Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?

PEWARTA ONLINE

GELORA SEPEDAJatuh Bangun Nadine Go wes Bersepeda den.....
20/06/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Jakarta – Aktris Nadine Chandrawinata menyukai olahraga seperti  Renang, Menyelam, Senam serta olahraga baru yang kini Ia geluti yakni bersepeda. Ditemui di acara Polygon Follow Your Own P [ ... ]



POLLING WARGA
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

SERBA-SERBI

Kemenperin Dukung Pelaksanaan MOFP 2018 Yang Digelar APPMI

KOPI,  Jakarta – Kementerian Perindustrian memberikan apresiasi dan dukungan kepada Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) dalam melaksan…

Baca selengkapnya...

 

Capai Ekspor USD12,23 Miliar, Indonesia Miliki Peluang Kuasai Pasar Fesyen Muslim Dunia

KOPI,  Jakarta – Kementerian Perindustrian mengusulkan tambahan anggaran pada tahun 2019 kepada DPR RI sebesar Rp2,57 triliun. Anggaran tersebut guna …
 

BBKKP Yogyakarta Ciptakan Alat Uji Suhu Pengerutan Kulit Tersamak Sistem Digital

KOPI,  Jakarta - Rekayasa alat uji suhu kerut kreasi Balai Besar Kulit, Karet dan Plastik (BBKKP) ini diyakini dapat menjadi jawaban bagi industri pen…

Baca selengkapnya...

 

30 Tenants Gelar Fashion Show Meriahkan 1st Anniversary "The Lady"

KOPI,  Jakarta - The Lady Boutique menggelar "Purity Raya & The Lady 1st Anniversary" dalam rangka merayakan HUT perdana. Acara diselenggarakan di Mai…

Baca selengkapnya...

 

Konsul Amerika Serikat Tertarik Lingkungan Hidup Gunung Leuser

KOPI-Jakarta, Kawasan lingkungan alam perlu dilestarikan. Apalagi kawasan lingkungan hidup seperti di Gunung Leuser merupakan paru-paru dunia.

Pada hari Selasa (10/4/2018) Juha P Salin Konsul Amerika Serikat untuk Wilayah Sumatera datang ke Aceh Pejabat Khusus bidang Politik dan Ekonomi, Rachma Jaurinata. Tujuan utamanya adalah membahas masalah lingkungan dan kawasan hutan Leuser yang selama ini menjadi perhatian dunia.

Juha P Salin Konsul Amerika Serikat untuk Wilayah Sumatera sangat tertarik terkait isu-isu lingkungan hidup yaitu masalah pembangunan yang dilakukan Aceh di Kawasan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) yang telah menarik perhatian para aktivis lingkungan, LSM bahkan dari Unesco tersebut.

Aceh sangat komit terhadap perlindungan kawasan hutan dan wajib merestarikannya. Hal itu juga merupakan bagian dari program Aceh Green yang diusung Pemerintah Aceh. Tidak benar ada pembangunan di Kawasan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL), yang ada peningkatan jalan yang sudah ada yang digunakan oleh masyarakat.

Terkait isu rencana pembangunan proyek geothermal di sekitar TNGL yang pernah direncakan oleh Pemerintah Aceh sebelumnya juga sudah dibatalkan.

Sudah menjadi kewajiban kita untuk menjaga Kawasan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL), karena itu bukan hanya milik kita, tapi juga milik dunia.(WA-0888.7211.300)

 

Jangan Sebarkan Berita Bohong

KOPI, Jakarta - Di zaman serba canggih dengan teknologi informasi saat ini khususnya lewat berbagai media sosial, sangat mudah untuk menerima dan menyebarkan informasi apa saja yang diolah sedemikian rupa, sehingga terkadang mengarah kepada berita bohong atau fitnah.

Kita sebagai umat Islam untuk tidak begitu saja menerima atau menelan mentah-mentah setiap berita atau informasi yang disampaikan seseorang apalagi yang berbau negatif terhadap seseorang atau suatu kaum.

Baca selengkapnya...

 

Nasib Suatu Gelas Istimewa

KOPI-Jakarta,Suatu wadah untuk menampung air minum biasanya kita memakai gelas. Banyak model gelas yang ada di sekitar kita. Ada sebuah gelas istimewa yang saya peroleh dari acara donor darah PMI (Palang Merah Indonesia) kota Banda Aceh. Gelas ini saya dapat pada acara ulang tahun Donor Darah Sedunia (HDDS) bulan Juli 2017.

Menurut catatan yang ada bahwa Hari Donor Darah Sedunia (HDDS) 2017, di kota Banda Aceh pada hari Kamis, 13 Juli 2017. Bentuk hadiah dari PMI ini ternyata gelasnya kecil ramping dan untuk kapasitas air sekitar 200 ml.

Walaupun begitu gelas hadiah ini masih berbalut plastik bening dan sebuah pita merah. Gelas ini saya simpan sebagai kenang-kenangan dan tidak pernah saya buka plastiknya.

Pada bulan Februari 2018, gelas hadiah dari PMI kota Banda Aceh ini saya buka plastiknya dan saya pajang di atas lemari buku. Sekitar dua minggu gelas ini terpajang di atas lemari buku dan baru pada hari Selasa 21 Maret 2018, gelas istimewa ini saya bilas dan cuci dengan air mineral.

Malam harinya setelah shalat Isya di masjid, Selasa 21 Maret 2018 jam 21:21 WIB, gelas istimewa tersebut saya isi dengan air dan saya minum sedikit airnya. Kemudian dilanjutkan dengan meditasi dan berzikir selama lebih kurang 10 menit.

