Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?
PEWARTA ONLINE
None

GELORA SEPEDATiga Pilar "Gowes Bareng" Bersama Masyar.....
01/08/2015 | Joe R Manalu

KOPI - Cengkareng - Sabtu pagi (01/08) kegiatan tiga Pilar "Gowes bareng" bersama dengan masyarakat ± 200 yang di hadiri Kapten inf Ober Purba (Danramil 04/Ckr) beserta jajarannya , Kompol Aji Sutarj [ ... ]



POLLING WARGA
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

Inspirasi Profil Drs. H. M. Zain Katoe, Walikota Parepare Kepemimpinan Berfalsafah Budaya Bugis

Drs. H. M. Zain Katoe, Walikota Parepare Kepemimpinan Berfalsafah Budaya Bugis

Pewarta-Indonesia, Parepare : Dalam Pemilu Kepala Daerah Kota Parepare tahun 2003, Drs. HM. Zain Katoe terpilih sebagai Walikota Parepare periode 2003 – 2008, dan pada pemilihan Kepala Daerah tahun 2008, Drs. Zain Katoe dipercaya rakyat untuk memimpin Kota Parepare sebagai Walikota hingga tahun 2013.

Ketika Indonesia dijajah Jepang, di sebuah Kampung Rappang, Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap), tanggal 17 Agustus 1943 lahir seorang anak laki-laki yang kemudian diberi nama ;  Mohammad Zain Katoe.  Seperti juga anak-anak desa lainnya, Zain kecil menghabiskan waktunya untuk bermain dan tentunya membantu orang tuanya.

Ketika usianya menginjak masa sekolah, Zain Katoe masuk Sekolah Rakyat (SR) atau Sekolah Dasar (SD) seperti sekarangini. Enam tahun kemudi an, tepatnya ditahun 1956, Zain lulus SR. Karena orang tuanya boleh dibilang berkecukupan, Zain melanjutkan sekolahnya ke tingkat SLTP dan bersekolah di SMP Negeri 3 Sidrap. Tiga tahun kemudian Zain tamat. Tidak seperti anak-anak sebayanya di masa itu, Zain bertekad terus melanjutkan sekolahnya ke tingkat yang lebih tinggi, sementara teman-teman sekampungnya, ada yang terpaksa berhenti sekolah karena kurangnya faktor biaya. Zain masuk SMA Negeri 3, dan tahun 1962 berhasil lulus. Karena ingin terus maju, Zain Katoe hijrah ke Makassar tujuannya kuliah. Tahun 1966, Zain Katoe berhasil meraih Sarjana Muda Sosial Politik (Sospol) di Universitas Hasanuddin (Unhas). Kemudian tahun 1982 meraih sarjana lengkapnya (S-1) di Universitas yang sama dengan gelar Doktorandus (Drs) pada jurusan Ilmu Administrasi Negara.

Sebagai Pengusaha Dan Politisi

Drs. HM. Zain Katoe memulai kariernya sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada tahun 1968, sebagai Pegawai Upah Bulanan Penata Tata Usaha.

Di era Arifin Nu'mang menjabat Bupati Sidrap, Drs. HM. Zain Katoe banyak mendapatkan peluang. Peluang yang diperolehnya itu, karena Drs. HM. Zain Katoe pada masa itu adalah pegawai yang terbilang cakap dan bisa Bahasa Inggeris. Tidak mengherankan jika ketika PT. United Lives tock, sebuah perusahaan Joint Venture United State, Virgina, Texas,  yang bergerak dibidang usaha peternakan melakukan investasi (Penanaman Modal Asing - PMA) di Kabupaten Sidrap, Drs. HM. Zain Katoe, dipercaya menjabat Wakil Direktur di perusahaan PMA tersebut.

Tahun 1984, Drs. HM. Zain Katoe diperbantukan pada PT. Berdikari United Livestock (PT. BULI) berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan.

Tahun 1987, Drs. HM. Zain Katoe memasuki kancah politik sebagai Wakil Ketua DPRD dari Partai Golongan Karya (Golkar).

