Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
Silahkan Login & Kirim Warta

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?

Yang Terpinggirkan
Gaji Pensiun yang belum Terealisasi Juga.....
21/02/2013 | Husaeni Mabruri

KOPI - Mimpi manis untuk masa depan gaji pegawai pensiunan sipil hidupnya belum dirasakan oleh Bpk. [ ... ]


Gelora Sepeda
Fun Bike Meriahkan HUT Ke-69 TNI di Aceh.....
29/09/2014 | Syamsul Kamal
article thumbnail

KOPI, Aceh Jaya - Dalam rangka memperingati hari ulang tahun Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang ke 69, Komando Distrik Militer (Kodim) 0114 Aceh Jaya, mengegelar acara sepeda santai (fun Bike)  [ ... ]



Polling Warga
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

Inspirasi Profil Musriadi Musanif, Tokoh Muda yang Siap Pimpin Muhammadiyah Padang Panjang
Redaksi Koran Online Pewarta Indonesia (KOPI) bersama segenap pengurus dan anggota PPWI se-Indonesia menyampaikan Selamat & Sukses atas Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Presiden dan Wakil Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo dan Drs. H. Muh. Jusuf Kalla pada tanggal 20 Oktober 2014. Semoga di bawah kepemimpinan beliau berdua, bersama-sama seluruh komponen bangsa, percepatan pencapaian tujuan bernegara Indonesia akan segera dapat dilaksanakan dengan baik dan lebih nyata.

Musriadi Musanif, Tokoh Muda yang Siap Pimpin Muhammadiyah Padang Panjang

KOPI. Bersahaja, tapi energik. Lahir 42 tahun lalu di Desa Suka Menanti, Kabupaten Pasaman Barat, dari orang tua Musanif dan Mariani. Musriadi Musanif, nama lengkapnya. Terkesan pendiam, berpendirian kuat. sebuah prototype generasi muda yang cukup matang.

Musriadi, demikian ia akrab dipanggil. Sehari-hari bertugas sebagai wartawan Harian Umum Singalang, untuk wilayah Tanah Datar dan Padang Panjang. Sebuah media cetak ternama di ranah Minang.

 

Kesehariannya sebagai wartawan senior di medianya, diisi Musriadi dengan menulis berita. Menulis buku, menjadi pembicara ahli keorganisasian, expert speaker untuk berbagai pelatihan jurnalistik, dan memimpin salah satu organisasi profesi kewartawanan, Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) Cabang Padang Panjang, adalah bagian tak terpisahkan dari dirinya. Ia juga tenaga pengajar di Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STBA) Haji Agus Salim Bukittinggi, Sekolah Tinggi Agama Islam Imam Bonjol (STAI IB) dan beberapa sekolah tinggi lainnya di Sumatra Barat.

Selain sebagai seorang watawan senior, ia dikenal sebagai salah satu tokoh muda energik di Sumatra Barat. Tercatat, ia adalah salah satu pimpinan pada Lembaga Hikmah dan Kajian Publik (LHKP) Muhammadiyah Sumbar, juga pernah menjadi ketua Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) cabang Padang Panjang (1991-1993), ketua IMM Sumatra Barat periode 1993-1995. Saat ini pun, Musriadi menjabat salah satu ketua Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Padang Panjang. Oleh alumni Fakultas Tarbiyah, Fakultas Ushuluddin, Fakultas Agama Islam dan Fakultas Ilmu Agama yang ada di lingkungan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB), dia pun diamanahi pula sebagai ketua.

Selain itu, pada lembaga lain di luar Muhammadiyah, ia merupakan anggota Tim Penilai Proposal Pendidikan Nonformal dan Informal pada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumbar, Tim Penilai Proposal Pendidikan Kesetaraan pada dinas yang sama. Oleh kepala dinas yang membidangi upaya pencerdasan generasi muda itu, dia juga kerap ditunjuk menjadi tim penilai pada berbagai lomba Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Di bidang penguatan partisipasi dan pemberdayaan masyarakat, dia juga dikenal aktif di Pusat Kajian Sosio-Budaya dan Ekonomi Universitas Negeri Padang (PKSBE UNP) yang dipimpin Prof. Dr. Mestika Zed, MA. Lembaga ini dikenal telah sukses dalam merancang berbagai bentuk kantor pelayanan satu atap atau one stop service yang kini dimanfaatkan oleh beberapa pemerintah kota/kabupaten, termasuk di Padang Panjang, Bukittinggi, Limapuluh Kota dan Kabupaten Solok. Masih dalam kaitan program PKSBE UNP, dia ditunjuk menjadi pendamping organisasi Forum Bahtera Serambi (Forbas) yang dipimpin mantan wakil walikota Padang Panjang Dr. H. Adirozal dalam kegiatan penguatan masyarakat madani melawan kemiskinan. Program ini diselenggarakan berkat kerjasama dengban The Asia Foundation Jakarta dan didanai oleh Department for International Development (DfID) Pemerintah Kerajaan Inggris.

Menuju pergantian pimpinan Muhammadiyah Padang Panjang, 16-17 April mendatang, tokoh-tokoh Muhammadiyah yang ada di daerah ini mulai dilirik, untuk memimpin satu periode ke depan. Sebutlah Fahrizal Alwis, tokoh tua yang masih mendapat tempat di hati warga Muhammadiyah Padang Panjang, dan banyak lagi nama lainnya. Dan Musriadi adalah salah satunya, ketokohannya juga patut diperhitungkan.

Tak salah kiranya, organisasi sebesar Muhammadiyah, untuk daerah Padang Panjang, dipimpin oleh generasi muda sekaliber Musriadi. Banyak pihak yang menyatakan setuju, bila ia dicalonkan untuk memimpin Muhammadiyah Padang Panjang periode 20110-2015. Terutama dari kalangan muda, tokoh organisasi otonom Muhammadiyah, dan kalangan pemerhati lembaga keagamaan di Padang Panjang, sangat setuju bila Musriadi dipilih memimpin organisasi yang dibidani Kyai Ahmad Dahlan ini.

Kepada www.pewarta-indonesia.com, Musriadi mengaku siap untuk tampil menjadi salah seorang pimpinan Muhammadiyah bila memang dipercaya. Namun dia terus-terang mengaku harus berpikir ulang bila untuk duduk di posisi ketua. "Pimpinan Muhammadiyah itu adalah kolektif kolegial, jadi tidak ada yang menonjol sacara perorangan. Sebanyak 13 orang anggota pleno memiliki peranan, kedudukan dan fungsi yang sama," sebutnya.

Beberapa unsur angkatan muda Muhammadiyah menilai, bila tidak maju menjadi ketua, Musriadi dipandang pantas untuk menduduki posisi sekretaris, misalnya berpasangan dengan Dr. H. Adirozal, M.Si, Drs. H. Hamidi, Drs. Fahrizal Alwis, Drs. Zulkarnain Harun, M.Si, Drs. H. Zamri Muis, atau siapapun tokoh yang serius untuk mengurus dan membangkit kembali kejayaan Muhammadiyah di Padang Panjang.(nova)


Artikel Lainnya:

 

Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.