Tidak lama kemudian air di dalam gelas saya minum sedikit lagi dan membasuh kepala hingga air benar-benar kosong dan saya menaruh gelas tersebut dalam tas. Masuk beberapa pesan WA-Whatsapp ke dalam Handphone saya.

Saya langsung membaca pesan masuk, tiba-tiba terlihat gelas tergelincir dari tas dan jatuh dari ketinggian sekitar satu meter. Terdengar suara gelas pecah, saya kaget juga, gelas baru langsung pecah, kejadian pada jam 21:34 WIB. Rencananya ada dua yaitu dibuang dan dikuburkan. Ternyata gelas tersebut setelah saya foto, langsung saya masukan ke dalam plastik dan membuangnya ke dalam tong sampah. Selamat jalan gelas istimewa. Rachmad Yuliadi Nasir (WA:0888.7211.300-FB/tragedi.gurita)

 

Meminimalkan Tingkat Pengangguran

KOPI, JAKARTA - Dewasa ini tingkat pengangguran di Indonesia semakin meningkat hal ini karena tidak berbanding lurus antara pencari pekerja dan pengguna pekerja, ditambah dengan semakin lesunya perekonomian Indonesia saat ini.

Pusat Pelatihan Kerja Daerah Jakarta Utara di bawah, pimpinan Hj. Siti Nurbaeti mengadakan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Dan Kewirausahaan yang berlokasi di Jln. Gereja Tugu No. 20. RT.006/06. Kel. Semper Barat Kec. Cilincing Jakarta Utara (22/3).

Baca selengkapnya...

 

Siklus Waspada Bengawan Solo

KOPI, Bojonegoro – Pada 16 Maret 2018, debit air yang tinggi ditambah curah hujan yang besar menjadi sumber utama penyebab banjir di sebagian wilayah Kabupaten Bojonegoro, yang dilalui sungai Bengawan Solo.

Jum'at, 16 Maret sore hari, ketika pewarta KOPI menyeberang dari Kecamatan Rengel, Tuban menuju Kecamatan Kanor, Bojonegoro, tepatnya di tambangan Gemblo menuju tambangan Semambung, debit air masih terlihat tinggi dan aliran air cenderung deras.

Seperti disampaikan Paiman (53), penduduk desa setempat, bahwasanya di bulan September hingga Maret siklus air sungai Bengawan Solo akan selalu tinggi, dibandingkan periode bulan April ke Agustus. “Walau rasa khawatir akan datangnya banjir tetap ada, namun siklus alamiah tersebut mengajarkan untuk tetap selalu waspada, dan tetap beraktivitas seperti biasanya,” ujar Paiman kepada KOPI. (GSS/Red)

 

Satpol PP Lampung Barat Kunjungi Kecamatan Sumber Jaya

KOPI, Lampung Barat - Selasa 13 Maret 2018, pukul 11,00 WIB Satuan Polisa Pamongpraja Lampung Barat melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Sumberjaya. Team dipimpin oleh Bapak Mirzon selaku Kepala Bidang Perda/Perbub Satpol PP Lampung Barat, mendampingi Kasat Pol PP Lambar, Bapak Jaimin SIP.

Mirzon mengatakan bahwa kunjungan ini dilakukan 3 kali dalam satu bulan di setiap kecamatan yang berbeda. “Hari ini jadwal kunjungan dilaksanakan di Kecamatan Sumberjaya, untuk meninjau, mengawasi pelaksanaan Perda No. 15 tahun 2013 tentang Ketertiban Umum dan Pengawasan Perbup No.14 Tahun 2014 tentang KTR (Kawasan Tanpa Rokok),” ujar Mirzon.

Baca selengkapnya...

 

Viral di Medsos Sepasang Penganten Merental Helikopter Polri

KOPI, Jakarta – Di tempat kerjanya, Tito Caniviah, pengamat kepolisian Indonesia mengatakan, "Merusak nama citra Polri oknum anggota Polri tersebut. D…
 

PDAM Banda Aceh Terapkan Sistem Zonasi

KOPI-Jakarta, Masalah air minum adalah masalah yang dihadapi oleh setiap kota. Begitu pula masalah tersebut dihadapi oleh kota Banda Aceh.

Persoalan air minum di kota Banda Aceh agar bisa selesai di tahun 2019. PDAM Tirta Daroy harus mampu melayani air bagi warga Kota Banda Aceh pada Januari 2020.

Walikota Banda Aceh, H Aminullah Usman mengharapkan bahwa,"Terhitung 1 Januari 2020, seluruh warga kota sudah bisa menikmati air minum."

Hal ini terungkap pada acara rapat kerja dan presentasi RKAP PDAM Tirta Daroy, Selasa (27/2/2018) di aula Kantor PDAM Tirta Daroy kawasan Lampineung, Banda Aceh.

System zonasi memiliki keunggulan dalam memudahkan deteksi gangguan dan kebocoran pipa. Sistem ini juga mampu mempersempit wilayah layanan teknis sehingga dapat meminimalisir kehilangan air dan meningkatkan tekanan aliran (pressure).

