Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?

PEWARTA ONLINE

GELORA SEPEDAJatuh Bangun Nadine Go wes Bersepeda den.....
20/06/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Jakarta – Aktris Nadine Chandrawinata menyukai olahraga seperti  Renang, Menyelam, Senam serta olahraga baru yang kini Ia geluti yakni bersepeda. Ditemui di acara Polygon Follow Your Own P [ ... ]



POLLING WARGA
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

SOSIAL & BUDAYA

Batik Jambi Melenggang Hingga ke Eropa di Ajang "Indonesia Batik For The World"

KOPI, Jakarta – Kementerian Perindustrian memfasilitasi sejumlah pelaku industri kecil dan menengah (IKM) batik nasional untuk ikut serta dalam pamera…

Baca selengkapnya...

 

Jalan Panjang Memajukan Koperasi Kita

Siang itu, gedung ruko (toko) yang memiliki spanduk bertuliskan “Koperasi Serba Usaha Maranti” ramai dikunjungi orang, lebih kurang 46 orang hadir. Mereka itu adalah para anggota koperasi. Sesuai dengan surat undangan yang ada di tangan para anggota, siang ini akan diadakan rapat anggota tahunan (RAT). Bapak Muhammad Ralidi selaku ketua Koperasi Serba Usaha Maranti, dijadwalkan langsung memimpin rapat. Dalam tata kehidupan sebuah koperasi, rapat anggota mempunyai peranan penting dalam menentukan maju atau mundurnya tata kehidupan Koperasi, karena rapat anggota membahas persoalan yang timbul dalam kegiatan Koperasi yang kemudian akan dicari jalan cara penyelesaiannya untuk mengatasi persoalan dalam membuat program kerja Koperasi harus di tetapkan oleh rapat anggota sebagai pemegang kekuasaan tertinggi dalam Koperasi.

Koperasi Serba Usaha Maranti tersebut berada di Kabupaten Simeulue Provinsi Aceh. Jenis koperasi yang ditekuni adalah konsumen, dan sektor usahanya adalah penyediaan akomodasi dan makan minum. Koperasi Serba Usaha Maranti menjadi salah satu koperasi tertua di kabupaten Simeulue, karena koperasi ini telah berdiri sejak tahun 2004. Lebih kurang 14 tahun lamanya koperasi ini eksis di kabupaten Simeulue. Tentu saja, keberadaan koperasi ini telah melewati perjalanan yang panjang, berliku, dan penuh dengan tantangan. Atas dasar itu, hari ini diadakan rapat, dalam rapat tersebut Bapak Muhammad Ralidi mengajak kembali anggotanya untuk berbelanja di koperasi. "Di tahun ini, para pengurus harus lebih giat mengimbau anggotanya untuk berbelanja di koperasi. Belanja di koperasi tidak hanya untuk meningkatkan modal tetapi juga keuntungannya akan kembali kepada anggota dalam bentuk Sisa Hasil Usaha (SHU)," ujar beliau.

Sisa Hasil Usaha Koperasi (SHU) sendiri adalah sisa dari usaha Koperasi yang diperoleh setelah kebutuhan anggota terpenuhi. Dalam manajemen Koperasi, SHU berarti selisih dari penerimaan total dengan biaya total (Total Revenue – Total Cost) dalam 1 tahun buku. Menurut UU No. 25 Tahun 1992 Bab IX Pasal 45, SHU Koperasi yakni : (a) Pendapatan Koperasi yang diperoleh dalam satu tahun buku dikurang dengan biaya, penyusutan, dan kewajiban lain termasuk pajak dalam tahun buku yang bersangkutan; (b) SHU setelah dikurangi dana cadangan, dibagikan kepada anggota sebanding jasa usaha yang dilakukan oleh masing-masing anggota dengan Koperasi, serta digunakan untuk keperluan pendidikan perkoperasian dan keperluan Koperasi sesuai dengan keputusan Rapat Anggota; (c) Besarnya pemupukan modal dana cadangan ditetapkan dalam Rapat Anggota; (d) Penetapan besar, jenis, dan jumlah pembagian kepada para anggota ditetapkan oleh Rapat Anggota sesuai dengan AD/ART Koperasi; (e) Besar SHU yang diterima setiap anggota akan berbeda, tergantung besar partisipasi modal dan transaksi anggota terhadap pembentukan pendapatan Koperasi; dan (f) Semakin besar transaksi, semakin besar SHU yang diterima.

Menurut Undang-Undang No. 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian, pasal 5 ayat 1, “Pembagian SHU kepada anggota dilakukan tidak semata-mata berdasarkan modal yang dimiliki seseorang dalam koperasi, tetapi juga berdasarkan perimbangan jasa usaha anggota terhadap koperasi.Ketentuan ini merupakan perwujudan kekeluargaan dan keadilan.” Di dalam AD/ART Koperasi telah menentukan pembagian SHU : Cadangan Koperasi 40%, jasa anggota 40%, dana pengurus 5%, dana karyawan 5%, dana pendidikan 5%, dana sosial 5%, dana pembangunan lingkungan 5%. Tidak semua komponen digunakan dalam membagi SHU.Itu semua tergantung dari keputusan Rapat Anggota. Prinsip-prinsip pembagian SHU Koperasi harus bersumber dari anggota, merupakan jasa dari modal dan transaksi usaha yang dilakukan anggota sendiri, dilakukan secara transparan, dan dibayar secara tunai.

Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Serba Usaha Maranti tahun ini digelar di di Desa Air Dingin Kecamatan Simeulue Timur. Jumlah anggota koperasi Serba Usaha Maranti sendiri saat ini sebanyak 49 orang, yang terdiri dari 28 orang anggota laki-laki, 18 anggota perempuan, dan 3 manajer. Bapak Muhammad Ralidi kemudian mengatakan koperasi Serba Usaha Maranti harus menjadi tempat bagi anggota untuk memenuhi kebutuhannya. Kebutuhan ini mulai dari primer, sekunder dan tersier. "Anggota bisa membeli peralatan elektronik sampai meminjam uang untuk kebutuhan-kebutuhan sekunder seperti biaya pendidikan, kesehatan, dan rekreasi. Tapi ini juga harus melihat dan menyesuaikan dengan kekuatan pendanaan koperasi," lanjutnya.

Bapak Muhammad Ralidi juga mengingatkan bahwa basis pembangunan ekonomi di Indonesia umumnya, dan Simeulue khususnya ada di koperasi. Namun saat ini, keberadaan koperasi semakin kalah dengan jenis usaha yang lain. Beberapa koperasi di Aceh bahkan harus ditutup karena tidak memenuhi indikator RAT. "Untuk maksud itu, kita harus punya keinginan yang kuat dan bulat untuk memajukan koperasi ini. Koperasi yang kita bentuk bersama agar konsisten memenuhi indikator RAT yang telah ditetapkan. Untuk mencapai keinginan mulia tersebut, anggota harus siap mengikuti pembinaan dan pelatihan yang dilakukan, baik itu yang diselenggarakan oleh koperasi, maupun pihak dinas, kabupaten, provinsi, bahkan pusat," ujar Bapak Muhammad Ralidi penuh semangat.

Bapak Muhammad Ralidi juga mengingatkan kembali perjuangan panjang selama 14 tahun yang mereka lalui, sehingga koperasi Serba Usaha Maranti sudah memiliki sertifikat dan memiliki grade B sekarang ini. Ia mengakui untuk memajukan koperasi memang tidak mudah karena didalamnya terdapat iuran dan kewajiban dari anggota yang memiliki kondisi ekonomi yang berbeda-beda. Koperasi Serba Usaha Maranti sendiri disebutnya memiliki SHU yang kecil, namun masih mampu memenuhi kebutuhan anggotanya. "Simpan pinjam koperasi itu banyak kelebihannya. Bisa digunakan untuk kebutuhan pendidikan, kesehatan, dan yang utama memenuhi kebutuhan sehari-hari," katanya menutup rapat anggota kali ini.

Terlihat benar Bapak Muhammad Ralidi menggantungkan harapan yang tinggi untuk para anggota koperasi yang hadir, dan mengikuti rapat anggota tahunan (RAT) kala itu. Harapan bagi para anggotanya untuk kembali semangat memajukan koperasi. Koperasi yang sama-sama telah mereka dirikan sejak 14 tahun yang lalu, dengan cara memanfaatkan koperasi, baik dalam bentuk berbelanja segala kebutuhan sehari-hari, maupun memanfaatkan fasilitas simpan pinjam. Disamping tetap konsisten untuk memenuhi indikator RAT dengan cara: semua para anggota harus siap mengikuti pelatihan, dan peningkatan SDM, baik itu yang diselanggarakan koperasi, dinas, kabupaten, provinsi maupun pusat. Diharapkan dengan cara-cara tersebut, dapat memajukan koperasi Serba Usaha Maranti di masa –masa yang akan datang. Semoga.

 

 

Bripka. Parsuji, Bhabinkamtibmas Pelopor dan Pelestari Kesenian Wayang Orang

KOPI, Pujon – Kesenian Tradisional, mungkin sudah kuno bagi sebagian generasi muda yang tidak memahami karakteristik budaya nusantara. Namun tidak bagi yang memahami,  ikut serta dalam melestarikan dengan menjadi pemeran dan pemusik kesenian tradisional adalah satu hal yang beda (keren).  Karena  merupakan kebanggaan tersendiri bisa turut serta melestarikan warisan kesenian budaya adiluhung bangsa.

Baca selengkapnya...

 

SEMUT MAS Magang Rajut di Jakarta

KOPI, Jakarta - SEMUT MAS, sebuah komunitas yang tergabung dari ibu-ibu yang memiliki hobi merajut di Semarang, berkumpul di Jakarta dalam kegiatan Ma…

Baca selengkapnya...

 

Ikuti FLS2N Lampung Barat, SMPN 2 Bandar Negeri Suoh Raih Juara

KOPI, Lampung Barat - Siswa/i SMP N Bandar Negeri Suoh juara 1 (satu) FLS2N Musik Tradisional di kabupaten Lampung Barat. Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) dibidang Musik teadisional kabupaten Lampung Barat. Pesertanya adalah setiap Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-kabupaten lampung Barat, mengirim perwakilan siswanya untuk ikut dalam FLS2N.

