Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?

GELORA SEPEDATiga Pilar "Gowes Bareng" Bersama Masyar.....
01/08/2015 | Joe R Manalu

KOPI - Cengkareng - Sabtu pagi (01/08) kegiatan tiga Pilar "Gowes bareng" bersama dengan masyarakat ± 200 yang di hadiri Kapten inf Ober Purba (Danramil 04/Ckr) beserta jajarannya , Kompol Aji Sutarj [ ... ]



POLLING WARGA
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

Kolom Pewarta Kriteria Anggota DPR 12 Syarat “Mudah” Menjadi Anggota DPR (13/U)

12 Syarat “Mudah” Menjadi Anggota DPR (13/U)

KOPI - Dewan Perwakilan Rakyat adalah salah satu lembaga krusial dalam Negara kita ini. Karena dari lembaga tersebut itulah aspirasi – aspirasi rakyat disampaikan dan diperjuangkan. Maka, sudah selayaknya yang menjadi anggota dewan tersebut adalah orang – orang pilihan yang memang benar – benar mempunyai tujuan untuk mensejahterakan rakyat dengan tentunya menggunakan cara yang baik dan benar sesuai peraturan norma dan hukum yang berlaku.

Tapi juga perlu diingat bahwa seorang anggota DPR tidak akan bisa mewujudkan kesejahteraan rakyat, apabila rakyat itu sendiri tidak mendukungnya. Jadi, kerjasama dari semua pihak sangat diperlukan untuk mewujudkan cita – cita tersebut.

Berikut merupakan 12 syarat yang tergolong “mudah” ( menurut saya ) untuk menjadi seorang anggota DPR RI. Yaitu :

1. Taat beragama

Ini merupakan syarat wajib yang harus dimiliki oleh seorang calon anggota DPR. Karena Agama merupakan pondasi moral dalam diri seseorang, jadi apabila orang tersebut mengikuti ajaran agama dengan benar, maka bisa disimpulkan bahwa tingkah laku orang tersebut juga benar.

2. Taat Hukum

Bila seseorang taat terhadap hukum yang berlaku, bisa disimpulkan pula bahwa orang tersebut bertanggung jawab terhadap dirinya dan orang lain. Tidak perlu mengambil contoh yang rumit. Kita ambil saja contoh misalnya, menghentikan kendaraan waktu lampu lalu lintas berwarna merah, membuang sampah pada tempatnya, menaati rambu – rambu lalu lintas, dsb.

3. Tepat waktu

Kita bisa melihat tingkat kedisiplinan seseorang dari ketepatan waktunya. Karena orang yang terbiasa tepat waktu, umumnya juga pasti terbiasa mengorganisir kegiatannya, sehingga orang yang tepat waktu juga terbiasa hidup secara teratur. Dan setidaknya beliau bisa menjadi teladan di lingkungan tentang kedisiplinan.

4. Merakyat

Arti merakyat disini maksudnya, tidak gengsi dan tidak menampilkan sosok anggota DPR yang terhormat secara berlebihan. Dalam hal ini, yang patut di contoh adalah Bapak Dahlan Iskan ( Menteri BUMN ). Beliau tidak gengsi untuk makan di warung – warung sederhana dan naik transportasi umum. Karena perlu diingat bahwa selain di luar konteks kenegaraan, seorang anggota DPR adalah rakyat biasa, sama seperti yang lainnya.

5. Cerdas dan Pintar

Jelas sekali untuk menjadi seorang anggota Dewan Perwakilan Rakyat, cerdas dan pintar merupakan point penting. Karena kita tahu bahwa suatu urusan itu yang paling baik adalah yang diurus oleh ahlinya. Pintar dalam bidang keilmuannya itu sudah pasti. Sedangkan, Cerdas dalam mengambil keputusan, cerdas dalam menempatkan diri, cerdas dalam membela kepentingan rakyat, itu adalah contoh cerdas yang dimaksud.

6. Kreatif

Memberikan ide – ide dan gagasan baru yang segar dengan tentu membela kepentingan rakyat adalah hal yang jarang kita temui dalam diri anggota DPR kita sekarang. Padahal dengan berpikir kreatif, kita mampu membuat berbagai solusi alternatif untuk memecahkan berbagai masalah yang ada.

7. Inovatif

Selain bisa memberikan ide – ide yang kreatif, bisa menjadikan ide tersebut menjadi kenyataan adalah maksud kata inovatif di sini. Jadi tidak sebatas teori yang bertele- tele, tapi juga bisa menerapkan secara langsung teori atau ide tersebut.

