Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?
PEWARTA ONLINE

GELORA SEPEDAJatuh Bangun Nadine Go wes Bersepeda den.....
20/06/2017 | Didi Ronaldo

KOPI, Jakarta – Aktris Nadine Chandrawinata menyukai olahraga seperti  Renang, Menyelam, Senam serta olahraga baru yang kini Ia geluti yakni bersepeda. Ditemui di acara Polygon Follow Your Own P [ ... ]



POLLING WARGA
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

Inspirasi Rohani 10 Kegiatan yang Biasa Dilakukan Anak Kekinian di Bulan Puasa

10 Kegiatan yang Biasa Dilakukan Anak Kekinian di Bulan Puasa

KOPI - Alhamdulillah, bulan Ramadhan kembali hadir di tahun ini. Sadar atau enggak, dengan datangnya bulan Ramadhan bikin sebagian besar orang mengalami perubahan kegiatan sehari-harinya. Yang tadinya bangun tidur molor sampe siang menjadi agak pagian karena harus sahur bareng keluarga. Yang biasanya makan dan ngemil sesukanya jadi enggak karena lagi puasa. Yang tadinya pegang-pegangan tangan pacar jadi nahan dulu karena takut dosa. Ya yang begitu-begitu deh.
Tapi bukan anak millennial namanya kalo nggak melakukan hal-hal kekinian ala-ala jaman sekarang, termasuk kegiatan-kegiatan yang biasa dilakukan di bulan Ramadhan ini. Berikut ini adalah hasil kolaborasi saya dengan penulis keren saya bernama Indah Mustikasari mengenai 10 kegiatan kekinian yang bisa kamu lakukan di waktu bulan puasa agar tetap up to date dan kekinian.
1. Update Instastory Makanan Sahur dan Buka Puasa

 

 

 

Semenjak Instagram upgrade jadi kayak Snapchat –yaitu fitur Instastory yang membawamu ke dalam level per-riyaan ke level yang lebih tinggi, membuat para pelaku sosial media berlomba-lomba update foto makanan sahur dan buka puasa akhir-akhir ini. Mulai dari menu buka puasa super fancy sampe menu sahur indomie pakek telor setengah mateng, pokoknya update aja.
Masalah estetika dipikir entar-entar yang penting bisa pamer kalo lagi makan sahur sama buka puasa. Hmm… Padahal jaman dulu, emak-babeh kita ga gitu-gitu amat ya mau sahur sama buka puasa.
2. Scrolling Timeline Waktu Solat Tarawih

 

 

 

Yah namanya juga anak-anak millennial, nggak bisa kalo ke mana-mana nggak bawa gadget termasuk kalo lagi solat tarawih di masjid. Daripada bosen nunggu jeda di antara solat mendingan scrolling timeline dulu sedikit. Entah itu kepoin mantan, kepoin gebetan mantan, kepoin sahabatnya adiknya mantan, dan lainnya.
Syukur-syukur bisa update lagi di masjid yang bagus, siapa tau bisa jadi kontributor gosip akun Lambe Turah dengan kekuatan hengpong jadul cekrek-cekrek motretin artis terkenal yang kebetulan ketemu di masjid yang sama.
3. Sahur on the Road (Masih Jaman Nggak Sih? Masih Kan Ya…)

 

 

 

Entah gue yang sudah ketuaan atau emang udah nggak update soal SOTR yang biasanya dijalanin sama anak-anak sekolah ini. Yang jelas dulu jaman gue masih sekolah, SOTR jadi simbol status hits apa enggaknya seseorang pas SMA. Apalagi kalo geng-geng SOTR-nya berisi cewek-cewek hits atau kumpulan cowok-cowok ganteng.
Jangan lupa upload foto yang ada mobil-mobil dari ortu yang dibawa pas SOTR biar peningkatan status sosial yang semakin ciamik.
4. Ngabuburit

 

 

 

