Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?

GELORA SEPEDATiga Pilar "Gowes Bareng" Bersama Masyar.....
01/08/2015 | Joe R Manalu

KOPI - Cengkareng - Sabtu pagi (01/08) kegiatan tiga Pilar "Gowes bareng" bersama dengan masyarakat ± 200 yang di hadiri Kapten inf Ober Purba (Danramil 04/Ckr) beserta jajarannya , Kompol Aji Sutarj [ ... ]



POLLING WARGA
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

Inspirasi Profil Drs. H. M. Zain Katoe, Walikota Parepare Kepemimpinan Berfalsafah Budaya Bugis

Drs. H. M. Zain Katoe, Walikota Parepare Kepemimpinan Berfalsafah Budaya Bugis

Pewarta-Indonesia, Parepare : Dalam Pemilu Kepala Daerah Kota Parepare tahun 2003, Drs. HM. Zain Katoe terpilih sebagai Walikota Parepare periode 2003 – 2008, dan pada pemilihan Kepala Daerah tahun 2008, Drs. Zain Katoe dipercaya rakyat untuk memimpin Kota Parepare sebagai Walikota hingga tahun 2013.

Ketika Indonesia dijajah Jepang, di sebuah Kampung Rappang, Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap), tanggal 17 Agustus 1943 lahir seorang anak laki-laki yang kemudian diberi nama ;  Mohammad Zain Katoe.  Seperti juga anak-anak desa lainnya, Zain kecil menghabiskan waktunya untuk bermain dan tentunya membantu orang tuanya.

Ketika usianya menginjak masa sekolah, Zain Katoe masuk Sekolah Rakyat (SR) atau Sekolah Dasar (SD) seperti sekarangini. Enam tahun kemudi an, tepatnya ditahun 1956, Zain lulus SR. Karena orang tuanya boleh dibilang berkecukupan, Zain melanjutkan sekolahnya ke tingkat SLTP dan bersekolah di SMP Negeri 3 Sidrap. Tiga tahun kemudian Zain tamat. Tidak seperti anak-anak sebayanya di masa itu, Zain bertekad terus melanjutkan sekolahnya ke tingkat yang lebih tinggi, sementara teman-teman sekampungnya, ada yang terpaksa berhenti sekolah karena kurangnya faktor biaya. Zain masuk SMA Negeri 3, dan tahun 1962 berhasil lulus. Karena ingin terus maju, Zain Katoe hijrah ke Makassar tujuannya kuliah. Tahun 1966, Zain Katoe berhasil meraih Sarjana Muda Sosial Politik (Sospol) di Universitas Hasanuddin (Unhas). Kemudian tahun 1982 meraih sarjana lengkapnya (S-1) di Universitas yang sama dengan gelar Doktorandus (Drs) pada jurusan Ilmu Administrasi Negara.

Sebagai Pengusaha Dan Politisi

Drs. HM. Zain Katoe memulai kariernya sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada tahun 1968, sebagai Pegawai Upah Bulanan Penata Tata Usaha.

Di era Arifin Nu'mang menjabat Bupati Sidrap, Drs. HM. Zain Katoe banyak mendapatkan peluang. Peluang yang diperolehnya itu, karena Drs. HM. Zain Katoe pada masa itu adalah pegawai yang terbilang cakap dan bisa Bahasa Inggeris. Tidak mengherankan jika ketika PT. United Lives tock, sebuah perusahaan Joint Venture United State, Virgina, Texas,  yang bergerak dibidang usaha peternakan melakukan investasi (Penanaman Modal Asing - PMA) di Kabupaten Sidrap, Drs. HM. Zain Katoe, dipercaya menjabat Wakil Direktur di perusahaan PMA tersebut.

Tahun 1984, Drs. HM. Zain Katoe diperbantukan pada PT. Berdikari United Livestock (PT. BULI) berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan.

Tahun 1987, Drs. HM. Zain Katoe memasuki kancah politik sebagai Wakil Ketua DPRD dari Partai Golongan Karya (Golkar).

Tentu untuk sampai ke ujung politik tertinggi pada tingkat lokal, sudah pastilah ia telah mempunyai pengalaman yang "amat" handal, karena "menuju pucak" harus dilalui dengan jalan berliku dan rumit. Kadang menyenangkan tapi juga kadang menyedihkan.

Tidak sampai disitu. Ketika kesempatan itu telah terbuka, maka ia harus mengemukakan idenya dengan melihat kenyataan yang ada. Ide itu adalah konsep dalam bentuk Visi & misi membangun kota Parepare. Yang menarik dari konsep HM. Zain Katoe  adalah mewujudkan Kota Parepare sebagai Kota Bandar Madani, dua kata yang mengandung filosofi bugis :

Lempu  berarti jujur, Getteng mengandung pengertian ; tegas, berani dan kuat dalam pendirian, Ada Tongeng mengandung pengertian; berpegangan pada kebenaran, Temmapaisilaingeng mengandung pengertian ;  berlaku adil pada semua    pihak.