8. Punya solidaritas tinggi

Rasa solid atau kompak sangat diperlukan dalam diri anggota DPR. Penekanan kompak disini adalah kompak / solid dengan rakyat dan juga sesama anggota dewan yang sama- sama membela kepentingan rakyat. Karena bila rasa solidaritas seseorang itu tinggi, maka otomatis pepatah susah senang sama – sama akan terlaksana. Solid bisa dicontohkan seperti, bila ada warga disuatu daerah terkena bencana, turut memberi bantuan. kemudian bila warga disekitar tempat tinggalnya terkena banjir, beliau cepat dan tanggap mendirikan posko penanggulangan dan memberikan bantuan yang sesuai, dan lain sebagainya.

9. Bersahaja

Sederhana dalam berpenampilan, tidak perlu berlebihan. Misalnya, baju tidak perlu mahal yang penting rapi dan cocok dipakai, dan banyak contoh lainnya. Ini bertujuan untuk mengurangi kesan negatif bahwa anggota dewan itu suka berfoya – foya, membuang uang untuk hal – hal yang tidak perlu. Bila kesan itu yang tertangkap, bisa dipastikan bahwa untuk memenuhi kebutuhannya saja kurang sesuai, apalagi untuk memenuhi harapan rakyat?

10. Terbuka

Tidak perlu untuk terbuka dalam segala hal, cukup lah terbuka dalam menerima masukan, terbuka dalam proses bekerja sebagai anggota dewan, dan terbuka untuk hal – hal yang positif.

11. Kooperatif

Kerjasama juga diperlukan, karena sebagai anggota dewan yang mewakili rakyat. Ada alur aktivitas yang melibatkan berbagai elemen. Jadi, sifat ini juga menentukan keberhasilan suatu program atau kebijakan yang dibuat.

12. Terbiasa dipilih menjadi pemimpin

Kalau syarat yang ini, mungkin tidak mutlak. Tapi ini bisa digunakan sebagai bahan pertimbangan. Karena logikanya, kalau orang tersebut sering dipilih sebagai pemimpin, maka bisa di artikan bahwa kebanyakan orang memang menilai orang tersebut mampu untuk menjadi leader. Nah, Untuk mengetahui apakah seseorang tersebut sering dipilih karena punya kualitas atau sekedar mengandalkan uang kertas. Cara yang paling mudah adalah dengan melihat jejak kepemimpinannya. Kalau beliau lebih banyak dipilih sebagai pemimpin di organisasi yang nonprofit. Berarti orang tersebut memang mempunyai jiwa melayani dan disukai oleh lingkungan organisasi tersebut. Memang tidak selalu, tapi paling tidak bisa memberikan gambaran mengenai kepribadian orang tersebut.

Nah, bagaimana? Mudah bukan menjadi seorang anggota Dewan Perwakilan Rakyat yang terhormat? Semoga sedikit pendapat saya ini bisa menambah referensi tentang syarat menjadi seorang anggota DPR idaman.

 

Identitas Penulis

Nama : Frendy R. I.

Alamat : Ds. Kalirejo No. 100 Kec. Bojonegoro Kab. Bojonegoro JATIM

No. Hp : 0821 495 134 21

Email : This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it

Facebook : http://www.facebook.com/ frendy restyo

 

Awali Tugas, Kolonel Czi Dheni Herman Lakukan Perkenalan
Sabtu, 06 Pebruari 2016

KOPI, SURABAYA - Mengawali masa dinas di Korem 084/BJ tahun 2016, Komandan Korem 084/Bhaskara Jaya Kolonel Czi Dheni Herman memberikan Jam Komandan kepada seluruh prajurit dan PNS Korem 084/Bhaskara Jaya, yang berlangsung di Aula Bhaskara Jaya Korem 084/Bhaskara Jaya. Kesempatan pertama Danrem menceritakan riwayat masa dinas dan tugas sebelum menjabat sebagai Danrem 084/Bhaskara Jaya dengan luwes dan santai serta diselingi dengan candaan tetapi... Baca selengkapnya...

HUT Kampar Ke-66, Jefri Noer: Saya Berdoa Kampar Berkembang Lebih Baik Lagi
Jumat, 05 Pebruari 2016

KOPI, KAMPAR - Berbagai macam kegiatan diadakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kampar bersempena perayaan hari jadinya ke-66 tahun yang jatuh pada hari Sabtu (6/2-16). Pemkab Kampar mengadakan kegiatan untuk menyemarakan HUT (Hari Ulang Tahun) ke -66 tahun dengan berbagai macam perlombaan yakni Bakti sosial di berbagai kecamatan yang terdiri dari penyerahan bantuan sembako, donor darah, pengobatan massal, khitanan dan gotongroyong, jalan... Baca selengkapnya...

