Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?

YANG TERPINGGIRKAN
FWMB Gelar Aksi Damai Menolak Penggusura.....
30/08/2015 | Ahmad Syarip

KOPI, Jakarta -  Belum jelasnya pihak mana yang mengklaim serta akan menggusur area Kompleks hunian [ ... ]


GELORA SEPEDA
Tiga Pilar "Gowes Bareng" Bersama Masyar.....
01/08/2015 | Joe R Manalu

KOPI - Cengkareng - Sabtu pagi (01/08) kegiatan tiga Pilar "Gowes bareng" bersama dengan masyarakat ± 200 yang di hadiri Kapten inf Ober Purba (Danramil 04/Ckr) beserta jajarannya , Kompol Aji Sutarj [ ... ]



POLLING WARGA
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

Kolom Pewarta Kriteria Anggota DPR 12 Syarat “Mudah” Menjadi Anggota DPR (13/U)

12 Syarat “Mudah” Menjadi Anggota DPR (13/U)

KOPI - Dewan Perwakilan Rakyat adalah salah satu lembaga krusial dalam Negara kita ini. Karena dari lembaga tersebut itulah aspirasi – aspirasi rakyat disampaikan dan diperjuangkan. Maka, sudah selayaknya yang menjadi anggota dewan tersebut adalah orang – orang pilihan yang memang benar – benar mempunyai tujuan untuk mensejahterakan rakyat dengan tentunya menggunakan cara yang baik dan benar sesuai peraturan norma dan hukum yang berlaku.

Tapi juga perlu diingat bahwa seorang anggota DPR tidak akan bisa mewujudkan kesejahteraan rakyat, apabila rakyat itu sendiri tidak mendukungnya. Jadi, kerjasama dari semua pihak sangat diperlukan untuk mewujudkan cita – cita tersebut.

Berikut merupakan 12 syarat yang tergolong “mudah” ( menurut saya ) untuk menjadi seorang anggota DPR RI. Yaitu :

1. Taat beragama

Ini merupakan syarat wajib yang harus dimiliki oleh seorang calon anggota DPR. Karena Agama merupakan pondasi moral dalam diri seseorang, jadi apabila orang tersebut mengikuti ajaran agama dengan benar, maka bisa disimpulkan bahwa tingkah laku orang tersebut juga benar.

2. Taat Hukum

Bila seseorang taat terhadap hukum yang berlaku, bisa disimpulkan pula bahwa orang tersebut bertanggung jawab terhadap dirinya dan orang lain. Tidak perlu mengambil contoh yang rumit. Kita ambil saja contoh misalnya, menghentikan kendaraan waktu lampu lalu lintas berwarna merah, membuang sampah pada tempatnya, menaati rambu – rambu lalu lintas, dsb.

3. Tepat waktu

Kita bisa melihat tingkat kedisiplinan seseorang dari ketepatan waktunya. Karena orang yang terbiasa tepat waktu, umumnya juga pasti terbiasa mengorganisir kegiatannya, sehingga orang yang tepat waktu juga terbiasa hidup secara teratur. Dan setidaknya beliau bisa menjadi teladan di lingkungan tentang kedisiplinan.

4. Merakyat

Arti merakyat disini maksudnya, tidak gengsi dan tidak menampilkan sosok anggota DPR yang terhormat secara berlebihan. Dalam hal ini, yang patut di contoh adalah Bapak Dahlan Iskan ( Menteri BUMN ). Beliau tidak gengsi untuk makan di warung – warung sederhana dan naik transportasi umum. Karena perlu diingat bahwa selain di luar konteks kenegaraan, seorang anggota DPR adalah rakyat biasa, sama seperti yang lainnya.

5. Cerdas dan Pintar

Jelas sekali untuk menjadi seorang anggota Dewan Perwakilan Rakyat, cerdas dan pintar merupakan point penting. Karena kita tahu bahwa suatu urusan itu yang paling baik adalah yang diurus oleh ahlinya. Pintar dalam bidang keilmuannya itu sudah pasti. Sedangkan, Cerdas dalam mengambil keputusan, cerdas dalam menempatkan diri, cerdas dalam membela kepentingan rakyat, itu adalah contoh cerdas yang dimaksud.

