Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?
PEWARTA ONLINE

YANG TERPINGGIRKAN
Ketika Rasisme Dekat dengan Para Punggaw.....
26/06/2015 | Maulana Muhammad

“Il Club Più Titolato Al Mondo” merupakan sebuah ungkapan dalam bahasa Italia yang mengandung  [ ... ]


GELORA SEPEDA
Tiga Pilar "Gowes Bareng" Bersama Masyar.....
01/08/2015 | Joe R Manalu

KOPI - Cengkareng - Sabtu pagi (01/08) kegiatan tiga Pilar "Gowes bareng" bersama dengan masyarakat ± 200 yang di hadiri Kapten inf Ober Purba (Danramil 04/Ckr) beserta jajarannya , Kompol Aji Sutarj [ ... ]



POLLING WARGA
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

Inspirasi Sosial & Budaya Kartu Nama untuk Sahabat-sahabat dari Turki

Kartu Nama untuk Sahabat-sahabat dari Turki

KOPI, JAKARTA - Persahabatan itu memang penting bagi kita semuanya. Dengan persahabatan dapat terjalin ikatan emosional antara Kita dengan orang lain. Bila kita bertemu dengan seseorang alangkah baiknya bila Kita berkenalan dan saling bertukar kartu nama. Beberapa waktu yang lalu, ketika Saya (Rachmad Yuliadi Nasir) menghadiri acara Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 1434 H, dimana Saya hadir dalam kegiatan berskala internasional di Jakarta ini, yaitu Konferensi Internasional Nabi Muhammad SAW dalam Literatur & puisi Persia dan Melayu pada tanggal 18-19 Februari 2013 atau tanggal 8-9 Rabiul Akhir 1434 H.

Di sana ketika itu Saya bertemu banyak sekali tamu-tamu dari Dalam Negeri dan tamu dari Luar Negeri seperti dari Iran, Turki, Afganistan, Malaysia, Pakistan. Mereka tentu saja senang bertemu dengan saudara dari Indonesia karena bagi Mereka Indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk Islam terbesar di dunia.

Sudah seharusnya dipikirkan kembali Bahasa Indonesia digunakan sebagai bahasa resmi utama negara-negara OKI (negara-negara Islam yang tergabung dalam Organisasi Konferensi Islam dunia) di samping Bahasa Arab karena pengguna Bahasa Indonesia sebesar 240 Juta orang.

Negara OKI atau Organisasi Kerja Sama Islam (dahulu Organisasi Konferensi Islam) sekarang terdiri atas 57 negara dan berpusat di Jeddah, Arab Saudi. Salah satu sahabat Saya yang berasal dari negara Malaysia mengatakan bahwa Bahasa Indonesia itu lebih baik dari Bahasa Melayu dan mudah dipelajari dan dihayati dan sudah sepantasnya digunakan sebagai Bahasa Internasional baik di lingkungan negara-negara OKI dan di forum-forum resmi PBB.

Pada hari kedua Konferensi Internasional Nabi Muhammad SAW dalam Literatur & puisi Persia dan Melayu pada tanggal 19 Februari 2013. Saya bertemu dengan sahabat-sahabat dari Negara Turki.

Hal ini tentu saja menyenangkan karena Kakek Rachmad berasal dari kerajaan Turki Usmani (Tengku H.Muhammad Abu Djuned bin Tengku H. Abdul Aziz) cucu dari Tengku DI Bitay, salah satu kerajaan yang terbesar di dunia pada masa abad pertengahan sampai dihapuskan Kekhalifan Turki Usmani pada tahun 1924.

Setelah makan siang dan mau istirahat, Saya berjalan ke arah jalan disisi parkiran ada beberapa mobil kedutaan Besar Asing. Dari benderanya dapat diketahui ini adalah mobil Kedubes Iran CD-45-01, Mereka membawa beberapa mobil sedan. Disamping itu ada juga mobil berbendera Turki, CD-48-01. Wah berarti Duta Besar Turki datang juga ke acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1434 H.