Selain kegiatan Sahur on the Road, ada juga nih kegiatan yang masih in yang dilakukan pas bulan puasa, yaitu ngabuburit. Kalo anak-anak layangan biasanya pergi bareng temen-temennya naik motor sambil siul-siulin cewek. Tapi beda dong kalo anak-anak millennial dari kelas menengah ngabisin waktu ngabuburitnya dengan main fidget spinner.
Semakin bentuk fidget spinner-nya unik maka semakin besar kesempatan komentar gebetan nanyain fidget spinner-nya beli di mana.
5. Ngevlog Kegiatan Puasa

 

 

 

Orang Indonesia memang dasarnya narsis-narsis. Selain update kegiatan sehari-hari di Instastory atau Snapchat yang udah mulai ditinggalin itu, masih banyak juga orang-orang yang kurang puas kalo update cuma di satu platform sosial media aja.
Biasanya cewek-cewek atau cowok-cowok yang dikaruniai paras yang menawan sejak lahir mulai merambah jadi artis Youtube vlogger. Yah, meski video vlog-nya nggak penting-penting amat kayak video “Akhirnya Aku Bisa Masak”-nya kittendust, tapi namanya juga cewek cakep mah bebas, yang nonton banyak aja.
Siap-siap aja nanti di pertengahan bulan puasa banyak video vlog bertebaran dengan judul “Buka Puasa bareng Maria Ozawa” padahal sebenarnya sama Maria Weleh-Weleh, dan deretan judul clickbait lainnya.
6. Buka Bersama Teman-Teman (Yang Hanya Wacana…)

 

 

 

Bulan puasa bisa menjadi ajang menjalin tali silaturahmi di mana undangan bukber mulai bertebaran di grup-grup angkatan. Mulai dari temen-temen jaman kuliah, geng jaman SMA, kakak kelas jaman SMP, sampe mantan temen sebangku jaman SD pada ngajakin buka puasa sekalian reuni kecil-kecilan.
Awalnya excited sih sampe notifikasi ribuan pas hape ditinggal sebentar. Lama-kelamaan makin banyak alasan buat gak jadi ikutan hingga hari-H pada nyadar kalo rencana bukber itu hanya wacana belaka. DiPHP-in? Wes bioso…. #AkuRakPapaMas
7. Drama-Drama #GodaanPuasa

 

 

 

Namanya juga lagi puasa, ada aja cobaannya. Mulai dari temen yang bawa nasi padang ke kantor dengan bau menyengat ke mana-mana, klien yang permintaannya naudzubillah sampe ingin batal puasa, hingga insiden-insiden kecil yang menguji iman dan kesabaran. Eits… Tapi bukan anak millennial namanya kalo belum sharing drama-drama godaan puasa dengan upload satu episode drama di Instastory.
Mulai dari Boomerang-in si sumber godaan (misal: nasi padang temen kantor) sampe sederetan curhatan pake latar belakang hitam biar diperhatiin orang-orang sejagad dunia maya. Jangan lupa pake hashtag #GodaanPuasa untuk drama yang lebih haqiqi.
8. Bikin Meme tentang Puasa

 

 

 

Semenjak meme 9gag jadi sumber hiburan maya, orang-orang Indonesia juga nggak mau ketinggalan nih bikin karya serupa. Sekarang kejadian apapun bisa dijadiin meme, dari pertunangannya Raisa sama Babang Hamish sampai presiden Jokowi pun nggak ketinggalan jadi bahan.
Nah, di bulan puasa ini merupakan kesempatan bagus buat kalian yang ingin panjat sosial, yaitu bikin meme tentang puasa. Semakin lucu maka semakin banyak orang nge-share, semakin naik juga followers Instagram kamu. Semakin besar kesempatan dinotice gebetan deh. Ehehehe.
9. Berburu Baju Lebaran (atau Endorse-an)

 

 

 

Menjelang hari Lebaran pasti mall-mall jadi makin ramai karena orang udah mulai berbondong-bondong beli baju lebaran. Tapi kalau anak kekinian mah nggak usah repot-repot melewati kemacetan dateng ke mall buat ikutan borong baju, karna tinggal duduk manis aja nungguin barang endorse-an berdatangan ke depan rumah.
Mau endorse apa aja boleh, yang penting gratisan, syukur-syukur dapet baju lebaran. Nggak papa nanti foto-foto Instagram yang tadinya pake baju-baju kurang bahan jadi lebih tertutup biar sekalian pencitraan.
10. Live Report Halal Bilhalal