Folosofi itu mengajarkan suatu cita-cita luhur yang ingin dicapai secara bertahap.

Sasaran yang hendak dicapai itu, ada pada makna kalimat  " Bandar Madani "  yang mengandung arti : Kota Parepare dibangun oleh masyarakat agamais, demokrasi dalam suasana ; Aman, Nyaman, dan Indah.

Konsep ini merupakan konsep yang dilanjutkan dari slogan " Bersahaja" ; Bersih, Sehat, Aman bahagia, dan Sejahtera. Madani menuju tatanan kehidupan yang demokratis dalam menumnuhkan kebersamaan sekalipun berbeda suku dan agama.

Bandar, berarti kota pelabuhan yang didukung sumber daya yang ada didalamnya.

Sebagai seorang yang dibesarkan dalam ling kungan adat Bugis yang domokrasi, Drs.HM. Zain Katoe memiliki kepekaan dan responsif dalam memahami dinamika perkembangan masyarakat kota Parepare. Ajaran lontara yang diterimanya, menjadikan dirinya berpegang pada suatu sikap, bahwa " Kepemimpinan Dari Pemimpinnya ".

Filosofi ini mengajarkan, Jati diri seorang pemimpin dengan yang dipimpinnya, bukan hu bungan struktural yang mengandalkan hierarki jabatan yang mengandalkan kekuatan bahkan arogansi kepemimpinan dari pemimpinnya. Melain kan se orang pemimpin harus memiliki karakter yang arif dan bijaksana, memiliki kepekaan dan responsif dalam memahami dinamika masyarakat yang dipimpinnya.

Dengan hubungan emosional itu, Zain Katoe berharap, Good Governance dapat dicapai untuk membangun sebuah pemerintahan yang Madani.

Di era reformasi dan globalisasi, kekuatan aro gansi kepemimpinan tidak bisa lagi dipakai, sebab era sekarang Pemimpin adalah pelayan masyarakat, yang mempunyai tugas mengakomodir seluruh kepentingan dan cita-cita masyarakat.

Dan itu dipahami betul oleh HM. Zain Katoe, maka tidak mengherankan kalau diera ke pemimpinannya itu, selalu mengkedepankan fungsi pelayanan. Namun bagi Drs. HM. Zain Katoe, bahwa memberi perhatian tidak berarti selalu memenuhi kebutuhan secara menyeluruh, karena setiap pemimpin memiliki keterbatasan.

Tapi bagi HM.  Zain Katoe, keterbatasan seorang pemimpin itu dapat dipecahkan dengan melakukan pendekatan  interaksi komunikasi an tara Pemimpin dengan  yang dipimpin, Walikota dengan masyarakatnya. Dan itu pun diajarkan dalam kitab Bugis, agar dapat menumbuhkan sikap " Massidi siri, Massidi gau ".

Drs. HM. Zain Katoe yang lahir dan dibesarkan dengan suasana dan lingkungan alam Bugis, maka dalam dirinya tumbuh dengan kuat filosopi adat Bugis yang kuat. Kekuatan ini memberikannya aspirasi dan membentuk dirinya sebagai seorang pemimpin yang merakyat, apalagi dalam perjalan hidupnya, dia banyak menemukan dan mengalami kehidupan jelata, sehingga dia dapat merasakan nya dan "pengalaman" itu membuatnya makin bersahaja ketika dia berada pada posisi politik "tertinggi" sebagai Walikota Parepare.

Dengan perpegang teguh pada nilai-nilai budaya Bugis itu, Drs. HM. Zain katoe memahami betul makna nilai budaya yang berlaku di masyarakat Bugis, yakni Siri', yang merupakan nilai budaya yang bersifat sangat fundamental bagi masayarakat Bugis dan masyarakat Sulawesi Selatan pada umumnya.

Makna budaya Siri' mengandung filosofi; Pertama, merupakan pandangan hidup yang bertujuan untuk mempertahankan dan meningkat kan harkat dan harga diri, baik sebagai individu, maupun sebagai mahluk sosial.

Kedua, dapat diartikan sebagai perasaan yang halus dalam memelihara rasa kebersamaan dalam kedukaan dan penderitaan setiap anggota masyara kat.

Dengan nilai budaya ini, ikatan antara anggota masyarakat semakin diperkuat dan solidaritas atau kebersamaan kelompok akan dipertahankan.

Ketiga, mengandung pengertian, bahwa hanyalaah dengan bekerja keras tanpa bosan yang dapat merubah nasib seseorang.