6. Kreatif

Memberikan ide – ide dan gagasan baru yang segar dengan tentu membela kepentingan rakyat adalah hal yang jarang kita temui dalam diri anggota DPR kita sekarang. Padahal dengan berpikir kreatif, kita mampu membuat berbagai solusi alternatif untuk memecahkan berbagai masalah yang ada.

7. Inovatif

Selain bisa memberikan ide – ide yang kreatif, bisa menjadikan ide tersebut menjadi kenyataan adalah maksud kata inovatif di sini. Jadi tidak sebatas teori yang bertele- tele, tapi juga bisa menerapkan secara langsung teori atau ide tersebut.

8. Punya solidaritas tinggi

Rasa solid atau kompak sangat diperlukan dalam diri anggota DPR. Penekanan kompak disini adalah kompak / solid dengan rakyat dan juga sesama anggota dewan yang sama- sama membela kepentingan rakyat. Karena bila rasa solidaritas seseorang itu tinggi, maka otomatis pepatah susah senang sama – sama akan terlaksana. Solid bisa dicontohkan seperti, bila ada warga disuatu daerah terkena bencana, turut memberi bantuan. kemudian bila warga disekitar tempat tinggalnya terkena banjir, beliau cepat dan tanggap mendirikan posko penanggulangan dan memberikan bantuan yang sesuai, dan lain sebagainya.

9. Bersahaja

Sederhana dalam berpenampilan, tidak perlu berlebihan. Misalnya, baju tidak perlu mahal yang penting rapi dan cocok dipakai, dan banyak contoh lainnya. Ini bertujuan untuk mengurangi kesan negatif bahwa anggota dewan itu suka berfoya – foya, membuang uang untuk hal – hal yang tidak perlu. Bila kesan itu yang tertangkap, bisa dipastikan bahwa untuk memenuhi kebutuhannya saja kurang sesuai, apalagi untuk memenuhi harapan rakyat?

10. Terbuka

Tidak perlu untuk terbuka dalam segala hal, cukup lah terbuka dalam menerima masukan, terbuka dalam proses bekerja sebagai anggota dewan, dan terbuka untuk hal – hal yang positif.

11. Kooperatif

Kerjasama juga diperlukan, karena sebagai anggota dewan yang mewakili rakyat. Ada alur aktivitas yang melibatkan berbagai elemen. Jadi, sifat ini juga menentukan keberhasilan suatu program atau kebijakan yang dibuat.

12. Terbiasa dipilih menjadi pemimpin

Kalau syarat yang ini, mungkin tidak mutlak. Tapi ini bisa digunakan sebagai bahan pertimbangan. Karena logikanya, kalau orang tersebut sering dipilih sebagai pemimpin, maka bisa di artikan bahwa kebanyakan orang memang menilai orang tersebut mampu untuk menjadi leader. Nah, Untuk mengetahui apakah seseorang tersebut sering dipilih karena punya kualitas atau sekedar mengandalkan uang kertas. Cara yang paling mudah adalah dengan melihat jejak kepemimpinannya. Kalau beliau lebih banyak dipilih sebagai pemimpin di organisasi yang nonprofit. Berarti orang tersebut memang mempunyai jiwa melayani dan disukai oleh lingkungan organisasi tersebut. Memang tidak selalu, tapi paling tidak bisa memberikan gambaran mengenai kepribadian orang tersebut.

Nah, bagaimana? Mudah bukan menjadi seorang anggota Dewan Perwakilan Rakyat yang terhormat? Semoga sedikit pendapat saya ini bisa menambah referensi tentang syarat menjadi seorang anggota DPR idaman.

 

Identitas Penulis

Nama : Frendy R. I.

