Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?
PEWARTA ONLINE
None

GELORA SEPEDATiga Pilar "Gowes Bareng" Bersama Masyar.....
01/08/2015 | Joe R Manalu

KOPI - Cengkareng - Sabtu pagi (01/08) kegiatan tiga Pilar "Gowes bareng" bersama dengan masyarakat ± 200 yang di hadiri Kapten inf Ober Purba (Danramil 04/Ckr) beserta jajarannya , Kompol Aji Sutarj [ ... ]



POLLING WARGA
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

Kolom Pewarta Kriteria Anggota DPR Dewan Perwakilan Rakyat Harus Memimpin Bukan Dipimpin (35/M)

Dewan Perwakilan Rakyat Harus Memimpin Bukan Dipimpin (35/M)

KOPI - Dewan Perwakilan Rakyat haruslah memiliki jiwa sebagai pemimpin, memimpin pendapat rakyat, memimpin daerahnya sendiri untuk lebih berkembang, meningkatkan kesejahteraan dan menampung semua aspirasi rakyat. Bukan sebagai Dewan Perwakilan Rakyat yang di pimpin, dipimpin oleh hawa nafsu duniawi seperti hanya untuk mencari pangkat atau harta yang hanya memperburuk rakyat indonesia. Dewan Perwakilan Rakyat itu harus jadi pemimpin rakyatnya di daerah tempatnya menjabat.

 

Apa syaratnya jadi pemimpin???

Seorang anggota DPR haruslah jadi seorang pemimpin. Karena seorang pemimpin bertugas menggerakan orang-orang yang dipimpinnya, maka sudah barang tentu ia harus memiliki sifat-sifat yang lebih dari orang-orang yang dipimpinnya. Banyaknya sifat-sifat ideal yang dituntut bagi seorang pemimpin berbeda-beda menurut bidang kegiatan, jenis atau tipe kepemimpinan, tingkatan dan bahkan juga latar belakang budaya dan kebangsaan. Untuk memperoleh perbandingan yang luas berikut ini akan diuraikan sifat-sifat atau syarat-syarat kepemimpinan yang diajukan oleh beberapa ahli, pemuka masyarakat, dan bahkan berdasarkan tradisi masyarakat tertentu.

Terry menyebutkan adanya 8 buah syarat yang harus dipenuhi oleh seorang pemimpin yang baik, yaitu memiliki:

1. Kekuatan atau energi. Seorang pemimpin harus memiliki kekuatan lahiriah dan rokhaniah sehingga mampu bekerja keras dan banyak berfikir untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapi.

2. Penguasaan emosional. Seorang pemimpin harus dapat menguasai perasaannya dan tidak mudah marah dan putus asa.

3. Pengetahuan mengenai hubungan kemanusiaan. Seorang pemimpin harus dapat mengadakan hubungan yang manusiawi dengan bawahannya dan orang-orang lain, sehingga mudah mendapatkan bantuan dalam setiap kesulitan yang dihadapinya.

4. Motivasi dan dorongan pribadi, yang akan mampu menimbulkan semangat, gairah, dan ketekunan dalam bekerja.

5. Kecakapan berkomunikasi: kemampuan menyampaikan ide, pendapat serta keinginan dengan baik kepada orang lain, serta dapat dengan mudah mengambil intisari pembicaraan.

6. Kecakapan mengajar pemimpin yang baik adalah guru yang mampu mengajar dan memberikan teladan dan petunjuk-petunjuk, menerangkan yang belum dengan gambaran jelas serta memperbaiki yang salah.

7. Kecakapan bergaul: dapat mengetahui sifat dan watak orang lain melalui pergaulan agar dengan mudah dapat memperoleh kesetiaan dan kepercayaan. Sebaiknya bawahan juga bersedia bekerja dengan senang hati dan sukarela untuk mencapai tujuan.

8. Kemampuan teknis kepemimpinan: mengetahui azas dan tujuan organisasi. Mampu merencanakan, mengorganisasi, mendelegasikan wewenang, mengambil keputusan, mengawasi, dan lain-lain untuk tercapainya tujuan. Seorang pemimpin harus menguasai baik kemampuan managerial maupun kemampuan teknis dalam bidang usaha yang dipimpinnya.

