Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?

YANG TERPINGGIRKAN
FWMB Gelar Aksi Damai Menolak Penggusura.....
30/08/2015 | Ahmad Syarip

KOPI, Jakarta -  Belum jelasnya pihak mana yang mengklaim serta akan menggusur area Kompleks hunian [ ... ]


GELORA SEPEDA
Tiga Pilar "Gowes Bareng" Bersama Masyar.....
01/08/2015 | Joe R Manalu

KOPI - Cengkareng - Sabtu pagi (01/08) kegiatan tiga Pilar "Gowes bareng" bersama dengan masyarakat ± 200 yang di hadiri Kapten inf Ober Purba (Danramil 04/Ckr) beserta jajarannya , Kompol Aji Sutarj [ ... ]



POLLING WARGA
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

Kolom Pewarta Indonesia-Maroko ‘Jas Merah’ Hubungan RI-Maroko (28/M)

‘Jas Merah’ Hubungan RI-Maroko (28/M)

KOPI, Merekam jejak sejarah, membantu sebuah negara untuk dapat berdiri kokoh menyuarakan perdamaian dalam jalinan persahabatan. Sejarah menjadi pijakan awal bagi generasi penerus untuk mengembangkan sayap, menyambut hubungan yang lebih harmonis antara negara-negara di belahan dunia. Pembukaan hubungan ini akan memiliki nilai strategis dari berbagai lini. Lini politis, ekonomi, hubungan antar masyarakat maupun dari lini perlindungan WNI, misalnya. Indonesia, salah satu negara yang tergolong aktif dalam menjalani hubungan kerja sama dengan beberapa negara dalam forum Internasional. Tanpa disadari hubungan diplomatik semacam ini semakin membawa pengaruh besar untuk kejayaan NKRI, di samping beberapa hal yang memang bersifat paradoks. 19 April 1960, tepatnya 51 tahun silam, Indonesia mengawali hubungan diplomatik dengan negara Maroko yang ditandai penyerahan surat kredensial Duta Besar Nazir Pamontjak kepada Raja Maroko, Muhammed V. Inilah gaung ‘JAS MERAH’ (Jangan Sekali-kali Melupakan Sejarah) yang tidak boleh luput dari perhatian publik. Awal sebuah kebersamaan indah yang patut dibina RI- Maroko, juga kita para generasi penerus bangsa. Pun Bung karno, petinggi kerajaan Maroko, serta pejuang yang terlibat pada perjanjian di masa lalu ini akan tersenyum bangga melihat tali persaudaraan yang masih terajut secara harmonis hingga memasuki masa perak (51 tahun).

Negeri Maghribi (matahari terbenam), Maroko adalah sebuah negara kerajaan yang berada di wilayah Afrika Utara, sedangkan Indonesia merupakan negara demokrasi yang berada di wilayah Asia Tenggara. Jarak geografis yang terbentang di antara keduanya, tidak lantas pupus harapan untuk berjabat tangan menyatakan bahwa kedua negara itu sebagai “Akh Syaqiq” (saudara kandung). Kenangan khusus yang menjadi potret kedamaian RI-Maroko tercermin dari kunjungan Presiden RI pertama, Bung Karno yang akhirnya menjadi sejarah di kerajaan Maroko dengan adanya nama sebuah jalan berlabel ‘Rue Suekarno’ di jantung kota Rabat, Ibukota kerajaan Maroko. Pun Bung Karno menyematkan nama Casabalanca, kota perdagangan dan pelabuhan Maroko sebagai salah satu nama jalan terpadat di Indonesia. Peristiwa 51 tahun lalu itu mungkin tidak banyak diketahui generasi penerus, namun itulah sejarah yang tak dimungkiri membuat Indonesia lebih terkenal peradabannya di mata Internasional.