Tentu untuk sampai ke ujung politik tertinggi pada tingkat lokal, sudah pastilah ia telah mempunyai pengalaman yang "amat" handal, karena "menuju pucak" harus dilalui dengan jalan berliku dan rumit. Kadang menyenangkan tapi juga kadang menyedihkan.

Tidak sampai disitu. Ketika kesempatan itu telah terbuka, maka ia harus mengemukakan idenya dengan melihat kenyataan yang ada. Ide itu adalah konsep dalam bentuk Visi & misi membangun kota Parepare. Yang menarik dari konsep HM. Zain Katoe  adalah mewujudkan Kota Parepare sebagai Kota Bandar Madani, dua kata yang mengandung filosofi bugis :

Lempu  berarti jujur, Getteng mengandung pengertian ; tegas, berani dan kuat dalam pendirian, Ada Tongeng mengandung pengertian; berpegangan pada kebenaran, Temmapaisilaingeng mengandung pengertian ;  berlaku adil pada semua    pihak.

Folosofi itu mengajarkan suatu cita-cita luhur yang ingin dicapai secara bertahap.

Sasaran yang hendak dicapai itu, ada pada makna kalimat  " Bandar Madani "  yang mengandung arti : Kota Parepare dibangun oleh masyarakat agamais, demokrasi dalam suasana ; Aman, Nyaman, dan Indah.

Konsep ini merupakan konsep yang dilanjutkan dari slogan " Bersahaja" ; Bersih, Sehat, Aman bahagia, dan Sejahtera. Madani menuju tatanan kehidupan yang demokratis dalam menumnuhkan kebersamaan sekalipun berbeda suku dan agama.

Bandar, berarti kota pelabuhan yang didukung sumber daya yang ada didalamnya.

Sebagai seorang yang dibesarkan dalam ling kungan adat Bugis yang domokrasi, Drs.HM. Zain Katoe memiliki kepekaan dan responsif dalam memahami dinamika perkembangan masyarakat kota Parepare. Ajaran lontara yang diterimanya, menjadikan dirinya berpegang pada suatu sikap, bahwa " Kepemimpinan Dari Pemimpinnya ".

Filosofi ini mengajarkan, Jati diri seorang pemimpin dengan yang dipimpinnya, bukan hu bungan struktural yang mengandalkan hierarki jabatan yang mengandalkan kekuatan bahkan arogansi kepemimpinan dari pemimpinnya. Melain kan se orang pemimpin harus memiliki karakter yang arif dan bijaksana, memiliki kepekaan dan responsif dalam memahami dinamika masyarakat yang dipimpinnya.

Dengan hubungan emosional itu, Zain Katoe berharap, Good Governance dapat dicapai untuk membangun sebuah pemerintahan yang Madani.

Di era reformasi dan globalisasi, kekuatan aro gansi kepemimpinan tidak bisa lagi dipakai, sebab era sekarang Pemimpin adalah pelayan masyarakat, yang mempunyai tugas mengakomodir seluruh kepentingan dan cita-cita masyarakat.

Dan itu dipahami betul oleh HM. Zain Katoe, maka tidak mengherankan kalau diera ke pemimpinannya itu, selalu mengkedepankan fungsi pelayanan. Namun bagi Drs. HM. Zain Katoe, bahwa memberi perhatian tidak berarti selalu memenuhi kebutuhan secara menyeluruh, karena setiap pemimpin memiliki keterbatasan.

Tapi bagi HM.  Zain Katoe, keterbatasan seorang pemimpin itu dapat dipecahkan dengan melakukan pendekatan  interaksi komunikasi an tara Pemimpin dengan  yang dipimpin, Walikota dengan masyarakatnya. Dan itu pun diajarkan dalam kitab Bugis, agar dapat menumbuhkan sikap " Massidi siri, Massidi gau ".

Drs. HM. Zain Katoe yang lahir dan dibesarkan dengan suasana dan lingkungan alam Bugis, maka dalam dirinya tumbuh dengan kuat filosopi adat Bugis yang kuat. Kekuatan ini memberikannya aspirasi dan membentuk dirinya sebagai seorang pemimpin yang merakyat, apalagi dalam perjalan hidupnya, dia banyak menemukan dan mengalami kehidupan jelata, sehingga dia dapat merasakan nya dan "pengalaman" itu membuatnya makin bersahaja ketika dia berada pada posisi politik "tertinggi" sebagai Walikota Parepare.