Sebelum acara sesi selanjutnya dimulai, Saya mencari dimana rombongan kedutaan Besar Turki berada. Mereka rupanya berada di sisi kiri tempat acara sedangkan Saya disisi kanan. Setelah melihat dengan teliti, benar ada Duta Besar Turki sedang berbicara dengan orang Turki lainnya.

Saya mendekati rombongan ini dan berkata denga salah satu penerjemahannya dan saling berkenalan dan memberi sebuah kartu nama. Duta Besar Turki bangkit dari kursinya dan mau berjalan keluar ruangan. Rachmad menghampirinya dan berkenalan bahwa Saya adalah keturunan dari Turki karena kakek Saya berasal dari kerajaan Turki Usmani dan memberi sebuah kartu nama untuk sang Duta besar.

Saya menjelaskan pula bahwa hari itu di awal bulan Desember 2012 pernah datang ke kedutaan Besar Turki di Kuningan dan bertemu dengan Mr.Ersin salah satu staff di bidang budaya Turki. Saat itu Mr.Ersin belum datang, lagi dalam perjalanan ke tempat acara.

Saya kembali lagi ke tempat duduk dan berkenalan dengan dua orang Turki lainnya dan memberi masing-masing satu kartu nama. Setelah berbicara sejenak mereka pindah ke kursi depan barisan tengah. Masih ada 3 orang Turki lainnya, berhubung acara sudah dimulai maka perbincangan Saya dengan sahabat-sahabat Turki ini terhenti sejenak untuk mengikuti acara selanjutnya.

Sang Duta Besar Turki Mr.Zekeriya Akcam menyampaikan sambutannya. Beliau berkata bahwa undangan yang datang dari panitia sangat mendadak dan baru semalam dipersiapkan para penyair dari Turki untuk tampil para acara konferensi Internasional Nabi Muhammad SAW dalam Literatur & puisi Persia dan Melayu.

Ketika sang Duta Besar Turki selesai menyampaikan sambutannya, Mr.Ersin staf kebudayaan Kedutaan Besar Turki datang. Beliau duduk di kursi paling belakang bersama Duta Besar Turki dan berbicara bersama dalam Bahasa Turki dan keduanya melihat kearah Saya yang duduk disisi kiri kursi paling ujung lebih kurang 3 meter jaraknya.

Pada akhir acara, baru penyair dari Negara Turki tampil membacakan syair dan salawat Nabi Muhammad SAW dan disambut meriah oleh seluruh hadirin. Akhirnya acara selesai, Saya menemui Mr.Ersin, ” Hallo, apa khabar, baru tiba,” ujar Saya. ” Khabar baik, terima kasih sudah bergabung bersama Saya di facebook,” ujar Mr.Ersin.

Kemudian Mr.Ersin berkata kepada para orang-orang Turki lainnya dalam Bahasa Turki sambil serius menatap kearah Saya. Sahabat-sahabat Turki lainnya bergembira mendengar penuturan Mr.Ersin terkait diri Saya.

Mereka berkata,”Jadi kakek kamu berasal dari Turki Usmani,” Saya menyerahkan kartu nama untuk masing-masing dari mereka, ” Terima kasih banyak Rachmad, sampai jumpa lagi,” kata Orang-orang Turki itu.

Sampai bertemu lagi Kita bersama di lain kesempatan, pada waktu masa kedepan Kita bisa bersama-sama berkunjung ke Aceh menuju makam keturunan Tengku DI Bitay.


Artikel Lainnya:
Artikel Lainnya:

 

Pengambilan Sumpah dan Pelantikan KPN Tanjungpinang dan KPN Batam
Sabtu, 01 Agustus 2015

KOPI, Pekanbaru- Usai sholat Jum’at (31/7-15) bertempat di aula kantor Pengadilan Tinggi Pekanbaru, Ketua Pengadilan Tinggi (KPT) Pekanbaru Yohannes Ether, SH. M.Hum melantik dan pengambilan sumpah Ketua Pengadilan Negeri Tanjung Pinang dari Parulian Lumban Toruan kepada Jufriyadi SH, M.Hum. Serta Ketua Pengadilan Negeri (KPN) Pulau Batam dari KHairul Fuad SH.M.Hum kepada Aroziduhu Waruwu, SH. M.Hum. Dalam kata sambutanya Ketua... Baca selengkapnya...

