Gaya Hidup Sehat Mampu Kurangi Risiko Hipertensi

0
101

Pewarta-Indonesia, JAKARTA – Tekanan darah tinggi jangan dianggap remeh. Orang dengan hipertensi berisiko dua kali lebih besar terkena penyakit kardiovaskular, seperti stroke dan serangan jantung, daripada yang tidak. Kabar baiknya, hipertensi dapat dikelola dengan gaya hidup sehat.

Dr Santoso Karo-Karo, pakar hipertensi dari RS Jantung Harapan Kita, Jumat (11/9) di Jakarta, mengatakan, tekanan darah digolongkan normal pada 130-139 (sistolik atau tekanan darah saat jantung memompa darah ke dalam nadi)/85-89 (diastolik atau jantung relaksasi). Jika tekanan darah selalu mendekati ambang atas bertahun-tahun, waspadai hipertensi.

”Setelah usia 35 tahun, tekanan darah meninggi. Pembuluh darah menebal dan kian kaku,” ujarnya.

Gaya hidup sehat, seperti pola makan kaya sayur, buah, dan rendah lemak, dapat menurunkan sistolik 11,4 poin dan diastolik 5,5 poin. Berat badan dijaga dalam kisaran body mass index 18,5-24,9 (berat badan (kilogram) dibagi tinggi badan (meter) lalu dikuadratkan). Konsumsi garam tak lebih dari 2,4 gr per hari (sodium) atau 6 gr per hari (NaCl) dan aktivitas fisik aerobik seperti jalan kaki 30 menit tiap hari.

Bagi penderita hipertensi, pengobatan berguna mengurangi kesakitan dan kematian akibat penyakit kardiovaskular dan ginjal. Terapi antara lain dengan obat hipertensi golongan penghambat reseptor angiotensin (angiotensin receptor blocker/ ARB) seperti valsartan—menurut penelitian Kyoto Heart Center dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. (kompas.com)

BAGIKAN
Berita sebelumyaTommy Pertahankan Trah Cendana
Berita berikutnyaDimanakah Pilar-pilar Kokoh Itu?
Koran Online Pewarta Indonesia atau disingkat KOPI adalah sebuah media massa nasional berbasis jurnalisme warga (pewarta warga) yang dibangun dan dikelola oleh Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI). Pimpinan redaksi KOPI adalah Wilson Lalengke, dibantu oleh ribuan penulis/pewarta lintas profesi, lintas agama, lintas strata sosial, ekonomi, budaya, pendidikan dan lain-lain dari seluruh nusantara dan luar negeri.