Dengan perpegang teguh pada nilai-nilai budaya Bugis itu, Drs. HM. Zain katoe memahami betul makna nilai budaya yang berlaku di masyarakat Bugis, yakni Siri', yang merupakan nilai budaya yang bersifat sangat fundamental bagi masayarakat Bugis dan masyarakat Sulawesi Selatan pada umumnya.

Makna budaya Siri' mengandung filosofi; Pertama, merupakan pandangan hidup yang bertujuan untuk mempertahankan dan meningkat kan harkat dan harga diri, baik sebagai individu, maupun sebagai mahluk sosial.

Kedua, dapat diartikan sebagai perasaan yang halus dalam memelihara rasa kebersamaan dalam kedukaan dan penderitaan setiap anggota masyara kat.

Dengan nilai budaya ini, ikatan antara anggota masyarakat semakin diperkuat dan solidaritas atau kebersamaan kelompok akan dipertahankan.

Ketiga, mengandung pengertian, bahwa hanyalaah dengan bekerja keras tanpa bosan yang dapat merubah nasib seseorang.


Keterangan foto: Drs. HM. Zain Katoe, sumber image: google.co.uk

 

Pokdakan Sakato Raih Terbaik Satu Tingkat Sumatera Barat
Senin, 18 April 2016

KOPI, Pasaman - Kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) Sakato jorong Koto Panjang, Nagari Lansek Kadok, Kecamatan Rao Selatan Kabupaten Pasaman, berhasil raih juara I penilaian kinerja kelembagaan perikanan budidaya tingkat Propinsi Sumatera Barat tahun 2015. Pokdakan Sakato memperoleh hadiah berupa, 1 unit notebook, 1 unit printer, 1 buah tabung oksigen portable dari Dinas Perikanan dan Kelautan serta piagam penghargaan dari Gubernur Sumatera... Baca selengkapnya...

Peringati HUT Kopassus Ke-64, KASAD Puji Prestasi Kopassus Dalam Menangani Aksi Terorisme
Sabtu, 16 April 2016

KOPI - Ditengah - tengah hangatnya situasi keamanan didalam negeri, sebagaimana diketahui pada akhir bulan Maret kemarin, kita telah dikejutkan dengan penyanderaan 10 warga Indonesia oleh kelompok teroris Abu Sayyaf di Filipina.     “Saya mengapresiasi kecepatan reaksi prajurit – prajurit Kopassus, khususnya satuan 81 penanggulangan teror dan Grup 3/Sandhi Yudha yang dalam waktu singkat telah siap melaksanakan tugas untuk melepaskan... Baca selengkapnya...

Dewan Adat Nasional Selenggarakan Pertemuan Konsolidasi
Kamis, 14 April 2016

KOPI, Jakarta - Dewan Adat Nasional (DAN) yang terdiri atas para raja dan sultan nusantara menyelenggarakan pertemuan nasional selama dua hari, 13-14 April 2016, di Jakarta. Para tokoh masyarakat bergelar Raja dan Sultan dari seluruh Indonesia menghadiri Pertemuan Konsolidasi tersebut. Diantara yang hadir, antara lain YM Prof. DR. Al-Habib Husein Abdulhadi Sulaeman dari Kesultanan Pajajaran dan YM DT. Dr. Ir. Muhammad Subur Sembiring dari... Baca selengkapnya...

Ditegur Kapolda, Polres Belu Kembalikan ID Card dan Tape-recorder Pewarta PPWI
Sabtu, 09 April 2016

KOPI, Jakarta - Kapolres Belu, AKBP Putu Gede Artha, melalui Kanit Buser Polres Belu bernama Timi, akhirnya mengembalikan ID Card dan alat perekam suara (tape recorder) milik anggota PPWI, Felixianus Ali, di Atambua, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur. Pengembalian barang-barang milik Felix, demikian ia sehari-hari disapa, dilakukan pada Jumat kemarin, 8 April 2016, di Kantor Polres Belu. Demikian laporan disampaikan Felix dari Atambua.  ... Baca selengkapnya...

