Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?
PEWARTA ONLINE

YANG TERPINGGIRKAN
Ketika Rasisme Dekat dengan Para Punggaw.....
26/06/2015 | Maulana Muhammad

“Il Club Più Titolato Al Mondo” merupakan sebuah ungkapan dalam bahasa Italia yang mengandung  [ ... ]


GELORA SEPEDA
Fun Bike Meriahkan HUT Ke-69 TNI di Aceh.....
29/09/2014 | Syamsul Kamal
article thumbnail

KOPI, Aceh Jaya - Dalam rangka memperingati hari ulang tahun Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang ke 69, Komando Distrik Militer (Kodim) 0114 Aceh Jaya, mengegelar acara sepeda santai (fun Bike)  [ ... ]



POLLING WARGA
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

 

Kolom Pewarta Kriteria Anggota DPR 12 Syarat “Mudah” Menjadi Anggota DPR (13/U)

12 Syarat “Mudah” Menjadi Anggota DPR (13/U)

KOPI - Dewan Perwakilan Rakyat adalah salah satu lembaga krusial dalam Negara kita ini. Karena dari lembaga tersebut itulah aspirasi – aspirasi rakyat disampaikan dan diperjuangkan. Maka, sudah selayaknya yang menjadi anggota dewan tersebut adalah orang – orang pilihan yang memang benar – benar mempunyai tujuan untuk mensejahterakan rakyat dengan tentunya menggunakan cara yang baik dan benar sesuai peraturan norma dan hukum yang berlaku.

Tapi juga perlu diingat bahwa seorang anggota DPR tidak akan bisa mewujudkan kesejahteraan rakyat, apabila rakyat itu sendiri tidak mendukungnya. Jadi, kerjasama dari semua pihak sangat diperlukan untuk mewujudkan cita – cita tersebut.

Berikut merupakan 12 syarat yang tergolong “mudah” ( menurut saya ) untuk menjadi seorang anggota DPR RI. Yaitu :

1. Taat beragama

Ini merupakan syarat wajib yang harus dimiliki oleh seorang calon anggota DPR. Karena Agama merupakan pondasi moral dalam diri seseorang, jadi apabila orang tersebut mengikuti ajaran agama dengan benar, maka bisa disimpulkan bahwa tingkah laku orang tersebut juga benar.

2. Taat Hukum

Bila seseorang taat terhadap hukum yang berlaku, bisa disimpulkan pula bahwa orang tersebut bertanggung jawab terhadap dirinya dan orang lain. Tidak perlu mengambil contoh yang rumit. Kita ambil saja contoh misalnya, menghentikan kendaraan waktu lampu lalu lintas berwarna merah, membuang sampah pada tempatnya, menaati rambu – rambu lalu lintas, dsb.

3. Tepat waktu

Kita bisa melihat tingkat kedisiplinan seseorang dari ketepatan waktunya. Karena orang yang terbiasa tepat waktu, umumnya juga pasti terbiasa mengorganisir kegiatannya, sehingga orang yang tepat waktu juga terbiasa hidup secara teratur. Dan setidaknya beliau bisa menjadi teladan di lingkungan tentang kedisiplinan.

4. Merakyat

Arti merakyat disini maksudnya, tidak gengsi dan tidak menampilkan sosok anggota DPR yang terhormat secara berlebihan. Dalam hal ini, yang patut di contoh adalah Bapak Dahlan Iskan ( Menteri BUMN ). Beliau tidak gengsi untuk makan di warung – warung sederhana dan naik transportasi umum. Karena perlu diingat bahwa selain di luar konteks kenegaraan, seorang anggota DPR adalah rakyat biasa, sama seperti yang lainnya.

5. Cerdas dan Pintar

Jelas sekali untuk menjadi seorang anggota Dewan Perwakilan Rakyat, cerdas dan pintar merupakan point penting. Karena kita tahu bahwa suatu urusan itu yang paling baik adalah yang diurus oleh ahlinya. Pintar dalam bidang keilmuannya itu sudah pasti. Sedangkan, Cerdas dalam mengambil keputusan, cerdas dalam menempatkan diri, cerdas dalam membela kepentingan rakyat, itu adalah contoh cerdas yang dimaksud.

