Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?
PEWARTA ONLINE

GELORA SEPEDAJatuh Bangun Nadine Go wes Bersepeda den.....
20/06/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Jakarta – Aktris Nadine Chandrawinata menyukai olahraga seperti  Renang, Menyelam, Senam serta olahraga baru yang kini Ia geluti yakni bersepeda. Ditemui di acara Polygon Follow Your Own P [ ... ]



POLLING WARGA
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

SILAHKAN KLIK BANNER DI BAWAH INI DAN IKUTI SEMINAR MAHA PENTING YANG AKAN DISELENGGARAKAN DI GEDUNG NUSANTARA V, KANTOR MPR/DPR/DPD RI, SABTU 11 NOVEMBER 2017... AYOOO BURUAN DAFTAR, KETIK HADIR#NAMA-LENGKAP#KAB/KOTA DOMISILI/NOMOR-HP, KIRIM KE NOMOR HP/WA: 081371549165 (SHONY)

ABDOEL AZIS RIAMBO: Sultan Anakia Mokole Bunduwula XII Kerajaan Padangguni

Pewarta-Indonesia, Bung Riambo, demikian para sahabat dan kolega memanggilnya, dilahirkan di Kendari, Sulawesi Tenggara, pada 17 Juli 1955. Pria dengan postur tubuh ukuran rata-rata orang Indonesia itu adalah salah satu tokoh masyarakat Tolaki (salah satu suku bangsa terbesar di Sulawesi Tenggara) yang dalam sepuluh tahun terakhir ini gigih berjuang untuk perbaikan nasib masyarakat adatnya itu. Kondisi ekonomi, sosial budaya, dan pendidikan umumnya rakyat di wilayah Sulawesi Tenggara bagian daratan memang kurang menguntungkan dibandingkan dengan keadaan masyarakat di bagian perairan, yakni masyarakat Buton. Keterbelakangan masyarakat Tolaki di hampir semua sektor tersebut menjadi keprihatinan lelaki yang murah senyum ini.

Setelah menamatkan Sekolah Dasar di Kendari (1967) dan Sekolah Menengah Pertama (1970), tokoh yang bernama lengkap Abdoel Azis Riambo ini melanjutkan sekolahnya di Sekolah Menengah Ekonomi Atas (SMEA) di Yogyakarta dan lulus tahun 1973. Keberadaan Riambo di Yogyakarta sebenarnya bukan semata-mata untuk melanjutkan studi, namun lebih karena “diasingkan” oleh orang tuanya akibat pergolakan di daerah Sulawesi Tenggara saat itu. Konsekwensinya, Riambo muda lebih banyak bersentuhan dengan situasi dan kondisi lingkungan pergaulan Jawa dan ikut dalam riak-riak perjuangan pemuda di kota-kota besar di Jawa, termasuk Jakarta, tempat ia dan keluarganya saat ini bertempat tinggal.

Sejak muda, bapak 9 orang anak ini, dikenal luas sebagai pejuang buruh. Hampir sepanjang hidupnya hingga saat ini dibaktikan untuk memperjuangkan nasib buruh dengan segala macam problematikanya. Saat ini, Abdoel Azis Riambo didaulat sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Federasi Serikat Buruh Demokrasi Seluruh Indonesia (DPP-FSBDSI), yang berkantor pusat di Jl. Musyawarah No. 35/62, Kompleks DPR-RI, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Kiprahnya dalam membela kepentingan kaum buruh tidak diragukan lagi. Hal itu ditunjang oleh latar belakang pengalaman pendidikan saat ia menimba ilmu di Fakultas Hukum Universitas Ibnu Chaldum, Jakarta, yang diselesaikannya pada tahun 1997.