Berkas Perkara DBS Yang Dilimpahkan Ke Kejaksaan Dikembalikan Lagi
Jumat, 31 Juli 2015

§ KRPK Tuding Kejaksaan Main Mata Dengan Kepolisian KOPI, Blitar, - Kasus penipuan investasi bodong PT. Dua Belas Suku (DBS), yang mengakibatkan kerugian puluhan ribu anggota DBS hinga mencapai ratusan miliar rupiah, hingga kini penangannannya dinilai lamban. Pasalnya berkas perkara yang menjadikan kelima direksinya yakni, JF, Komisaris Utama PT. DBS, NY Komisaris,  RDR, Direktur Utama, YSK, Direktur Income dan NRR, Direktur Keuangan menjadi... Baca selengkapnya...

Pengamat : Kerjasama PT.Telkom dengan Sing Tel = Membocorkan Rahasia Negara
Jumat, 31 Juli 2015

KOPI, Jakarta – Ajisutisyoso mengatakan Menteri BUMN Rini Soemarno menyerahkan proyek E-Budgeting Telekomunikasi kepada Singapura melalui kerjasama Telkom dan Singtel (Temasek), sama sekali tidak bisa disebut sebagai langkah korporasi, namun merupakan tindakan membantu intelijen asing dalam menguasai, memata matai, dan memporak porandakan negeri ini, Dunia Intelijen barat hanya mengandalkan perangkat elektronik canggih , alat komunikasi... Baca selengkapnya...

Akhirnya Kapolda Papua Diganti oleh Brigjen Paulus Waterpaw
Kamis, 30 Juli 2015

KOPI, Jakarta - Kapolri Jendral (pol) Badrodin Haiti melakukan pencopotan terhadap Kapolda Papua Irjen Yotje Mende. Posisi Yotje digantikan Kapolda Papua Barat Brigjen Paulus Waterpaw. Kepala Bagian Penerangan Umum Div Humas Mabes Polri, Kombes Pol Suharsono, membenarkan mutasi tesebut. Ia menerangkan, pada Jumat 31 Juli 2015 akan dilaksanakan serah-terima jabatan kepada ketiga perwira tinggi itu.   “Betul, besok pagi akan dilaksanakan... Baca selengkapnya...

Pemkab Blitar Mutasi 215 Eselon III, IV Dan V
Kamis, 30 Juli 2015

KOPI, Blitar - Setelah mutasi/promosi pejabat struktural terakhir dilakukan pada 28 Februari 2014 lalu, kini Pemerintah Kabupaten Blitar, kembali lakukan mutasi/promosi Pejabat Struktural sebanyak 285 PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Blitar, yang meliputi 215 pejabat Eselon III, IV dan V, 57 Kepala Sekolah dan 13 Pengawas.   Sebanyak 285 PNS Pejabat Struktural Eselon III, IV dan V, juga Kepala Sekolah dan  Pengawas tersebut... Baca selengkapnya...

Pilkada Kabupaten Blitar Terancam Gagal
Selasa, 28 Juli 2015

KOPI, Blitar - Sampai hari terakhir pendaftaran Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Blitar di KPU Kabupaten Blitar, baru pasangan Rijanto – Marhainis Urip Widodo ( Rido ) yang mendaftarkan diri. Pasangan Rido dengan dihantarkan oleh partai pengusungnya yakni, PDI Perjuangan dan Partai Gerindra juga para relawan dan tim pemenangan, secara resmi mendaftarkan diri ke kantor KPU Kabupaten Blitar pada Selasa (28/7) sekitar pukul 02.05 wib. yang... Baca selengkapnya...