Negeri matahari terbenam, Maroko memberi wahana baru bagi Indonesia untuk menyimak potret keharmonisan. Di Maroko orang sangat menikmati hidupnya karena raja sangat peduli kepada rakyat. Sungguh luar biasa, terlihat hubungan antar umat beragama terjaga dengan sangat baik. Tidak ada sekat-sekat pemisah partai politik, organisasi keagamaan, latar kultural, semua dirangkul dalam hangatnya kenyamanan. Indonesia, melalui beberapa kader-kadernya yang tersebar di negeri seribu benteng itu bisa menyerap ilmunya dan merealisasikan keharmonisan itu di negeri Indonesia. Di Maroko, pendidikan merupakan hal utama. Melalui berbagai program, pihak Kerajaan Maroko memberikan fasilitas pendidikan gratis kepada seluruh rakyatnya, sekolah gratis hingga jenjang S-3 di universitas. Kebijakan ini juga mengimbas pada hubungan bilateral yang terbina dengan Indonesia, melalui AMCI, Maroko menawarkan beasiswa guna belajar di institusi pendidikan, khususnya Universitas Qarawiyyin. Walaupun tertatih, namun cukup banyak mahasiswa Indonesia yang tertarik melanjutkan studi di Maroko, terutama bagi mereka yang ingin mendalami nuansa islami. Mengapa harus Maroko? Bukankah Mesir atau Saudi Arabia adalah tempat perburuan terbanyak untuk belajar hal yang sama? Ya…karena Maroko adalah cerita baru (jawaban atas pilihan mereka). Inilah yang menjadi pionir penggerak pemerintah Indonesia menginginkan hubungan bilateral tetap terjalin agar mahasiswa Indonesia mendapatkan jatah untuk melanjutkan studi ke Maroko, dan menambah cerita baru di Negeri Matahari Terbenam itu.

Sikap positif dan dukungan yang diberikan pihak Maroko terhadap negara Indonesia, sudah sepatutnya disambut baik untuk memperkenalkan Indonesia melalui budaya-budaya yang khas di negeri ini agar semakin merasuk di tingkat Internasional. Indonesia yang telah menggenggam begitu banyak kemudahan, seperti perjanjian bebas visa dengan kerajaan Maroko sebagai dukungan terhadap kemerdekaan Maroko sangat menarik dimanfaatkan untuk membina hubungan bilateral dalam dunia pariwisata dan perkenalan budaya. Duta besar RI untuk kerajaan Maroko, Bapak Tosari Widjaja dalam acara HUT ke-65 RI yang digelar dalam kemasan ‘Indonesian Day’ mengharapkan agar penampilan kesenian Tari Panyembrama, Cendrawasih (Bali), Tarian Yapong (Betawi), Saman (Aceh), dan sederet kesenian memukau lainnya dapat menggugah dan menimbulkan rasa ingin tahu untuk lebih mengenal Indonesia kepada khlayak asing serta mengundang mereka untuk datang menjalin persahabatan dengan RI.

Atas bantuan insan-insan kreatif pemuda Indonesia, nama negeri tercinta ikut terangkat di bidang seni budaya, terutama memukau kerajaan Maroko. Legenda Jawa Klasik ‘Ande-ande Lumut’ menggunakan bahasa Arab dalam Festival Teater Internasional Pemuda ke-12 di kota Taza, Maroko telah menghimpun sendi-sendi kepercayaan dunia bahwa Indonesia adalah negara yang patut diperhitungkan peradabannya. Lewat seni pagelaran semacam ini, pesan-pesan perdamaian dan persahabatan bisa dituangkan secara demokratis dan dimaknai secara mendalam bagi negera-negara yang menjalin hubungan diplomatik. ‘Ande-ande Lumut’ adalah jiwa Indonesia yang di dalamnya terekam sebuah sejarah, kisah seorang pangeran dari Kerjaan Kediri, Jatim bernama Kasumayuda adalah legenda bernilai sejarah yang tetap bernafas di negeri sendiri dan merebak ke dunia Internasional. Tidak dimungkiri pesona sejarah mampu menyatukan negara-negara di berbagai lini, baik budaya, sosial, hubungan diplomati, pendidikan, bahkan pertahanan dan keamanan sekali pun.

Nilai persamaan yang terkadung pada badan RI dan kerajaan Maroko menjadi peluang komunikasi andal untuk semakin memantapkan diri di kancah Internasional. Indonesia dan Maroko sama-sama menganut kebijakan moderat dan merupakan anggota organisasi Internasional seperti PBB,OKI, GNB, Kelompok-77, dan Komite AL-Quds, serta nilai historisnya yang membantu hubungan diplomatik dapat berjalan secara beriringan. Kepercayaan ini kembali membuka peluang bagi produk dagang Indonesia memasuki nadi kerajaan Maroko. Hal ini terbukti berdasar catatan KBRI, perdagangan RI-Maroko tahun 2005 selalu surplus yang relative besar untuk RI. Implikasinya, produk RI di Maroko cukup dikenal dan diminati serta RI mendapat tempat-tempat di bursa perdagangan Maroko. Namun, hal ini patut dikembangkan dengan membentuk wadah yang mampu menampung aspirasi dan saran dalam peningkatan hubungan dagang, yang merambah hubungan politik, pendidikan, seni budaya, dan sebaginya antara kedua negara. Maroko sebagai negara yang terletak di tepi Selat Gibraltar ini termashyur akan kekayaan budayanya yang juga melukiskan kisah sejarah. Bagi warga Indonesia yang ingin mencari refrensi dan mendalami budaya Maroko bisa belajar dari karya sastra Maroko yang ditulis dalam beberapa bahasa. Masih banyak lagi sharing yang bisa kita lakukan jika hubungan diplomatic RI-Maroko terjalin mesra.

