Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
Silahkan Login & Kirim Warta

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?
Pewarta Online

Yang Terpinggirkan
Gaji Pensiun yang belum Terealisasi Juga.....
21/02/2013 | Husaeni Mabruri

KOPI - Mimpi manis untuk masa depan gaji pegawai pensiunan sipil hidupnya belum dirasakan oleh Bpk. [ ... ]


Gelora Sepeda
“Nongkrong di Haus Berbonus” Raih MU.....
30/06/2013 | Arifin

KOPI - PT ABC President Indonesia menggelar serangkaian kegiatan “Nongkrong di Haus Berbonus”, Minggu pagi (30/6) di Plaza Utara Senayan, Jakarta. Event tersebut diselenggarakan serentak di tiga K [ ... ]



Polling Warga
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

Kolom Pewarta Kriteria Anggota DPR 12 Syarat “Mudah” Menjadi Anggota DPR (13/U)
Redaksi Koran Online Pewarta Indonesia (KOPI) bersama segenap pengurus dan anggota PPWI se-Indonesia menyampaikan Selamat Menjalankan Ibadah Puasa di bulan Ramadhan 1435 H, kepada seluruh umat Muslim dan Muslimat sebangsa dan setanah air dan di seluruh dunia. Semoga senantiasa dilimpahkan rahmat dan pahala yang berlimpah di bulan suci penuh rahmat ini bagi setiap anak negeri di segenap penjuru nusantara... Amin...

12 Syarat “Mudah” Menjadi Anggota DPR (13/U)

KOPI - Dewan Perwakilan Rakyat adalah salah satu lembaga krusial dalam Negara kita ini. Karena dari lembaga tersebut itulah aspirasi – aspirasi rakyat disampaikan dan diperjuangkan. Maka, sudah selayaknya yang menjadi anggota dewan tersebut adalah orang – orang pilihan yang memang benar – benar mempunyai tujuan untuk mensejahterakan rakyat dengan tentunya menggunakan cara yang baik dan benar sesuai peraturan norma dan hukum yang berlaku.

Tapi juga perlu diingat bahwa seorang anggota DPR tidak akan bisa mewujudkan kesejahteraan rakyat, apabila rakyat itu sendiri tidak mendukungnya. Jadi, kerjasama dari semua pihak sangat diperlukan untuk mewujudkan cita – cita tersebut.

Berikut merupakan 12 syarat yang tergolong “mudah” ( menurut saya ) untuk menjadi seorang anggota DPR RI. Yaitu :

1. Taat beragama

Ini merupakan syarat wajib yang harus dimiliki oleh seorang calon anggota DPR. Karena Agama merupakan pondasi moral dalam diri seseorang, jadi apabila orang tersebut mengikuti ajaran agama dengan benar, maka bisa disimpulkan bahwa tingkah laku orang tersebut juga benar.

2. Taat Hukum

Bila seseorang taat terhadap hukum yang berlaku, bisa disimpulkan pula bahwa orang tersebut bertanggung jawab terhadap dirinya dan orang lain. Tidak perlu mengambil contoh yang rumit. Kita ambil saja contoh misalnya, menghentikan kendaraan waktu lampu lalu lintas berwarna merah, membuang sampah pada tempatnya, menaati rambu – rambu lalu lintas, dsb.

3. Tepat waktu

Kita bisa melihat tingkat kedisiplinan seseorang dari ketepatan waktunya. Karena orang yang terbiasa tepat waktu, umumnya juga pasti terbiasa mengorganisir kegiatannya, sehingga orang yang tepat waktu juga terbiasa hidup secara teratur. Dan setidaknya beliau bisa menjadi teladan di lingkungan tentang kedisiplinan.

4. Merakyat

Arti merakyat disini maksudnya, tidak gengsi dan tidak menampilkan sosok anggota DPR yang terhormat secara berlebihan. Dalam hal ini, yang patut di contoh adalah Bapak Dahlan Iskan ( Menteri BUMN ). Beliau tidak gengsi untuk makan di warung – warung sederhana dan naik transportasi umum. Karena perlu diingat bahwa selain di luar konteks kenegaraan, seorang anggota DPR adalah rakyat biasa, sama seperti yang lainnya.

