Bupati Luwu Timur Buka Temu Raya PP- GPIL

0
40

Pewarta-Indonesia, Bupati Luwu Timur, Andi Hatta Marakarma, Senin (27/7) membuka kegiatan Temu Raya Persekutuan Pemuda Gereja Protestan Indonesia Luwu (PP-GPIL) bertempat di Gereja GPIL Jemaat Lambarese, Kecamatan Burau. Acara ini dihadiri oleh seluruh Pemuda GPIL dari 27 Klasis dan 117 Jemaat yang tersebar di seluruh wilayah tana Luwu, Makassar, Toraja dan Jakarta.

Acara pembukaan diawali dengan ibadah syukur yang dipimpin oleh Pdt. Diks Sasmanto Pasande, M.Th yang juga ketua Umum Badan Pekerja Sinode GPIL. Bupati Luwu Timur Andi Hatta Marakarma hadir di tempat acara bersama Wakil Ketua DPRD Luwu Timur, Andi Asrul Mappasabbi, dan mantan ketua Umum PP GPIL, Silwanus Rallang yang juga anggota DPRD Lutim. Hadir pula Kepala Badan KB dan KS, Camat Burau, Kapolsek Wotu serta para pendeta dalam lingkup Gereja Protestan Indonesia Luwu.

Dalam sambutannya Andi Hatta mengatakan Pemerintah Kabupaten Luwu Timur, menyambut baik serta memberi apresiasi yang tinggi terhadap kegiatan Temu Raya Persekutuan Pemuda Gereja Protestan Indonesia Luwu ini. Kegiatan ini merupakan wujud kreativitas generasi muda selaku agen pembaharu, dimana kegiatan bukan hanya sekedar kegiatan seremoni yang dibungkus dengan semangat kerohanian tetapi lebih dari itu dapat menjadi ajang pengembangan potensi dan bakat para generasi muda GPIL dalam mengimplementasikan nilai-nilai moral untuk membangun bangsa dan Negara, sehingga perilaku negatif yang sering mendera kehidupan para generasi muda dapat diminimalkan.

Dalam arti yang lebih luas kegiatan ini memiliki makna sekaligus sebagai tanggung jawab Pemuda GPIL yang ada di Klasis 27 Klasis dan 117 Jemaat untuk menyatakan kesaksiannya di tengah-tengah kehidupan masyarakat yang heterogen. Selain itu, kegiatan seperti ini juga sangat strategis dalam rangka membangun jati diri pemuda sehingga nantinya mampu memiliki mental yang kuat, semangat dan etos kerja yang tinggi, yang pada gilirannya dapat menjadi pemuda yang ulet, pekerja keras, kritis , disiplin dan inovatif serta berakhlak mulia. Mengenai keberadaan Gereja GPIL di tana Luwu, Hatta mengatakan mestinya Gereja GPIL lebih esksis sebagai tuan rumah di dibandingkan gereja lainnya.

Menyinggung masalah tema yang diangkat dalam Temu Raya I ini yaitu, “Aku, Kamu, Kita Semua Satu dan Bangkit“, menurut Hatta tema ini sangat relevan karena berisi ajakan bagi siapa saja untuk menyatukan segala kemampuan dan potensi yang dimiliki tanpa memandang latar belakang agama, suku, golongan dan darimana dia berasal agar bersatu dan selanjutnya bangkit dan berkarya membangun bangsa dan negara kearah yang lebih baik. Tema ini hendaknya tidak hanya pemanis bibir dan menjadi slogan semata, tetapi harus ditindaklanjuti oleh para generasi muda dengan menunjukkan karyanya sehingga pada gilirannya Pemuda GPIL akan mampu sejajar dengan organisasi kepemudaan lainnya yang telah maju.

Bupati Lutim juga menyinggung tentang pembangunan yang dilaksanakan di Luwu Timur saat ini sangat pesat utamanya di pelosok-pelosok, namun Bupati mengatakan dirinya belum puas dengan pembangunan yang ada sekarang, kedepan Pemerintah daerah tetap menerima masukan dari masyarakat bagaimana agar pembangunan ini kedepan bisa lebih baik lagi.

Sementara itu ketua Umum Badan Pekerja Sinode GPIL, Pdt. Diks Sasmanto, mengaku sangat kagum dengan kemajuan pembangunan di Luwu Timur utamanya pembangunan infrastruktur, hal ini mengisyaratkan bahwa Bupati Luwu Timur bersungguh-sungguh membangun daerah ini untuk kesejahteraan masyarakat. Bahkan Diks Sasmanto meminta agar pada Pilkada Luwu Timur yang akan digelar tahun 2010 yang akan datang sebaiknya Bupati Luwu Timur tetap maju sebagai calon Bupati, “dan warga Gereja Protestan Indonesia Luwu siap mendukung di belakangnya,” kata Diks Sasmanto.

Ketua Umum Persekutuan Pemuda GPIL, Meitje Selvina Manuhuta, dalam sambutannya cukup mengapresiasi kepedulian pemerintah daerah terhadap keberadaan Pemuda GPIL di Luwu Timur. Oleh karenanya, dia mengajak seluruh Pemuda GPIL di Lutim untuk selalu mendukung program pemerintah daerah. (yul)