 

 

 

Hari Raya Idul Fitri juga bisa jadi kesempatan bagus buat nyobain fitur Live di sosial media kamu, lho! Pake fitur Live ini kamu bisa live report pas halal bilhalal bareng keluarga besar. Pas lagi Live, jangan lupa semua anggota keluarga divideoin biar followers tahu adek, kakak, embah, om, tante, pakde, bude kamu semuanya.
Coba bayangin kalo semua orang pada Live pas halal bilhalal, trus kamu nggak sengaja nemu sepupu temanmu yang cakep, kamu bisa komentarin dan ngajak kenalan deh. Siapa tahu jodoh kan??
Demikian 10 kegiatan yang bisa kamu lakukan di bulan puasa sebagai anak kekinian. Tentu nggak semua kegiatan di atas harus kamu ikutin semua, yang penting jangan lupa untuk melakukan kegiatan positif dan amal kebaikan biar pahala di bulan puasa bertambah berlipat-lipat.
Ingat daftar di atas buat lucu-lucuan aja, jangan terlalu dianggap serius ya! Buka puasa pake ikan patin, mohon maaf lahir batin! Semangat puasa untuk teman-teman dari saya dan tim di iPrice.

Artikel Lainnya:
Artikel Lainnya:

 

Keluarga Lintas Atjeh Buka Bareng "Bu Lam Oen"
Jumat, 23 Juni 2017

KOPI, ACEH SELATAN - Loyalitas, Solidaritas, Soliditas Dan Jiwa Korsa terus dipupuk oleh keluarga besar Lintas Atjeh, moment kebersamaan dalam meningkatkan tali silaturahmi dengan Bukber. Ada hal menakjubkan yang dilakukan keluarga Lintas Atjeh bersama anggota PPWI Aceh Selatan pada saat berbuka puasa di rumah Rahmatillah di Desa Simpang Tiga, Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Selatan, Kamis (22/06/2017), yang menyajikan menu buka puasa... Baca selengkapnya...

PPWI Media Grup Aceh Selatan Bagi Takjil Gratis Kepada Pengguna Jalan
Rabu, 21 Juni 2017

KOPI, ACEH SELATAN - Bulan Suci Ramadhan adalah penuh berkah, semua orang, organisasi atau komunitas berlomba - lomba memanfaatkan untuk berbuat kebajikan, tak terkecuali Komunitas Persatuan, Pewarta Warga Indonesia (PPWI) DPC Aceh Selatan. Setelah sebelumnya media Lintas Atjeh dan PPWI Aceh Selatan melaksanakan buka puasa bersama dan menyantuni anak yatim piatu di Desa Lhok Ruekam, Kecamatan Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan. Kali ini kembali... Baca selengkapnya...

Sucikan Hati, Bersihkan Jiwa, Media Lintas Atjeh Santuni Dhuafa
Rabu, 21 Juni 2017

KOPI, ACEH SELATAN - Dalam bulan puasa ini mari kita sucikan hati bersihkan jiwa, saling peduli dan mengasihi, masih banyak saudara kita yang butuh perhatian dan kasih sayang, terlebih kepada kaum dhuafa dan yatim piatu. Hal tersebut disampaikan oleh Pimred Lintas Aceh Ari Muzakki pada saat mengunjungi kediaman kaum dhuafa dan anak yatim piatu bersama rombongan dalam rangka buka puasa bersama dan menyantuni yatim piatu di Gampong Lhok Reukam,... Baca selengkapnya...