Dalam amanatnya mengenai masalah kepemimpinan berdasarkan falsafah Panca Sila, Jenderal Soeharto menyimpulkan beberapa sifat yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin,

1. Ketuhanan Yang Maha Esa, yaitu kesadaran beragama dan beriman teguh

2. Hing ngarsa sung tulada, yaitu memberi suri-tauladan yang baik di hadapan anak buah.

3. Hing madya mangun karsa, yaitu bergiat dan menggugah semangat di tengah-tengah masyarakat (anak buah).

4. Tut Wuri handayani, yaitu memberi pengaruh baik dan mendorong dari belakang kepada anak buah.

5. Waspada purba wasesa, yaitu mengawasi dan berani mengoreksi anak buah.

6. Ambeg parama sastra, yaitu memilih dengan tepat mana yang harus didahulukan.

7. Prasaja, yaitu bertingkah laku yang sederhana dan tidak berlebih-lebihan

8. Satya, yaitu sikap loyal timbal balik dari atasan terhadap bawahan, dari bawahan terhadap atasan dan juga ke samping.

9. Hemat, yaitu kesadaran dan kemampuan membatasi penggunaan dan pengeluaran segala sesuatu untuk keperluan yang benar-benar penting.

10. Sifat terbuka, yaitu kemauan, kerelaan, keikhlasan, dan keberanian untuk mempertanggung jawabkan tindakan-tindakannya.

11. Penerusan, yaitu kemauan, kerelaan, dan keikhlasan untuk pada saatnya menyerahkan tugas dan tanggung jawab serta kedudukan kepada generasi muda guna diteruskannya.

Dari dunia pewayangan dan pustaka lama pun, seringkali dapat kita pelajari sifat-sifat yang wajib dimiliki oleh seorang pemimpin. Misalnya seperti yang diajarkan oleh Resi Abiyasa kepada ksatriya Arjuna dalam kisah-kisah Mahabarata: Heneng, Hening, Heling, dan Hawas:

 Heneng artinya tenang. Seorang pemimpin harus memiliki sifat tenang dalam menghadapi segala persoalan. Jika mudah gelisah maka anak buah pun akan menjadi gelisah. Dengan ketenangan segala persoalan akan lebih mudah dihadapai.

 Hening artinya cipta. Seorang pemimpin harus memiliki ide, prakarsa, dan kreatif.

 Heling artinya ingat atau sadar. Seorang pemimpin harus selalu ingat kepada orang-orang yang dipimpinnya atau kepada rakyat.

 Hawas artinya waspada. Seorang pemimpin harus selalu waspada terhadap segala sesuatu yang mungkin terjadi.

Bekal Minimal Seorang Pemimpin???

Menjadi seorang pemimipin itu tidak mudah. Kalau untuk menjadi pemimpin yang asal-asalan memang tidak dituntut syarat tertentu/minimal. Seorang pemimpin semestinya memiliki bekal-bekal minimal seperti memiliki Kharisma,menjadi pemimpin itu tidak mudah. Tidak semudah yang dibayangkan orang. Ia harus siap secara intelektual dan moral. Karena ia akan menjadi figur yang diharapkan banyak orang / bawahan. Perilakunya harus menjadi teladan / patut diteladani. Seorang pemimpin adalah seseorang yang mempunyai kemampuan diatas kemampuan rata-rata bawahannya. Memiliki Keberanian, tidak lucu bila seorang pemimpin tidak memiliki keberanian. Minimal keberanian berbicara, mengemukakan pendapat, beradu argumentasi dan berani membela kebenaran. Secara lebih khusus keberanian itu ditunjukkan dalam komitmen berani membela yang benar, memegang tegug pada pendirian yang benar, tidak takut gagal, berani ambil resiko, dan berani bertanggungjawab. Selain itu pemimpin harus mampu membuat strategi, seorang pemimpin semestinya identik dengan seorang ahli strategi. Maju-mundurnya perusahaan, gagal-berhasilnya suatu organisasi, banyak ditentukan oleh strategi yang dirancang oleh pimpinan perusahaan atau pimpinan organisasi. Mampu menjadi Mediator, seorang pemimpin yang bijak mampu bertindak adil dan berpikir obyektif. Dua hal tersebut akan menunjang tugas pimpinan untuk menjadi seorang mediator. Berikutnya pemimpin harus memiliki rasa humor, akan lebih mudah seorang pemimpin melaksanakan tugas kepemimpinannya - jika didukang sifat humoris pimpinan - memiliki humor yang tinggi. Kata orang humor lebih penting dari kenaikan gaji.