Keterangan foto: Drs. HM. Zain Katoe, sumber image: google.co.uk

 

Ha..ha… Memalukan Nyaris Adu Jotos Bupati Kuansing dengan Wakilnya
Jumat, 12 Pebruari 2016

KOPI, Kuansing – Ditempat lain Ajisutisyoso mengatakan sebagai Kepala Daerah emosi jangan dilampias kayak preman pasar. Anda sebagai pejabat negara wajib memperhatikan tata krama, adab sopan santun, hate speech (ucapan menyingung orang lain) dll. Anda perpanjangan dari pemerintah pusat , wajib memberikan contoh terbaik buat rakyat Anda dan jajaran pegawai sebagai abdi Negara. Ini Anda sudah tidak memiliki adab sopan santun orang timur. ... Baca selengkapnya...

Awali Tugas, Kolonel Czi Dheni Herman Lakukan Perkenalan
Sabtu, 06 Pebruari 2016

KOPI, SURABAYA - Mengawali masa dinas di Korem 084/BJ tahun 2016, Komandan Korem 084/Bhaskara Jaya Kolonel Czi Dheni Herman memberikan Jam Komandan kepada seluruh prajurit dan PNS Korem 084/Bhaskara Jaya, yang berlangsung di Aula Bhaskara Jaya Korem 084/Bhaskara Jaya. Kesempatan pertama Danrem menceritakan riwayat masa dinas dan tugas sebelum menjabat sebagai Danrem 084/Bhaskara Jaya dengan luwes dan santai serta diselingi dengan candaan tetapi... Baca selengkapnya...

HUT Kampar Ke-66, Jefri Noer: Saya Berdoa Kampar Berkembang Lebih Baik Lagi
Jumat, 05 Pebruari 2016

KOPI, KAMPAR - Berbagai macam kegiatan diadakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kampar bersempena perayaan hari jadinya ke-66 tahun yang jatuh pada hari Sabtu (6/2-16). Pemkab Kampar mengadakan kegiatan untuk menyemarakan HUT (Hari Ulang Tahun) ke -66 tahun dengan berbagai macam perlombaan yakni Bakti sosial di berbagai kecamatan yang terdiri dari penyerahan bantuan sembako, donor darah, pengobatan massal, khitanan dan gotongroyong, jalan... Baca selengkapnya...

Kebersamaan Dandim Lamongan di Tengah Anggota
Kamis, 28 Januari 2016

KOPI, LAMONGAN - Memasuki minggu militer, kali ini anggota Kodim 0812 dipimpin langsung Komandan Kodim 0812/Lamongan Letkol Inf Jemz Andre R.E,S.Sos melaksanakan latihan pembinaan fisik berupa lari jalanan di sekitaran wilayah Kota Lamongan, Rabu (27/01/2016).   Kebersamaan Dandim Lamongan Seperti yang disampaikan Komandan Kodim 0812/Lamongan bahwa kegiatan ini janganlah dianggap sebagai siksaan bagi prajurit tapi lebih melihat pada... Baca selengkapnya...

Pencalonan Sofyan Dawood Akan Membuat Pilkada Aceh 2017 Semakin Seru
Rabu, 27 Januari 2016

KOPI, ACEH TAMIANG - Meskipun pilkada Aceh baru akan dilaksanakan pada tahun 2017 mendatang, namun saat ini mulai terlihat, satu persatu calon Pemimpin Aceh yang awalnya malu-malu menyatakan akan bertarung memperebutkan suara rakyat, kini mulai terbuka dan ini merupakan dinamika politik yang sangat baik bagi perkembangan demokrasi Aceh.     Di Warung Kopi Skala Coffe, Gampong Pango Kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh, Mantan Juru Bicara... Baca selengkapnya...

Mendagri Titip Pesan Kepada Kepala Daerah di Riau Jangan ada Monopoli Proyek
Sabtu, 23 Januari 2016

KOPI, Pekanbaru - Kunjungan Kerja (Kunker) Menteri Dalam Negeri (Mendagri)Tjahjo Kumolo ke propinsi Riau , hari Jum’ at (22/1-16) . Kunjungan kerja mendagri dihadiri oleh seluruh Bupati dan Walikota sekabupaten/kota se Riau. Unsur Muspida, Forkompimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) bertempat diruangan Serindit gedung daerah. Dari pantauan wartawan www.pewarta-indonesia.com banyak yang diungkap oleh Mendagri dari nostalgia saat buk... Baca selengkapnya...