Surya Paloh Persilahkan Jokowi Copot Mentri dari Partai Nasdem
Selasa, 28 Juli 2015

KOPI, Jakarta - Surya Paloh pemilik Metro TV memberikan andil lebih kepada Jokowi saat kampanye Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2014, terlebih lagi Metro TV maupun jaringan medianya membantu Jokowi dalam menghadapi serangan kampanye hitam (red.Black Campaign) dari lawan politiknya dulu.   Ajisutisyoso mengatakan Surya Paloh menantang Jokowi mencopot mentri berasal dari kader Partai Nasdem (Nasional Demokrat) bila kerjanya tidak... Baca selengkapnya...

INTERNASIONAL

Diskriminasi Tarif Disneyland Paris.....
30/07/2015 | Ramses Rajagukguk

KOPI - Disneyland Paris tengah menghadapi penyelidikan harga menyusul adanya tuduhan bahwa pengunjung dari Inggris dan Jerman diberikan harga paket ku [ ... ]



NASIONAL

IPW: Dirut Pelindo II Harus Tanggung Jaw.....
30/07/2015 | Hari Soeprijanto

KOPI, JAKARTA - Presiden Indonesia Port Watch (IPW) Syaiful Hasan mengatakan Direktur Pelindo II RJ Lino harus bertanggung jawab atas kerugian akibat  [ ... ]



DAERAH

Zulkifl Panjaitan Bantah Dirinya Ditampa.....
02/08/2015 | Didi Ronaldo
article thumbnail

KOPI, RENGAT- Zulkifli Panjaitan melaporkan aksi dugaan tamparan tiga kali dilakukan oleh Bupati Inhu Yopi Arianto, ia mengadukan kasus tersebut ke P [ ... ]



PENDIDIKAN

Bupati Aceh Timur: KPM Harus Berkontribu.....
02/08/2015 | Syeh Ial

KOPI, Langsa - Bupati Aceh Timur Hasballah Bin M. Thaib mengharapkan, mahasiswa yang melakukan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) harus dapat memberik [ ... ]



EKONOMI

Sikap Rini Perpanjang JICT Dipertanyakan.....
30/07/2015 | Hari Soeprijanto

KOPI, JAKARTA - Pekerja Jakarta International Container Terminal (JICT) mempertanyakan sikap Menteri BUMN Rini Soemarno yang akan melanjutkan perpanja [ ... ]



HANKAM

Sekilas tentang Media Center Kodam Jaya.....
31/07/2015 | Hartoyoindrajaya Panggabean

KOPI - Mendukung pelaksanaan tugas untuk Kodam Jaya khususnya Penerangan, maka dibangunlah Media Center yang diresmikan oleh Pangdam Jaya/Jayakarta Ma [ ... ]



OLAHRAGA

Polres Meranti Gelar Turnament Badminton.....
14/06/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, SELATPANJANG - Polisi Resort (Polres) Kepulauan Meranti menggelar Open Turnamen Badminton perdana, turnamen ini diselenggarakan di Gedung Ocean  [ ... ]



PARIWISATA

Disbudparpora Bengkalis Adakan Festival .....
27/07/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Bengkalis – Ribuan orang wisatawan dan masyarakat pulau Rupat berbaur menyaksikan Festival Pantai Rupat tahun 2015 berlangsung selama dua  [ ... ]



HUKUM & KRIMINAL

Dirut Pelindo II Dinilai Arogan dan Beri.....
02/08/2015 | Hari Soeprijanto

KOPI — Direktur Utama Pelindo II RJ Lino dituding memberikan keterangan bohong terkait perpanjangan konsesi dan pendapatan besar karyawan JICT seper [ ... ]



POLITIK

Cabup Oking Kampanyekan Mitigasi Bencana.....
02/08/2015 | Dona Moza

KOPI, Pesisir Barat - Calon Bupati Kabupaten Pesisir Barat, Lampung, Oking Ganda Miharja mengatakan, program mitigasi bencana menjadi salah satu prior [ ... ]