Salut Pemerintah Jkw-Jk, Bagi-bagi Hutang Pinjaman Negara ke Perusahaan Swasta
Sabtu, 09 April 2016

KOPI, Jakarta - Ditempat terpisah Ajisutisyoso mengatakan Pemerintah telah menipu rakyatnya sendiri. Dulu pinjaman uang dari Tiongkok dengan total US$ 3 Miliar setara 43,28 Triliun untuk membiayai pengembangan infrastruktur dan perdagangan.   Nyatanya uang tersebut lebih banyak disalurkan dan dipinjamkan ke beberapa  perusahaan BUMN dan swasta yang tidak ada korelasinya ketus Ajisutisyoso Pengamat Ekonomi dan Politik Indonesia singkatan... Baca selengkapnya...

Walikota Dumai Bertemu Investor Jepang Bahas Proyek Pengolahan Air Teknologi Canggih
Rabu, 06 April 2016

KOPI, Dumai – Kendala selama ini masyarakat Dumai sulitnya mendapat air bersih saat musim kemarau, maka Pemkot (Pemerintah Kota) Dumai melakukan terobosan bagaimana masyarakatnya dapat mengkomsumsi air bersih higienis.Yakni mengolah air laut, air payau menjadi air tawar yang langsung di konsumsi oleh masyarakat, untuk mewujudkan mimpi tersebut  walikota Dumai mendatangkan investor berasal dari negaraJepang. Dumai merupakan kota pelabuhan,... Baca selengkapnya...

Temukan 189 Hektare Ladang Ganja, Kapolri Apresiasi Operasi “Bersinar Rencong”
Selasa, 05 April 2016

KOPI, Banda Aceh – Sesuai dengan namanya Operasi“Bersinar Rencong” Kepolisian Daerah (Polda) Aceh dibantu TNI, berhasil menemukan 21 hektare ladang ganja yang dipelihara jaringa kartel narkoba. Letaknya berada tepat di tanah landai di tepi perbukitan lereng Gunung Seulawah. Kawasan itu masih masuk dalam daerah Lamteuba.   Kapolri dan rombongan tiba sekitar pukul 08.WIB, dengan menggunakan helikopter polisi. Pantauan Rakyat Aceh di... Baca selengkapnya...

INTERNASIONALWapres Jusuf Kalla: Buka Internasion.....
20/04/2016 | Didi Ronaldo
article thumbnail

KOPI, Jakarta- Anggota Standing Committe ICAPP (Internasional Conference of Asian Political Parties) ke-26 Andreas Pareira mengatakan kepada wartawan  [ ... ]



NASIONALBupati Pasaman Buka O2 SN Tingkat Kabupa.....
02/05/2016 | Muhammad Doni

KOPI, Pasaman - Meskipun Pembukaan Olympiade Olah Raga Nasional Tingkat Kabupaten Pasaman yang di laksanakan di Gelora tuangku Imam Bonjol  di warnai [ ... ]



DAERAHBesok, Garuda Agen Travel Fair Jambi Dib.....
28/04/2016 | Alamsyah Amir

KOPI, Jambi - Garuda Indonesia kembali menunjukkan eksistensinya dengan menyelenggarakan Garuda Indonesia Travel Fair. Event Nasional ini serentak dil [ ... ]



PENDIDIKANDinas Pendidikan Pasaman Gelar Sosialisa.....
01/05/2016 | Muhammad Doni

KOPI, Pasaman -  Bagi Seluruh Guru yang ada di Pasaman baik yang belum maupun yang sudah di sertifikasi saat telah dilaksanakan sosialisasi tentang  [ ... ]



EKONOMINantikan Banjir Diskon Belanja Online Hi.....
28/04/2016 | Yeni / Pri

KOPI - Awal Mei 2016 ini, lebih dari 50 E-Commerce akan menyelenggarakan Diskon & Midnight Sale. Akan ada penawaran super spesial selama 3 (tiga) hari [ ... ]