Cek Endra Beri Santunan Masyarakat Di Pasantren Miftahul Jannah
Selasa, 20 Juni 2017

  KOPI Sarolangun, Memberi santunan pada Anak yatim, orang tua Jompo serta masyarakat telah menjadi kebiasaan dimata publik dan semakin  melekat pada sosok Cek Endra yang kini juga menjabat sebagai Bupati Sarolangun. Pasalnya, Kegiatan Santunan tersebut kerab dilakukan Cek endra bukan hanya saat Bulan Ramadhan, akan tetapi telah menjadi kebiasaan, sebab berbagi dan bersodakoh adalah merupakan Amal yang Pahalanya terus mengalir. Kegiatan itu... Baca selengkapnya...

Presiden Joko Widodo Gelar Buka Puasa Bersama Anak Yatim di Istana
Selasa, 20 Juni 2017

KOPI, Jakarta - Buka puasa dilaksanakan secara lesehan di Istana Negara, Senen (12/6-17). Presiden mengundang anak yatim piatu dan penyandang disabilitas berbuka bersama di istana. Sebelum berbuka di awali pembacaan pemenang lomba Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tingkat anak-anak digelar tadi pagi (red. Senen). Acara dilanjutkan dengan mendengarkan kultum dan buka puasa bersama. Presiden Jokowi beserta anak yatim menunaikan Shalat Maghrib... Baca selengkapnya...

Kordias Resmi Jabat Wakil Ketua DPRD Riau Sisa Masa Jabatan 2014-2019
Selasa, 20 Juni 2017

KOPI, Pekanbaru - Rapat paripurna DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) dipimpin oleh Ketua DPRD Riau Septina Primawati didampingi Wakil Ketua Sunaryo dan Noviwaldy Jusman bertempat di ruang paripurna gedung DPRD Riau ,Kamis (15/6-17 ) Ketua DPRD Riau Hj. Septina Primawati mengungkapkan, pelantikan dilakukan sesuai dengan SK Mendagri nomor 161.14-3247 Tahun 2017, perihal pemberhentian dengan hormat wakil ketua DPRD Riau atas nama Manahara... Baca selengkapnya...

Ketum PPWI Hadiri Undangan Buka Puasa Bersama di Kediaman Dubes Maroko
Minggu, 18 Juni 2017

KOPI, Jakarta – Ketua Umum PPWI Wilson Lalengke, yang adalah juga Ketua Persaudaraan Indonesia-Sahara-Maroko (Persisma), berkesempatan menghadiri undangan Iftar (berbuka puasa) bersama di Kediaman Resmi Duta Besar Kerajaan Maroko untuk Indonesia, H.E. Mr. Oubadia Benadbellah, Kamis, 15 Juni 2017. Acara yang dimulai sejak pukul 17.30 Wib itu diawali dengan temu-ramah dengan Bapak Dubes Maroko, sekaligus sebagai ajang perkenalan karena beliau... Baca selengkapnya...

NASIONALDPD RI Cek Kesiapan Final Pelabuhan Tanj.....
23/06/2017 | Yeni Herliani

KOPI, Tanjung Priuk - Wakil Ketua DPDRI Nono Sampono sambangi pelabuhan tanjung priuk dan terminal Pulogebang mengecek info kesiapan moda transportasi [ ... ]



PENDIDIKANObrolan Santai dengan Kepsek SMK I Sei K.....
19/06/2017 | Didi Ronaldo

KOPI, Pelalawan - Pak Kepsek (Kepala Sekolah) saya dengar dulu Sekolah ini milik yayasan alias swasta, kini sudah negeri bagaimana ceritanya. Betul ,  [ ... ]



EKONOMIHari ke-14, Pengunjung Jakarta Fair Menc.....
23/06/2017 | Yeni Herliani

KOPI, Jakarta - Malam muda-mudi yang diadakan dalam rangka menyambut hari ulang tahun Kota DKI Jakarta yang ke-490, berhasil digelar dengan meriah di  [ ... ]



HANKAMBeri Penyuhan Hukum, Yonif PR 502 Kostra.....
23/06/2017 | Yeni Herliani

KOPI, Kalimantan Barat - Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI – Malaysia Yonif Para Raider 502 Kostrad yang dipimpin oleh Letkol In [ ... ]