OPINI

Manfaat Belajar dari dan Melestarikan Se.....
31/07/2015 | Agus Siroj Hudi

KOPI. Malang - Jempol lagi….kali ini acungan jempol tersebut saya tujukan pada teman-teman Komunitas 65391 Kecamatan Pujon. Setelah mengikuti acara  [ ... ]



PROFIL

Mengenal Lebih Dekat Tri Erri Astoety, D.....
28/07/2015 | Arifin

KOPI - Prof. Drg. Tri Erri Astoety, MKes dikenal dengan keahliannya di bidang kedokteran gigi. Memahami pentingnya meningkatkan kesadaran akan masalah [ ... ]



SOSIAL & BUDAYA

Festival The 9Th China- Asean Youth Danc.....
02/08/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Pekanbaru- Beberapa negara Asean mempersembahkan seni tari dalam The 9 Th China- Asean Youth Dance exhibition. Ratusan orang penari berasal dar [ ... ]



ROHANI

MUI mendorong pemerintah “Untuk memben.....
01/08/2015 | Iyan Sofyan

KOPI – Menurut MUI, penyelenggaraan jaminan sosial oleh BPJS Kesehatan, terutama yang terkait dengan akad antar para pihak, tidak sesuai deng [ ... ]



RESENSI

Jangan Dengerin Sendiri.....
27/04/2015 | Ug Dani
article thumbnail

Resensi Buku Judul :Jangan Dengerin Sendiri
Penulis : Naomi Angelia Sea
Tebal. : 200
Penerbit : Bukune Juli 2014
Harga. : Rp 41 [ ... ]



CERPEN & CERBUNG

Mbah Sarlan dan Gerojokan Sewu.....
24/07/2015 | Agus Siroj Hudi

KOPI, Malang - Bendosari adalah satu di antara Desa yang berada di Kecamatan Pujon Malang Barat dan telah di tetapkan sebagai salah satu Desa Wisata u [ ... ]



PUISI

Bermimpi Terjaga.....
24/07/2015 | Agus Siroj Hudi
article thumbnail

  Di ranah sendiri aku bisu aku tuli... Aku sendiri  tak mengerti.... dalam kebekuan ku coba mendekati... dalam keangkuhan ku coba mengerti..... [ ... ]



CURAHAN HATI

Operasional Fee.....
28/07/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Jakarta Perilaku Presiden Jokowi tidak mencerminkan seorang pemimpin yang baik kenapa ingin membantu rakyat berikan “kail” jangan beri [ ... ]



HIBURAN

Rr Eka Aslyhatin Saudiyah Putri : Pili.....
30/07/2015 | Edo Jaya

    Jakarta, 30 Juli 2015- Faika Puteri salah satu penyanyi yang sedang booming lewat lagu “masih nmencintai’ memberikan pernyataan, dia lebih [ ... ]



KULINER

McDonald’s Tingkatkan Layanan Melalui .....
01/04/2015 | Yeni Herliani

KOPI – Kini menikmati McDonald’s terasa lebih nyaman dan menguntungkan dengan hadirnya layanan terbaru “Online McDelivery Cashless Promo”. Pel [ ... ]



HIDUP SEHAT

Pola Hidup Sehat, Berpuasa Saat Ramadhan.....
16/06/2015 | Mardinal

KOPI, Sarolangun - Puasa merupakan suatu kewajiban bagi Umat Islam yang beriman dan bertaqwa kepada Allah Swt firmanNYA: “Hai orang-orang beriman d [ ... ]



SERBA-SERBI

LMR-RI Berbagi Keceriaan dengan Memberik.....
01/08/2015 | M. Samasi

LMR-RI Berbagi Keceriaan dengan Memberikan Santunan Media: Bengkalis, 10 Juli 2015: LMR-RI (Lembaga Missi Reclasseering Republik Indonesia) adalah sal [ ... ]



Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.