Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
Silahkan Login & Kirim Warta

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?
Pewarta Online

Yang Terpinggirkan
Gaji Pensiun yang belum Terealisasi Juga.....
21/02/2013 | Husaeni Mabruri

KOPI - Mimpi manis untuk masa depan gaji pegawai pensiunan sipil hidupnya belum dirasakan oleh Bpk. [ ... ]


Gelora Sepeda
“Nongkrong di Haus Berbonus” Raih MU.....
30/06/2013 | Arifin

KOPI - PT ABC President Indonesia menggelar serangkaian kegiatan “Nongkrong di Haus Berbonus”, Minggu pagi (30/6) di Plaza Utara Senayan, Jakarta. Event tersebut diselenggarakan serentak di tiga K [ ... ]



Polling Warga
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

Kolom Pewarta Imi Suryaputera Hari Begini Masih Jualan Koran?
Redaksi Koran Online Pewarta Indonesia (KOPI) bersama segenap pengurus dan anggota PPWI se-Indonesia menyampaikan Selamat Menjalankan Ibadah Puasa di bulan Ramadhan 1435 H, kepada seluruh umat Muslim dan Muslimat sebangsa dan setanah air dan di seluruh dunia. Semoga senantiasa dilimpahkan rahmat dan pahala yang berlimpah di bulan suci penuh rahmat ini bagi setiap anak negeri di segenap penjuru nusantara... Amin...

Hari Begini Masih Jualan Koran?

KOPI - Di era globalisasi teknologi informasi ini, berbagai kemudahan didapat untuk mengakses informasi dari banyak saluran yang tersedia.

Untuk mengakses berita di televisi dan radio, seseorang perlu membeli peralatannya, sedangkan tayangannya diperoleh secara gratis. Begitupun jika akan mengakses informasi di dunia maya (cybermedia), tak perlu membayar atau membelinya, meski keluar biaya pun, sebenarnya yang dibayar tak terkait langsung dengan kegiatan mengakses informasi tersebut.

Ketiga jenis media diatas bukan karena tak mengeluarkan cost terkait kegiatannya sehingga berbagai informasi yang ditayangkan dapat diperoleh secara gratis. Namun segala cost kegiatan penayangan telah tertutupi dengan hasil iklan yang ditayangkan.

Hal tersebut sangat berbeda jika ingin mendapatkan informasi di media cetak. Seseorang mesti membeli koran, tabloid, ataupun majalah. Padahal tak sedikit media cetak yang sudah menjadi besar dengan memperoleh banyak iklan, yang tentu saja sudah sangat untung tanpa harus jualan koran lagi.

Idealnya memang berbagai jenis media massa itu tak lagi memungut apapun terkait tayangan atau produknya. Begitupun perusahaan media cetak tak perlu lagi jualan koran, tabloid ataupun majalah, tapi diberikan ataupun dibagikan percuma kepada para pembaca.

Mesti ada semacam aturan main terhadap perusahaan media cetak, yakni tak dibolehkan menjual produknya berupa hasil cetakan atau berita yang dicetak. Dengan begini maka akan membatasi bermunculannya banyak perusahaan media cetak. Dengan demikian maka perusahaan media cetak dituntut menjadi benar-benar profesional dan sanggup membiayai dirinya sendiri melalui pendapatannya dari iklan.

Ringkasnya adalah, boleh bikin perusahaan percetakan koran tapi tidak untuk jualan koran. Koran berisi berita yang telah dicetak disebar ke berbagai tempat dan tujuan untuk diberikan secara gratis dan cuma-cuma tanpa pembacanya harus merogoh kocek untuk membayar.


Artikel Lainnya:
Artikel Lainnya:

 

Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.