FLS2N dilaksanakan 4 hari yang lalu di Gedung GOR Aji saka Lampung Barat, tgl. 17 s/d 19 2018.

Walaupun Siswa SMPN 2 Bandar Negeri Suoh,  mayoritas adalah anak seorang petani tulen,  yang hobbi anak-anaknya adalah bermain disawah, dan mencari ikan-ikan kecil disungai. Tapi, disisi lain potensi yang mereka miliki dibidang musik tradisional, sekolah dan belajar, siswa/i SMPN 2 bandar Negeri Suoh patut diacungi jempol,  dan dibanggakan.

Baca selengkapnya...

 

Menaker M. Hanif Dhakiri : Angkatan Kerja Indonesia Level Menengah Keatas Kurang

KOPI, Jakarta - Dalam acara Diskusi public ditaja oleh Forum Kebijakan Ketenagakerjaan (FKK) di Auditorium CSIS, Jakarta, Rabu (11/4/2018). sebagai …
 

Maulid Akbar 1439 H di DPRK Banda Aceh

KOPI-Jakarta, Memasuki akhir bulan-bulan perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 1439 H, maka DPRK Banda Aceh mengambil kegiatan ini pada hari Senin, 26 Februari 2018. Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 1439 H, ini dilakukan dihalaman kantor lama DPRK Banda Aceh.

lantunan zikir dan shalawat Nabi Muhammad SAW turut terdengar. Hadir seluruh anggota DPRK Banda Aceh dan staf, Walikota Banda Aceh Aminullah Usman dan Wakil Walikota Banda Aceh Zainal Arifin, para anggota Forkopimda Banda Aceh, anak yatim piatu, undangan lainnya dan para jurnalis.

Ketua DPRK Banda Aceh Arief Fadhilah memandang acara ini untuk selalu menjalin silaturahmi yang baik dengan rakyat, karena tanpa rakyat tidak mungkin ada anggota dewan.

Perayaan maulid Nabi Muhammad SAW, diadakan juga peusijuek kantor baru DPRK Banda Aceh, penyerahan santunan anak yatim, serta zikir pada malam harinya.

Sebagai penceramah perayaan maulid Nabi Muhammad SAW oleh Abi Pango. Sedangkan pada zikir malam harinya, ceramah diisi oleh Tgk Salman Saf dan tausiyah dari Abuya Syeh H Amran Wali Al Khalid.

Terlihat juga warga kota Banda Aceh ikut membaur pada kegiatan Maulid Nabi Muhamad SAW tahun 1439 H. Panitia juga menyerahkan santunan untuk puluhan anak yatim piatu dan diakhiri makan bersama kenduri Maulid Nabi Muhamad SAW dibawah tenda raksasa di halaman kantor lama DPRK Banda Aceh.

Menu utama kenduri Maulid ini adalah kuah beulanga, ada juga ayam goreng, perkedel, telur asin, gado-gado, krupuk, sambal kentang, jeruk, pisang dari hidang khusus dan dua buah meja prasmanan untuk warga kota Banda Aceh.Rachmad Yuliadi Nasir (WA:0888.7211.300 - FB/tragedi.gurita)

 

Anak diberi Nama “Fastpay” Pasangan ini dapat hadiah tak terduga dari Sentra bisnis Fastpay

KOPI - Apalah arti sebuah nama, begitu kata pujangga. Hal ini tidak berlaku bagi keluarga Soebarno (43) Warga Sumberjaya Majalengka Jawa Barat. Baginya nama adalah doa dan kebanggaan keluarga.

Dirinya sengaja memberikan nama kepada anak kesayangannya yang lahir pada 14 Desember 2015 dengan nama “Fastpay” salah satu bisnis yang kini menjadi perhatian banyak masyarakat.

Baca selengkapnya...

 

Selasih

KOPI, BEKASI - GEDUNG JUANG Tambun bekasi menjadi pesona tersendiri pada malam Selasa Kemarin (29/01/2018) ,dengan adanya Kegiatan Selasi dengan tag line Bebaritan Seni Budaya dan Sastra Bekasi. Yaitu konsep acara yang di prakarsai oleh Ibu Wiwik dan Kang Jo,yang merupakan pemerhati Seni dan Budaya. Dalam acara ini Selasi menyajikan acara dengan tampilan berbagai elemen seni yaitu musik,seni tari,silat,dan Puisi serta bentuk kesenian lainnya yang ada khas dari Bekasi.pada kesempatan acara ini juga melibatkan beberapa tokoh seniman dan budayawan bekasi antara lain Kong Guntur,Fahmi Benhud,Wajah Etnik dan padepokan silat serta penampilan seniman dan budayawan lainnya di hadiri oleh komunitas seperti komunitas Mobil,Motor,anak jalanan serta masyarakat. Bahkan dalam kesempatan ini beberapa orang dari komunitas pun ikut andil dalam penampilan acara.