Program system zonasi dari PDAM ini diharapkan air akan mengalir ke seluruh pelosok Kota Banda Aceh, termasuk di wilayah pelayanan paling ujung, seperti Ulee Lheu dan wilayah lainnya. Masalah dana bisa dicari dari APBN, APBA maupun APBK.Rachmad Yuliadi Nasir (WA:0888.7211.300-FB/tragedi.gurita)

 

Buku Terbitan Penerbit Sukarno Pressindo diterima Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jateng

KOPI - Pada hari Senin, 26 Februari 2018 Buku Terbitan Penerbit Sukarno Pressindo diterima Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah. Acara bertempat di Gedung Perpustakaan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah, Jalan Sriwijaya, Kota Semarang. Bahan Pustaka yang telah diserahkan adalah karya cetak dari Penerbit Sukarno Pressindo berupa buku.

Pada kesempatan ini penyerahan Karya Cetak dari Penerbit Sukarno Pressindo diserahkan oleh Bapak Sukarno, S.IP, S.S selaku Direktur Penerbit Sukarno Pressindo. Bapak Sukarno juga dikenal sebagai penulis buku, editor, pemimpin beberapa media online antara lain yaitu dasanews.com, dasapos.com, forumnasional.com, forumjateng.com, forumgrobogan.com, forumsemarang.com. Bapak Sukarno dan media yang dikelola juga tergabung dalam PPWI Media Group.

Baca selengkapnya...

 

Bupati Kampar Azis Zainal : Skala Prioritas Pembangunan Sesuaikan dengan Kondisi Keuangan

KOPI, Kampar – Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) wilayah Kecamatan Bangkinang Kota, Bangkinang, S…
 

Celengan Uang Dikuasai Maling

KOPI,Banda Aceh-Beberapa tahun yang lalu tepatnya awal puasa Ramadhan tahun 2014, di depan pintu gerbang makam/kuburan Teungku Di Bitay ada sebuah celengan uang berwarna hijau. Perlu diketahui bahwa celengan uang ini dibuat oleh orang kantor keuchik gampong Bitay.

Pada tahun 2016 yang lalu terlihat gembok celengan uang yang terletak di depan pintu gerbang makam/kuburan Teungku Di Bitay ini telah dibobol maling.

Pada hari Minggu, 10 Juli 2016, ketika Rachmad sedang membersihkan area perkuburan serta mengambil beberapa foto terlihat celengan uang di depan pintu gerbang perkuburan telah dibobol maling. Kunci gembok telah dipotong dan diganti dari gembok putih besar ke gembok kuning yang agak berkarat.

Suatu hari Kamis sore, 14 Juli 2016, sekitar jam 17:00 WIB, Anaknya Azimah (KIKI) keluar dari pintu belakang rumahnya dan diikuti oleh seorang temannya. Terlihat anaknya Azimah pembersih rumput kuburan, KIKI datang bersama temannya dan membuka celengan amal itu.

Ini berarti gembok sudah mereka tukar dan diambil uangnya, sudah lama celengan amal tidak pernah dibuka oleh orang kantor keuchik,"Kuncinya sudah hilang."

Belakang ini banyak laporan yang masuk bahwa ada "Provokator/Telepon/SMS/WA/Handphone" liar yang mengatasnamakan "Rachmad Yuliadi" menyuruh agar memasukan uang ke dalam celengan uang yang terletak di depan pintu gerbang makam/kuburan Teungku Di Bitay untuk Rachmad Yuliadi Nasir serta dua celengan uang lainnya disisi mesjid Turki yang "kuncinya sudah hilang."

Ini sungguh keterlaluan mengatasnamakan "Rachmad Yuliadi" menyuruh taruh uang ke dalam celengan uang yang terletak di depan pintu gerbang makam/kuburan Teungku Di Bitay tetapi uangnya diambil oleh KIKI atau Zulfan bapaknya.

Hati-hati bila ada Telepon/Handphone atau WA atau SMS "PALSU" yang menyuruh memasukan uang ke dalam celengan uang yang terletak di depan pintu gerbang makam/kuburan Teungku Di Bitay.

 

Lanud MUS Laksanakan Penanaman Pohon untuk Penghijauan Bandara

KOPI-JAKARTA, Penghijauan mulai digalakan dimana-mana termasuk juga dijajaran lanud MUS (Maimun Saleh Sabang). Dalam penanaman pohon-pohon di lingkungan lanud MUS (Maimun Saleh Sabang) merupakan kerjasama antara jajaran anggota TNI AU, P3AU dan pemko Sabang.

Pada hari Sabtu 27 Januari 2017, yang cerah segenap prajurit TNI AU beserta tamu undangan lainnya dan perwakilan pemko Sabang yaitu Kadis Lingkungan Pemko Sabang melakukan upacara singkat tentang maksud dan tujuan pelaksanaan penanaman pohon-pohon di lingkungan lanud MUS (Maimun Saleh Sabang).

Kegiatan penanaman pohon di Lanud MUS ( (Maimun Saleh Sabang) merupakan wujud kebersamaan P3AU dengan keluarga besar TNI Angkatan Udara Lanud MUS (Maimun Saleh Sabang), karena P3AU juga merupakan bagian dari keluarga besar TNI AU, agar kebersamaan seperti ini terus terbina dan dikembangkan, dengan saling bersilaturahmi.

"Sabang yang terletak di pulau Weh ini yang dikelilingi lautan dan banyak pepohonan yang menambah keindahan di pulau Weh Sabang, oleh karena itu kami menyambut baik untuk mempertahankan keindahan yang ada di pulau Weh Sabang dengan penanaman pohon maupun bunga di Sabang," ungkap M Jamini, Kepala dinas Lingkungan Pemko Sabang.

