Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?
PEWARTA ONLINE

GELORA SEPEDAJatuh Bangun Nadine Go wes Bersepeda den.....
20/06/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Jakarta – Aktris Nadine Chandrawinata menyukai olahraga seperti  Renang, Menyelam, Senam serta olahraga baru yang kini Ia geluti yakni bersepeda. Ditemui di acara Polygon Follow Your Own P [ ... ]



POLLING WARGA
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

Kolom Pewarta Kriteria Anggota DPR Lembaran Baru Album DPR (19/G)

Lembaran Baru Album DPR (19/G)

KOPI - Anggota DPR kian menjadi-jadi. Begitulah media di negeri kita semakin gencar berbicara tentang ulah mereka, baik lewat media cetak maupun elektronik, terasa semakin memanaskan telinga dan hati kita, rakyat Indonesia. Tak memiliki nurani, mementingkan diri sendiri, tak pernah puas dengan materi, dan berbagai predikat buruk lain telah diberikan kepada mereka sebagai feedback dari berita ini.

Rakyat tak lupa, bahwa sebenarnya “ulah busuk” ini telah mengganggu sejak dulu. Betapa negeri kita dihebohkan dengan berbagai aksi anarki khususnya dari mahasiswa yang menuntut perubahan di negeri ini. Di mana-mana kita telah menyaksikannya, lengkap dengan korban jiwa dari mahasiswa itu sendiri.

Mungkin memang rakyat telah merasa perlu untuk menegur kesalahan dari para pejabat. Mengungkapkan sakit hati mereka yang begitu dalam. Tapi, sayang sekali karena banyaknya upaya, bahkan yang anarki sekali pun, ternyata tidak membawa dampak yang berarti. Tak mampu mengobati sakit hati mereka.

Marilah kita banyak belajar dari pengalaman-pengalaman yang ada di belakang kita. Pelajaran yang pertama bahwa kerusakan tak dapat diperbaiki dengan kerusakan. Kita tak mampu memperbaiki kinerja para pejabat di negeri kita dengan upaya-upaya kekerasan; demonstrasi atau semacamnya. Justru itu hanya akan merugikan diri kita sendiri. Kita bisa melihat, bahwa mereka tak gentar dengan upaya yang kita lakukan, sekalipun ratusan orang menunjukkan aksinya, karena mereka bersama dengan kekuasaan.

Pelajaran yang berikutnya, peristiwa ini menuntut sebuah sikap dari kita, para rakyat, yaitu menjadi rakyat yang cerdas; cerdas memilih. Agar kelak pilihan kita juga adalah orang-orang yang cerdas; hati, perilaku, dan kemampuannya. Tentu semua sepakat anggota DPR ke depan haruslah lebih baik. Tak ada lagi demo yang mengganggu rutinitas pemakai jalan, juga yang memakan korban, akibat dari ulah mereka.

Berbicara tentang kriteria anggota DPR, saya yakin semua rakyat Indonesia akan berlomba-lomba untuk bersuara. Semua akan dengan lantang menyatakan kriteria masing-masing; mulai dari yang miskin hingga yang kaya; yang muda serta yang tua. Itu hak mereka. Namun semua pasti menuju ke satu muara, yaitu MEMBERI KEBAIKAN UNTUK RAKYAT.

12 kriteria di bawah ini, semoga bisa mewakili mewujudkan anggota DPR idaman. Kriteria tersebut adalah :

1. Memiliki iman yang kuat

Ini adalah syarat mutlak bagi kaum muslim, tak terkecuali para anggota DPR. Iman yang kuat akan melahirkan kekuatan untuk melawan godaan harta atau lawan jenis, bagaimana pun besarnya. Iman menjadi penuntun dalam menjalankan amanah dengan baik, serta menjadi perisai dalam menangkis keinginan untuk tak mengambil apa yang bukan haknya, dan “tak bermain” dengan lawan jenis yang tak halal baginya.

2. Memiliki integritas

Seberapa penting integritas bagi para anggota DPR? Tentu semua sepakat menjadikan poin ini berada di urutan atas. Bagi rakyat, sudah seharusnya memilih orang-orang yang dipandang memiliki integritas yang tinggi. Integritas akan membangun sebuah kredibilitas, yang akan menjadi penopang untuk kelancaran setiap aktivitas di meja DPR.

