Kehidupan Setelah Kehidupan

0
23

Pewarta-Indonesia, Semua agama meyakini adanya surga dan neraka atau adanya kehidupan lain setelah kehidupan in. Surga adalah tempat yang disiapkan untuk orang-orang yang semasa hidupnya berbuat baik, sedangkan neraka disiapkan untuk mereka yang semasa hidupnya berbuat jahat.

Lain dengan kehidupan saat ini yang bersifat sementara, kehidupan setelah ini bersifat kekal atau abadi, baik di surga maupun di neraka. Mungkin kita telah banyak mendengar gambaran tantang kedua tempat itu, bahkan banyak kesaksian dari orang yang mengaku pernah melihat tempat tersebut.

Kalau boleh saya mengatakan secara sederhana, bahwa menurut pendapat saya tujuan adanya agama yaitu untuk mengingatkan manusia akan kedua tempat itu. Tapi bercermin pada tingkah laku manusia dewasa ini sepertinya kita sering melupakan hal ini. Sebagai contoh saja dari saya, saya melaksanakan ibadah agama saya, terkadang hanya sebagai rutinitas saja. Ada kalanya saya benar-benar menghayati ibadah saya, tapi adakalanya saya bahkan tak mendapat pembaharuan iman samasekali.

Saya percaya akan adanya surga dan neraka. Tapi begitulah sifat manusia yang kadar imannya tidak stabil.

Saya tak tahu pasti tujuan saya menulis semua ini. Kalau dibilang saya ingin menyadarkan Anda para pembaca, mungkin terlalu ekstrem. Saya bukan orang suci yang tahu banyak tentang agama saya. Sebenarnya saya ingin menyadarkan diri saya sendiri kalau terkadang diri saya juga bisa memikirkan hal ini.

Tentang Kehidupan setelah kehidupan ini, manakah tempat yang akan kita pilih untuk menghabiskan waktu yang tak ada batasnya???