Kadislog Lanud Maimun Saleh Mayor Kal M. Roni Indrajaya mewakili Danlanud Maimun Saleh Sabang mengatakan," Penghijauan di lanud MUS (Maimun Saleh Sabang) dalam rangka memperingati Tsunami Aceh yang ke-13, semoga pohon yang kita tanam nantinya dipelihara dapat membuahkan hasil dan manfaat dan membawa kemaslahatan bagi kehidupan kita bersama.

Lubang-lubang penanaman pohon telah disediakan, pohon atas nama Walikota Sabang ditanam oleh M Jamini, Kepala dinas Lingkungan Pemko Sabang yaitu berupa pohon mahoni. Begitu pula diikuti oleh Kadislog Lanud Maimun Saleh Mayor Kal M. Roni Indrajaya menanam pohon mahoni.

Selanjutnya para prajurit TNI AU Lanud MUS (Maimun Saleh Sabang) juga menanam pohon mahoni ditempat yang sudah disediakan.

Ketua P3AU kota Sabang M Melia Agustina telah menyumbangkan bibit pohon untuk penghijauan di Lanud MUS (Maimun Saleh Sabang). Disini ada beberapa jenis pohon yaitu Mahoni 25 batang, Sirsak 534 batang, Asem 27 batang, Kluweh 7 batang, lenkeng 2 batang, Cemara 87 batang.

Pohon-pohon ini harus dirawat dan disiram setiap harinya agar pohon dapat tumbuh dengan sempurna dan menjadi paru-paru hijau di Lanud MUS (Maimun Saleh Sabang).Rachmad Yuliadi Nasir (WA:0888.7211.300)

 

Gerhana Bulan (Super-Blue-Blood-Moon) yang Menakjubkan

KOPI-Jakarta, Di akhir bulan Januari 2018 kita dapat menyaksikan fenomena alam yang sangat menakjubkan. Peristiwa yang luar biasa telah terjadi yang Gerhana Bulan.

Di kota Banda Aceh ujung Pulau Sumatera telah jauh-jauh hari Kanwil Kemenag Aceh mengedarkan surat pemberitahuan tentang peristiwa alam Gerhana Bulan.

Surat dengan nomor B-205/Kw.01.6/BA.03.2/01/2018 tanggal 16 Januari 2018 tentang Edaran Gerhana Bulan Total dan Seruan Shalat Khusuf.

Masjid-masjid di kota Banda Aceh telah memberitahukan kepada para jamaahnya tentang akan terjadinya Gerhana bulan dan Shalat Khusus Gerhana Bulan/Shalat Khusuf.

Pada hari yang telah dinantikan Rabu 31 Januari 2018, akhirnya terjadilah peristiwa alam yang sangat luar biasa yaitu Gerhana Bulan. Peristiwa ini sangat langka terjadi karena hanya ada dalam 152 tahun sekali. Belum tentu umur kita mencapai angka 152 tahun.

Gerhana Bulan adalah peristiwa ketika terhalangnya cahaya Matahari oleh Bumi sehingga tidak semuanya sampai ke Bulan. Peristiwa yang merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi Matahari, Bumi, dan Bulan ini hanya terjadi pada saat fase purnama dan dapat diprediksi sebelumnya. Adapun Gerhana Matahari adalah peristiwa terhalangnya cahaya Matahari oleh Bulan sehingga tidak semuanya sampai ke Bumi dan selalu terjadi pada saat fase bulan baru.

Pada tahun 2018 ini diprediksi terjadi lima kali gerhana, yaitu: 1. Gerhana Bulan Total (GBT) 31 Januari 2018 yang dapat diamati dari Indonesia, 2. Gerhana Matahari Sebagian (GMS) 15 Februari 2018 yang tidak dapat diamati dari Indonesia, 3. Gerhana Matahari Sebagian (GMS) 13 Juli 2018 yang tidak dapat diamati dari Indonesia, 4. Gerhana Bulan Total (GBT) 28 Juli 2018 yang dapat diamati dari Indonesia, dan 5. Gerhana Matahari Sebagian (GMS) 11 Agustus 2018 yang tidak dapat diamati dari Indonesia.

Sungguh beruntung sekali kita yang hidup di zaman Now dapat menyaksikan Gerhana Bulan dalam satu fenomena ajaib yaitu fenomena supermoon (bulan besar) dalam satu rangkaian keajaiban yang disebut Super-Blue-Blood-Moon. Ternyata hasil analisa pakar astronomi disebutkan bahwa supermoon karena jarak bulan berada pada posisi terdekat dengan bumi. Sedangkan blue Moon karena ini purnama kedua pada bulan Januari pasca bulan purnama 1 Januari 2018.

Pada hari Rabu sore, 31 Januari 2018 atau 14 Jumadi Awal 1439 H berdasarkan perhitungan falakiyah telah terjadi fenomena alam yang berkaitan dengan ibadah umat lslam berupa gerhana bulan total diwilayah lndonesia.

Untuk Wilayah Provinsi Aceh, gerhana bulan dimana gerhana langka ini berlangsung dalam waktu yang cukup lama, yakni selama 5 jam lebih terjadi pada pukul :

Awal penumbral pada 17:51:15 WB Awal kontak gerhana pada 18:48:16 WB Mulai gerhana total pada 19:51:05 WB Puncak gerhana total pada 20:29:59 WB Akhir gerhana total pada 21:07:53 WIB Akhir kontak gerhana pada 22:11:41 WIB Akhir penumbral pada 23:08:27 WIB

Masyarakat Aceh yang berada di kawasan kota Banda Aceh dapat melihat gerhana bulan dan shalat khusuf dibeberapa masjid pilihan seperti di masjid Raya Baiturrahman, Masjid Jamik Kampus Unsyiah, Masjid Oman, Masjid Baiturahim Ulee Lheu dan khususnya shalat di halaman kanwil Kemenag Aceh.