Kejati Riau Tandatangani MoU dengan Bank Riau-Kepri
Kamis, 21 Januari 2016

KOPI, Pekanbaru - Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau Susdiarto Agus Praptono, SH, MH menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) atau kesepakatan bersama mengenai penanganan masalah hukum bidang perdata dan Tata Usaha Negara (TUN) dengan Bank Riau-Kepri hari Kamis (21/1-2016) bertempat di hotel Pangeran,Pekanbaru.   Dari Bank Riau Kepri langsung ditandatangani oleh Irvandi Gustari selaku Direktur utama. Berhubung daerah... Baca selengkapnya...

PENDIDIKANPara Guru Yayasan Sekolah Cendana Riau G.....
12/02/2016 | Didi Ronaldo
article thumbnail

KOPI, Pekanbaru- Biasa yang sering mogok belajar para murid-murid dan siswa-siswi akibat ketatnya peraturan sekolah, guru favoritnya dimutasi, temann [ ... ]



EKONOMIMatahariMall.com Resmikan Kantor Baru Be.....
10/02/2016 | Yeni Herliani

KOPI - MatahariMall.com, eCommerce terdepan besutan Lippo Group hari ini meresmikan kantor baru yang berlokasi di daerah strategis Kuningan, Jakarta S [ ... ]



HANKAMTim Penilai Lomba Rumah Sehat dari Korem.....
05/02/2016 | Mikhael Markus
article thumbnail

KOPI, BOJONEGORO - Tim penilai lomba dari Korem 082/CPYJ, tiba di Kodim 0813 Bojonegoro, Jalan HOS Cokroaminoto No. 51-52 Bojonegoro dalam rangka Pen [ ... ]



OLAHRAGAEmrizal Pakis Lantik H. Amran Tambi seba.....
03/02/2016 | Didi Ronaldo

KOPI, Pekanbaru – Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) propinsi Riau Emrizal Pakis melantik dan mengukuhkan H. Amran Tambi sebagai ketu [ ... ]



HUKUM & KRIMINALSat Narkoba Polres Acah Tamiang Ringkus .....
12/02/2016 | Sumardi

KOPI, Aceh Tamiang. Anggota Opsnal Sat Narkoba Polres Aceh Tamiang berhasil meringkus seorang tersangka yang diduga sebagai pemilik narkotika jenis ga [ ... ]



OPINITiga Mitos Keliru Tentang Menulis.....
05/02/2016 | Denni Candra

KOPI - Setiap pribadi sebenarnya mempunyai potensi serta kemampuan untuk menulis. Dalam rangkaian kisah hidup yang dijalani, setiap orang tentunya mem [ ... ]



PROFILAsisten II Walikota Sabang Hilang Tengge.....
02/02/2016 | Rachmad Yuliadi Nasir

KOPI,Jakarta-Tidak terasa waktu terus berlalu dan kini sudah 20 tahun lamanya kapal KMP Gurita yang melanyari penyebrangan antara pelabuhan Malahayati [ ... ]



SOSIAL & BUDAYABocah di Kuansing Mohon Bantuan Para Der.....
12/02/2016 | Didi Ronaldo

KOPI, Kuantan Singingi – Arga Dimas Saputra dipanggil dimas kaki kirinya mengalami patah tulang setelah dianiaya oleh tiga orang kakak kelasnya pad [ ... ]



ROHANIPerayaan Imlek Bersama Diadakan oleh P.....
11/02/2016 | Didi Ronaldo
article thumbnail

KOPI, Pekanbaru- Asal-usul Imlek sebenarnya berasal dari Tiongkok. Hari Raya Imlek merupakan istilah umum. Bahasa Tiongkok disebut dengan “Chung Cie [ ... ]



RESENSIApakah Dunia Akan Lebih Baik Tanpa Islam.....
17/12/2015 | Saepullah

Judul film : Bulan Terbelah di Langit Amerika Produksi : Maxima Pictures Sutradara : Rizal Mantovani Pemain : Acha Septriasa sebagai Hanum Abimana  [ ... ]



CERPEN & CERBUNGIrony Buta Huruf (Lain Gatal Lain Digaru.....
08/02/2016 | Dedi

Suatu malam,  sekitar jam 19.30 wita,  saya dan mantan pacar pergi ke sebuah swalayan untuk membeli beberapa keperluan baby dan keperluan bulanan yg [ ... ]



PUISIDaun Kawa.....
07/01/2016 | Nova Ibun

Tak pakai gula Da tiap ku pesan sepulang dari rumah keduaku di Bukittinggi, bukan rumah tetuaku, juga bukan rumah hasil wasiat buyutku, na [ ... ]



CURAHAN HATIDinas Pendidikan Diduga KKN, Warga Banda.....
09/02/2016 | Redaksi KOPI

KOPI - Warga Kecamatan Bandar Negeri Suoh amat kecewa dengan kebijakan membabi-buta Dinas Pendidikan Kabupaten Lampung Barat. Pasalnya, baru-baru ini  [ ... ]



Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.