Baca selengkapnya...

 

Puluhan Penyair Siap Meriahkan HUT ke-9 Majelis Sastra Bandung

KOPI, Bandung–Di Hari Ulang Tahunnya yang ke-9, Majelis Satra Bandung (MSB) kembali menggelar acara. Jika tahun-tahun sebelumnya ada pentas dangdut, w…

Baca selengkapnya...

 

Kebesaran Sultan Iskandar Muda Dipandang Sebelah Mata

KOPI,Banda Aceh-Sultan Iskandar Muda adalah salah satu Sultan Aceh yang sangat terkenal. Beliau memerintah kesultanan Aceh sejak 1607-1636. Wilayah kekuasaannya sampai Thailand Selatan hingga Malaysia.

Pada tanggal 27 Desember 2017, rakyat Aceh yang digagas oleh Satuan Tugas Percepatan Pembangunan Aceh (Satgas PPA) memperingati wafatnya Sultan Agung yaitu Haul Sultan Iskandar Muda ke-381.

Akan tetapi dalam peringatan Haul Sultan Iskandar Muda ke-381 ini yang dilaksanakan di kompleks kuburan raja-raja Aceh samping pendopo gubernur Aceh ini tidak terlihat seorang pun pejabat VIP.

Dimana keberadaan Gubernur /Wakil Gubernur Aceh, Walikota/Wakil Walikota Banda Aceh, Pangdam Iskandar Muda, Danlanud (SIM) Sultan Iskandar Muda pada peringatan Haul Sultan Iskandar Muda ke-381.

Mereka semua absen alias tidak hadir sesal Ketua Panitia Haul Sultan Iskandar Muda ke-381, Fahmi Pribadi Desky. Seharusnya Pemerintah Aceh peduli dengan peringatan Haul Sultan Iskandar Muda ini, beliau sosok yang menjadi panutan bagi Bangsa Aceh. Apa Pemerintah Aceh tidak paham sejarah, seharusnya Pemerintah Aceh mendukung kegiatan seperti ini.

Aneh sekali Sultan Iskandar Muda adalah sultan Aceh yang sangat besar, namanya diabadikan sebagai nama jalan Sultan Iskandar Muda , nama bandara internasional Sultan Iskandar Muda (SIM), nama Rumah Sakit Kesdam Iskandar Muda , nama Kodam Iskandar Muda, nama kapal perang KRI Sultan Iskandar Muda 367 serta yang terakhir pada Agustus 2017 nama RSUD Nagan Raya menjadi RSUD Sultan Iskandar Muda.

Sultan Iskandar Muda mangkat tanggal 29 Rajab 1046 Hijriah, bertepatan dengan 27 Desember 1636 Masehi. Dan pada hari Rabu, 27 Desember 2017 para pengiat sejarah bersama Satuan Tugas Percepatan Pembangunan Aceh (Satgas PPA) memperingati acara Haul Sultan Iskandar Muda ke-381 secara sederhana.

Acara Haul Sultan Iskandar Muda ke-381 diisi dengan beragam kegiatan seperti Zikir dan Tausiah oleh Ust. Zul Arafah, sejarah singkat tentang Sultan Iskandar Muda oleh Tgk. Abdul Azis dan H. Abdurrahman Kaoy.

Ada juga Peusijuek Ahli Waris Sultan oleh Teungku Ahmad Tajudin (Abi Lampisang) serta santunan anak yatim piatu sebayak 70 orang. Puncak acara Haul Sultan Iskandar Muda ke-381 adalah penetapan dan Peusijuek Ahli Waris Sultan yaitu Teungku Putroe Safiatuddin Cahya Nuralam dan dilanjutkan ramah tamah.Rachmad Yuliadi Nasir (SMS/WA: 0888.7211.300)

 

Kebesaran Sultan Iskandar Muda Dipandang Sebelah Mata

KOPI,Banda Aceh-Sultan Iskandar Muda adalah salah satu Sultan Aceh yang sangat terkenal. Beliau memerintah kesultanan Aceh sejak 1607-1636. Wilayah kekuasaannya sampai Thailand Selatan hingga Malaysia.

Pada tanggal 27 Desember 2017, rakyat Aceh yang digagas oleh Satuan Tugas Percepatan Pembangunan Aceh (Satgas PPA) memperingati wafatnya Sultan Agung yaitu Haul Sultan Iskandar Muda ke-381.

Akan tetapi dalam peringatan Haul Sultan Iskandar Muda ke-381 ini yang dilaksanakan di kompleks kuburan raja-raja Aceh samping pendopo gubernur Aceh ini tidak terlihat seorang pun pejabat VIP.

Dimana keberadaan Gubernur /Wakil Gubernur Aceh, Walikota/Wakil Walikota Banda Aceh, Pangdam Iskandar Muda, Danlanud (SIM) Sultan Iskandar Muda pada peringatan Haul Sultan Iskandar Muda ke-381.