Bagi masyarakat yang hadir di halaman kanwil Kemenag Aceh tentu saja kekhususan tersendiri karena tersedia 11 teropong untuk melihat gerhana bulan. Setelah shalat Isya kemudian dilanjutkan dengan shalat khusuf diimami oleh Ust. Ivan Aulia. Lc, MA yang shalatnya berupa shalat sunat gerhana bulan dua rakaat dengan empat kali rukuk dan penyampaian pesan agama oleh Khatib, Dr. Saifullah Yunus, Lc. MA; tentang fenomena kebesaran Allah SWT.

Pasca shalat gerhana bulan masyarakat dapat menyaksikan gerhana bulan langsung dan mengabdikannya dengan telepon seluler atau kamera digital lainnya apalagi cuaca sangat mendukung, langit cerah dan tidak mendung maupun hujan.

Awal-awal terjadinya gerhana bulan masyarakat sangat antusias mengambil momen langka ini dengan kamera baik anak-anak maupun orang dewasa untuk kenang-kenangan serta membagikan foto-foto tersebut di media sosial.

Bagi yang berada di kawasan masjid raya Baiturrahman dapat menyaksikan langsung dibawah payung elektrik raksasa bersama teman, keluarga dan kenalan lainnya. Rachmad Yuliadi Nasir (WA:0888.7211.300 FB/tragedi.gurita)

 

Fashion Show "Love in Shanghai" Hadirkan Koleksi Valentine dan Tahun Baru Imlek

KOPI, Jakarta - Menyambut datangnya momen Valentine atau Hari Kasih Sayang, Fashion Legacy-Grand Boutique mempersembahkan Fashion Show "Love in Shangh…

Baca selengkapnya...

 

Sinergitas TNI - POLRI dalam penanggulangan Gempa Lebak

KOPI, Lebak - Komandan Batalyon 320/Badak Putih,  Letkol Inf Imam Wicaksana didampingi Pasi Intel Yonif 320/BP Lettu Supriatin melaksanakan kunjungan  terhadap korban bencana  alam gempa bumi Lebak di desa Ciparahu Kec.Cihara Kamis (25/1).

Turut hadir Dalam kegiatan kunjungan tersebut Camat Cihara, Khaerudin S.Pd M.Si, Danki 2 Datasemen Pelopor Brimobda Banten, Iptu Asep, Dantim Satgas Yonif 320 , Letda Citra, Danramil Panggarangan, Kapten Yan Tirtayasa, Kanit Bimas Polsek Panggarangan, Aiptu Cecep RH dan Kepala desa Ciparahu Sdr.Ade Sujana.

Baca selengkapnya...

 

Dipicu Facebook Blokir Akun FPI, Ratusan Massa Demo ke Kantor Milik Perusahaan Mark Zuckerberg

KOPI, Jakarta – Dalam rilisnya Facebook Indonesia menyatakan laman webnya  ingin menjadi tempat yang aman untuk berbagi cerita dengan teman atau ke…
 

Pengamat : Bersediakah Wako Firdaus MT Mendayung Sepeda ke Kantor Walikota Setiap Hari Kamis

KOPI, Pekanbaru – Program kerja Walikota Pekanbaru Firdaus MT, mewajibkan setiap pegawai Pemkot (Pemerintah Kota) Pekanbaru tidak mengendarai kendara…
 

Pembukaan Big Bang Jakarta 2017

KOPI - Musim liburan akhir tahun telah tiba. Ragam-rencana untuk mengisi liburan bersama keluarga tentu telah siap di jalankan. Nah, bagi keluarga Jakarta dan sekitarnya, satu hari kedepan bakal digelar helatan besar Pameran Cucl Gudang dan Festival Akhlr Tahun BigBang Jakarta 2017.

BigBang Jakarta 2017 menjadi pusat perayaan akhlr tahun 2017 yang spektakuler dengan mengusung tema Year End Festival ond Final Clearance Exhibition. Selain menjadl pusat perayaan malam tahun baru yang dlmerlahkan dengan ragam hlburan pesta kembang apl spektakuler dan laser show, BigBang Jakarta juga menjadi salah satu “Pameran cuci gudang plus festival akhir tahun" terbesar terlengkap dan yang pertama di akhir tahun 2017.

Baca selengkapnya...

 

Gedung Evakuasi untuk Penggungsi dari Bencana

KOPI,Banda Aceh-Sebagian besar Provinsi Aceh pernah hancur akhibat gempa bumi dan tsunami yang terjadi pada 26 Desember 2004. Banyak bantuan yang datang silih berganti dari dalam dan luar negeri.

Salah satu bantuan yang diterima rakyat Aceh adalah bantuan dari Jepang berupa gedung evakuasi tsunami. Negara Jepang membangun 4 gedung evakuasi tsunami yang bernama "Tsunami Escape Building."

Pemerintah Jepang melalui JICS berdasarkan konsep awal yang dibuat oleh JICA Study Team dalam project Urgent Rehabilitation and Reconstrcution Plan (URRP) untuk Kota Banda Aceh pada Maret 2005 sampai dengan Maret 2006.