3. Daya juang yang tinggi

Para anggota DPR tak boleh lemah. Mereka harus senantiasa menjadikan daya juang sebagai sahabat mereka, selama mengemban amanah ini. Mereka harus sungguh-sungguh memahami, bahwa kebaikan tak sekejap tercipta dan tak mudah untuk meraihnya. Namun semuanya butuh waktu, pengorbanan tenaga dan fikiran. Termasuk untuk menolak hal-hal yang hanya berpihak kepada penguasa semata, dan merugikan rakyat. Mereka harus siap untuk itu, dan karena itu pula mereka dipilih.

4. Kecerdasan

Kecerdasan juga mesti bagi para anggota DPR. Ide-ide dari otak cerdas mereka sangat bermanfaat untuk mengatasi problema yang ada, serta menyusun berbagai kebijakan yang kondusif untuk itu. serta mampu membuat terobosan baru, jika diperlukan. Nah pembaca, coba bayangkan bagaimana mungkin urusan rakyat yang kompleks ini dipercayakan kepada orang-orang yang dungu? Jika ini terjadi, itu sama saja kita terjatuh dalam kerugian yang besar, karena telah menyia-nyiakan berbagai fasilitas yang seharusnya tidak diberikan kepada mereka.

5. Keterbukaan

Anggota DPR harus memberi ruang bagi rakyat untuk melakukan komunikasi dua arah demi mewujudkan tujuan bersama. Dengan ini pula, mengajari mereka untuk mengakui bahwa mereka juga bisa salah, dan berlapang dada menerima segala bentuk masukan yang ada. Sehingga mereka tahu dimana letak kekurangan dan kesalahan mereka.

6. Berempati

Menjadi pilihan rakyat, mengandung konsekuensi yang berat. Di setiap langkah, mereka harus menyadari bahwa langkah ini untuk rakyat; tujuan mulia untuk mengangkat derajat rakyat. Mereka tidak dipilih untuk merasakan rupiah, fasilitas, maupun popularitas, untuk mereka sendiri, tapi dipilih untuk menyejahterahkan rakyat. Betapa banyak rakyat yang hidup di bawah garis kemiskinan, tak mampu bersekolah, dan menikmati fasilitas yang memadai. Jika para anggota DPR memiliki empati yang kuat, insya Allah mereka akan berusaha mewujudkan cita-cita mulia tersebut.

7. Keterampilan komunikasi yang baik

Saya melihat ini sebagai salah satu kriteria yang layak. Cita-cita yang baik tak terwujud hanya dengan niat yang baik, namun ia perlu disampaikan dengan cara yang baik pula; santun, sistematis, dan terarah. Anggota DPR harus memiliki keterampilan ini, tapi bukan untuk mengelabui rakyat.

8. Disiplin

Disiplin adalah kunci kesuksesan. Pernyataan ini sudah sangat familiar, dan saya yakin tak ada yang menolaknya. Bagaimana dengan anggota DPR? Sudahkah mereka berperilaku disiplin? Sudahkah mereka memberikan nilai pada setiap waktu? Seharusnya demikian. Waktu yang bergulir terus, sudah sebaiknya dimanfaatkan dengan baik untuk membicarakan atau melakukan hal-hal yang berhubungan dengan kemashlahatan rakyat.

9. Bertanggungjawab

Untuk semua yang mereka katakan dan lakukan, harus mampu dipertanggungjawabkan di hadapan rakyat. Mereka harus siap dengan konsekuensi yang ditimbulkan oleh keduanya. Bahkan untuk kemungkinan terburuk sekalipun.

10. Beretika

Ini adalah unsur yang tak kalah penting. Untuk siapa saja, juga untuk anggota DPR. Mereka adalah contoh. Maka selayaknya mereka memiliki etika yang baik untuk dijadikan panutan bagi rakyat. Bukan karena jabatan, lantas ia kehilangan etika yang baik. Namun justru karena etika akan menumbuhkan kharisma bagi pemiliknya.