Mereka semua absen alias tidak hadir sesal Ketua Panitia Haul Sultan Iskandar Muda ke-381, Fahmi Pribadi Desky. Seharusnya Pemerintah Aceh peduli dengan peringatan Haul Sultan Iskandar Muda ini, beliau sosok yang menjadi panutan bagi Bangsa Aceh. Apa Pemerintah Aceh tidak paham sejarah, seharusnya Pemerintah Aceh mendukung kegiatan seperti ini.

Aneh sekali Sultan Iskandar Muda adalah sultan Aceh yang sangat besar, namanya diabadikan sebagai nama jalan Sultan Iskandar Muda , nama bandara internasional Sultan Iskandar Muda (SIM), nama Rumah Sakit Kesdam Iskandar Muda , nama Kodam Iskandar Muda, nama kapal perang KRI Sultan Iskandar Muda 367 serta yang terakhir pada Agustus 2017 nama RSUD Nagan Raya menjadi RSUD Sultan Iskandar Muda.

Sultan Iskandar Muda mangkat tanggal 29 Rajab 1046 Hijriah, bertepatan dengan 27 Desember 1636 Masehi. Dan pada hari Rabu, 27 Desember 2017 para pengiat sejarah bersama Satuan Tugas Percepatan Pembangunan Aceh (Satgas PPA) memperingati acara Haul Sultan Iskandar Muda ke-381 secara sederhana.

Acara Haul Sultan Iskandar Muda ke-381 diisi dengan beragam kegiatan seperti Zikir dan Tausiah oleh Ust. Zul Arafah, sejarah singkat tentang Sultan Iskandar Muda oleh Tgk. Abdul Azis dan H. Abdurrahman Kaoy.

Ada juga Peusijuek Ahli Waris Sultan oleh Teungku Ahmad Tajudin (Abi Lampisang) serta santunan anak yatim piatu sebayak 70 orang. Puncak acara Haul Sultan Iskandar Muda ke-381 adalah penetapan dan Peusijuek Ahli Waris Sultan yaitu Teungku Putroe Safiatuddin Cahya Nuralam dan dilanjutkan ramah tamah.Rachmad Yuliadi Nasir (SMS/WA: 0888.7211.300)

 

Heboh Kedekatan Mentri ESDM Jonan dengan Tenaga Ahlinya Indira Soediro

KOPI, Jakarta – Ditempat kerjanya, Kang mas Sutisyoso menuturkan “ Wajar dong pria suka wanita. lanjutkan ketua “ cakap  Pengamat, Penggemar wanita ca…
 

Pameran Seni “Run For Manhattan” by Made Wianata Digelar 24 November hingga 8 Desember 2017

KOPI, Jakarta - Ciptadana Art Program kembali digelar dengan tujuan untuk berbagi dengan klien, dengan mengapresiasi seni kontemporer unik Indonesia. …

Baca selengkapnya...

 

Zikir dalam Kehidupan Sehari-hari

KOPI, JAKARTA - Dalam hidup ini kita dituntut untuk selalu bersyukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT. Terlebih lagi bagi rakyat Aceh yang telah diberi keselamatan oleh Allah SWT atas musibah gempa bumi dan tsunami pada 26 Desember 2004.

Sekarang di kota Banda Aceh telah bermunculan kelompok-kelompok Zikir yang rutin diadakan. Kelompok ini biasa melaksanakan Zikir di masjid raya Baiturrahman Banda Aceh pada malam senin, malam selasa, malam Jumat. Ada juga Zikir yang rutin setiap awal bulan dan lain sebagainya.

Baca selengkapnya...

 

Bupati Aceh Jaya Kukuhkan IKAJAYA Periode 2017-2021

KOPI, Banda Aceh - Kabupaten Aceh Jaya merupakan kabupaten yang baru didirikan yaitu pada tahun 2002 sebagai hasil pemekaran dari Kabupaten Aceh Barat. Beberapa waktu yang lalu Bupati Aceh Jaya Drs. T. Irfan TB baru saja dilantik pada 18 Juli 2017, oleh Gubernur Aceh Irwandi Yusuf sebagai Bupati Aceh Jaya periode 2017-2022. Dimana Beliau memenangi pemilu pada tanggal 15 Februari 2017 dengan jumlah 65,70 persen suara.

Baca selengkapnya...

 

Jelang Usia 9 Tahun Majelis Sastra Bandung Gelar Lomba Esai

KOPI, Bandung - Majelis Sastra Bandung (MSB) merupakan komunitas sastra nirlaba, berdiri 25 Janurai 2009. didirikan oleh penggiat sastra seperti Dedy …

Baca selengkapnya...

 

Wonderful Indonesia Culinary & Shopping Festival 2017

KOPI, Jakarta - Wonderful Indonesia Culinary & Shopping Festival (WICSF) kembali digelar mulai hari ini 26 September hingga 1 Oktober 2017, yang bertempat di Grand Atrium, Modaic Walk dan Food  Society, Kota Kasablanka Jakarta Selatan.

Baca selengkapnya...