Masing-masing gedung menghabiskan anggaran sekitar Rp 10,5 milyar. Design bangunan escape building ini dibuat oleh konsultan asal Jepang Nippon Koei, Co. Ltd sebagai JICS Study Team pada tahun 2006. Tiap-tiap escape building dibangun dengan luas 1.400 meter persegi.

Dimana letak gedung evakuasi tsunami ini. Bila anda menuju kawasan Ulee Lheu maka akan terlihat empat buah gedung kokoh yaitu ada 3 lokasi Tsunami Escape Building yaitu gedung di Desa Lambung, Desa Deah Geulumpang, Desa Alue Deah Teungoh serta satu gedung khusus yang bernama gedung TDMRC-Tsunami & Disarter Mitigation Research Centre.

Terletak di belakang kuburan massa Ulee Lheu, gedung TDMRC yaitu Pusat Studi Tsunami dan Mitigasi Bencana Universitas Syiah Kuala merupakan lembaga riset yang didirikan pada 30 Oktober 2006.

Keberadaan TDMRC bertujuan untuk meningkatkan sumber daya riset kebencanaan yang berkualitas, memberikan advokasi pada pemerintah dalam membuat kebijakan, mengumpulkan dan menyediakan data terbaik dengan mempercepat proses pengumpulan data yang tepat berkaitan dengan dampak dari bencana dan diresmikan pada 28 Juli 2008.

Gedung TDMRC berfungsi juga sebagai tempat evakuasi tsunami dan beberapa waktu yang lalu juga digunakan sebagai tempat pemantauan gerhana matahari di kota Banda Aceh.

Dikawasan Lamjamee perbatasan Aceh Besar-Banda Aceh ada satu gedung evakuasi tsunami milik BPBD Aceh Besar bagi evakuasi masyarakat Pekan Bada dan sekitarnya.

Menjelang peringatan 13 tahun tsunami Aceh diresmikan satu lagi gedung evakuasi tsunami di kantor BPBD-Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Banda Aceh.

Dalam peresmian gedung evakuasi berangka baja khusus ini terlihat President Nippon Steel & Sukimin Metal Products, Mr Tomoaki Nakagawa. Turut hadir pada peresmian ini penasehat ekonomi Kedutaan Besar jepang Shigemi Endo, Naoto Tada dari Jica Expert, Sekdakota Banda Aceh Ir Bahagia DiplSE, Kepala Laboratorium Terpadu Unsyiah, Dr Muzailin Affan, anggota DPRK Banda Aceh, Kepala BPBD Banda Aceh Fadhil SSos, kepala SKPK, para jurnalis cetak, elektronik dan online.

Peresmian gedung evakuasi tsunami di halaman kantor BPDB Banda Aceh ini ditandai pemotongan pita oleh Walikota Banda Aceh, Aminullah Usman pada hari Kamis, 21 Desember 2017.

Gedung evakuasi tsunami ini berlantai empat. Tomoaki Nakagawa menyampaikan bahwa, "Gedung evakuasi dengan struktur rangka baja di Banda Aceh ini merupakan gedung pertama yang dibangun pihaknya di luar Jepang." Gedung Save Guard Tower (SGT) merupakan gedung penyelamatan satu-satunya berkontruksi baja yang materialnya dari Jepang.

Hasil survey yang dilakukan oleh LIPI bekerja sama dengan Nagoya University dan Nara University Jepang menunjukkan persentase, bahwa faktor yang membuat kebanyakan korban selamat dari bencana adalah faktor kesiapsiagaan diri, dengan persentasenya sebesar 35%. Lalu diikuti oleh faktor bantuan yang datang dari anggota keluarga sendiri sebesar 31,9%, dari tetangga atau lingkungan sebesar 28,1%.

Sedangkan faktor dari orang atau masyarakat (kelompok masyarakat) lain yang jauh cuma sebesar 2,6% saja. Bahkan tim SAR hanya menyumbang 1,7 persen saja dalam menyelamatkan korban bencana.

Para tamu dari Jepang ini juga dihibur dengan atraksi kesenian debus dan simulasi bencana oleh Basarnas Aceh, BPBD dan RAPI Banda Aceh dengan melibatkan anak-anak sekolah.

Simulasi ini dilakukan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada siswa. Bagaimana mereka menyelamatkan diri saat musibah terjadi, seperti musibah tsunami, bahkan kebakaran. Dimana tujuan simulasi ini adalah agar mereka tidak panik saat menghadapi bencana.

Dalam mengurangi resiko bencana juga meningkatkan partisipasi masyarakat, pemerintah dan semua pihak. Termasuk sosialisasi dan pelatihan penanggulangan bencana yang terus dilaksanakan.

Bantuan gedung berkontruksi baja tersebut harus menjadi alat pendidikan kebencanaan bagi warga Banda Aceh, terutama generasi muda. Harapannya mereka memiliki pengetahuan kebencanaan dan upaya menyelamatklan diri.

undefined Gedung Save Guard Tower (SGT) ini diharapkan menjadi salah-satu alternatif dalam upaya penyelamatan dari bencana seperti gempa dan tsunami. Kita harus menyiapkan masyarakat siaga bencana.Rachmad Yuliadi Nasir (SMS/WA: 0888.7211.300).

 

Century Park Hotel, Senayan Jakarta Hadirkan "The Groove" di Perayaan Malam Tahun Baru 2018

KOPI, Jakarta - Sambut datangnya tahun 2018 dengan perayaan yang tak terlupakan di Century Park Hotel, Senayan Jakarta.  Dengan lokasi yang sangat str…

Baca selengkapnya...

