Manek Buka MTQ Tingkat Kabupaten TTU

0
16

Pewarta-Indonesia, Pembukaan Musabaqoh Tillawatil Qur’an (MTQ) ke-XXIII tingkat Kabupaten Timor Tengah Utara di Kefamenanu, secara resmi dibuka oleh Bupati Kabupaten Timor Tengah Utara, Drs. Gabriel Manek, M. Si, jumat (16/4), yang ditandai dengan pemukulan gong.

Dalam sambutannya Manek mengatakan bahwa melakukan suatu kegiatan keagamaan seperti MTQ adalah untuk menangkap semangat dan jiwa Al-Quran yang merupakan suatu mukjizat dari Allah yang maha kuasa dan maha tahu. Oleh karena itu, pada akhir sambutannya Manek mengharapkan dengan penyelenggaraan MTQ ini akan lahir pendekar-pendekar Sabda Tuhan yang tidak saja mahir membaca tapi lebih dari itu mampu mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Sebelumnya, Ketua Panitia MTQ, Muhammad Subhan, pada laporan pembukaannya mengatakan tujuan pelaksanaan MTQ yang mengusung thema “Dengan MTQ Kita Tingkatkan Kwalitas Iman dan Kerukunan Antar Umat Beragama” kali ini adalah meningkatkan imam dan taqwa kepada Allah SWT, meningkatkan penahanan Al-Quran, meningkatkan mutu seni baca Al-Quran serta untuk mendapatkan peserta MTQ terbaik yang akan menjadi Duta Kabupaten Timor Tengah Utara ke MTQ tingkat provinsi, yang akan dilaksanakan di Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur.

Pelaksanaan MTQ yang sedianya akan dilakukan di halaman Masjid Jami’ Al-muhajirin itu akhirnya batal dan mengambil tempat di dalam masjid tersebut karena guyuran hujan yang tinggi selama beberapa jam sebelumnya. Ketua panitia juga melaporkan peserta Tilawatil Quran yang penyelenggaraannya dimulai 16 – 18 April kali ini, terdiri dari 30 orang anak-anak Qori Qoriah, 15 remaja Qori Qoriah dan 19 orang dewasa Qori Qoriah.