Hubungan diplomatik RI-Maroko yang memegang teguh ‘JAS MERAH’, niscaya akan langgeng di segala ranah dan lebih memantapkan diri menghadapi tantangan yang kian menerjang di kemudian hari. Jayalah Indonesiaku…

Refrensi:

http://www.berani.co.id/Artikel_Detail.aspx?ID=677. Diakses pada tanggal 10 Mei 2011

http://111.68.116.28/id/berita_isi.php?news_id=1132. Diakses pada tanggal 10 Mei 2011

 

Biodata Penulis

NAMA: Ni Nyoman Ayu Suciartini
TTL : Amlapura, 11 April 1990
Universitas Pendidikan Ganesha-Singaraja Bali
Alamat: jln Udayana Singaraja-Bali
Alamat rumah: jln sahadewa gang 4a no 10 b
Hp: 081916602051
Email: This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it
Fb: This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it


Artikel Lainnya:

 

Pengadaan "Incinerator" RSU Kuala Simpang Terindikasi Mark Up
Selasa, 01 September 2015

KOPI,ACEH TAMIANG - Anggaran pengadaan incinerator atau mesin pengolahan limbah di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kuala Simpang, Kabupaten Aceh Tamiang yang dibangun pada tahun 2013 kemarin, terindikasi praktek mark up. Ironisnya lagi, sampai saat ini incinerator tersebut belum difungsikan sebagaimana mestinya. "Kami harap Bupati dan Wakil Bupati Aceh Tamiang berserta pihak penegak hukum agar segera mengusut kasus pencurian uang negara melalui... Baca selengkapnya...

Ibu Rumah-tangga Menderita Kanker Ganas Sebesar Bola Volley
Senin, 31 Agustus 2015

KOPI - Pujiasih (44), ibu rumah-tangga, warga Kelurahan Pakunden Kecamatan Sukorejo Kota Blitar, menderita kanker ganas yang jarang ditemui. Dia menderita kanker ganas tersebut, baru dua tahun, namun sudah sebesar bola volley. Sementara keluarga hanya bisa pasrah, karena tidak ada biaya dan berharap uluran dari pemerintah Kota Blitar, untuk mengobatkan penderita kangker ganas tersebut.   Dari pantauan dilapangan,  Pujiasih hanya bisa... Baca selengkapnya...

Anggota MPR Tabrani Maamun Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di SMPN 7
Jumat, 28 Agustus 2015

KOPI, Pekanbaru - Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan,  merupakan kegiatan dan kewajiban bagi seorang anggota DPR/MPR-RI, empat pilar itu yakni Pancasila, Undang-Undang Dasar negara 1945, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika. Kedatangan anggota DPR/MPR RI Tabrani Maamun ke Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 pada hari Jum’at (28/ 8-15) untuk menerangkan kepada siswa-siswi tentang empat pilar kebangsaan. Ratusan orang siswa-siswi duduk bersimpuh di... Baca selengkapnya...

Diskannak Sarolangun Laksanakan Kegiatan Kesehatan Hewan
Jumat, 28 Agustus 2015

KOPI, Sarolangun - Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Sarolangun memberikan pelayanan kepada masyarakat tepatnya di Dusun Kebun Kelapa Desa Sindai Kelurahan Sukasari. Adapun pelayanan yang diberikan yakni tiga jenis pelayanan kesehatan hewan. Di antaranya, pemeriksaan penyakit dan kesehatan hewan, pemeriksaan kebuntingan pelayanan inseminasi buatan, pelayanan berbagai macam vaksinasi serta pelayanan pemberian surat keterangan... Baca selengkapnya...

Puluhan Wartawan Blitar Sesalkan Sikap Humas Pemkab
Kamis, 27 Agustus 2015

§ Humas Pemkab Blitar Tidak Tanggap terkait dalam hal publikasi gunung Kelud Blitar, KOPI - Sedikitnya 50 wartawan  Cetak, Radio mapun Televisi yang tergabung dalam Komunitas Wartawan Blitar ( KWB ) menyatakan sikap Peduli terhadap keberadaan Gunung Kelud yang akhir-akhir ini memanas kembali. Hal tersebut kembali mencuat, karena Putusan Majelis Hakim Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Surabaya yang memenangkan Pemerintah Kabupaten Kediri... Baca selengkapnya...

