Prajurit TNI Rayakan Idul Adha di Lebanon

0
25

Pewarta-Indonesia, Lebanon (27/11) – Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Kontingen Garuda (Konga XXIII-D, Konga XXV-B, Konga XXVI-B1 dan Konga XXVI-B2) yang sedang melaksanakan tugas perdamaian dunia di Lebanon dalam misi perdamaian PBB/United Nation Interim Force in Lebanon (UNIFIL), melaksanakan Sholat Idul Adha 1430 H bersama masyarakat Lebanon setempat, di Markas Indobatt (Indonesian Battalion), Jum’at (27/11). Bertindak selaku Khotib Kapten Inf Hasibuan dan Imam adalah Kapten Inf Sarbini.

Perayaan Idhul Adha di Markas Indobatt dihadiri oleh Wakil Komandan Sektor Timur UNIFIL – Kolonel Inf Surowahadi, Dansatgas Konga XXVI-B1 – Kolonel Inf Restu Widyantoro, Dansatgas Konga XXVI-B2 – Letkol Inf Fulad, Dansatgas Konga XXV-B – Letkol Cpm Ekoyatma Parnowo dan Liason Officer Satgas Konga XXIII-D – Mayor Inf Rois serta para personel Unifil dari negara Tanzania, Turki dan Qatar. Meskipun dalam suasana yang cukup dingin, prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Kontingen Garuda tetap bersemangat menghadiri sholad Idul Adha, dengan tetap menjaga kesiapsiagaan. Dalam perayaan kali ini, Indonesian Battalion menyerahkan 10 ekor kambing yang akan dibagikan kepada masyarakat setempat di sekitar area of responsibility (AOR).

Dalam khutbahnya, khotib mengingatkan kepada para jamaah untuk meneladani kesabaran Nabi Ibrahim as, meskipun sudah sekian lama tidak memiliki keturunan, namun tatkala memiliki buah hati yang dicintainya (Ismail), dia tetap ikhlas untuk menyembelih putranya karena perintah Allah SWT.

Ada tiga pengertian Hari Raya yang jatuh pada tanggal 10 Zulhijjah ini. Pertama, Idul Hajj. Id artinya Hari Raya, Hajj artinya Haji, Idul Hajj artinya sebagian umat Islam berhari raya dengan melaksanakan ibadah haji. Kedua, Idul Adha. Id artinya Hari Raya, Adha mengandung arti penyembelihan hewan qurban. Artinya umat Islam berhari raya dengan menyembelih hewan qurban dan yang Ketiga, Idul Qurban yang berasal dari bahasa Arab yang artinya dekat. Jadi, Idul Qurban berarti hari raya dekat, ini arti secara Harfiah.

Selesai melaksanakan sholat, Wadan Sektor Timur UNIFIL bersama para Dansatgas dan Staf secara simbolik menyerahkan masing-masing seekor kambing kepada ketua panitia kurban, untuk disembelih dan dibagikan kepada masyarakat sekitar. Dalam pelaksanaannya pembagian daging kurban didistribusikan kepada masyarakat melalui kompi-kompi yang tersebar di wilayah Lebanon, dengan cara mendatangi rumah-rumah penduduk didampingi oleh Mouhktar (kepala desa) setempat, sesuai dengan adat istiadat dan tradisi daerah setempat.