OLAHRAGAIni Dia Para Pemenang Wrangler True Wand.....
21/06/2017 | Yeni Herliani

KOPI, Jakarta - Sebuah petualangan besar tahun ini “Wrangler True Wanderer 2017” baru saja menemukan pemenangnya. Mereka telah menunjukan bahwa m [ ... ]



PARIWISATAJakarta Fair Kemayoran Tetap Buka di Har.....
23/06/2017 | Yeni Herliani

  KOPI, Jakarta - Penyelenggaraan Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2017 kini telah memasuki hari ke-15. Sebanyak 2.700 perusahaan yang tergabung dalam 1 [ ... ]



HUKUM & KRIMINALWaspada !!.. Menaiki Roller Coaster, Men.....
24/06/2017 | Didi Ronaldo

KOPI, Pekanbaru – Pusat perbelanjaan Trans Mart  barusan diresmikan oleh pemiliknya Chairul Tanjung sebulan yang lalu telah memakan korban seorang  [ ... ]



OPINIPeran dan Komitmen Pemerintah dalam Upa.....
21/06/2017 | Harjoni Desky

Jaminan Kesehatan Nasional atau yang lebih dikenal dengan sebutan JKN, hadir dalam rangka memenuhi hak masyarakat dalam bidang kesehatan. Pemenuhan ha [ ... ]



PROFILObrolan Santai dengan Camat Sentajo Agus.....
11/06/2017 | Didi Ronaldo

KOPI, Kuantan Singingi - Obrolan santai dengan Camat Sentajo Raya Agus Iswanto, SSTP dengan wartawan Pewarta- Indonesia di ruangan kerjanya, hari Jum [ ... ]



SOSIAL & BUDAYAYoesi Ariyani Lestarikan Tari Klasik Jaw.....
28/05/2017 | Yeni Herliani

KOPI, Jakarta - Dalam era globalisasi sekarang ini, nilai-nilai tradisi sudah mulai banyak ditinggalkan oleh masyarakat modern karena dianggap tidak s [ ... ]



ROHANIAl Quran dalam Seni Batik.....
13/06/2017 | Muladi Wibowo
article thumbnail

  KOPI -  Mengisi bulan dengan beragam amalan merupakan hal yang biasa dilakukan oleh kaum muslim dimana saja, hal yang berbeda terjadi di kawasa [ ... ]



RESENSIFilm Jailangkung: Dari Permainan, Beruba.....
15/06/2017 | Yeni Herliani

KOPI, Jakarta - PERMAINAN boneka jailangkung masih adakah yang memainkannya? Ada dan banyak. Ritual pemanggilan arwah sangat lumrah dilakukan. Apalagi [ ... ]



CERPEN & CERBUNGKetika Gunung Juga Punya Cara.....
22/03/2016 | Anjrah Lelono Broto

KOPI - Gunung memiliki cara sendiri untuk menunjukkan kediriannya. Gunung juga memiliki mulut dan lidah tersendiri untuk berbicara. Gunung adalah gunu [ ... ]



PUISIMenatap Rasa.....
07/06/2017 | Mas Ade

Masih di bulan Juni Angin mendatangi jendelaku Bisikkan rindu yang basah Oleh hujan bulan Mei Meski embun tetap nyenyak dalam tidurnya Mendekap s [ ... ]



CURAHAN HATISeptember Nanti Tembilahan Tuan Rumah Wo.....
06/06/2017 | Didi Ronaldo

KOPI, Pekanbaru - Indragiri Hilir (Inhil) merupakan daerah penghasil Kopra terbesar di Asia, 432 ribu Hektare kebun Kelapa milik rakyat maupun milik  [ ... ]



SERBA-SERBIMalam Muda Mudi Meriahkan Perayaan HUT J.....
23/06/2017 | Yeni Herliani

KOPI, Jakarta - Malam muda-mudi yang diadakan dalam rangka menyambut hari ulang tahun Kota DKI Jakarta yang ke-490, digelar dengan meriah. Pada dasarn [ ... ]


Other Articles

Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.