KRPK Pertanyakan Komitmen Kejaksaan Tangani Kasus Korupsi di Blitar
Kamis, 27 Agustus 2015

§ Kejaksaan Diduga Kecipratan Dana PT.DBS Blitar, KOPI - Sejumlah aktifis anti korupsi Blitar yang tergabung dalam Komite Rakyat Pemberantas Korupsi (KRPK), mendatangai Kantor Kejaksaan Negeri Blitar Kamis (27/8). Kedatangan mereka mempertanyakan keseriusan penanganan beberapa kasus korupsi yang telah dilaporkan oleh KRPK ke Kejaksaaan Negeri Blitar.   Menurut Triyanto, Ketua Komite Rakyat Pemberantas Korupsi (KRPK), ada beberapa... Baca selengkapnya...

Berkolaborasi dengan Jajaran Polsek, Polresta Pekanbaru Menangkap 7 Penjahat
Kamis, 27 Agustus 2015

KOPI, Pekanbaru- Tujuh orang oknum penjahat berhasil di ringkus oleh jajaran Kapolresta Pekanbaru, mereka ada yang berprofesi spesialis (C3) Curat (Pencurian dengan Pemberatan) , Curas (Pencurian dengan kekerasan) , Curanmor (pencurian kendaraan bermotor) . Keempat orang itu melakukan perlawanan saat digerebek, petugas menembak kakinya. Hal ini diungkapkan oleh kapolresta Pekanbaru Kombes (Pol) Aries Syarief Hidayat saat ekpose dengan... Baca selengkapnya...

INTERNASIONAL

Mesir Siap jadi yang Terdepan di Kawasan.....
20/08/2015 | Maruli Ferdinand

KOPI, Moskow - Tak lama lagi, Mesir bakal mewujudkan impiannya untuk menjadi pemimpin di kawasan Afrika Utara dalam industri nuklir. Impian ini akan t [ ... ]



NASIONAL

HUT Polwan Ke-67 dan HUT HKGB Ke 63, Sel.....
31/08/2015 | Rifnaldi
article thumbnail

KOPI, BUKITTINGGI - Rakyat Sumbar - Hari Ulang Tahun Polisi Wanita (Polwan) ke 67 dan Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari (HKGB) ke 63 Tahun 2015 ini, dit [ ... ]



DAERAH

Gudang Mebel Caringin Bandung Dilalap Si.....
01/09/2015 | Iyan Sofyan

KOPI, Bandung – Sijago merah mengamuk lagi di Bandung. Kali ini, api dengan cepatnya membakar kayu, styrofoam dan mobil truk engkel di dalam gudang  [ ... ]



PENDIDIKAN

LPSD Darusalam Gelar FGD Pancasila Jelan.....
30/08/2015 | Ahmad Wahib

KOPI - Lembaga Studi Pancasila Darussalam (LSPD) menggelar Focus Group Discusion (FGD) yang mengangkat topik Penguatan Pancasila Bagi Pemuda Menghad [ ... ]



EKONOMI

APTI 2015 Umumkan 26 Perusahaan TBK Terb.....
28/08/2015 | Yeni Herliani

KOPI - Majalah Economic Review untuk kedua kalinya menggelar Anugerah Perusahaan Terbuka (Tbk) APTI 2015, event ini terselenggara sebagai bentuk Apres [ ... ]



HANKAM

Koordinator Parkir Babak Belur Kena Kero.....
29/08/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Pekanbaru - Yang merusak nama institusi TNI, bukan dari eksternal melainkan oknum anggota TNI tersebut yang merusak nama kesatuan. ini buktinya  [ ... ]



OLAHRAGA

APPI Adakan Touring Kemerdekaan Ke-70.....
31/08/2015 | Saepullah Bin Wahyudin
article thumbnail

      KOPI, Cibinong (30/8) - Aksi Pemuda Peduli Indonesia (APPI) adakan kegiatan touring kemerdekaan ke-70 Republik Indonesia (RI) ke Sawarna [ ... ]



PARIWISATA

Tiga Taman Surga di Puncara Pujon.....
29/08/2015 | Agus Siroj Hudi

KOPI, Malang - Pemerintah Kabupaten Malang saat ini sedang gencar menggali segala sumber daya alam yang ada di berbagai aspek untuk meningkatkan taraf [ ... ]



HUKUM & KRIMINAL

Ini Hasil Investigasi Kabid Intelijen da.....
30/08/2015 | Ari Muzakki
article thumbnail