 

Silaturami Akbar Forsiar Tahun 2017

KOPI, Banda Aceh - Menurut catatan sudah beberapa kali Forum Silaturahmi Aceh Rayeuk (Forsiar) acara akbar di kawasan Banda Aceh dan Aceh besar. Forsiar biasa membuat acara silaturahmi untuk mengikat tali persaudaraan. Berhubung telah dilaksanakan Pilkada serentak tahun 2017 dan pasca lebaran Idul Fitri maka Forsiar memandang penting untuk menggelar acara halal bihalal.

Kegiatan ini dipusatkan pada Gampong Miruek Taman, Kecamatan Darussalam, Kabupaten Aceh Besar, Minggu pagi, 13/8/2017. Dalam acara ini dihadiri oleh masyarakat dari tiga daerah yaitu kota Banda Aceh, kota sabang serta dari Kabupaten Aceh Besar.

Baca selengkapnya...

 

Generasi Muda Sebaluh Pujon Giat Lestarikan Seni Tradisional

KOPI, Malang - Tari teradisonal tidak hanya sekedar untuk menjadi hiburan semata, namun bisa dijadikan sebuah karya yang di miliki oleh bangsa Indonesia. Dari waktu ke waktu tari tradisional tidak begitu disukai bahkan jarang diminati oleh orang-orang Indonesia khususnya generasi muda. Alasannya tarian tradisional yang gerakannya lemah gemulai susah untuk dipelajari.

Baca selengkapnya...

 

Nakama “Machi” Festival Hadir di Jakarta

KOPI - Jepang dikenal akan kebudayaannya yang unik. Tidak hanya karena kemampuan teknologinya yang bekembang pesat, negara yang dijuluki dengan negeri matahari terbit ini juga terkenal akan kebudayaannya yang unik dan menarik, seperti Tarian, Makanan, Musik, Film, hingga Manga dan Anime.

Baca selengkapnya...

 

Waka II Iman Sutiawan Lepas Pawai Budaya Mangsang

KOPI - Sekitar 1.500 warga masyarakat Kelurahan Mangsang, Kecamatan Sungai Beduk, Kota Batam, Provinsi Kepri, hadiri Pawai Budaya dalam rangka memperingati HUT RI ke 72, pada Hari Sabtu / 26 Agustus 2017, Pukul 13.00 Wib. Ramai sekali.

Wakil Ketua II DPRD Batam, Iman Sutiawan SE, melepas Pawai Budaya bersama Camat Sungai Beduk Taufik dan Lurah Mangsang Said serta Ketua Panitia Hubertus dan Tokoh Masyarakat seperti Nurdin, Joko, Parno dan Meng Asih Dimas.

Baca selengkapnya...

 

PKPA Kembali Gelar FFA dan FTA 2017

KOPI - Yayasan Pusat Kajian dan Perlindungan Anak (PKPA) kembali menggelar Festival Film Anak (FFA) dan Festival Teater Anak (FTA) tahun 2017 dengan tema Bisnis dan Hak-Hak Anak. “Tahun 2017 ini adalah ke 10 kalinya PKPA menggelar FFA dan FTA, sebagai media untuk mengkampanyekan perlindungan anak dan tahun 2017 ini kita memilih tema Bisnis dan Hak-Hak Anak” kata Ayu Lestari, panitia pelaksana, kepada wartawan, Senin (24/7/2017).

Tema tersebut, lanjut Ayu, sebagai upaya PKPA mensosialisasikan hubungan antara bisnis dan pemenuhan hak-hak anak. “Relasi keduanya tidak sebatas pada aspek pekerja anak saja, sektor bisnis berkaitan dengan dampak positif dan negatif terhadap pemenuhan dan perlindungan anak, melalui kegiatan ini kita harapkan masyarakat dan pelaku bisnis semakin memahami aspek tersebut” ujar Ayu.

Baca selengkapnya...

 

Peran Center of Excellence dalam Mewujudkan Negara Maritim Berbasis Kepulauan

KOPI, Indonesia - Para pendiri bangsa ini menyadari sepenuhnya bahwa perairan, selat, dan lautan di antara pulau-pulau nusantara adalah satu kesatuan yang utuh. Perairan, selat, dan lautan adalah pemersatu dan bukan pemisah belasan ribu pulau-pulau di Indonesia. Dengan wilayah air yang jauh lebih luas dibanding daratan, serta posisi silang yang strategis, sudah sewajarnya apabila bangsa ini memiliki kepentingan fundamental untuk menguasai dan memanfaatkan Sumber Daya Alam (SDA) laut, memiliki identitas dan budaya maritim yang kuat, serta memanfaatkan posisi strategis untuk kemaslahatan rakyat Indonesia.

Baca selengkapnya...

 

Yoesi Ariyani Lestarikan Tari Klasik Jawa Surakarta Lewat “Purwakanthi”

KOPI, Jakarta - Dalam era globalisasi sekarang ini, nilai-nilai tradisi sudah mulai banyak ditinggalkan oleh masyarakat modern karena dianggap tidak s…

Baca selengkapnya...

 

Eksistensi dan Peran RT - RW Harus Diperkuat !