Alamat : Ds. Kalirejo No. 100 Kec. Bojonegoro Kab. Bojonegoro JATIM

No. Hp : 0821 495 134 21

Email : This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it

Facebook : http://www.facebook.com/ frendy restyo

 

Ibu Rumah-tangga Menderita Kanker Ganas Sebesar Bola Volley
Senin, 31 Agustus 2015

KOPI - Pujiasih (44), ibu rumah-tangga, warga Kelurahan Pakunden Kecamatan Sukorejo Kota Blitar, menderita kanker ganas yang jarang ditemui. Dia menderita kanker ganas tersebut, baru dua tahun, namun sudah sebesar bola volley. Sementara keluarga hanya bisa pasrah, karena tidak ada biaya dan berharap uluran dari pemerintah Kota Blitar, untuk mengobatkan penderita kangker ganas tersebut.   Dari pantauan dilapangan,  Pujiasih hanya bisa... Baca selengkapnya...

Anggota MPR Tabrani Maamun Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di SMPN 7
Jumat, 28 Agustus 2015

KOPI, Pekanbaru - Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan,  merupakan kegiatan dan kewajiban bagi seorang anggota DPR/MPR-RI, empat pilar itu yakni Pancasila, Undang-Undang Dasar negara 1945, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika. Kedatangan anggota DPR/MPR RI Tabrani Maamun ke Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 pada hari Jum’at (28/ 8-15) untuk menerangkan kepada siswa-siswi tentang empat pilar kebangsaan. Ratusan orang siswa-siswi duduk bersimpuh di... Baca selengkapnya...

Diskannak Sarolangun Laksanakan Kegiatan Kesehatan Hewan
Jumat, 28 Agustus 2015

KOPI, Sarolangun - Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Sarolangun memberikan pelayanan kepada masyarakat tepatnya di Dusun Kebun Kelapa Desa Sindai Kelurahan Sukasari. Adapun pelayanan yang diberikan yakni tiga jenis pelayanan kesehatan hewan. Di antaranya, pemeriksaan penyakit dan kesehatan hewan, pemeriksaan kebuntingan pelayanan inseminasi buatan, pelayanan berbagai macam vaksinasi serta pelayanan pemberian surat keterangan... Baca selengkapnya...

Puluhan Wartawan Blitar Sesalkan Sikap Humas Pemkab
Kamis, 27 Agustus 2015

§ Humas Pemkab Blitar Tidak Tanggap terkait dalam hal publikasi gunung Kelud Blitar, KOPI - Sedikitnya 50 wartawan  Cetak, Radio mapun Televisi yang tergabung dalam Komunitas Wartawan Blitar ( KWB ) menyatakan sikap Peduli terhadap keberadaan Gunung Kelud yang akhir-akhir ini memanas kembali. Hal tersebut kembali mencuat, karena Putusan Majelis Hakim Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Surabaya yang memenangkan Pemerintah Kabupaten Kediri... Baca selengkapnya...

KRPK Pertanyakan Komitmen Kejaksaan Tangani Kasus Korupsi di Blitar
Kamis, 27 Agustus 2015

§ Kejaksaan Diduga Kecipratan Dana PT.DBS Blitar, KOPI - Sejumlah aktifis anti korupsi Blitar yang tergabung dalam Komite Rakyat Pemberantas Korupsi (KRPK), mendatangai Kantor Kejaksaan Negeri Blitar Kamis (27/8). Kedatangan mereka mempertanyakan keseriusan penanganan beberapa kasus korupsi yang telah dilaporkan oleh KRPK ke Kejaksaaan Negeri Blitar.   Menurut Triyanto, Ketua Komite Rakyat Pemberantas Korupsi (KRPK), ada beberapa... Baca selengkapnya...

Berkolaborasi dengan Jajaran Polsek, Polresta Pekanbaru Menangkap 7 Penjahat
Kamis, 27 Agustus 2015

KOPI, Pekanbaru- Tujuh orang oknum penjahat berhasil di ringkus oleh jajaran Kapolresta Pekanbaru, mereka ada yang berprofesi spesialis (C3) Curat (Pencurian dengan Pemberatan) , Curas (Pencurian dengan kekerasan) , Curanmor (pencurian kendaraan bermotor) . Keempat orang itu melakukan perlawanan saat digerebek, petugas menembak kakinya. Hal ini diungkapkan oleh kapolresta Pekanbaru Kombes (Pol) Aries Syarief Hidayat saat ekpose dengan... Baca selengkapnya...