HANKAMDandim Makassar Jefri Octavian Rotti Ter.....
25/04/2016 | Didi Ronaldo

KOPI, Makassar- Ditempat terpisah Ajisutisyoso mengatakan yang merusak nama institusi TNI bukan berasal dari eksternal melainkan oknum anggota TNI ter [ ... ]



OLAHRAGAPS.TNI Memproklamirkan Diri Demi Memotiv.....
19/04/2016 | Yeni Herliani

KOPI – Ditengah lesunya kondisi Persepakbolaan Indonesia yang mengalami berbagai sandungan disana sini, TNI memandang perlu untuk berperan aktif dal [ ... ]



PARIWISATAObjek Wisata Terbaru Japan Corner Museum.....
19/04/2016 | Rachmad Yuliadi Nasir

KOPI, Jakarta - Bila kita melangkah menuju kota banda Aceh dan berkunjung ke museum tsunami di bilangan lapangan Blang Padang maka anda semua akan men [ ... ]



POLITIKAsrizal H. Asnawi Siap Tarung Untuk Aceh.....
28/04/2016 | Ari Muzakki

KOPI, BANDA ACEH – Ketua Fraksi PAN DPR Aceh Asrizal H. Asnawi menyatakan kesiapannya untuk maju pada Pilkada Aceh Tamiang 2017 mendatang. Niat tulu [ ... ]



OPINILima Fokus Kegiatan Pemkab Nias Barat ya.....
02/05/2016 | Kurnia Gulo, A.Ma.Pd

KOPI - Dalam rangka menyongsong program 100 hari kerja, sebagai orang nomor 1 yang baru di jajaran Pemerintah Kabupaten Nias Barat, Bupati Nias Barat, [ ... ]



PROFILIbunda Mantan Gubernur Aceh Telah Tiada.....
13/04/2016 | Rachmad Yuliadi Nasir

KOPI,Jakarta-Setiap yang bernyawa pasti akan merasakan mati. Duka cita sedang meliputi keluarga besar mantan Gubernur Aceh Syamsuddin Mahmud.Ibunda ya [ ... ]



SOSIAL & BUDAYAAceh Bisa Maju dengan Pelaksanaan Syaria.....
09/04/2016 | Rachmad Yuliadi Nasir

KOPI, Jakarta - Berbicara tentang provinsi Aceh maka tidak bisa dilepaskan dengan pelaksanaan syariat Islam. Akan tetapi dalam pelaksanaannya banyak t [ ... ]



ROHANIKeluarga Toraja di Jakarta Rayakan Paska.....
13/04/2016 | Zohiri Kadir

KOPI, Jakarta - Tepatnya pada 9 April lalu bertempat di gedung BPPT Jl. M. H. Thamrin, perkumpulan Ikatan Keluarga Toraja (IKAT) se-Jabodetabek meraya [ ... ]



RESENSIEra Soeharto : Sudjono "Mentri Urusan .....
19/03/2016 | Didi Ronaldo

KOPI, Jakarta- Menurut buku biografi Liem Sioe Liong dengan judul ” Liem Sioe Liong’s Salim Group: The Business Pillar of Suharto’s Indonesia” [ ... ]



CERPEN & CERBUNGKetika Gunung Juga Punya Cara.....
22/03/2016 | Anjrah Lelono Broto

KOPI - Gunung memiliki cara sendiri untuk menunjukkan kediriannya. Gunung juga memiliki mulut dan lidah tersendiri untuk berbicara. Gunung adalah gunu [ ... ]



PUISIRinduku Terkubur di Kampung Lansek.....
21/02/2016 | Nova Indra

siang ini
riak Tabek Kaluai masih sama
saat hatiku bicara tentangmu
tentang cinta, tentang rindu kita

hingga kini
terngiang gelak tawa
dua pecinta ber [ ... ]



CURAHAN HATIPemadaman Listrik di Lampung Barat.....
18/04/2016 | Ari Kusmiran

  KOPI, Lampung Barat - Pemadaman Listrik di bumi Lampung Barat hampir setiap hari terjadi, bahkan didalam satu hari bisa terjadi pemadaman 2 sampai [ ... ]



Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.