6. Kreatif

Memberikan ide – ide dan gagasan baru yang segar dengan tentu membela kepentingan rakyat adalah hal yang jarang kita temui dalam diri anggota DPR kita sekarang. Padahal dengan berpikir kreatif, kita mampu membuat berbagai solusi alternatif untuk memecahkan berbagai masalah yang ada.

7. Inovatif

Selain bisa memberikan ide – ide yang kreatif, bisa menjadikan ide tersebut menjadi kenyataan adalah maksud kata inovatif di sini. Jadi tidak sebatas teori yang bertele- tele, tapi juga bisa menerapkan secara langsung teori atau ide tersebut.

8. Punya solidaritas tinggi

Rasa solid atau kompak sangat diperlukan dalam diri anggota DPR. Penekanan kompak disini adalah kompak / solid dengan rakyat dan juga sesama anggota dewan yang sama- sama membela kepentingan rakyat. Karena bila rasa solidaritas seseorang itu tinggi, maka otomatis pepatah susah senang sama – sama akan terlaksana. Solid bisa dicontohkan seperti, bila ada warga disuatu daerah terkena bencana, turut memberi bantuan. kemudian bila warga disekitar tempat tinggalnya terkena banjir, beliau cepat dan tanggap mendirikan posko penanggulangan dan memberikan bantuan yang sesuai, dan lain sebagainya.

9. Bersahaja

Sederhana dalam berpenampilan, tidak perlu berlebihan. Misalnya, baju tidak perlu mahal yang penting rapi dan cocok dipakai, dan banyak contoh lainnya. Ini bertujuan untuk mengurangi kesan negatif bahwa anggota dewan itu suka berfoya – foya, membuang uang untuk hal – hal yang tidak perlu. Bila kesan itu yang tertangkap, bisa dipastikan bahwa untuk memenuhi kebutuhannya saja kurang sesuai, apalagi untuk memenuhi harapan rakyat?

10. Terbuka

Tidak perlu untuk terbuka dalam segala hal, cukup lah terbuka dalam menerima masukan, terbuka dalam proses bekerja sebagai anggota dewan, dan terbuka untuk hal – hal yang positif.

11. Kooperatif

Kerjasama juga diperlukan, karena sebagai anggota dewan yang mewakili rakyat. Ada alur aktivitas yang melibatkan berbagai elemen. Jadi, sifat ini juga menentukan keberhasilan suatu program atau kebijakan yang dibuat.

12. Terbiasa dipilih menjadi pemimpin

Kalau syarat yang ini, mungkin tidak mutlak. Tapi ini bisa digunakan sebagai bahan pertimbangan. Karena logikanya, kalau orang tersebut sering dipilih sebagai pemimpin, maka bisa di artikan bahwa kebanyakan orang memang menilai orang tersebut mampu untuk menjadi leader. Nah, Untuk mengetahui apakah seseorang tersebut sering dipilih karena punya kualitas atau sekedar mengandalkan uang kertas. Cara yang paling mudah adalah dengan melihat jejak kepemimpinannya. Kalau beliau lebih banyak dipilih sebagai pemimpin di organisasi yang nonprofit. Berarti orang tersebut memang mempunyai jiwa melayani dan disukai oleh lingkungan organisasi tersebut. Memang tidak selalu, tapi paling tidak bisa memberikan gambaran mengenai kepribadian orang tersebut.

Nah, bagaimana? Mudah bukan menjadi seorang anggota Dewan Perwakilan Rakyat yang terhormat? Semoga sedikit pendapat saya ini bisa menambah referensi tentang syarat menjadi seorang anggota DPR idaman.

 

Identitas Penulis

Nama : Frendy R. I.