KOPI, Makassar - Ketua Dewan Pengurus Daerah Persatuan Pewarta Warga Indonesia - Sulsel, (DPD PPWI Sulsel Ir. Imansyah Rukka mengatakan peran rukun tetangga (RT) dan rukun warga (RW) harus diperkuat, sehingga bisa menjalankan sebagian tugas pembangunan. "Demokrasi akan berjalan baik, usaha menyejahterakan akan berjalan baik, jika garda paling depan itu menjadi ruang interaksi bagi masyarakat. Di Indonesia ada namanya RT-RW," kata Imansyah Rukka seusai melakukan pertemuan dengan beberapa kandidat Ketua RT-RW.

Baca selengkapnya...

 
Artikel Lainnya...

Untuk Kedua Kalinya Pemkab Kampar Meraih WTP dari BPK Riau
Senin, 18 Juni 2018

KOPI, Pekanbaru - Ditempat kerjanya , sebut saja namanya Uwan Abdullah Cu Somek Mengatakan “ Setiap tahun BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) Perwakilan daerah Riau , selalu mengobral dan memberikan nilai kepada Pemerintah Propinsi serta kabupaten/kota . Penilaian ini rawan Suap, bagaimanapun masing-masing kepala daerah menginginkan meraih prediket WTP (Wajar Tanpa  pengecualian). Bagi-bagilah THR tuh bro. Masih ingatkah Anda dulu kasus... Baca selengkapnya...

RSUD Sekayu Muba Catat Sejumlah Prestasi, Sang Direktur Terima Penghargaan
Minggu, 17 Juni 2018

KOPI, JAKARTA - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sekayu, Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan catat sejumlah prestasi, sang Direktur dr. Makson Parulian Purba, MARS, terima penghargaan lembaga apresiasi independen. Berbagai perkembangan yang dicapai RSUD Sekayu di tangan dokter Makson Parulian Purba tentu dapat dilihat dan dirasakan masyarakat Muba. Dalam kepemimpinannya yang kedua kali, percepatan di bidang pelayanan kesehatan dan penambahan... Baca selengkapnya...

Dua BUMN Indonesia PT. KAI dan PT Wika Go Internasional Raih Proyek di Negara Filipina
Jumat, 01 Juni 2018

KOPI, Jakarta – “Keberhasilan ekspansi PT INKA ( PT. Industri Kereta Api) dan PT Wijaya Karya (Wika) di Filipina merupakan salah satu bukti bahwa BUMN  (Berebut Uang   Milik Negara eh salah Badan Usaha Milik Negara ) kita kuat, andal dan dipertimbangkan di luar negeri,” kata Rini. Dua perusahaan pelat merah bekerja sama dengan perusahaan Filipina terkait proyek infrastruktur transportasi. PT Industri Kereta Api (Inka) akan... Baca selengkapnya...

Industri Manufaktur Capai Investasi Rp62,7 Triliun di 2018
Minggu, 27 Mei 2018

KOPI,  Jakarta - Kementerian Perindustrian terus aktif mendorong peningkatan nilai investasi dan ekspor terutama di sektor manufaktur. Upaya ini diyakini mampu memacu pertumbuhan ekonomi nasional serta membawa efek positif yang luas guna menciptakan pemerataan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.   “Selama ini, industri menjadi penggerak utama dalam mengakselerasi pertumbuhan ekonomi nasional, sekaligus berperan sebagai tulang... Baca selengkapnya...

Kementrian Hukum dan Ham Santuni Anak Yatim serta Buka Puasa Bersama
Sabtu, 26 Mei 2018

KOPI, Jakarta - Kemenkumham mengadakan buka puasa bersama pejabat dan pegawai di lingkungan Sekretariat Jenderal, bertempat di Graha Pengayoman (22/5/2018). Acara yang ditaja oleh Biro Umum melalui Panitia Hari Besar Islam (PHBI) 2018, mengusung tema “Menanamkan nilai-nilai kejujuran” dengan penceramah Ustad Ali Saleh Mohammed Ali Jaber atau yang biasa dikenal Ustadz Syeikh Ali Jaber. Dalam tausiahnya beliau menyampaikan agar kita semua... Baca selengkapnya...

Ketua Umum PPWI Nasional Menghadiri Undangan Buka Puasa Bersama dengan Kedubes Maroko
Jumat, 25 Mei 2018

KOPI, Jakarta - Ketua Umum Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) Nasional, Wilson Lalengke, S.Pd. M.Sc, MA, bersama keluarga menghadiri undangan buka puasa bersama dengan Kedutaan Besar Kerajaan Maroko yang diwakili Konselor, Mr. Mostafa Nakhloui, di SHISHA Café, Jl. Kemang, Jakarta, Jumat, 24/05/2018. Turut hadir bersama Ketum PPWI dan keluarga, Ketua DPD-PPWI Provinsi Papua, Sem Gombo, S.Kom. Wilson bersama keluarga tiba di lokasi buka... Baca selengkapnya...