11. Tidak cinta harta

Apa yang begitu besar memancing kemarahan rakyat kepada anggota DPR, kalau bukan sikap mereka yang begitu cinta dengan harta? Meski mungkin tidak semuanya, namun yang tampak di mata kita adalah seluruh anggota DPR begitu mendambakan fasilitas yang mewah. Tak pernah puas dengan yang selama ini ada. Mereka seharusnya bertanya kepada diri mereka dahulu, apakah layak mereka meminta, sementara rakyat masih jauh lebih banyak yang kekurangan fasilitas. Relakah mereka berbahagia di atas penderitaan rakyatnya?

12. Berani

Berani mengatakan ini yang benar, dan ini yang salah. Tidak peduli pada siapa ia berhadapan, kebenaran tak bisa ditawar. Itulah salah satu harapan saya pada anggota DPR kelak. Tak cuma mampu berkomentar dalam hati, terlebih lagi surut ketika melihat sosok yang ia hadapi. Anggota DPR harus lantang menyatakan keberpihakannya pada setiap kebenaran.

Ya, para pembaca, demikian 12 kriteria yang telah saya paparkan. Besar harapan saya dan tentu saja semua rakyat Indonesia untuk melihat kursi DPR diduduki oleh orang-orang pilihan, yang bersatu di atas komitmen mewujudkan SEMUA UNTUK RAKYAT, serta BEKERJA DENGAN HATI NURANI. Semoga memang masih ada. Saya juga tak lupa untuk mengingatkan bahwa pilihan yang tepat dihasilkan dari pemilih yang tepat pula. Semoga kita berada di dalamnya.

MAJU DPR !

 

Identitas Penulis

Nama : Riyani Tahir, SKM.

Tempat/tanggal lahir : Sorowako, 16 Juli 1985

Alamat rumah : Jl.Mungkasa BTN Beringin Jaya Blok A.No.4 Palopo Sul-Sel

Nomor telepon seluler : 085 255 855 530

Alamat e-mail : This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it

Pekerjaan : staf Program Studi Ilmu Gizi FKM Unhas

 

Bupati Sarolangun Pimpin Apel Siaga Satgas Karhutla
Selasa, 25 Juli 2017

KOPI,Sarolangun- Apel siaga kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dilaksanakan dilapangan  kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sarolangun. selasa (25/7)  Sebagai pimpinan apel langsung dipimpin oleh Bupati Sarolangun dan sebagai Dansatgas Karhutla adalah Dandim 0420/Sarko.Kesiapan serta kesigapan satgas dituntut cepat tanggap darurat pasalnya musim kemarau diperkirakan mencapai puncaknya pada Agustus 2017. Ancaman kebakaran... Baca selengkapnya...

Pelatihan Tenaga Medis, Basic Trauma Cardiac Life Support
Senin, 24 Juli 2017

KOPI, Sarolangun - Pelaksanakan pelatihan BT-CLS (Basic Trauma Cardiac Life Support) bagi tenaga medis bidan dan perawat. Rencana pelatihan BT-CLS selama empat hari itu mendatangkan secara langsung instruktur Global Indonesia Development dari jakarta. Guna pelatihan dilakukan bertujuan agar pegawai medis lebih meningkatkan mutu dan kualitas yang proffesional secara individual dalam mengatasi pasien gawat darurat.   Saat Pada kata... Baca selengkapnya...

Lomba Foto dan Karya Tulis Meriahkan HUT TNI Ke - 72
Senin, 24 Juli 2017

KOPI, Aceh Selatan - Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (TNI) melalui Kodam Iskandar Muda dalam rangka memperingati HUT ke-72 TNI tahun 2017, menyelenggarakan lomba foto dan karya tulis dengan tema "BERSAMA RAKYAT TNI KUAT, HEBAT, PROFESIONAL SIAP MEWUJUDKAN INDONESIA YANG BERDAULAT, MANDIRI DAN BERKEPRIBADIAN". Hal tersebut berdasarkan surat telegram Panglima TNI tentang menyelenggarakan lomba foto dan karya tulis artikel dalam rangka... Baca selengkapnya...

