Panto “Aladdin 2012 The Super Musical”, Bentuk Kepedulian dari LSPR English Division

0
38

Pewarta-Indonesia, British pantomime (disebut juga panto) yang bertajuk “Aladdin 2012 The Super Musical” merupakan suatu pertunjukkan teater komedi musikal yang dipentaskan oleh mahasiswa-mahasiswi STIKOM The London School of Public Relations – Jakarta, dibawah naungan English Division. Pertunjukan ini resmi di buka hari ini dan esok hari tanggal 14 Agustus 2009 berlokasi Prof. Djayusman Auditorium and Performance Hall, kampus B STIKOM LSPR- Jakarta, Sudirman Park. Acara ini adalah acara terakhir dari rangkaian acara memperingati hari jadi STIKOM LSPR-Jakarta yang ke17 tahun.

“Aladdin 2012 The Super Musical” bukan hanya wujud apresiasi seni peran dan managing, namun juga menjadi sarana pengumpulan donasi kepada anak-anak dan keluarga yang memiliki keterbatasan dan yang lebih membutuhkan. Keuntungan dari pertunjukan ini juga ditambah dengan donasi dari STIKOM-LSPR akan disumbangkan ke Klinik Melati (Klinik Khusus Psikiatri Anak & Remaja) Departemen Psikiatri RSCM, dan diserahkan langsung kepada Dr. Ika Widyawati Sp.KJ (K) – Ketua Departemen Psikiatri RSCM. Karena di klinik tersebut memang ada program khusus terapi gratis bagi anak berkebutuhan khusus (Autisme) dari keluarga yang kurang mampu.”kami tidak hanya mengajarkan mahasiswa/i tentang ilmu Komunikasi, tetapi juga mengajarkan untuk bagaimana hidup berdampingan dengan orang lain yang harmonis. Salah satu caranya adalah belajar memiliki rasa kepedulian pada orang di sekitar kita serta berempati pada kesulitan yang dialami oleh orang lain” papar ibu Prita Kemal Gani selaku Founder & Director STIKOM LSPR-Jakarta.

Pementasan yang merupakan produksi ke2 dari English Division akan memperkenalkan sebuah Super Musical Pantomime dimana dalam teater ini bukan hanya ada para aktor dan aktris yang berakting, bernyanyi dan menari tetapi juga dipadukan dengan efek suara, visual dan tatanan cahaya yang berbeda untuk meningkatkan faktor entertainment dan untuk membawa para penonton ke dalam teater 4 dimensi.

Panto “Aladdin 2012 The Super Musical”, dengan membawa tokoh terkenal Aladdin hidup kembali dalam sebuah pentas, dan mengambil settting di kerajaan Agrabah, sebuah kota penuh misteri dimana setiap permintaan adalah semua sumpah. Dikisahkan Aladdin, aladdin seorang pengemis yang jatuh cinta dan berusaha merebut hati sang puteri Jasmine dan segala permasalahan yang ada,dengan bantuan Genie. Berbagai sentuhan musik mulai dari pop, hiphop, sampai techno dapat kita rasakan selama panto berlangsung. Pakaian dan tarian para pemain juga akan menambah suasana Arabian bercampur modern.

Begitu pula dengan kehadiran komedi yang segar dan interaksi antara para pemain dengan penonton untuk melengkapi keseluruhan pertunjukan. “Pengalaman menonton teater empat dimensi dengan efek visual, suara dan tatanan cahaya yang akan membuat para penonton terpana dan menghantarkan mereka kedalam dunia pementasan baru dimana kita tidak akan mau meninggalkannya.” ujar Lily Krisniagasari Mahasiswa STIKOM LSPR-Jakarta selaku Produser Aladdin 2012 The Super Musical.

Pementasan ini secara umum bertujuan sebagai fasilitator bagi para mahasiswa untuk mempelajari bahasa Inggris dan mewadahi para mahasiswa yang tertarik pada dunia seni teater maupun yang ingin belajar mengorganisir sebuah acara. Secara khusus, mahasiswa dilatih untuk meningkatkan kreativitas, kompetensi, dan komitmen mereka dalam mempersiapkan sebuah pertunjukan teater.

“Pantomime adalah teater tradisional dari UK yang biasanya diadakan mulai dari Natal sampai akhir Februari. Teater ini mengkombinasikan drama, komedi dan musik untuk menghibur semua umur,” ujar Ms Sue Davis, selaku Kepala English Division STIKOM LSPR-Jakarta.