Alamat : Ds. Kalirejo No. 100 Kec. Bojonegoro Kab. Bojonegoro JATIM

No. Hp : 0821 495 134 21

Email : This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it

Facebook : http://www.facebook.com/ frendy restyo

 

Mendagri Tjahyo Kumolo : Direktur IPDN Rohil Rizka Utama Telah Gagal
Jumat, 03 Juli 2015

KOPI, Pekanbaru- Kunjungan kerja (Kunker) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahyo Kumolo ke bumi melayu Riau , hari Jum’at (3/7-15) memimpin rapat kerja Pemerintah Propinsi Riau dengan seluruh kepala daerah kabupaten/kota (red. Bupati, Walikota) di gedung daerah. Mendagri memberi warning kepada Direktur IPDN Rohil Rizka Utama telah gagal memimpin IPDN Rokan Hilir (Rohil), Mendagripun tidak mau membeberkan kesalahan Rizka Utama kepada Insan... Baca selengkapnya...

Pembangunan Stadion Olahraga Di Nglegok Menyalahi Perencanaan
Jumat, 03 Juli 2015

Blitar, KOPI - Komisi I DPRD Kabupaten Blitar, Jum’at (3/7) pagi, melakukan Inspeksi Mendadak (SIDAK) ke Pembangunan Stadion Olahraga yang berada di Desa Nglegok Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar, karena Pembangunan Stadion yang menghabiskan dana APBN hingga 56 milyar tersebut, kini proses pembangunannya dinilai belum maksimal. Hal tersebut disampaikan Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Blitar, Endar Suparno, SH.   olitisi dari PDI P ini,... Baca selengkapnya...

Badan Anggaran Rekomendasikan Bongkar Bangunan Gedung Amphi Theater
Jumat, 03 Juli 2015

Blitar, KOPI - Sementara Pembangunan Stadion Olahraga Nglegok mendapat sorotan dari Komisi I DPRD Kabupaten Blitar, kini Pembangunan Gedung Amphi Theater juga tak lepas mendapat  kritikan dan teguran dari Badan Anggaran DPRD Kabupaten Blitar, bahkan direkomendasikan untuk dibongkar, karena pengerjaannya dinilai asal-asalan.   Melihat kondisi bangunan gedung Amphi Theater di Desa Penataran Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar, tidak sesuai... Baca selengkapnya...

Presiden Jokowi Menginstruksikan : Sutiyoso Merekrut 1.000 orang Anggota BIN Baru
Jumat, 03 Juli 2015

KOPI, Jakarta- H.Sutiyoso mengatakan ia akan mengundurkan diri dari jabatan Ketua Umum (Ketum) Partai PKPI (Partai keadilan dan Persatuan Indonesia) bila terpilih jadi Kepala BIN sebagai penggantinya wakil ketua umum PKPI mantan Bupati Kutai Timur Isran Noor. Presiden Jokowi memanggilnya ke Istana bahwa dirinya akan segera menduduki jabatan kepala BIN (Badan Intelijen Negara) dan Jenderal Gatot Nurmantyo akan segera menjadi panglima TNI,... Baca selengkapnya...

Puluhan SK PNS Dipalsukan untuk Pengambilan Kredit di Aceh Tamiang
Jumat, 03 Juli 2015

KOPI, ACEH TAMIANG - Dikabarkan lima oknum Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kabupaten Aceh Tamiang nekad memalsukan puluhan SK para Pegawai Negeri Sipil (PNS) lainnya yang bertugas di kabupaten setempat. Menurut informasi yang dihimpun KOPI, puluhan SK para Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang dipalsukan tersebut, dipergunakan untuk pencairan uang kredit bank dengan jumlah belasan milyar rupiah.   "Bank yang terlibat dalam permasahan ini adalah... Baca selengkapnya...