Dari bandingan-bandingan yang diberikan di atas, tampak betapa tinggi sifat-sifat atau syarat-syarat yang dituntut bagi seorang dewan perwakilan rakyat. Di dalam kenyataan memang tidak mudah bagi seorang pemimpin untuk memenuhi sifat-sifat tersebut secara sempurna. Maka dari itu calon Dewan Perwakilan Rakyat yang ingin mencalonkan dirinya sebagai pemimpin sebaiknya jangan hanya mencalonkan demi pangkat dan demi uang. Tapi calonkan demi kesejahteraan rakyat dan untuk membawa bangsa indonesia ini menjadi bangsa yang lebih baik daripada bangsa-bangsa lainnya dan mempersatukan masyarakat di indonesia menjadi satu kesatuan yang utuh.

 

Biodata Penulis

Nama : Vidhy Setyantoro

Tampat, tanggal lahir : Nganjuk, 12 Maret 1991

Nama universitas : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Alamat universitas : Jalan K.H. Achmad Dahlan 76, Mojoroto, Kota Kediri. telepon (0354) 771576

alamat rumah : Dusun barong, Desa kedungrejo, Kecamatan tanjunganom, Kabupaten Nganjuk, jawa timur

nomor handphone : 0898 3401 524

alamat email : This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it

akun facebook : This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it


Artikel Lainnya:

 

Hari Musik Nasional, Raisa Menyanyikan Lagu Indonesia Pusaka di Istana
Minggu, 12 Maret 2017

KOPI, Jakarta – Ditempat kerjanya, Mas Sugeng Triwardono mengatakan, “Saya seroang fans/penggemar Raisa. Suara Raisa merdu, wajahnya serupa dengan pacar Mas Sugeng pertama saat di sekolah dulu. Salam kangen, bila bisa ketemu Masmu Sugeng". Merayakan Hari Musik Nasional, Persatuan Artis, Penyanyi, Pencipta Lagu, dan Pemusik Republik Indonesia (PAPPRI) merayakan seremoni kecil-kecilan di Istana Negara Republik Indonesia, di kawasan Gambir,... Baca selengkapnya...

10 Manfaat Madu Hitam bagi Tubuh Manusia
Selasa, 28 Pebruari 2017

KOPI, Jakarta - Madu hitam pahit memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh kita, yakni antara lain: 1. Mempercepat proses penyembuhan berbagai macam penyakit Manfaat pertama dari madu hitam pahit adalah dapat membantu untuk mempercepat penyembuhan penyakit dan juga luka. Dengan kandungan manfaat vitamin C nya yang tinggi, maka madu hitam pahit juga dapat membantu untuk menyembuhkan luka dan juga mempercepat penyembuhan dari berbagai macam... Baca selengkapnya...

Setya Novanto Murka, Anggotanya Temui Paslon Anis-Sandi
Selasa, 28 Pebruari 2017

KOPI, Jakarta - Di tempat kerjanya, Mas Bray menuturkan, “Wah… cantik juga nih janda Prabowo nih, mantan istri Ketua Umum Partai Gerindra H. Prabowo Subianto yaitu Siti Hediati Hariyadi atau nama beken Titiek Soeharto. Ada gak adeknya buat saya?" Demikian ketus Mas Bray Pengamat Politik Indonesia.     Titiek merupakan anggota DPR (Dewan Perwakilan Rakyat) Republik Indonesia berasal dari Partai Golkar, telah melakukan pertemuan dengan... Baca selengkapnya...