Pewaris Mokole Bunduwula


Satu hal yang tak banyak diketahui publik adalah bahwa tokoh buruh nasional ini adalah pewaris tahta kerajaan di Sulawesi Tenggara. Ia adalah anak dari almarhum Tariambo, Raja Padangguni XI yang bergelar Mokole Bunduwula XI Inea Sinumo Wuta Mbinotiso (1959-1978). “Jangankan masyarakat umum, saya sendiri juga tidak tahu pada mulanya bahwa saya ini adalah keturunan raja. Tiba-tiba saja, saya dijemput oleh tokoh adat dan masyarakat Tolaki dari Sulawesi Tenggara, dan membawa saya ke Kendari. Di sana sudah disiapkan acara upacara penobatan saya sebagai sultan atau raja. Dalam kebingungan saya ikut saja dan membiarkan apa yang terjadi terhadap diri saya melalui upacara itu,” cerita suami dari Wati Mongou yang telah dianugrahi beberapa gelar honoris causa dari perguruan tinggi luar negeri itu.

Menurut sumber informasi sejarah kerajaan Padangguni menurut catatan dalam kitab Ilagaligo, Kitab filsafat Taenago dan Kitab Bunduwula, kerajaan ini merupakan kelanjutan dari Dinasti Raja Larumbesi Tanggolowuta I yang berdiri pada abad ke-2 Masehi. Namun, belum ditemukan catatan sejarah yang menjelaskan proses peralihan antar Dinasti Tanggolowuta ke Dinasti Mokole Bunduwula I, yang baru muncul pada abad ke-16, yakni Sangia Wonua Sorume Mokole Padangguni Inea Sinumo Wuta Mbinosito (Daerah Istimewa) Totongano Wonua (Raja Pusat Negeri) Lembui Lenggobaho (Sulawesi Tenggara) tahun 1574-1649. Singkat cerita, Dinasti Mokole Bunduwula bertahan hingga kepada Raja Padangguni XI bernama Tariambo, yang mewarisi tahta dari ayahnya Raja Sandima dengan Gelar Mokole Bunduwula XI Inea Sinumo Wuta Mbinotiso (1959-1978).

Kekacauan yang terjadi akibat pemberotakan DI/Permesta beberapa dekade silam telah mempengaruhi proses peralihan kepemimpinan di Kerajaan Padangguni. Bahkan, istana kerajaan telah musnah dibakar oleh gerombolan pengacau keamanan karena pihak kerajaan teguh berpihak kepada Pemerintahan RI. Namun, sejarah belum usai. Pemegang tampuk kepemimpinan terakhir Kerajaan Padangguni, Raja Padangguni XI, Mokole Tariambo kemudian menitipkan Mahkota Kerajaan Padangguni kepada keponakannya Bunduwula Yusuf dengan amanat agar kelak diserahkan kepada Putra Mahkota Kerajaan Padangguni yaitu Abdoel Azis Riambo. Penobatan Abdul Azis Riambo dengan Gelar Sultan Anakia Mokole Bunduwula XII Inea Sinumo Wuta Mbinotiso telah dilangsungkan di hadapan masyarakat adat Tolaki Kerajaan Padangguni pada tanggal 20 Juni 2001.

Membangun Istana di Atas Reruntuhan Kerajaan Leluhur

Tertinggal satu hal yang menjadi impian Anakia Riambo saat ini, yakni mewujudkan eksistensi Kerajaan Padangguni melalui pembangunan kembali Istana Kerajaan Padangguni di tempat awal istana itu dahulunya berada. Keberadaan istana yang dibangun di atas reruntuhan kerajaan leluhurnya, Raja Bunduwula XI, secara langsung akan memberikan spirit baru bagi masyarakat adatnya dalam membangun komunitasnya menjadi lebih maju dan makmur di bawah panji-panji pemimpin adat dan budayanya sendiri.

Jalan ke arah pembangunan istana kerjaaan tersebut sebenarnya pernah terbuka lebar. Pemerintah pusat bahkan sudah memprogramkan pembangunannya melalui Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia. Bahkan, peletakan batu pertama pembangunan istana kerjaan Padangguni sudah dilakukan pada 14 Juni 2004 oleh Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Rencana pembangunanya akan dilaksanakan secara bersama antara Kesultanan Padangguni, Pemerintah Daerah, dan berbagai mitra kerja lainnya. Namun, hingga saat ini pembangunan istana tersebut urung berlanjut akibat berbagai kendala yang dialami, terutama dari sisi dana yang belum memcukupi.

