Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
Silahkan Login & Kirim Warta

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?
Pewarta Online

 

Yang Terpinggirkan
Gaji Pensiun yang belum Terealisasi Juga.....
21/02/2013 | Husaeni Mabruri

KOPI - Mimpi manis untuk masa depan gaji pegawai pensiunan sipil hidupnya belum dirasakan oleh Bpk. [ ... ]


Gelora Sepeda
Fun Bike Meriahkan HUT Ke-69 TNI di Aceh.....
29/09/2014 | Syamsul Kamal
article thumbnail

KOPI, Aceh Jaya - Dalam rangka memperingati hari ulang tahun Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang ke 69, Komando Distrik Militer (Kodim) 0114 Aceh Jaya, mengegelar acara sepeda santai (fun Bike)  [ ... ]



Polling Warga
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

Inspirasi Serba-Serbi Buku Mengubah Hidupku
DIRGAHAYU PERSATUAN PEWARTA WARGA INDONESIA (PPWI), 11 NOVEMBER 2007 - 11 NOVEMBER 2014, SENANTIASA TEKUN BELAJAR DAN BERKARYA BAGI PENCERDASAN BANGSA-BANGSA DI NUSANTARA DAN SEANTERO BUMI BRAVO PPWI... BRAVO INDONESIA... BRAVO PEWARTA WARGA...!!!

Buku Mengubah Hidupku

KOPI - Pesta Buku Jakarta 2011 kembali diselenggarakan oleh Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) DKI Jakarta. Pada pameran ke-21 kali ini, Pesta Buku Jakarta 2011 mengambil tema yang sangat inspiratif; “Buku Mengubah Hidupku” . Perhelatan besar ini diselenggarakan  di Istora Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta, dan akan berlangsung selama Sembilan hari (2-10 Juli 2011), dimulai pukul 10.00-21.00 WIB setiap harinya.

Acara Pesta Buku Jakarta (PBJ) 2011 tersebut dibuka pada Sabtu 2 Juli 2011 oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta, Prijanto, dan dihadiri oleh Ketua IKAPI DKI Jakarta, H. E. Afrizal Sinaro dan Ketua Panitia Pesta Buku Jakarta 2011, Mappa Tutu.

H. E. Afrizal Sinaro dalam sambutannya antara lain mengatakan, dengan dapat diselenggarakannya kembali PBJ, bisa dimaknai adanya kebutuhan bersama sekaligus terjalinnya kebersamaan dalam industri perbukuan. Pameran buku, seperti PBJ ini merupakan salah satu upaya promosi juga untuk lebih mendekatkan buku dengan masyarakat. Melalui PBJ memungkinkan terjalinnya interaksi antara para penggerak perbukuan dan masyarakat atau pengguna buku. Di dalamnya bukan hanya penerbit dan masyarakat atau pengguna buku, tapi melibatkan seluruh aktifitas dunia perbukuan.”

Lebih lanjut lagi Afrizal memaparkan : “Pada kesempatan ini pula kami sebagai pengurus IKAPI DKI Jakarta, dengan menggandeng berbagai pihak terus berupaya mengkampanyekan dan menyadarkan untuk meningkatkan budaya membaca, baik melalui pameran maupun berbagai kegiatan  lainnya. Salah satu upaya kongkrit, baru-baru ini, tepatnya pada bulan Juni 2011, kami telah mendirikan dan meresmikan Rumah Baca yang berada di Sekretariat IKAPI DKI Jakarta. Alhamdulillah, tanggapannya luar biasa, dalam satu pekan sudah mencapai ratusan pengunjung, sehingga ruang yang tersedia terasa sempit, bahkan dalam satu hari pernah mencapai hingga 70 pengunjung. Kenyatan ini memperlihatkan, ternyata tumbuhnya budaya baca harus pula disertai dengan penyediaan fasilitas sarana baca yang memadai.”

Dalam kesempatan yang sama, Ketua PBJ 2011, Mappa Tutu, turut pula memberikan sambutannya: “Perhelatan  Pesta Buku Jakarta 2011 ke-21 kali ini menjadi momentum yang sangat berarti bagi IKAPI DKI Jakarta, karena menjadi kegiatan penutup untuk pengurus masa bakti 2007-2011. Sebagai kegiatan penutup tentu saja menjadi keharusan bagi pengurus untuk mengemas dan menampilkan secara apik dan maksimal.”

PBJ 2011 diikuti oleh lebih dari 200 penerbit, penyalur dan toko buku, perpustakaan, lembaga perbukuan, penerbit media massa, sponsor pendukung dunia pendidikan Indonesia, lembaga pendidikan, dan komunitas perbukuan. Buku-buku baru dengan beragam tema, mulai dari buku anak dan remaja, buku umum, buku pelajaran, buku agama, dan lain sebagainya, akan bertebaran di setiap sudut Istora Gelora Bung Karno. Bukan hanya bukunya yang lebih beragam, para pengunjung juga akan dimanjakan dengan diskon yang melimpah hingga 70%.

Selain itu, sejumlah acarapun akan digelar untuk menambah wawasan dan hiburan bagi para pengunjung. Karena PBJ 2011 memadukan unsur pendidikan (education), pameran (exhibition), dan hiburan (entertainment). Berbagai acara pendukung pun sangat beragam, mulai dari Launching Buku, Bedah Buku, Talkshow & Jumpa Penulis, Lomba Konser Drum Band, Fun Bike With Book, Lomba Mewarnai, Lomba Membuat Komik, Cinema 4 Dimensi, Olimpiade Matematika 2011, dan berbagai acara menarik lainnya yang sangat menghibur dan inspiratif. Melengkapi berbagai acara pendukung tersebut, Panitia PBJ 2011 juga menyediakan berbagai hadiah menarik yang siap membanjiri arena Istora GBK, mulai dari T-Shirt, PC Tablet, Blackberry, dan berbagai merchandise menarik lainnya. Warna dan tampilan yang berbeda dari tahun ketahun bertujuan agar acara ini semakin hidup dan masyarakat semakin mencintai buku.

Dalam momen yang sangat inspiratif tersebut, IKAPI Juga memberikan penghargaan (award) kepada mereka yang selalu memperhatikan dunia perbukuan dan berkarya untuk buku. Penghargaan ini diberikan kepada empat orang dengan latar belakang yang berbeda : Penulis dari latar belakang anak, Penulis dari latar belakang remaja, Penulis dari latar belakang budayawan, dan Penulis dari latar belakang pengusaha. Penghargaan tersebut adalah wujud apresiasi dari IKAPI DKI terhadap karya-karya mereka yang sangat inspiratif dalam menggalakkan budaya membaca dan menulis di tengah masyarakat.

Tema “Buku mengubah Hidupku” diangkat oleh panitia PBJ 2011 bukan hanya sebagai slogan semata, tapi juga sebagai kesaksian atau testimoni bahwa buku dapat mengubah hidup seseorang. Perubahan itu dapat dimaknai sebagai kualitas hidup seseorang dari tidak tahu menjadi tahu atau dari tidak bisa mnejadi bisa, artinya buku merupakan sumber ilmu pengetahuan.

Segera kunjungi Pesta Buku Jakarta 2011, agar anda tahu bagaimana buku bisa mengubah hidup. Baca bukunya dan dapatkan pengetahuannya, tak lupa pula nikmati pestanya yang meriah. (*)


Artikel Lainnya:

 

Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.