 

Nikmatnya ES Krim Aice , Tak Semanis "Jeritan" Tenaga Para Buruhnya

KOPI, Jakarta – Sebanyak 664 buruh PT. Alpen Food Industry melakukan aksi mogok kerja dari total 1.233 pekerja yang melakukan mogok sejak awal Novembe…
 

Peluncuran Buku Biografi Ciputra “The Passion of My Life”

KOPI, Jakarta – Ciputra Group dengan portfolio sebanyak 91 proyek residensial dan 39 proyek komersial dan sosial, Rabu (29/11) merayakan hari jadi kor…

Baca selengkapnya...

 
Artikel Lainnya...

Untuk Kedua Kalinya Pemkab Kampar Meraih WTP dari BPK Riau
Senin, 18 Juni 2018

KOPI, Pekanbaru - Ditempat kerjanya , sebut saja namanya Uwan Abdullah Cu Somek Mengatakan “ Setiap tahun BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) Perwakilan daerah Riau , selalu mengobral dan memberikan nilai kepada Pemerintah Propinsi serta kabupaten/kota . Penilaian ini rawan Suap, bagaimanapun masing-masing kepala daerah menginginkan meraih prediket WTP (Wajar Tanpa  pengecualian). Bagi-bagilah THR tuh bro. Masih ingatkah Anda dulu kasus... Baca selengkapnya...

RSUD Sekayu Muba Catat Sejumlah Prestasi, Sang Direktur Terima Penghargaan
Minggu, 17 Juni 2018

KOPI, JAKARTA - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sekayu, Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan catat sejumlah prestasi, sang Direktur dr. Makson Parulian Purba, MARS, terima penghargaan lembaga apresiasi independen. Berbagai perkembangan yang dicapai RSUD Sekayu di tangan dokter Makson Parulian Purba tentu dapat dilihat dan dirasakan masyarakat Muba. Dalam kepemimpinannya yang kedua kali, percepatan di bidang pelayanan kesehatan dan penambahan... Baca selengkapnya...

Dua BUMN Indonesia PT. KAI dan PT Wika Go Internasional Raih Proyek di Negara Filipina
Jumat, 01 Juni 2018

KOPI, Jakarta – “Keberhasilan ekspansi PT INKA ( PT. Industri Kereta Api) dan PT Wijaya Karya (Wika) di Filipina merupakan salah satu bukti bahwa BUMN  (Berebut Uang   Milik Negara eh salah Badan Usaha Milik Negara ) kita kuat, andal dan dipertimbangkan di luar negeri,” kata Rini. Dua perusahaan pelat merah bekerja sama dengan perusahaan Filipina terkait proyek infrastruktur transportasi. PT Industri Kereta Api (Inka) akan... Baca selengkapnya...

Industri Manufaktur Capai Investasi Rp62,7 Triliun di 2018
Minggu, 27 Mei 2018

KOPI,  Jakarta - Kementerian Perindustrian terus aktif mendorong peningkatan nilai investasi dan ekspor terutama di sektor manufaktur. Upaya ini diyakini mampu memacu pertumbuhan ekonomi nasional serta membawa efek positif yang luas guna menciptakan pemerataan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.   “Selama ini, industri menjadi penggerak utama dalam mengakselerasi pertumbuhan ekonomi nasional, sekaligus berperan sebagai tulang... Baca selengkapnya...

Kementrian Hukum dan Ham Santuni Anak Yatim serta Buka Puasa Bersama
Sabtu, 26 Mei 2018

KOPI, Jakarta - Kemenkumham mengadakan buka puasa bersama pejabat dan pegawai di lingkungan Sekretariat Jenderal, bertempat di Graha Pengayoman (22/5/2018). Acara yang ditaja oleh Biro Umum melalui Panitia Hari Besar Islam (PHBI) 2018, mengusung tema “Menanamkan nilai-nilai kejujuran” dengan penceramah Ustad Ali Saleh Mohammed Ali Jaber atau yang biasa dikenal Ustadz Syeikh Ali Jaber. Dalam tausiahnya beliau menyampaikan agar kita semua... Baca selengkapnya...

Ketua Umum PPWI Nasional Menghadiri Undangan Buka Puasa Bersama dengan Kedubes Maroko
Jumat, 25 Mei 2018

KOPI, Jakarta - Ketua Umum Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) Nasional, Wilson Lalengke, S.Pd. M.Sc, MA, bersama keluarga menghadiri undangan buka puasa bersama dengan Kedutaan Besar Kerajaan Maroko yang diwakili Konselor, Mr. Mostafa Nakhloui, di SHISHA Café, Jl. Kemang, Jakarta, Jumat, 24/05/2018. Turut hadir bersama Ketum PPWI dan keluarga, Ketua DPD-PPWI Provinsi Papua, Sem Gombo, S.Kom. Wilson bersama keluarga tiba di lokasi buka... Baca selengkapnya...

Sejumlah Alumni UNKRIS Kecam Aksi Teror Bom di Surabaya
Rabu, 16 Mei 2018

Foto: KGJ dalam sebuah aktivitas, 28 Jan 2018 KOPI, JAKARTA Sejumlah Alumni Universitas Krisnadwipayana (UNKRIS) Jakarta yang terhimpun dalam Perkumpulan Krisna Group Jatiwaringin (KGJ), Lintas Angkatan-Lintas Fakultas mengecam aksi teror bom bunuh diri yang terjadi di 3 (tiga) gereja di Surabaya dan Mapolresta Surabaya.   Peristiwa teror bom Minggu (13/05/2018) pagi itu, merupakan tindakan keji dan tidak berperikemanusiaan, karena sejumlah... Baca selengkapnya...