Pembangunan kembali Istana Padangguni, sesungguhnya disamping menjadi kebanggaan masyarakat adat Tolaki dan rakyat di kerajaan itu, juga akan menjadi salah satu aset pariwisata bernilai jual tinggi di tanah air, khususnya bagi wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara. Istana itu akan menjadi simbol kebesaran bangsa-bangsa yang mendiami nusantara di masa ratusan bahkan ribuan tahun silam. Semangat yang lahir dari rasa percaya diri bangsa yang besar akan menjadi modal bagi pelaksanaan pembangunan di segala bidang.

Abdoel Azis Riambo, kiprah dan perjuangannya kiranya akan menginspirasi banyak orang untuk melakukan yang terbaik bagi bangsa dan negaranya tanpa harus mengedepankan pamrih yang akan diterima. Generasi muda memerlukan figur panutan yang senantiasa komit terhadap aspirasi masyarakatnya untuk maju dan hidup lebih baik. Selamat bekerja dan berjuang Sultan!***

 

Anda punya berita, artikel, foto, atau video? Publikasikan di sini
Kontak Redaksi di This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it

 

Heboh Buku “ Saudagar di Kuil Suci “ Ungkap Korupsi, Gaya Hidup Mewah Para Kardinal
Rabu, 22 November 2017

KOPI, Vatikan – Dikutip dari Amazon.com , Selasa (3/11/2015), Pihak Vatikan geram dan mengecam publikasi dua dokumen rahasia yang diperoleh dengan cara meretas laptop milik Kepala Kantor Keuangan Vatikan. Dua orang wartawan Italia membeberkan skandal keserakahan, persekongkolan, penyalahgunaan keuangan dan tindak korupsi di Gereja Katolik dalam buku "Merchants in the Temple" atau "Saudagar di Kuil Suci" karya Gianluigi Nuzzi dan... Baca selengkapnya...

Pengukuhan Jenderal Polisi Tito Karnavian Raih Gelar Profesor, Guru Besar di Kampus PTIK
Kamis, 16 November 2017

KOPI, Jakarta - Pengukuhan dilakukan dalam sidang Senat Terbuka dipimpin Gubernur selaku Ketua STIK-PTIK Irjen Pol Dr Remigius Sigid Tri Harjanto, SH, MSi. Pernyataan pengukuhan dilakukanIrjen Pol Prof Dr Iza Fadri, SH, MH, perwakilan guru besar pada senat akademik, yang juga dihadiri oleh Menteri Ristek Dikti Prof Dr Mohammad Nasir.   Jenderal (Pol) Drs H Muhammad Tito Karnavian, MA, Ph D yang saat ini menjabat sebagai Kapolri,... Baca selengkapnya...

Polda Riau Rilis Data Perbandingan Operasi Zebra Tahun 2016 dengan 2017
Selasa, 14 November 2017

KOPI, Pekanbaru - Polda Riau Perbandingkan Operasi Zebra Siak Tahun Lalu dengan Operasi Zebra Siak 2017. A). Perbandingan pelanggaran lalu lintas selama 12 hari pelaksanaan Ops Zebra Siak 2017 dengan Ops Zebra Siak 2016, sbb : 1. Tilang Ops Zebra Siak 2016 sebanyak 5.370 kasus, sedangkan untuk Ops Zebra Siak 2017 pelanggaran tilang sebanyak 10.463 kasus. Trend 5.093. 95 %. 2. Teguran Ops Zebra Siak 2016 sebanyak 2.469 kasus, sedangkan untuk... Baca selengkapnya...

Tokoh Nasional Bakal Getarkan Munas PPWI ke-2 dan Seminar Nasional
Kamis, 02 November 2017

KOPI, JAKARTA - Dewan Pimpinan Nasional Persatuan Pewarta Warga Nasional (DPN PPWI) akan menggelar hajatan besar Kongres Nasional ke-2 tahun 2017 sekaligus Seminar Nasional dengan tema: "Mari Wujudkan Komunitas Masyarakat Indonesia yang Cerdas Informasi Melalui Peningkatan Kualitas dan Moralitas Pewarta Warga". Kegiatan akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 11 November 2017, dimulai sekitar pukul 08.00 WIB hingga selesai, dipusatkan di Ruang... Baca selengkapnya...