DPR Resmi Dukung Sutiyoso Jabat Kepala BIN
Jumat, 03 Juli 2015

  KOPI, Jakarta - Ketua Umum PKPI (Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia) H. Sutiyoso memenuhi panggilan ke DPR dengan menggunakan jas hitam sekitar pukul 10 pagi. Di depan anggota-anggota DPR (Dewan Perwakilan Rakyat) komisi 1 Bang Yos sapaannya menjalani Fit and Proper Test (uji kelayakan dan kepatutan) memaparkan visi dan misinya jika diterima sebagai Kepala BIN (Badan Intelijen Negara).   Fit and proper test tersebut memakan... Baca selengkapnya...

Jangan Ganggu Kerja Menteri dengan Isu Reshuffle
Kamis, 02 Juli 2015

KOPI, Jakarta – Meski reshuffle kabinet merupakan hak prerogative presiden, namun isu reshuffle terus mengemuka di tengah masyarakat. Hal ini yang perlu menjadi perhatian pemerintah, artinya apa yang sudah dilakukan dan disiapkan dan apa yang akan dieksekusi seharusnya tersosialisai kepada masyarakat sehingga masyarakat dapat menilai secara balance apakah protes ataupun kritikan itu berdasar ada fakta-fakta yang benar atau hanya asumsi-asumsi.... Baca selengkapnya...

INTERNASIONAL

Dinasti Bush yakni Jeb Bush Ikut Pilpre.....
17/06/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Washington - Pemilihan Presiden (Pilpres) negara Amerika Serikat (AS) dijadwalkan   pada November 2016, para capres dari Partai Republik m [ ... ]



NASIONAL

Buruh dan Petani Islam Siap Bersinergi.....
02/07/2015 | Arief Piliang

KOPI, Jakarta - Gabungan Serikat Buruh Islam Indonesia (Gabsiindo) dan Serikat Tani Islam Indonesia (STII) siap bersinergi untuk membangun kesejahtera [ ... ]



DAERAH

Pedagang Menolak Andes Pindah Lokasi.....
03/07/2015 | Mardinal

KOPI,Sarolangun,- Rencana Pemindahan terminal Angkutan Desa (Andes) akibat dari Pembangunan 64 Kios yang akan dibangun di lokasi terminal Angkut [ ... ]



PENDIDIKAN

Ezytravel Gelar Buka Puasa Bersama Dan W.....
01/07/2015 | Yeni Herliani

KOPI – Buka Puasa Bersama selalu menjadi moment untuk berkumpul dan silaturahmi, bukan hanya milik perorangan tapi juga korporasi, seperti halnya ev [ ... ]



EKONOMI

ADVAN Gandeng Intel, Perkuat Pasar Table.....
01/07/2015 | Arifin

KOPI - Untuk mendongkrak dinginnya pasar tablet PC lokal, ADVAN kembali menghadirkan terobosan melalui kerja sama dengan perusahaan raksasa perangkat  [ ... ]



HANKAM

Komandan Lanud Halim Perdanakusama Pecat.....
01/07/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Jakarta – Yang merusak nama institusi TNI (Tentara Nasional Indonesia) bukan dari eksternal melainkan  internal oknum anggota TNI tersebut. i [ ... ]



OLAHRAGA

Polres Meranti Gelar Turnament Badminton.....
14/06/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, SELATPANJANG - Polisi Resort (Polres) Kepulauan Meranti menggelar Open Turnamen Badminton perdana, turnamen ini diselenggarakan di Gedung Ocean  [ ... ]



PARIWISATA

Pesan Hotel Di Ezytravel Diskon Hingga 4.....
02/07/2015 | Yeni Herliani

KOPI – Di bulan suci Ramadhan 1436 H, Ezytravel bersama 40 e-commerce di Indonesia ikut serta dalam event yang diselenggarakan oleh Lazada, Zalora d [ ... ]



HUKUM & KRIMINAL

Gerombolan Rampok Bersenjata Bongkar 3 M.....
04/07/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Rokan Hulu- Bagaimana nih komandaaaan selama bulan Ramadhan aksi perampok merajalela wilayah kerja Polda Riau, khususnya wilayah kerja Polres R [ ... ]



