Harta Karun Mistis

0
23

Pewarta-Indonesia, Peninggalan sejarah merupakan benda yang bernilai tinggi yang seringkali menyimpan sesuatu hal yang bermakna, baik berupa nilai sejarah, magic dan ada pula yang merupakan harta karun (emas, benda pusaka, dll).

Di Pulau Samosir Sumatera Utara tepatnya di desa limbong Kec. Harian ada sebuah peninggalan sejarah yang menyerupai batu besar yang bentuknya bulat dan di atasnya terdapat tutup yang terbuat dari batu.

Konon menurut cerita dari masyarakat setempat batu itu dinamakan Batu Hobon dan dalam batu itu banyak terdapat harta peninggalan nenek moyang zaman dulu, baik berupa benda pusaka maupun emas.

Sudah banyak usaha yang telah dilakukan untuk membuka batu tersebut tapi tak satupun orang yang dapat membukanya, yang lebih mengejutkan lagi, menurut cerita masyarakat, pada masa penjajahan Belanda di Pulau Samosir, batu itu juga sudah pernah dibom oleh tentara Belanda untuk mengambil harta karun dan benda pusaka yang tersimpan didalamnya tetapi tidak berhasil juga.

Sampai saat ini, batu itu masih menjadi satu teka-teki tentang kebenarannya. Tetapi sampai sekarang tempat itu masih dijadikan tempat pemujaan untuk mendapatkan rejeki, ilmu gaib, kedudukan dan sebagainya.

Batu Hobon ini adalah satu peninggalan sejarah yang terlupakan yang nyata-nyata memiliki nilai historis yang sangat tinggi  dan patut untuk diperhatikan, sayangnya pemerintah setempat tidak memelihara tempat tersebut karena masih dianggap keramat dan  disegani oleh masyarakat setempat. (**)