Yuk Sukseskan Kongres ke-2 PPWI Tahun 2017 dan Seminar Nasional
Kamis, 02 November 2017

KOPI, JAKARTA - Dewan Pimpinan Nasional Persatuan Pewarta Warga Nasional (DPN PPWI) akan menggelar hajatan besar Kongres Nasional ke-2 tahun 2017 sekaligus Seminar Nasional dengan tema: "Mari Wujudkan Komunitas Masyarakat Indonesia yang Cerdas Informasi Melalui Peningkatan Kualitas dan Moralitas Pewarta Warga". Kegiatan akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 11 November 2017, dimulai sekitar pukul 08.00 WIB hingga selesai, dipusatkan di Ruang... Baca selengkapnya...

Pemuda/i Adalah Ujung Tombak Pembangunan NKRI
Sabtu, 28 Oktober 2017

KOPI, JAKARTA - Sumpah pemuda merupakan salah satu peristiwa penting dalam sejarah bangsa ini, yang membuktikan bahwa pada tanggal 28 Oktober 1928 bangsa Indonesia sudah ada dan bersatu. Hal ini tentunya masih segar dalam ingatan kita bersama, walau sudah 89 tahun silam, sumpah ini takkan pernah usang dimakan oleh waktu dan selalu dikumandangkan para pemuda Indonesia disentero negri yang berlambangkan Pancasila, kata tokoh muda Sumbar Ahmad Bram... Baca selengkapnya...

Pengamat: Segera Usut Pemberi Izin Lahan Gambut Masa Pemerintahan Terdahulu
Senin, 23 Oktober 2017

KOPI, Jakarta – Di tempat kerjanya, Goh Pheng Pek menuturkan, “Izin konsensi penanaman di tanah gambut yang dimiliki oleh perusahaan RAPP (Riau Andalan Pulp and Paper) pada masa sebelum pemerintahan Joko Widodo dengan Jusuf Kalla. Kami meminta kepada institusi KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) untuk segera menangkap dan mengusut segera siapa-siapa saja oknum yang terlibat dalam pemberian izin lahan gambut kepada perusahaan APRIL Group... Baca selengkapnya...

INTERNASIONALBocorkan Skandal Keuangan Gereja Kato.....
22/11/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Vatikan – Dikutip dari News.com.au, Selasa (3/11/2015), Pihak Vatikan geram dan mengecam publikasi dua dokumen rahasia yang diperoleh dengan [ ... ]



NASIONALKapolri Rilis Sketsa Wajah Pelaku Penyi.....
25/11/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Jakarta - Polda Metro Jaya merilis sketsa dua wajah orang yang diduga pelaku penyiraman penyidik senior KPK Novel Baswedan. Sketsa tersebut di [ ... ]



DAERAHTelegram Kapolri, Kapolrestabes Medan Di.....
22/11/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Medan - Berdasarkan surat telegram Kapolri No ST/2754/XI/2017 per tanggal 16 November 2017, pergantian terjadi pada jabatan Kapolrestasbes Medan [ ... ]



PENDIDIKANTim Dream Menanam Nilai Antikorupsi Seda.....
23/11/2017 | Redaksi KOPI

KOPI - Absensi adalah kebutuhan yang sangat mendasar bagi seorang mahasiswa sebagai penanda awal perjalanan menuju sebuah niat suci bernama “skripsi [ ... ]



EKONOMIIPO PT Campina Ice Cream Industry Tawark.....
23/11/2017 | Yeni Muezza

KOPI, Jakarta - PT Campina Ice cream Industry Tbk berencana untuk melakukan Penawaran Umum Perdana Saham (IPO) sebanyak-banyaknya 885.000.000 (delapan [ ... ]



HANKAMSemarak Peringatan Hari Pahlawan 2017 di.....
17/11/2017 | Rachmad Yuliadi
article thumbnail

KOPI, Banda Aceh - Sebagai bangsa yang besar tentu saja kita harus mengingat jasa para pahlawan. Pada tanggal 10 November 2017, rakyat Aceh memperinga [ ... ]



OLAHRAGASempena Hut Kuansing : Bupati H. Mursini.....
13/10/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Kuantan Singingi – Dari pantauan Pewarta Indonesia , Kamis pagi (12/10-17) dari luar Gedung DPRD kabupaten Kuansing, puluhan karangan bunga u [ ... ]