Kebersamaan Dandim Lamongan di Tengah Anggota
Kamis, 28 Januari 2016

KOPI, LAMONGAN - Memasuki minggu militer, kali ini anggota Kodim 0812 dipimpin langsung Komandan Kodim 0812/Lamongan Letkol Inf Jemz Andre R.E,S.Sos melaksanakan latihan pembinaan fisik berupa lari jalanan di sekitaran wilayah Kota Lamongan, Rabu (27/01/2016).   Kebersamaan Dandim Lamongan Seperti yang disampaikan Komandan Kodim 0812/Lamongan bahwa kegiatan ini janganlah dianggap sebagai siksaan bagi prajurit tapi lebih melihat pada... Baca selengkapnya...

Pencalonan Sofyan Dawood Akan Membuat Pilkada Aceh 2017 Semakin Seru
Rabu, 27 Januari 2016

KOPI, ACEH TAMIANG - Meskipun pilkada Aceh baru akan dilaksanakan pada tahun 2017 mendatang, namun saat ini mulai terlihat, satu persatu calon Pemimpin Aceh yang awalnya malu-malu menyatakan akan bertarung memperebutkan suara rakyat, kini mulai terbuka dan ini merupakan dinamika politik yang sangat baik bagi perkembangan demokrasi Aceh.     Di Warung Kopi Skala Coffe, Gampong Pango Kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh, Mantan Juru Bicara... Baca selengkapnya...

Mendagri Titip Pesan Kepada Kepala Daerah di Riau Jangan ada Monopoli Proyek
Sabtu, 23 Januari 2016

KOPI, Pekanbaru - Kunjungan Kerja (Kunker) Menteri Dalam Negeri (Mendagri)Tjahjo Kumolo ke propinsi Riau , hari Jum’ at (22/1-16) . Kunjungan kerja mendagri dihadiri oleh seluruh Bupati dan Walikota sekabupaten/kota se Riau. Unsur Muspida, Forkompimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) bertempat diruangan Serindit gedung daerah. Dari pantauan wartawan www.pewarta-indonesia.com banyak yang diungkap oleh Mendagri dari nostalgia saat buk... Baca selengkapnya...

Kejati Riau Tandatangani MoU dengan Bank Riau-Kepri
Kamis, 21 Januari 2016

KOPI, Pekanbaru - Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau Susdiarto Agus Praptono, SH, MH menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) atau kesepakatan bersama mengenai penanganan masalah hukum bidang perdata dan Tata Usaha Negara (TUN) dengan Bank Riau-Kepri hari Kamis (21/1-2016) bertempat di hotel Pangeran,Pekanbaru.   Dari Bank Riau Kepri langsung ditandatangani oleh Irvandi Gustari selaku Direktur utama. Berhubung daerah... Baca selengkapnya...

Menteri Ristek Dikti Apresiasi Pelatihan Peningkatan Kewibawaan Akademik oleh IMARC dan FEB UNDIP
Senin, 18 Januari 2016

KOPI, Semarang - Tak diduga dan tak disangka, Menteri Nasir langsung meninggalkan rombongan setelah peresmian Sekretariat ISEI Semarang. "Saya mau keatas dulu" Sebut Menteri Nasir kepada rombongan dan  beranjak pergi menuju lantai 2 mendatangi Indonesian Scopus Project.  Belakangan baru diketahui bahwa kedatangan tersebut diluar agenda selama Menteri Ristek Dikti berada di Semarang. Tempat  tersebut merupakan pelatihan penulisan jurnal... Baca selengkapnya...

DAERAHSaluran Mampat, DB Meningkat.....
06/02/2016 | Bastomi
article thumbnail

KOPI, Kendal - Dari sekian kasus DBD yang terjadi di desa Sukomulyo kecamatan Kaliwungu Selatan, sepertinya belum mendapat perhatian khusus dari pemer [ ... ]



PENDIDIKANTingkatkan Ketrampilan Guru, USAID PRIOR.....
05/02/2016 | Syamsul Kamal

KOPI, Aceh Jaya - Guna meningkatkan kompetensi dan keterampilan guru dalam menerapkan praktik pembelajaran yang baik dan berkualitas USAID PRIORITAS g [ ... ]



EKONOMIKeberadaan Transplanter Sangat Membantu .....
06/02/2016 | Mikhael Markus
article thumbnail