Kejagung : Tangkap Segera Walikota Pekanbaru Dugaan Terlibat Kasus Korupsi
Rabu, 26 Agustus 2015

KOPI, Pekanbaru – Kita mengetahui Propinsi Riau sebagai pusat kebudayaan melayu, juga pusat percontohan korupsi di Indonesia. Propinsi Riau “lumbungnya koruptor” tiga orang Gubernurnya terlibat kasus suap dan izin kehutanan, bertempat Lapas Sialang Bungkuk tersebut sudah bisa didirikan satu propinsi sudah ada mantan Gubernur, mantan Bupati, mantan kepala dinas, serta mantan anggota dewan sudah menjadi narapidana he…he… Prilaku oknum... Baca selengkapnya...

INTERNASIONAL

Mesir Siap jadi yang Terdepan di Kawasan.....
20/08/2015 | Maruli Ferdinand

KOPI, Moskow - Tak lama lagi, Mesir bakal mewujudkan impiannya untuk menjadi pemimpin di kawasan Afrika Utara dalam industri nuklir. Impian ini akan t [ ... ]



NASIONAL

HUT Polwan Ke-67 dan HUT HKGB Ke 63, Sel.....
31/08/2015 | Rifnaldi
article thumbnail

KOPI, BUKITTINGGI - Rakyat Sumbar - Hari Ulang Tahun Polisi Wanita (Polwan) ke 67 dan Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari (HKGB) ke 63 Tahun 2015 ini, dit [ ... ]



DAERAH

Gudang Mebel Caringin Bandung Dilalap Si.....
01/09/2015 | Iyan Sofyan

KOPI, Bandung – Sijago merah mengamuk lagi di Bandung. Kali ini, api dengan cepatnya membakar kayu, styrofoam dan mobil truk engkel di dalam gudang  [ ... ]



PENDIDIKAN

LPSD Darusalam Gelar FGD Pancasila Jelan.....
30/08/2015 | Ahmad Wahib

KOPI - Lembaga Studi Pancasila Darussalam (LSPD) menggelar Focus Group Discusion (FGD) yang mengangkat topik Penguatan Pancasila Bagi Pemuda Menghad [ ... ]



EKONOMI

APTI 2015 Umumkan 26 Perusahaan TBK Terb.....
28/08/2015 | Yeni Herliani

KOPI - Majalah Economic Review untuk kedua kalinya menggelar Anugerah Perusahaan Terbuka (Tbk) APTI 2015, event ini terselenggara sebagai bentuk Apres [ ... ]



HANKAM

Koordinator Parkir Babak Belur Kena Kero.....
29/08/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Pekanbaru - Yang merusak nama institusi TNI, bukan dari eksternal melainkan oknum anggota TNI tersebut yang merusak nama kesatuan. ini buktinya  [ ... ]



OLAHRAGA

APPI Adakan Touring Kemerdekaan Ke-70.....
31/08/2015 | Saepullah Bin Wahyudin

KOPI, Cibinong (30/8) - Asosiasi Pemuda Peduli Indonesia (APPI) adakan kegiatan touring kemerdekaan ke-70 Republik Indonesia (RI) ke Sawarna Lebak Ban [ ... ]



PARIWISATA

Tiga Taman Surga di Puncara Pujon.....
29/08/2015 | Agus Siroj Hudi

KOPI, Malang - Pemerintah Kabupaten Malang saat ini sedang gencar menggali segala sumber daya alam yang ada di berbagai aspek untuk meningkatkan taraf [ ... ]



HUKUM & KRIMINAL

Ini Hasil Investigasi Kabid Intelijen da.....
30/08/2015 | Ari Muzakki
article thumbnail

KOPI, JAKARTA - Berdasarkan hasil pantauan dan investigasi oleh Kabid Intelijen dan Investigasi PWRI Santos, maka berdasarkan fakta bukti-bukti yang d [ ... ]



POLITIK

Kadiv Humas KPUD Kota Blitar: Jalan Prot.....
31/08/2015 | Fajar Agustyono

KOPI – KPU Kota memasuki masa kampanye Pilkada, mulai menerapkan Perwali  Nomor 24 tahun 2013, tentang zona-zona  yang dilarang untuk pemasangan A [ ... ]



