Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
Silahkan Login & Kirim Warta

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?
Pewarta Online
None

Yang Terpinggirkan
Gaji Pensiun yang belum Terealisasi Juga.....
21/02/2013 | Husaeni Mabruri

KOPI - Mimpi manis untuk masa depan gaji pegawai pensiunan sipil hidupnya belum dirasakan oleh Bpk. [ ... ]


Gelora Sepeda
“Nongkrong di Haus Berbonus” Raih MU.....
30/06/2013 | Arifin

KOPI - PT ABC President Indonesia menggelar serangkaian kegiatan “Nongkrong di Haus Berbonus”, Minggu pagi (30/6) di Plaza Utara Senayan, Jakarta. Event tersebut diselenggarakan serentak di tiga K [ ... ]



Polling Warga
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

Kolom Pewarta Kriteria Anggota DPR 12 Profil Anggota DPR Masa Depan (72/G)
Redaksi Koran Online Pewarta Indonesia (KOPI) bersama segenap pengurus dan anggota PPWI se-Indonesia menyampaikan Selamat Menjalankan Ibadah Puasa di bulan Ramadhan 1435 H, kepada seluruh umat Muslim dan Muslimat sebangsa dan setanah air dan di seluruh dunia. Semoga senantiasa dilimpahkan rahmat dan pahala yang berlimpah di bulan suci penuh rahmat ini bagi setiap anak negeri di segenap penjuru nusantara... Amin...

12 Profil Anggota DPR Masa Depan (72/G)

KOPI - Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat buat orang lain. Spirit inilah yang mungkin awalnya mendasari perjuangan para calon anggota DPR di samping banyak spirit dan motivasi lainnya. Memang ada beberapa anggota dewan yang secara tidak sengaja maupun sengaja berubah spiritnya setelah masuk dan menjadi anggota DPR karena berbagai hal. Tapi tidak sedikit juga yang masih tetap setia terhadap niat atau spirit awal mereka seperti memperjuangkan nasib dan masa depan rakyat.

 

Dewan Perwakilan Rakyat (disingkat DPR) adalah salah satu lembaga tinggi negara dalam sistem ketatanegaraan Indonesia yang merupakan lembaga perwakilan rakyat. DPR terdiri atas anggota partai politik peserta pemilihan umum yang dipilih melalui pemilihan umum. Dengan kata lain, DPR adalah kepanjangan tangan (wakil) dari Rakyat dalam dunia ketatanegaraan, sehingga idealnya semua hal yang diperjuangan di setiap Rapat maupun pengambilan kebijakan seharusnya memperjuangkan kepentingan rakyat dan tentunya berazaskan kesejahteraan warganegara (Citizens welfare).

Menjadi anggota DPR merupakan sebuah tanggungjawab yang luar biasa. Setiap tingkah laku dan tutur kata harus bisa dipertanggungjawabkan secara moral dan keilmuan kepada rakyat dan Allah SWT kelak. Setiap keputusan atau kebijakan yang diambil akan selalu berhubungan dengan rakyat banyak, sehingga harus benar-benar dipikirkan dengan serius dan penuh dengan pertimbangan sekaligus memikirkan risk management-nya. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah kriteria / profil anggota DPR yang bisa memperjuangkan aspirasi rakyat (warganegara). Sehingga menjadi anggota DPR bukanlah sembarang orang, melainkan orang-orang pilihan yang luar biasa dan benar-benar terpilih untuk mengemban amanah. Berikut ini adalah 12 profil / kriteria anggota DPR di masa depan yang akan menstimulasi terjadinya perubahan yang signifikan terhadap kehidupan bangsa Indonesia di masa yang akan datang :

1. Religius : yaitu setiap anggota DPR harus mempunyai kemampuan untuk menerapkan dan melaksanakan semua aturan / perintah serta menjauhi larangan agamanya masing-masing dalam aktivitas sehari-hari (termasuk di setiap rapat dalam menentukan kebijakan / keputusan yang berhubungan dengan rakyat banyak). Dan juga selalu bertutur kata dan bertindak sesuai dengan ajaran dan tuntunan dari agama.

2. Visioner : yaitu setiap anggota DPR harus mempunyai niat yang benar, berorientasi kemasadepanan, berprinsip, bermisi kebaikan, pejuang tangguh dalam memperjuangkan kepentingan rakyat dan negara di atas kepentingan pribadi maupun golongan.

3. Thinker : yaitu setiap anggota DPR harus mempunyai inisiatif dalam menerapkan ketrampilan berfikir (berdasarkan pedoman yang ada di agamanya) untuk membuat keputusan yang benar dan untuk menyelesaikan masalah-masalah kompleks dalam kehidupan bermasyarakat dan negara.

4. Responsbility : yaitu setiap anggota DPR harus mempunyai kemampuan untuk jujur, ikhlas, bertanggung jawab secara personal, sosial, kultural dan spiritual dalam setiap perkataan, tindakan dan pekerjaannya.

5. Though : yaitu setiap anggota DPR harus mempunyai kemampuan untuk berdaya tahan fisik dan mental secara prima, sabar dalam memperjuangkan aspirasi rakyat.