Menyingkap Udang di Balik Batu dalam Fakta Persidangan Ahok
Senin, 27 Pebruari 2017

KOPI, JAKARTA - Sekelompok ahli hukum yang tidak sabar melihat perkembangan sidang kasus dugaan penistaan agama oleh Ahok telah menyimpulkan bahwa Ahok pasti dinyatakan bersalah meskipun saksi-saksi yang meringankan Ahok belum diajukan ke persidangan. Kesimpulan yang terlalu dini ini sampai-sampai menyembunyikan fakta hukum bahwa seandainya Ahok dinyatakan bersalah, sebagai terpidana, Ahok berhak untuk naik banding sesuai ketentuan Pasal 83... Baca selengkapnya...

Bupati Pasaman Buka MTQ di Dua Kecamatan
Selasa, 24 Mei 2016

KOPI, Pasaman - Musyabaqah Tilawatil Qur an yang telah dilaksanakan oleh beberapa Daerah di Kabupaten Pasaman sangat meriah rata rata hampir, dihadiri ribuan masyarakat Setempat dan sekitarnya ,Acara Pembukaan MTQ Tersebut sangat dirasakan kemeriahanya oleh masyarakat, karena sebelumnya dalam acara pembukaan MTQ belum pernah semeriah ini.     Betapa seriusnya Pemerintah Pasaman di bawah kepemimpinan Yusuf Lubis dan Atos Pratama, dalam... Baca selengkapnya...

PPWI Bersinergi Dengan Warga Rw.07 Duren Tiga, di “Arisan PPWI Media Group”
Minggu, 08 Mei 2016

KOPI – PPWI menggagas sosialisasi “Bank Sampah” di lingkungan RW.07, Kelurahan Duren Tiga, Jakarta Selatan. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian acara “Arisan PPWI Media Group” dibawah naungan PPWI, yang dilaksanakan setiap bulan dengan tema dan lokasi yang berbeda.     “Tema kali ini yaitu Arisan Kepo, karena merupakan acara Perdana… jadi baru berupa perkenalan antar anggota PPWI Media Group, para pengisi acara dan... Baca selengkapnya...

Ketua Kwartir Pramuka Adhyaksa: Lapor ” Salam Pramuka " Memuat Konten Porno ke Kapolri
Kamis, 05 Mei 2016

KOPI, Jakarta – Merajalelanya video dan foto mengandung pornografi disebarkan oleh masyarakat ke Media social dan jejaring situs social. Memicu timbulnya gejolak prilaku yang tidak senonoh terhadap anak-anak dan remaja Indonesia . Hal ini dapat diantisipasi memblok /sensor situs porno yang menampilkan adegan kekerasan, mengajak orang berbuat dengan memperlihatkan cara prakteknya , serta mengandung pornografi. Kejadian yang menghebohkan seorang... Baca selengkapnya...

INTERNASIONALMenatap Peristirahatan Terakhir Jenderal.....
20/05/2016 | Rachmad Yuliadi Nasir

KOPI,Jakarta-Perang Aceh adalah pertempuran heroik antar bangsa Aceh dengan bangsa Belanda. Ribuan korban jiwa jatuh dengan sia-sia. Di Banda Aceh se [ ... ]



NASIONALPengamat : Infak Aksi Bela Islam ke GNPF.....
23/02/2017 | Didi Ronaldo

KOPI, Jakarta – Ditempat kerjanya, Sugeng Triwardono mengatakan dengan tegas “ Infak umat Islam ke Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama I [ ... ]



DAERAHBapak Bupati Pasaman Membuka Lomba O2Sn .....
15/03/2017 | M. Dwi Richa JP

BAPAK BUPATI PASAMAN MEBUKA LOMBA O2SN   KOPI,  Pasaman : Dalam kontek pembangunan bangsa olah raga menjadi sarana pembentukan suatu komunitas ban [ ... ]



PENDIDIKANLBH PAS_AMAN Selenggarakan Seminar Peneg.....
10/03/2017 | M. Dwi Richa JP

“Upaya Preventive Tindak Pidana Penggunaan Alokasi Dana Desa di Nagari untuk Kesejahteraan Masyarakat Pasaman” Bupati Pasaman H.Yusuf Lubis, b [ ... ]