PARIWISATAKomunitas EO Aceh dalam Peningkatan Prom.....
23/11/2017 | Rachmad Yuliadi Nasir

KOPI, JAKARTA - Salah satu sumber pendapatan daerah adalah melalui pemasukan dibidang pariwisata. Untuk itulah segenap EO (Even Organizer) Aceh ditunt [ ... ]



HUKUM & KRIMINALWanted … Dua Orang Napi Sangat Berba.....
23/11/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Pekanbaru - Ditempat kerjanya, Geng Suang mengatakan “Yang membuat malu kinerja Kemenkumham melainkan oknum anggotanya sendiri . ini buktiny [ ... ]



POLITIKTercium Aroma Korupsi Pengadaan Sapi B.....
24/11/2017 | Didi Rinaldo
article thumbnail

KOPI, Pekanbaru - Ditempat kerjanya, Ajisulung menuturkan “ Propinsi Riau memecahkan Rekor Nasional,  tiga orang mantan Gubernurnya tersandung kas [ ... ]



OPINI“Jangan Ambil Uangku, Ibu!” Refleksi.....
18/11/2017 | Harjoni Desky, S.Sos.I., M.Si
article thumbnail

KOPI - Pak Ahmad sudah 2 tahun ini menjadi peserta asuransi. Saat menjadi peserta asuransi, ia sengaja merahasiakan keanggotaannya kepada istrinya, ka [ ... ]



PROFILDulu Anak Tukang Kayu, Kini Polisi Kand.....
16/11/2017 | Didi Rinaldo

  KOPI, Bangka Belitung - Seorang polisi berseragam lengkap tampak memacu sepeda motornya ke dalam kebun yang berjarak dua jam perjalanan dari Pan [ ... ]



SOSIAL & BUDAYAPameran Seni “Run For Manhattan” by .....
24/11/2017 | Yeni Muezza

KOPI, Jakarta - Ciptadana Art Program kembali digelar dengan tujuan untuk berbagi dengan klien, dengan mengapresiasi seni kontemporer unik Indonesia. [ ... ]



ROHANIMengenal Abuya Syaikh H. Muhammad Muda W.....
26/09/2017 | Ismayadi Yadi
article thumbnail

KOPI - Abuya Syaikh H. Muhammad Muda Waly al-Khalidy an-Naqsyabandy Abu Abuya Syaikh H. Muhammad Muda Waly al-Khalidy an-Naqsyabandy DAYAH-DARUSSALAM [ ... ]



RESENSIDrama Korsel Berjudul Man Who Dies to L.....
30/07/2017 | Didi Rinaldo

KOPI – Jakarta - Drama Korea Man Who Dies to Live berhasil masuk sepuluh besar rating drama terbaik di Korea Selatan.
drama yang tayang di MBC ini j [ ... ]



CERPEN & CERBUNGKetika Gunung Juga Punya Cara.....
22/03/2016 | Anjrah Lelono Broto
article thumbnail

KOPI - Gunung memiliki cara sendiri untuk menunjukkan kediriannya. Gunung juga memiliki mulut dan lidah tersendiri untuk berbicara. Gunung adalah gunu [ ... ]



PUISIMenatap Rasa.....
07/06/2017 | Mas Ade

Masih di bulan Juni Angin mendatangi jendelaku Bisikkan rindu yang basah Oleh hujan bulan Mei Meski embun tetap nyenyak dalam tidurnya Mendekap s [ ... ]



CURAHAN HATILBH APDESI (Asosiasi Perangkat Desa S.....
22/11/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Pekanbaru – Senen (20/11-17), LBH (Lembaga Bantuan Hukum) APDESI (Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia) besutan Gusti Randa, SH. MH men [ ... ]



SERBA-SERBIKoleksi Model Tas Anak Sekolah Perempuan.....
21/11/2017 | Taufiq Iqbal
article thumbnail

KOPI - Tahun ajaran baru di sekolah, identik dengan perlengkapan sekolah yang baru pula. Anak-anak biasanya akan meminta dibelikan perlengkapan sekola [ ... ]



Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.