KOPI, KEDIRI - Keberadaan transplanter sebagai alat bantu di sektor pertanian, cukup terasa baik dilihat dari segi waktu maupun segi tenaga kerja. Sep [ ... ]



HANKAMTim Penilai Lomba Rumah Sehat dari Korem.....
05/02/2016 | Mikhael Markus
article thumbnail

KOPI, BOJONEGORO - Tim penilai lomba dari Korem 082/CPYJ, tiba di Kodim 0813 Bojonegoro, Jalan HOS Cokroaminoto No. 51-52 Bojonegoro dalam rangka Pen [ ... ]



OLAHRAGAEmrizal Pakis Lantik H. Amran Tambi seba.....
03/02/2016 | Didi Ronaldo

KOPI, Pekanbaru – Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) propinsi Riau Emrizal Pakis melantik dan mengukuhkan H. Amran Tambi sebagai ketu [ ... ]



PARIWISATAKurnia Illahi Calon Putri Indonesia 2016.....
23/01/2016 | Didi Ronaldo

KOPI, Duri – Dukungan mengalir kepada Nia, tidak hanya dari pemerintah daerah. Tapi juga dari masyarakat dan pihak swasta, seperti Hotel Grand Zur [ ... ]



HUKUM & KRIMINALPengedar Sabu Dihadiahi Timah Panas.....
06/02/2016 | Mardinal

KOPI, Sarolangun - Satuan Narkoba Polres Sarolangun dan Polsek kota berhasil menangkap dua orang yang diduga pengedar barang haram jenis sabu barna [ ... ]



POLITIKTokoh Masyarakat Aceh Tamiang, Dukung Pe.....
06/02/2016 | Sumardi

KOPI, ACEH TAMIANG - Mantan kombatan GAM dari Aceh Tamiang menyatakan siap mendukung pencalonan Irwandi Yusuf sebagai Calon Gubernur Aceh pada Pilkada [ ... ]



OPINITiga Mitos Keliru Tentang Menulis.....
05/02/2016 | Denni Candra

KOPI - Setiap pribadi sebenarnya mempunyai potensi serta kemampuan untuk menulis. Dalam rangkaian kisah hidup yang dijalani, setiap orang tentunya mem [ ... ]



PROFILAsisten II Walikota Sabang Hilang Tengge.....
02/02/2016 | Rachmad Yuliadi Nasir

KOPI,Jakarta-Tidak terasa waktu terus berlalu dan kini sudah 20 tahun lamanya kapal KMP Gurita yang melanyari penyebrangan antara pelabuhan Malahayati [ ... ]



SOSIAL & BUDAYATim Penggerak PKK Kabupaten Kampar Hj. E.....
05/02/2016 | Didi Ronaldo

KOPI, Kampar - Ketua tim penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) kabupaten Kampar Hj. Eva Yuliana SE, saat memimpin rapat persiapan menyambut [ ... ]



ROHANIMaling-maling di Mesjid Kita.....
05/02/2016 | Rachmad Yuliadi Nasir

KOPI, Jakarta - Mesjid adalah tempat utama untuk menjalankan ibadah bagi umat Islam. Dimana mesjid juga sebagai sarana pendidikan, menuntut ilmu, peny [ ... ]



RESENSIApakah Dunia Akan Lebih Baik Tanpa Islam.....
17/12/2015 | Saepullah

Judul film : Bulan Terbelah di Langit Amerika Produksi : Maxima Pictures Sutradara : Rizal Mantovani Pemain : Acha Septriasa sebagai Hanum Abimana  [ ... ]



CERPEN & CERBUNGKutitip Ginjal Ini.....
07/01/2016 | Nova Ibun

KOPI - Air mukamu sudah bisa ku lihat jelas, walaupun sedikit itupun karena kau paksakan untuk membersihkannya dengan air tajin yang sengaja kau olesk [ ... ]



PUISIDaun Kawa.....
07/01/2016 | Nova Ibun

Tak pakai gula Da tiap ku pesan sepulang dari rumah keduaku di Bukittinggi, bukan rumah tetuaku, juga bukan rumah hasil wasiat buyutku, na [ ... ]



CURAHAN HATIIronis, Dua Wanita Calon TKI Asal BLK Ma.....
05/02/2016 | Maulana Hasanuddin
article thumbnail

KOPI - Jakarta, Telah ditemukan 2 orang wanita calon TKI yang telah tersesat di ibukota jakarta dalam keadaan terlantar serta amat memperihatinkan kea [ ... ]



Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.