KOPI, JAKARTA - Berdasarkan hasil pantauan dan investigasi oleh Kabid Intelijen dan Investigasi PWRI Santos, maka berdasarkan fakta bukti-bukti yang d [ ... ]



POLITIK

Kadiv Humas KPUD Kota Blitar: Jalan Prot.....
31/08/2015 | Fajar Agustyono

KOPI – KPU Kota memasuki masa kampanye Pilkada, mulai menerapkan Perwali  Nomor 24 tahun 2013, tentang zona-zona  yang dilarang untuk pemasangan A [ ... ]



OPINI

Puncak Mahkota Bunga Orde Rahwana.....
01/09/2015 | Subagyo

  KOPI- Rahwana Raja,  Rajanya kaum Yaksa,  beputera dengan Bidadari  pemberian para Dewa Indrajid – Lambang puncak keberhasilan Rahwana.  Ord [ ... ]



PROFIL

Pejuang Kemerdekaan Tanpa Pamrih, Hanya .....
20/08/2015 | Bambang Suwarno

KOPI, Nganjuk - Siapa sangka ada lelaki tua berusia kurang lebih 93 tahun Namanya Moastro/Sarimah,hidup di Dusun Turi, Desa Nglundo,Kecamatan Sukomoro [ ... ]



SOSIAL & BUDAYA

Tari Binies, Budaya Suku Gayo.....
25/08/2015 | Syaiful Anshori

KOPI, Aceh Utara - Indonesia memiliki beraneka ragam budaya dan kesenian. Terutama di wilayah Aceh sendiri yang memiliki beraneka ragam suku dan bahas [ ... ]



ROHANI

Kapolda Lampung Lepas Keberangkatan Jema.....
21/08/2015 | Feri Agustian

KOPI, Lampung - Kapolda Lampung Brigjen Pol Drs. EDWARD SYAH PERNONG, SH.melepas calon jamaah haji keluarga besar jajaran Polda Lampung, pelepasan  [ ... ]



RESENSI

Jangan Dengerin Sendiri.....
27/04/2015 | Ug Dani
article thumbnail

Resensi Buku Judul :Jangan Dengerin Sendiri
Penulis : Naomi Angelia Sea
Tebal. : 200
Penerbit : Bukune Juli 2014
Harga. : Rp 41 [ ... ]



CERPEN & CERBUNG

Mbah Sarlan dan Gerojokan Sewu.....
24/07/2015 | Agus Siroj Hudi

KOPI, Malang - Bendosari adalah satu di antara Desa yang berada di Kecamatan Pujon Malang Barat dan telah di tetapkan sebagai salah satu Desa Wisata u [ ... ]



PUISI

Puisi 'Mataku Menyertaimu' Karya : Sonny.....
13/08/2015 | Sonny H.Sayangbati
article thumbnail

  ______Mataku Menyertaimu________ By:Sonny H.Sayangbati   hi kawan aku melihatmu dari jauh sungguh aku selalu khawatir tentangmu sebab aku ja [ ... ]



CURAHAN HATI

Kepala Anjungan NTB Kecewa terhadap Peng.....
24/08/2015 | Dody Muhamad

KOPI, Jakarta - Kepala Anjungan Nusa Tenggara Barat (NTB) Drs, Syahril merasa kecewa atas Sikap pengelola tiket masuk Taman Mini Indonesia Indah (TMII [ ... ]



HIBURAN

Film “Jenderal Soedirman” Tayang Se.....
25/08/2015 | Yeni Herliani

KOPI - Berangkat dari rasa penasaran dan kepedulian tentang mengapa jalan protokol di berbagai ibukota provinsi tersemat nama Jenderal Soedirman tetap [ ... ]



KULINER

McDonald’s Tingkatkan Layanan Melalui .....
01/04/2015 | Yeni Herliani

KOPI – Kini menikmati McDonald’s terasa lebih nyaman dan menguntungkan dengan hadirnya layanan terbaru “Online McDelivery Cashless Promo”. Pel [ ... ]



HIDUP SEHAT

Pola Hidup Sehat, Berpuasa Saat Ramadhan.....
16/06/2015 | Mardinal

KOPI, Sarolangun - Puasa merupakan suatu kewajiban bagi Umat Islam yang beriman dan bertaqwa kepada Allah Swt firmanNYA: “Hai orang-orang beriman d [ ... ]



SERBA-SERBI

SBY Pede Merasa Jadi Konsultan.....
30/08/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Jakarta Heran saya sebagai mantan presiden seharusnya memberikan dukungan kepada pemerintah berkuasa saat ini. Bukan kayak konsultan memberi [ ... ]



Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.