6. Independent : yaitu setiap anggota DPR harus mempunyai kemampuan bekerja secara mandiri, tidak bergantung secara parasitisme pada orang lain sehingga tidak tersangkut paut dengan KKN (Korupsi Kolusi Nepotisme) dengan pihak manapun.

7. Disiplin : yaitu setiap anggota DPR harus mempunyai kemampuan menghargai waktu, mempunyai kontrol diri, taat terhadap semua aturan dan norma baik itu tertulis maupun tidak tertulis.

8. Creative-Innovative : yaitu setiap anggota DPR harus mempunyai kemampuan menghasilkan suatu kreasi dan ide untuk menghasilkan sesuatu yang baru demi tercapainya masa depan rakyat dan negara yang cerah.

9. Communicator : yaitu setiap anggota DPR harus mempunyai kemampuan untuk menerima dan mengekspresikan ide dan informasi yang benar dengan percaya diri dalam berbagai bentuk bahasa.

10. Pro active : yaitu setiap anggota DPR harus mempunyai kepekaan sosial, cekatan, tanggap dan beremphati terhadap sesama termasuk terhadap rakyat.

11. Demokratis : yaitu setiap anggota DPR harus mempunyai cara berpikir, bersikap dan bertindak yang menilai sama hak dan kwajiban dirinya dan orang lain termasuk rakyat.

12. Patriotic : yaitu setiap anggota DPR harus mempunyai kemampuan untuk menjaga, membela, dan mengelola karunia Allah dalam konteks seluas-luasnya (pribadi, keluarga, masyarakat, bangsa, dunia), sesuai dengan nilai-nilai agama yang berlaku.

Demikianlah kriteria yang minimal harus dimiliki oleh seluruh anggota dewan. Sehingga DPR bisa berjalan sesuai dengan tugas & wewenangnya yaitu sebagai wakil dari rakyat, penyalur aspirasi rakyat dan tentunya sebagai barisan depan pejuang kesejahteraan rakyat dan negara dll. Tetapi DPR memang tidak bisa bekerja sendiri untuk memastikan semua anggotanya memenuhi kriteria di atas. Oleh karena itu dibutuhkan peran serta dari pihak lain untuk membantu memastikannya. Pada waktu pemilu, rakyat harus benar-benar memilih calon wakil rakyat yang sesuai dengan kriteria di atas. Bukan karena janji-janji kampanye maupun politik uang. Setelah Pemilu & terpilih menjadi DPR, perlu adanya kontroling dari semua pihak agar kualitas kriteria di atas bisa tetap terjaga sampai akhir masa tugasnya.

Kontroling bisa dilakukan sejak dini, yaitu pada waktu penyaringan bakal calon anggota DPR. Pada waktu ini, badan / komisi yang bertugas dalam penyaringan / pemilihan bakal calon anggota DPR harus bekerja dengan keras menentukan calon anggota DPR yang selanjutnya akan dipilih dalam pemilu oleh rakyat. Badan / komisi tersebut harus benar-benar melakukan penyaringan dengan pertimbangan dari berbagai aspek dengan menggunakan berbagai rubrik penilaian. Salah satunya adalah dengan 12 kriteria di atas. Dengan demikian kualitas anggota DPR bisa terjamin karena melalui banyak penyaringan. Sehingga kedepannya anggota DPR bisa bekerja sesuai dengan amanah yang telah diberikan.

Seperti halnya semangat, kualitas seseorang bisa naik turun. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah alat yang bisa menjaga ke stabilan kualitas termasuk kualitas anggota DPR. Alat tersebut tak lain adalah sebuah badan Pengawas dan Konsultan, bisa dari Internal maupun eksternal dari DPR. Kenapa Badan Pengawas dan Konsultan? Karena dengan adanya Pengawas, semua kekurangan dan hal-hal negatif yang ada di DPR bisa diperbaiki dari waktu ke waktu secara periodik. Dan dengan adanya Konsultan, semua kelebihan dan hal-hal positif bisa semakin dipertahankan & dikembangkan. Dengan demikian setiap aktivitas yang dilakukan oleh anggota DPR bisa di kontrol dan dijaga kualitasnya (seperti dalam 12 kriteria di atas) setiap waktu dan yang lebih penting adalah bisa menjalankan amanah dengan baik dan benar.

Sumber Referensi :

Fadjaray, Suhadi. 2011, Character Building Strategies : Bercocok Tanam Karakter di Kebun Sanubari Anak. Kediri : Rahmat Media Press (Rahma Press)

Tim Penyusun, 2011, Panduan Perguruan Islam Raudlatul Jannah. Sidoarjo : PI Raudlatul Jannah

www.wikipedia.com

 

Biodata Penulis

Nama : Ajib Hasbi Ashshiddiq

Tempat/tanggal lahir : Jombang / 19 April 1984

Alamat asal : Dsn Iber-Iber RT 021 RW 010 Ds. Sukoiber Kec. Gudo Kab. Jombang-Jawa Timur

Alamat Sekarang : Perum Oma-Citra Pesona Buduran blok A3 no 25 Sidoarjo-Jawa Timur

Alamat Kantor : Jl. Jatisari Permai II/F29 Pepelegi-Waru-Sidoarjo Jawa Timur

Handphone : 085648118501

Pekerjaan : Guru SD

alamat e-mail : This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it

akun facebook : Ajib Hasbi A

 

Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.