EKONOMIIUPK Freeport Disambut Baik Masyarakat P.....
23/02/2017 | Wicahyono Putro

KOPI, MANADO – Pemberian Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) oleh Kementerian ESDM kepada PT. Freeport Indonesia, disambut antusias oleh masyaraka [ ... ]



HANKAMBazar HUT Kostrad ke-56, Obral Sembako M.....
08/03/2017 | Yeni Herliani

KOPI, Jakarta - Dalam rangka memeriahkan HUT ke-56, Kostrad menyelenggarakan “Bazar Murah Prajurit Kostrad & Insan Media”, Rabu (8/03/2017) berte [ ... ]



OLAHRAGAPertandingan Final Sepak Bola Minang Kab.....
14/03/2017 | M. Dwi Richa JP

KOPI-Pasaman : Menjelang partai final minang kabau cup maka bertanding dulu anggota DPRD pasaman melawan pemerintah Daerah pasaman yang merupakan pert [ ... ]



PARIWISATASaka Pariwisata Aceh.....
14/05/2016 | Rachmad Yuliadi Nasir

KOPI,Jakarta,Salah satu upaya meningkatkan jumlah kunjungan wisata adalah dengan adanya perangkat pendukung dibidang pariwisata. Salah satu pendukung [ ... ]



POLITIKPerludem: "MK Perlu Segera Membacakan Pu.....
23/02/2017 | Yeni Herliani

KOPI, Jakarta - Rangkaian poses persidangan uji materi terhadap Pasal 9 huruf a UU No. 10 Tahun 2016, yang menjadi dasar hukum pelaksanaan pemilihan k [ ... ]



OPINIOrang Tua sebagai Api Potensi Anak.....
06/03/2017 | Kartika Rossy

KOPI - Seringkali kita mendengar mengenai keluarga sebagai tempat pendidikan pertama anak sebelum mereka mengenal dunia luar. Tidak dapat dipungkiri j [ ... ]



PROFILRekor Leprid : Peserta Terbanyak Bakar .....
14/05/2016 | Didi Ronaldo

KOPI, Pati- Indonesia negara Bahari atau kepulauan, hampir 2/3 luas wilayah Indonesia adalah wilayah laut. Ribuan pula terhampar dari Sabang hingga Pa [ ... ]



SOSIAL & BUDAYAEksistensi dan Peran RT - RW Harus Diper.....
25/02/2017 | Redaksi KOPI

KOPI, Makassar - Ketua Dewan Pengurus Daerah Persatuan Pewarta Warga Indonesia - Sulsel, (DPD PPWI Sulsel Ir. Imansyah Rukka mengatakan peran rukun te [ ... ]



ROHANIShalat Pengisi Ruang Hati Dihadapan Alla.....
17/05/2016 | Rachmad Yuliadi Nasir

KOPI,Jakarta, Dalam sehari semalam kita diwajibkan untuk shalat sebanyak lima kali. Setelah itu juga dianjurkan memperbanyak shalat-shalat sunat lainn [ ... ]



CERPEN & CERBUNGKetika Gunung Juga Punya Cara.....
22/03/2016 | Anjrah Lelono Broto

KOPI - Gunung memiliki cara sendiri untuk menunjukkan kediriannya. Gunung juga memiliki mulut dan lidah tersendiri untuk berbicara. Gunung adalah gunu [ ... ]



PUISIRinduku Terkubur di Kampung Lansek.....
21/02/2016 | Nova Indra

siang ini
riak Tabek Kaluai masih sama
saat hatiku bicara tentangmu
tentang cinta, tentang rindu kita

hingga kini
terngiang gelak tawa
dua pecinta ber [ ... ]



CURAHAN HATIMerajut Mimpi Menuju Jakarta.....
16/03/2017 | Redaksi KOPI
article thumbnail

KOPI - Jakarta adalah sebuah kota yang menjadi tujuan sebagian orang meletakkan cita-citanya. Tak terkecuali bagi Eri, Mia, dan Hera yang juga ingin m [ ... ]



Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.