OPINI

Integritas Perjalanan Pertumbuhan Kebang.....
26/08/2015 | Syaiful Anshori

KOPI - Perjalanan tegaknya suatu negara tidak terlepas dari peran seorang pemuda. Sehingga pantaslah, sebuah kalimat magis yang telah melegenda menyeb [ ... ]



PROFIL

Pejuang Kemerdekaan Tanpa Pamrih, Hanya .....
20/08/2015 | Bambang Suwarno

KOPI, Nganjuk - Siapa sangka ada lelaki tua berusia kurang lebih 93 tahun Namanya Moastro/Sarimah,hidup di Dusun Turi, Desa Nglundo,Kecamatan Sukomoro [ ... ]



SOSIAL & BUDAYA

Tari Binies, Budaya Suku Gayo.....
25/08/2015 | Syaiful Anshori

KOPI, Aceh Utara - Indonesia memiliki beraneka ragam budaya dan kesenian. Terutama di wilayah Aceh sendiri yang memiliki beraneka ragam suku dan bahas [ ... ]



ROHANI

Kapolda Lampung Lepas Keberangkatan Jema.....
21/08/2015 | Feri Agustian

KOPI, Lampung - Kapolda Lampung Brigjen Pol Drs. EDWARD SYAH PERNONG, SH.melepas calon jamaah haji keluarga besar jajaran Polda Lampung, pelepasan  [ ... ]



RESENSI

Jangan Dengerin Sendiri.....
27/04/2015 | Ug Dani
article thumbnail

Resensi Buku Judul :Jangan Dengerin Sendiri
Penulis : Naomi Angelia Sea
Tebal. : 200
Penerbit : Bukune Juli 2014
Harga. : Rp 41 [ ... ]



CERPEN & CERBUNG

Mbah Sarlan dan Gerojokan Sewu.....
24/07/2015 | Agus Siroj Hudi

KOPI, Malang - Bendosari adalah satu di antara Desa yang berada di Kecamatan Pujon Malang Barat dan telah di tetapkan sebagai salah satu Desa Wisata u [ ... ]



PUISI

Puisi 'Mataku Menyertaimu' Karya : Sonny.....
13/08/2015 | Sonny H.Sayangbati
article thumbnail

  ______Mataku Menyertaimu________ By:Sonny H.Sayangbati   hi kawan aku melihatmu dari jauh sungguh aku selalu khawatir tentangmu sebab aku ja [ ... ]



CURAHAN HATI

Kepala Anjungan NTB Kecewa terhadap Peng.....
24/08/2015 | Dody Muhamad

KOPI, Jakarta - Kepala Anjungan Nusa Tenggara Barat (NTB) Drs, Syahril merasa kecewa atas Sikap pengelola tiket masuk Taman Mini Indonesia Indah (TMII [ ... ]



HIBURAN

Film “Jenderal Soedirman” Tayang Se.....
25/08/2015 | Yeni Herliani

KOPI - Berangkat dari rasa penasaran dan kepedulian tentang mengapa jalan protokol di berbagai ibukota provinsi tersemat nama Jenderal Soedirman tetap [ ... ]



KULINER

McDonald’s Tingkatkan Layanan Melalui .....
01/04/2015 | Yeni Herliani

KOPI – Kini menikmati McDonald’s terasa lebih nyaman dan menguntungkan dengan hadirnya layanan terbaru “Online McDelivery Cashless Promo”. Pel [ ... ]



HIDUP SEHAT

Pola Hidup Sehat, Berpuasa Saat Ramadhan.....
16/06/2015 | Mardinal

KOPI, Sarolangun - Puasa merupakan suatu kewajiban bagi Umat Islam yang beriman dan bertaqwa kepada Allah Swt firmanNYA: “Hai orang-orang beriman d [ ... ]



SERBA-SERBI

SBY Pede Merasa Jadi Konsultan.....
30/08/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Jakarta Heran saya sebagai mantan presiden seharusnya memberikan dukungan kepada pemerintah berkuasa saat ini. Bukan kayak konsultan memberi [ ... ]



Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.