di gunakan sebagai metode pengaja [ ... ]



HIBURAN

Konser Galang Dana, Raisa dengan Andre H.....
21/06/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Kuta Bali - Bersama dengan Yayasan Sole Men Indonesia yang berlokasi di Tabanan, Bali, malam ini (Sabtu, 20/6) Dua artis senior papan atas Ind [ ... ]



KULINER

McDonald’s Tingkatkan Layanan Melalui .....
01/04/2015 | Yeni Herliani

KOPI – Kini menikmati McDonald’s terasa lebih nyaman dan menguntungkan dengan hadirnya layanan terbaru “Online McDelivery Cashless Promo”. Pel [ ... ]



HIDUP SEHAT

Pola Hidup Sehat, Berpuasa Saat Ramadhan.....
16/06/2015 | Mardinal

KOPI,Sarolangun,- Puasa merupakan suatu kewajiban bagi Umat Islam yang beriman dan bertaqwa kepada Allah Swt firmanNYA “ Hai orang - orang beriman [ ... ]



SERBA-SERBI

Kompetisi Foto Berhadiah Tiket pesawat .....
06/07/2015 | Yeni Herliani

KOPI – Moment Lebaran rasanya sulit untuk diabaikan, terlalu menarik untuk dibiarkan berlalu begitu saja. Demi memeriahkan moment Lebaran di penghuj [ ... ]



Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.