Sejumlah Alumni UNKRIS Kecam Aksi Teror Bom di Surabaya
Rabu, 16 Mei 2018

Foto: KGJ dalam sebuah aktivitas, 28 Jan 2018 KOPI, JAKARTA Sejumlah Alumni Universitas Krisnadwipayana (UNKRIS) Jakarta yang terhimpun dalam Perkumpulan Krisna Group Jatiwaringin (KGJ), Lintas Angkatan-Lintas Fakultas mengecam aksi teror bom bunuh diri yang terjadi di 3 (tiga) gereja di Surabaya dan Mapolresta Surabaya.   Peristiwa teror bom Minggu (13/05/2018) pagi itu, merupakan tindakan keji dan tidak berperikemanusiaan, karena sejumlah... Baca selengkapnya...

INTERNASIONALPresiden Trump Jamuan Iftar dengan .....
10/06/2018 | Didi Rinaldo

KOPI, Washington - Tradisi Iftar (Buka Puasa) di Gedung Putih dimulai pada 1990-an selama pemerintahan Bill Clinton sebagai bentuk “pendekatan” t [ ... ]



NASIONALYonif 320/BP Peduli Kesusahan Masyarakat.....
17/06/2018 | Wawan Setiawan

KOPI-Kalbar, Pasiter Satgas Yonif 320/BP Kapten Inf Dedi Irianto mengatakan kesusahan yang dialami oleh masyarakat Nanga Badau  adalah menjadi  tu [ ... ]



PENDIDIKANHeboh..Mahasiswa Asal Papua Ke Kampus UN.....
30/05/2018 | Sem Gombo, S.Kom

KOPI - Salah Seorang Mahasiswa UNCEN Jayapura asal Papua berinisial DT pergi ke Kampus dengan menggunakan busana daerah yaitu memakai Koteka. Apa ge [ ... ]



EKONOMIRI Fokus Terapkan Industri Hijau Melalui.....
17/06/2018 | Yeni Muezza
article thumbnail

KOPI, Jakarta - Pemerintah sedang gencar menggalakkan konsep circular economy di berbagai aspek kehidupan. Berbeda dengan linear economy yang mengan [ ... ]



HANKAMUniversitas Riau Tempat Merakit Bom .....
03/06/2018 | Didi Rinaldo

KOPI, Pekanbaru – Ditempat kerjanya,sebut saja namanya Ajisulung mengatakan “ Bukti lemahnya pengawasan oleh security Universitas Riau (UR). Para  [ ... ]



OLAHRAGAViral Medsos Rekaman Video Paspampres Ha.....
25/02/2018 | Didi Rinaldo

KOPI, Jakarta – Sebenarnya kegiatan ini bukan kegiatan kenegaraan. Kegiatan tersebut seremonial menyaksikan pertandingan Final antar dua kubu grup [ ... ]



OPINIMembantu Polisi Melalui Peran yang Kita .....
16/06/2018 | Harjoni Desky, S.Sos.I., M.Si

KOPI - Di bawah terik matahari pagi, lebih kurang sebanyak empat satuan setingkat kompi atau 400 orang personel brigade mobil (brimob) dan personel da [ ... ]



PROFILPolres Kuantan Singingi Raih Dua Pengh.....
08/06/2018 | Didi Rinaldo

KOPI, Kuantan Singingi - Polres Kuantan Singingi (Kuansing) raih dua penghargaan . Penghargaan itu diserahkan, Rabu (14/2/2018) oleh Irjen Nandang se [ ... ]



SOSIAL & BUDAYABatik Jambi Melenggang Hingga ke Eropa d.....
18/06/2018 | Yeni Muezza
article thumbnail

KOPI, Jakarta – Kementerian Perindustrian memfasilitasi sejumlah pelaku industri kecil dan menengah (IKM) batik nasional untuk ikut serta dalam  [ ... ]



ROHANITim Jum,at Barokah Waka Polresta Pekanba.....
18/06/2018 | Didi Rinaldo

KOPI, Pekanbaru - Menutupi minggu terkahir bulan suci Ramadhan 1439 H, tim terpadu Jum'at Barokah Polresta Pekanbaru mengunjungi panti asuhan Ali An N [ ... ]



RESENSIHeboh Buku Fire and Furry Ungkap “ D.....
05/01/2018 | Didi Rinaldo

KOPI, Washington DC- Heboh buku Fire and Fury ungkap “Dapur Gedung Putih” Menjelang Pemilu Pilres Amerika Serikat . Dilansir dari The Guardian, R [ ... ]



CERPEN & CERBUNGKetika Gunung Juga Punya Cara.....
22/03/2016 | Anjrah Lelono Broto
article thumbnail

KOPI - Gunung memiliki cara sendiri untuk menunjukkan kediriannya. Gunung juga memiliki mulut dan lidah tersendiri untuk berbicara. Gunung adalah gunu [ ... ]



PUISIMenatap Rasa.....
07/06/2017 | Mas Ade

Masih di bulan Juni Angin mendatangi jendelaku Bisikkan rindu yang basah Oleh hujan bulan Mei Meski embun tetap nyenyak dalam tidurnya Mendekap s [ ... ]



SERBA-SERBIKemenperin Dukung Pelaksanaan MOFP 2018 .....
10/06/2018 | Yeni Muezza
article thumbnail

KOPI,  Jakarta – Kementerian Perindustrian memberikan apresiasi dan dukungan kepada Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) dalam m [ ... ]



Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.