Dugaan Keluarga Gubernur Riau Makelar Proyek Anda Ingin Proyek Setor 12-13%
Minggu, 23 Juli 2017

KOPI, Pekanbaru – Moment kedatanngan Presiden Joko widodo ke Propinsi Riau dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional, Minggu (23/7-17) bertempat di sebuah Hotel bintang lima di kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar. Pribahasa mengatakan: bapak jadi raja, anak jadi penguasa, anak jadi raja, orang tua jadi budak. Kalau di Propinsi Riau, adik jadi gubernur, keluarga monopoli proyek ha.. ha… Minta upeti pula tuh setor 12 hingga 13 % kalau... Baca selengkapnya...

Fitra Riau Layangkan Gugatan Judicial Review ke Mahkamah Agung Terkait Pemborosan APBD Riau 2017
Minggu, 23 Juli 2017

KOPI, Pekanbaru – Forum Indonesia Transparansi Anggaran (FITRA) perwakilan Riau mengadakan jump pers di sebuah café dengan insan Pers, Jumat (21/7/2017). FITRA menilai APBD ( Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) Riau tahun 2017 adanya dugaan pemborosan dan tidak efisien dan bertentangan dengan Undang-undang, yang mencakup anggaran kesehatan yang mencapai Rp 6,75 persen. Hasil ini tidak sesuai dengan UU Nomor 36 tahun 2009 tentang... Baca selengkapnya...

Perayaan HBA Kejaksaan ke- 57, Kejati Riau Selamatkan Uang Negara Rp.27 M,Tersangka 56 Orang
Jumat, 21 Juli 2017

KOPI, Pekanbaru - Dalam rangka Hari Bakti Adhyaksa ke- 57 tahun 2017. Semester Januari hingga Juli 2017 Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau berhasil mencatat sebanyak 32 kasus perkara yang masuk dalam tahap penyidikan dan tahap II. Adapun aset negara yang diselamatkannya sebesar Rp. 27 miliar lebih. "Ini hasil kerja sama Kejati Riau dengan Kejari ( Kejaksaan Negeri) 12 satuan kerja kabupaten/kota Propinsi Riau," ungkap Kajati Riau, Uung... Baca selengkapnya...

Usai Gelar Seminar Nasional, Universitas Mpu Tantular Deklarasikan Kampus Bhinneka Tunggal Ika
Rabu, 19 Juli 2017

KOPI, JAKARTA - Universitas Mpu Tantular (UMT), Jakarta menggelar Seminar Nasional bertajuk “Mengaktualisasikan Kembali Bhinneka Tunggal Ika Sebagai Jatidiri Bangsa Indonesia”, yang dilanjutkan dengan pendeklarasian UMT sebagai “Kampus Bhinneka Tunggal Ika”. Seminar dan deklarasi berlangsung pada hari Rabu, 12 Juli 2017, di Aula Hiobadja, Lt. 8 Kampus Universitas Mpu Tantular, Jl. Cipinang Besar No. 2, Jakarta Timur. Ada sekitar 200-an... Baca selengkapnya...

NASIONALAjudan dan Dirjen Pajak Ken Dwijugiastea.....
25/07/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Jakarta – Direktur Jenderal Pajak, Ken Dwijugiasteadi terkait kasus dugaan suap Kepala Subdit Bukti Permulaan Ditjen Pajak, Handang Soekarno s [ ... ]



DAERAHHalal Bihalal Syekhermania Kabupaten Sar.....
26/07/2017 | Apris Hariansyah

KOPI, Sarolangun – Syekhermania Kabupaten Sarolangun menggelar Halal Bihalal 1438H, bertempat di kediaman Ustadz Sukmono, Sarolangun – Jambi, Rabu [ ... ]



PENDIDIKANSTAIN Meulaboh Gelar Workshop Kajian Kur.....
24/07/2017 | Syamsul Kamal

KOPI, Meulaboh - Bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia yang terampil dalam bidang pengembangan diri dan masyarakat agar terwujudny [ ... ]



EKONOMIAsuransi Bebas Optima FWD Life Tawarkan .....
20/07/2017 | Evelyne Angelyne

KOPI, Jakarta - PT FWD Life Indonesia (”FWD Life”), perusahaan pionir asuransi jiwa berbasis digital di Indonesia hari ini meluncurkan BEBAS OPTIM [ ... ]