INTERNASIONALPresiden Trump Jamuan Iftar dengan .....
10/06/2018 | Didi Rinaldo

KOPI, Washington - Tradisi Iftar (Buka Puasa) di Gedung Putih dimulai pada 1990-an selama pemerintahan Bill Clinton sebagai bentuk “pendekatan” t [ ... ]



NASIONALPembukaan Festival Danau Sentani XI Tahu.....
19/06/2018 | Wawan Setiawan

KOPI–Jayapura, Pemerintah Kabupaten  Jayapura yang disponsori oleh Kementerian Pariwisata menggelar Festival Danau Sentani XI Tahun 2018 di Kota  [ ... ]



DAERAHTNI AD Mendukung Camp Remaja Gereja Kema.....
19/06/2018 | Wawan Setiawan

KOPI-Sentani, Rindam XVII / Cenderawasih menjadi tuan rumah acara Camp Remaja Gereja Kemah  Injil Indonesia Wilayah PAPUA Tahun  2018 di Distrik Sen [ ... ]



PENDIDIKANHeboh..Mahasiswa Asal Papua Ke Kampus UN.....
30/05/2018 | Sem Gombo, S.Kom

KOPI - Salah Seorang Mahasiswa UNCEN Jayapura asal Papua berinisial DT pergi ke Kampus dengan menggunakan busana daerah yaitu memakai Koteka. Apa ge [ ... ]



EKONOMIRI Fokus Terapkan Industri Hijau Melalui.....
17/06/2018 | Yeni Muezza
article thumbnail

KOPI, Jakarta - Pemerintah sedang gencar menggalakkan konsep circular economy di berbagai aspek kehidupan. Berbeda dengan linear economy yang mengan [ ... ]



HANKAMUniversitas Riau Tempat Merakit Bom .....
03/06/2018 | Didi Rinaldo

KOPI, Pekanbaru – Ditempat kerjanya,sebut saja namanya Ajisulung mengatakan “ Bukti lemahnya pengawasan oleh security Universitas Riau (UR). Para  [ ... ]



OLAHRAGAViral Medsos Rekaman Video Paspampres Ha.....
25/02/2018 | Didi Rinaldo

KOPI, Jakarta – Sebenarnya kegiatan ini bukan kegiatan kenegaraan. Kegiatan tersebut seremonial menyaksikan pertandingan Final antar dua kubu grup [ ... ]



POLITIKCagubri Lukman Edy : Prihatin Melihat .....
20/06/2018 | Didi Rinaldo

KOPI, Pekanbaru- Calon Gubernur Riau (Cagubri ) Lukman Edy bila dipercayai oleh masyarakat Riau terpilih menjadi Gubernur nanti, memperhatikan nasib  [ ... ]



OPINIMembantu Polisi Melalui Peran yang Kita .....
16/06/2018 | Harjoni Desky, S.Sos.I., M.Si

KOPI - Di bawah terik matahari pagi, lebih kurang sebanyak empat satuan setingkat kompi atau 400 orang personel brigade mobil (brimob) dan personel da [ ... ]



PROFILPolres Kuantan Singingi Raih Dua Pengh.....
08/06/2018 | Didi Rinaldo

KOPI, Kuantan Singingi - Polres Kuantan Singingi (Kuansing) raih dua penghargaan . Penghargaan itu diserahkan, Rabu (14/2/2018) oleh Irjen Nandang se [ ... ]



SOSIAL & BUDAYABatik Jambi Melenggang Hingga ke Eropa d.....
18/06/2018 | Yeni Muezza
article thumbnail

KOPI, Jakarta – Kementerian Perindustrian memfasilitasi sejumlah pelaku industri kecil dan menengah (IKM) batik nasional untuk ikut serta dalam  [ ... ]



ROHANITim Jum,at Barokah Waka Polresta Pekanba.....
18/06/2018 | Didi Rinaldo

KOPI, Pekanbaru - Menutupi minggu terkahir bulan suci Ramadhan 1439 H, tim terpadu Jum'at Barokah Polresta Pekanbaru mengunjungi panti asuhan Ali An N [ ... ]



RESENSIHeboh Buku Fire and Furry Ungkap “ D.....
05/01/2018 | Didi Rinaldo

KOPI, Washington DC- Heboh buku Fire and Fury ungkap “Dapur Gedung Putih” Menjelang Pemilu Pilres Amerika Serikat . Dilansir dari The Guardian, R [ ... ]



CERPEN & CERBUNGKetika Gunung Juga Punya Cara.....
22/03/2016 | Anjrah Lelono Broto
article thumbnail

KOPI - Gunung memiliki cara sendiri untuk menunjukkan kediriannya. Gunung juga memiliki mulut dan lidah tersendiri untuk berbicara. Gunung adalah gunu [ ... ]



PUISIMenatap Rasa.....
07/06/2017 | Mas Ade

Masih di bulan Juni Angin mendatangi jendelaku Bisikkan rindu yang basah Oleh hujan bulan Mei Meski embun tetap nyenyak dalam tidurnya Mendekap s [ ... ]



SERBA-SERBIKemenperin Dukung Pelaksanaan MOFP 2018 .....
10/06/2018 | Yeni Muezza
article thumbnail

KOPI,  Jakarta – Kementerian Perindustrian memberikan apresiasi dan dukungan kepada Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) dalam m [ ... ]



Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.