POLITIK

Seminar Relawan ABJ Hadirkan Tapol Papua.....
01/07/2015 | Arifin

KOPI – Kelompok Relawan Jokowi yang tergabung dalam komunitas Relawan Arus Bawah Jokowi (ABJ), menggelar Seminar Nasional yang bertema “Pembebasan [ ... ]



OPINI

Renungan Tentang Korupsi Pajak.....
27/06/2015 | Subagyo

KOPI- Tulisan ini adalah pemikiran saya, renungan tentang sebuah kasus korupsi di pengadilan. Saya bukan mau adu pinter ilmu hukum, tapi adu kepekaan  [ ... ]



PROFIL

Kuartal Pertama Th 2015 Propam Polda Ri.....
06/06/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Pekanbaru Enam belas orang oknum aparat kepolisian jajaran Polda Riau dan Polres se Riau terlibat narkoba dan di pecat urai AKBP Budi Sant [ ... ]



SOSIAL & BUDAYA

Maksud Logo “Naga Merah” Hut DKI ke-.....
25/06/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Jakarta – Pemprov DKI Jakarta mengeluarkan logo resmi HUT DKI Jakarta ke-488 Senen 22 Juni 2015 . Dalam logo yang bisa dilihat di situs resm [ ... ]



ROHANI

I’tiraf, Bukan Sekedar Pengakuan Seora.....
03/07/2015 | Nova Indra

KOPI. Menyikapi rentang waktu yang kian layu dimakan usia mayapada, tertatih bahkan melambatnya perputaran bumi, membuktikan betapa alam telah lelah m [ ... ]



RESENSI

Jangan Dengerin Sendiri.....
27/04/2015 | UG DANI
article thumbnail

Resensi Buku Judul :Jangan Dengerin Sendiri
Penulis : Naomi Angelia Sea
Tebal. : 200
Penerbit : Bukune Juli 2014
Harga. : Rp 41 [ ... ]



CERPEN & CERBUNG

Soekarno: Mien Hessels “Bunga Tulip Be.....
19/06/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Tiga setengah abad atau 350 tahun negara Indonesia dijajah Belanda, berbagai penderitaan rakyat Indonesia zaman penjajah dahulu. Berbagai macam [ ... ]



PUISI

Guman Penyawang.....
03/07/2015 | Agus Siroj Hudi
article thumbnail

Di antah brantah... Tatapan sinis, acuh tak lega... Senyum tepis, hindar jika dinyana... Bungkam seribu bahasa....   Diantahbrantah. [ ... ]



CURAHAN HATI

Macapat kesenian tradisional yang hampir.....
04/07/2015 | Agus Siroj Hudi

KOPI, Malang   Macapat adalah tembang atau puisi tradisional jawa. Tembang macapat merupakan warisan budaya yang di gunakan sebagai metode pengaj [ ... ]



HIBURAN

Konser Galang Dana, Raisa dengan Andre H.....
21/06/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Kuta Bali - Bersama dengan Yayasan Sole Men Indonesia yang berlokasi di Tabanan, Bali, malam ini (Sabtu, 20/6) Dua artis senior papan atas Ind [ ... ]



KULINER

McDonald’s Tingkatkan Layanan Melalui .....
01/04/2015 | Yeni Herliani

KOPI – Kini menikmati McDonald’s terasa lebih nyaman dan menguntungkan dengan hadirnya layanan terbaru “Online McDelivery Cashless Promo”. Pel [ ... ]



HIDUP SEHAT

Pola Hidup Sehat, Berpuasa Saat Ramadhan.....
16/06/2015 | Mardinal

KOPI,Sarolangun,- Puasa merupakan suatu kewajiban bagi Umat Islam yang beriman dan bertaqwa kepada Allah Swt firmanNYA “ Hai orang - orang beriman [ ... ]



SERBA-SERBI

Promo Sahur Sale, Ezytravel Beri Diskon .....
01/07/2015 | Arifin

KOPI - Permintaan tiket pesawat, hotel, tour dan paket di bulan puasa hampir selalu meningkat, karena lebaran menjadi moment untuk liburan baik bagi y [ ... ]



Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.