HANKAMKena Tipu !!.... Dua Orang Warga Asing .....
26/07/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Jakarta - Dua Orang Warga Asing Catut Nama Jokowi Minta Uang ke Puluhan Badan Usaha Milik Negara ( BUMN). Warga negara Asing itu, yakni, Solaima [ ... ]



OLAHRAGAIni Dia Para Pemenang Wrangler True Wand.....
21/06/2017 | Yeni Herliani

KOPI, Jakarta - Sebuah petualangan besar tahun ini “Wrangler True Wanderer 2017” baru saja menemukan pemenangnya. Mereka telah menunjukan bahwa m [ ... ]



PARIWISATATarget Kunjungan Wisatawan tak Tercapai .....
04/07/2017 | Didi Rinaldo

N KOPI, Pekanbaru - Pariwisata andalan pendapatan negara non migas, negeri Indonesia kaya akan keindahan alam dan budayanya. Dulu para turis mancaneg [ ... ]



POLITIKPKPI Aceh Selatan Resmi Buka Pendaftaran.....
20/07/2017 | Haes Asel

KOPI, ACEH SELATAN - Menjelang Pilkada Kabupaten Aceh Selatan tahun 2018 mendatang, Dewan Pengurus Kabupaten (DPK) PKPI Aceh Selatan menggelar rapat [ ... ]



OPINIGerakan Percepatan Elektrifikasi dan St.....
14/07/2017 | Harjoni Desky

KOPI - Pemerintah saat ini tengah melakukan terobosan pembangunan demi mewujudkan energi berkeadilan di Indonesia. Ketersediaan energi yang optimal se [ ... ]



PROFILRaih Juara III, Lomba BKB Tingkat Provin.....
26/07/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Kuantan Singingi – Bina Keluarga Balita (BKB) HI Ceria Desa Giri Sako, Kecamatan Logas Tanah Darat, Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau [ ... ]



SOSIAL & BUDAYAPKPA Kembali Gelar FFA dan FTA 2017.....
25/07/2017 | Sulaiman Zuhdi Manik

KOPI - Yayasan Pusat Kajian dan Perlindungan Anak (PKPA) kembali menggelar Festival Film Anak (FFA) dan Festival Teater Anak (FTA) tahun 2017 dengan t [ ... ]



ROHANIBupati Kuansing Mursini Hadiri Halal Bi .....
24/07/2017 | Didi Rinaldo
article thumbnail

KOPI, Pekanbaru – Halal Bi Halal Ikatan Keluarga Kuantan Singingi (IKKS) Kota Pekanbaru, dihadiri oleh ratusan orang warga Kuansing yang berdomisil [ ... ]



RESENSIFilm Jailangkung: Dari Permainan, Beruba.....
15/06/2017 | Yeni Herliani

KOPI, Jakarta - PERMAINAN boneka jailangkung masih adakah yang memainkannya? Ada dan banyak. Ritual pemanggilan arwah sangat lumrah dilakukan. Apalagi [ ... ]



CERPEN & CERBUNGKetika Gunung Juga Punya Cara.....
22/03/2016 | Anjrah Lelono Broto

KOPI - Gunung memiliki cara sendiri untuk menunjukkan kediriannya. Gunung juga memiliki mulut dan lidah tersendiri untuk berbicara. Gunung adalah gunu [ ... ]



PUISIMenatap Rasa.....
07/06/2017 | Mas Ade

Masih di bulan Juni Angin mendatangi jendelaku Bisikkan rindu yang basah Oleh hujan bulan Mei Meski embun tetap nyenyak dalam tidurnya Mendekap s [ ... ]



CURAHAN HATIMarini Kehilangan Perhiasan saat Libura.....
04/07/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Pekanbaru – Kadang kala tempat yang telah di pasang CCTV ternyata CCTV tidak nyala/rusak. Hal ini terjadi di Hotel Tangram Pekanbaru. Seorang  [ ... ]



SERBA-SERBISetelah Mengganti Warna Ruangan Anda, Ja.....
26/07/2017 | Yeni Herliani

KOPI, Jakarta | Di hari raya lalu mungkin anda telah memberikan sentuhan baru pada warna ruangan anda. Sebagai salah satu bagian utama dari tampilan r [ ... ]



Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.