5. Cerdas dan Pintar

Jelas sekali untuk menjadi seorang anggota Dewan Perwakilan Rakyat, cerdas dan pintar merupakan point penting. Karena kita tahu bahwa suatu urusan itu yang paling baik adalah yang diurus oleh ahlinya. Pintar dalam bidang keilmuannya itu sudah pasti. Sedangkan, Cerdas dalam mengambil keputusan, cerdas dalam menempatkan diri, cerdas dalam membela kepentingan rakyat, itu adalah contoh cerdas yang dimaksud.

6. Kreatif

Memberikan ide – ide dan gagasan baru yang segar dengan tentu membela kepentingan rakyat adalah hal yang jarang kita temui dalam diri anggota DPR kita sekarang. Padahal dengan berpikir kreatif, kita mampu membuat berbagai solusi alternatif untuk memecahkan berbagai masalah yang ada.

7. Inovatif

Selain bisa memberikan ide – ide yang kreatif, bisa menjadikan ide tersebut menjadi kenyataan adalah maksud kata inovatif di sini. Jadi tidak sebatas teori yang bertele- tele, tapi juga bisa menerapkan secara langsung teori atau ide tersebut.

8. Punya solidaritas tinggi

Rasa solid atau kompak sangat diperlukan dalam diri anggota DPR. Penekanan kompak disini adalah kompak / solid dengan rakyat dan juga sesama anggota dewan yang sama- sama membela kepentingan rakyat. Karena bila rasa solidaritas seseorang itu tinggi, maka otomatis pepatah susah senang sama – sama akan terlaksana. Solid bisa dicontohkan seperti, bila ada warga disuatu daerah terkena bencana, turut memberi bantuan. kemudian bila warga disekitar tempat tinggalnya terkena banjir, beliau cepat dan tanggap mendirikan posko penanggulangan dan memberikan bantuan yang sesuai, dan lain sebagainya.

9. Bersahaja

Sederhana dalam berpenampilan, tidak perlu berlebihan. Misalnya, baju tidak perlu mahal yang penting rapi dan cocok dipakai, dan banyak contoh lainnya. Ini bertujuan untuk mengurangi kesan negatif bahwa anggota dewan itu suka berfoya – foya, membuang uang untuk hal – hal yang tidak perlu. Bila kesan itu yang tertangkap, bisa dipastikan bahwa untuk memenuhi kebutuhannya saja kurang sesuai, apalagi untuk memenuhi harapan rakyat?

10. Terbuka

Tidak perlu untuk terbuka dalam segala hal, cukup lah terbuka dalam menerima masukan, terbuka dalam proses bekerja sebagai anggota dewan, dan terbuka untuk hal – hal yang positif.

11. Kooperatif

Kerjasama juga diperlukan, karena sebagai anggota dewan yang mewakili rakyat. Ada alur aktivitas yang melibatkan berbagai elemen. Jadi, sifat ini juga menentukan keberhasilan suatu program atau kebijakan yang dibuat.

12. Terbiasa dipilih menjadi pemimpin

Kalau syarat yang ini, mungkin tidak mutlak. Tapi ini bisa digunakan sebagai bahan pertimbangan. Karena logikanya, kalau orang tersebut sering dipilih sebagai pemimpin, maka bisa di artikan bahwa kebanyakan orang memang menilai orang tersebut mampu untuk menjadi leader. Nah, Untuk mengetahui apakah seseorang tersebut sering dipilih karena punya kualitas atau sekedar mengandalkan uang kertas. Cara yang paling mudah adalah dengan melihat jejak kepemimpinannya. Kalau beliau lebih banyak dipilih sebagai pemimpin di organisasi yang nonprofit. Berarti orang tersebut memang mempunyai jiwa melayani dan disukai oleh lingkungan organisasi tersebut. Memang tidak selalu, tapi paling tidak bisa memberikan gambaran mengenai kepribadian orang tersebut.

Nah, bagaimana? Mudah bukan menjadi seorang anggota Dewan Perwakilan Rakyat yang terhormat? Semoga sedikit pendapat saya ini bisa menambah referensi tentang syarat menjadi seorang anggota DPR idaman.

 

Identitas Penulis

Nama : Frendy R. I.

Alamat : Ds. Kalirejo No. 100 Kec. Bojonegoro Kab. Bojonegoro JATIM

No. Hp : 0821 495 134 21

Email : This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it

Facebook : http://www.facebook.com/ frendy restyo

 

Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.